David Foster, Musisi Dari Kanada Yang Sangat Populer Dengan Karya Lagunya


(dok.cnn.com)

David Foster, Musisi Dari Kanada Yang Sangat Populer Dengan Karya Lagunya


DAVID FOSTER ADALAH SEORANG MUSISI BESAR DARI KANADA YANG TELAH SUKSES MENGHASILKAN SEJUMLAH  MUSISI TERKENAL DUNIA.

Sekilas Tentang David Foster
David Foster mempunyai nama asli David Walter Foster, terkenal dengan nama David Foster. Lahir di Victoria, British Columbia, pada tanggal 1 November 1949, dengan istri bernama Yolanda Foster (m 2011) dan mempunyai 5 orang anak yang bernama Sara Michael Foster, Erin Foster, Amys Foster, Allison Jones dan Jordan Foster.

David Foster adalah anak dari seorang tukang kebun dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga, dia sudah mulai belajar piano sejak usia 5 tahun dan pada usia 13 tahun masuk ke Universitas Washington program musik pada tahun 1963.

Pada tahun 1966, David Foster sudah mulai bergabung dengan grup band Chuck Berry, kemudian pindah ke Inggris dan bergabung dengan grup band Victoria Rock and Song. Dari Inggris David Foster kembali lagi ke Toronto.

Pada tahun 1974, David Foster pindah ke Los Angeles dan bergabung dengan band Sky Lark sebagai pemain keyboard, sampai akhirnya ditemukan oleh Eirik Wanberg untuk diajak bergabung ke band Wild Flower dan berhasil menciptakan 10 hit pada tahun 1973.

Ketika Wild Flower bubar, David Foster tetap tinggal di Los Angeles kemudian bersama dengan Jay Graydon membentuk grup band baru lagi yang bernama Air Play. Di grup band ini David Foster merupakan penyumbang utama dari album Earth, Wind & Fire, I'm, sebagai pemain, arangger serta menjadi penulis lagu

Dia adalah seorang musisi, produser rekaman, komponis, penyanyi, penulis lagu dan pengaransemen yang berasal dar Kanada. Warna musiknya bergenre pop, pop rock, klasik, injil dan R&B.
Alat musik yang sering digunakan adalah piano, aktif didunia musik sejak tahun 1971 sampai dengan sekarang.

David Foster terkenal karena telah banyak memunculkan sejumlah musisi terkenal didunia , diantaranya adalah :
Bryan Adams, Christina Aguilera, Air Suply, All 4 One, The Bee Gees, Andrea Bocelli, Michael Buble, Mariah Carey, Chicago, The Corrs, Celine Dion, Earth Wind And Fire, Gloria Estefan, Whitney Houston, Michael Jackson, Jennifer Lopez, Madona, Ollivia Newton John dan masih banyak lagi.

Lagu David Foster yang berjudul "After the love has gone" adalah co-writer dari Jay Graydon dan Bill Champlin berhasil memenangkan grammy award untuk lagu best R&B.
Foster penyumbang lagu untuk keberhasilan grup band Chicago, pada awal sampai dengan pertengahan tahun 1980, dengan album paling laris berjudul Chicago 17 dan Chicago 18.

Tahun 2001, David Foster berkolaborasi dengan Lara Fabian dan Vancouver Symphoni Orchestra untuk merekam lagu kebangsaan Kanada yang berjudul "O Canada" dalam bahasa Inggris, Perancis, untuk promosi pemerintah Kanada.

Tahun 2003, David Foster memenangkan Emmy Award Outstanding Music and Lyric untuk The Concert For Children's day.

Tahun 2005, David Foster bersama putrinya Amy Foster dan Beyonce Knowies menulis lagu "Stand up for love" sebagai lagu hari anak dunia yaitu acara tahunan untuk meningkatkan kesadaran terhadap anak dan pengumpulan dana untuk anak. 

Menurut majalah Rolling Stones, pada tahun 1985 nama David Foster menjadi Master of bombastiis kitsch pop

David Foster telah memenangkan 16 Grammy Award dari 47 nominasi yang pernah diterimanya dan dia adalah ketua dari Verve Music Group.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan membaca artikel DAVID FOSTER, MUSISI DARI KANADA YANG SANGAT  POPULER DENGAN KARYA LAGUNYA, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita dan dapat di share ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar