Chaka Khan greatest hits, I'm Every Woman, debut solonya

Chaka Khan, Queen Of Funk Soul merupakan penyanyi dan penulis lagu yang berhasil meraih 10 Grammy Award asal Amerika di tahun 1970 an

Chaka Khanpenyanyi soul legendary

Chaka Khan merupakan seorang penyanyi musik jazz yang cukup terkenal di Amerika Serikat. Dia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu wanita yang cukup terkenal pada tahun 1970 an. Rufus adalah nama band dan Chaka Khan berperan menjadi vokalis di band ini.
 
Selain itu, dia juga telah diberi julukan sebagai Queen of Funk Soul karena prestasinya yang berhasil memenangkan 10 Grammy Award ketika Chaka Khan masih bergabung dengan Band Funk Rufus sebagai vokalis utamanya.

Chaka Khan merupakan penyanyi legendary asal Amerika yang bergelar Queen Of Funk Soul karena lengkingan vokalnya yang sangat kuat hingga mencapai 3,5 sampai 4 oktaf.

Meskipun pada tahun 1978 Chaka Khan masih menjadi anggota band Funk Rufus dan berkontribusi sebagai vokalis utama di band tersebut selama 4 dasawarsa. Namun demikian, dalam pretasi musiknya secara mandiri (solo karir) juga cukup bagus. 

Dia juga cukup sukses dalam bersolo karirnya karena terbukti dengan beberapa lagu Chaka Khan yang berhasil dirilisnya melalui 6 lagu Chaka Khan I Feel For You, Tell Me Something Good, Sweet Thing, Ain’t Nobody, I’m Every Woman dan Through The Fire karena lagu lagu tersebut berhasil melejit.


Meskipun dalam kehidupan pribadinya, Chaka Khan banyak mengalami masalah karena harus berjuang untuk berusaha sembuh dari masalah penyalah gunaan narkoba dan kecanduan alkohol bahkan sampai ke penggunaan kokain dan heroin.
 
Hal ini, membuat Chaka Khan pada bulan Juli 2016 terpaksa harus melakukan rehabilitasi. Selain itu, muncul masalah lain karena anaknya juga ikut terlibat dalam masalah kecanduan narkoba. 

Pada waktu itu Chaka Khan bahkan sempat berusaha untuk diet dengan berusaha menurunkan berat badannya supaya dapat mengatasi tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes yang dideritanya. 

Chaka Khan telah menjadi seorang penyanyi legendary dari Amerika dan juga sebagai ikon musik pemenang Grammy karena jumlah Grammy yang berhasil diraihnya cukup fantastis yakni berjumlah 10 Grammy Award yang telah dimenangkannya.

Selain itu, dia juga sebagai seorang penyanyi bergenre r&b, jazz, soul, disko, gospel dan musisi yang cukup dermawan. 

Sekilas Tentang Karir Musik Chaka Khan

Nama lahir dari Chaka Khan adalah Yvette Marie Stevens tetapi dia lebih dikenal dengan nama Chaka Khan. Dia lahir pada tanggal 23 Maret 1953 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat dan mulai aktif di dunia musik sejak tahun 1973. 

Kecintaan Chaka Khan terhadap musik ternyata ingin dipersembahkan buat neneknya yang telah memperkenalkan jazz kepada Chaka Khan sejak kecil. Akan tetapi, setelah Chaka Khan menginjak usia remaja, dia  sudah mulai  bergeser sedikit dari genre musik lamanya yaitu musik jazz.

Selain itu, Chaka Khan mulai menggemari jenis musik yang bergenre rhythm and blues sejak dia remaja, tetapi akhirnya dia kembali lagi menekuni sebagai penyanyi jazz dan soul sampai dia menjadi terkenal.

Dia mempunyai suami yang bernama Doug Rasheed (m.2001), Richard Holland (m. 1976-1980), Hassan Khan (m.1970-1971) dan mempunyai 2 orang anak yang bernama Milini Khan dan Damien Holland. 

Chaka Khan telah mendapat gelar sebagai Queen Of Funk karena kehebatannya dalam meraih 10 Grammy Award dan kesuksesan salah satu albumnya hingga mampu terjual sampai 70 juta rekaman di seluruh dunia.
 
Selain itu, dia juga berhasil masuk di urutan ke 17 dari 100 Greatest Woman of Rock And Roll. 


Melalui lagu berjudul I Feel for you, Chaka Khan merupakan rapper wanita pertama yang sukses pada waktu itu karena pada tahun 1984 dia berhasil meraih 3 emas untuk single, 3 album emas dan 2 album platinum. 

Atas prestasi Chaka khan music yang luar biasa tersebut maka Chaka Khan menjadi seorang penyanyi yang cukup dihormati, sehingga pada tanggal 28 Juli ditetapkan sebagai hari Chaka Khan Day. Penetapan ini diberikan setelah dia tampil di Millennium Park’s Pritzker Pavillion. 

Berikut 10 Grammy Award yang berhasil diraih oleh Chaka Khan yaitu : 

1. Best R&B Vocal Performance by a Duo, Group Or Chorus melalui lagu Tell Me Something Good ketika menjadi anggota band Rufus (1975) 
2. Best R&B Vocal Performance Female (1984) 
3. Best R&B Performance by a Duo Or Group With Vocal melalui band Rufus dengan lagu Ain’t Nobody (1984) 
4. Best Vocal Arrangement For Two Or More Voice melalui lagu Be Bop Medley (1984) 
5. Best R&B Vocal Performance melalui lagu I Feel For You (1985) 
6. Best R&B Vocal Performance melalui lagu I’ll Be Good To You berduet dengan Ray Charles (1991) 
7. Best R&B Vocal Performance, Female melalui lagu The Woman I Am (1993) 
8. Best Traditional R&B Vocal Performance melalui lagu What’s Going On berduet dengan The Funk Brothers (2003) 
9. Best R&B Performance By a Duo Or Group With Vocals melalui lagu Disrespecful berduet dengan Mary J. Blige (2007) 
10. Best R&B Album melalui lagu Funk This (2008)

Perjalanan karir Chaka Khan lengkap

Chaka Khan yang mempunyai nama lahir Yvette Marie Stevens, penyanyi asal Amerika ini telah menjalani karirnya sudah hampir lebih dari 5 dekade sejak tahun 1970 an. Dimulai sebagai vokalis dari band funk Rufus.

Chaka Khan sebagai artis r&b pertama yang mempunyai lagu hit crossover dan memunculkan seorang rapper adalah lagu berjudul I Feel for You tahun 1984. Chaka Khan telah meraih sebanyak 10 Grammy Awards dan mencapai penjualan hingga 70 juta di seluruh dunia.

Ketika bersama band Rufus, Chaka Khan telah berhasil memperoleh 4 single Gold, 4 album Gold dan 2 album Platinum. Untuk karir solonya, Chaka Khan juga sukses mendapatkan 3 single Gold, 3 album Gold dan 1 album Platinum melalui lagu I Feel for You.

Chaka Khan juga berkolaborasi dengan penyanyi lain seperti Ry Cooder, Robert Palmer, Ray Charles, Quincy Jones, Guru, Chicago, De La Soul, Mary J. Blige. Menurut majalah Billboard, Chaka Khan merupakan artis tari paling sukses ke 65 sepanjang masa.

Selain itu, Chaka Khan masuk di peringkat 17 dalam daftar asli VH1 dari 100 Wanita Rock & Roll Terbesar, masuk nominasi kedalam Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali sebagai artis solo dan 4 kali ketika masih di band Rufus.

Masa muda Chaka Khan

Chaka Khan terlahir dalam satu keluarga bohemian yang artistik di Chicago, Illnois, 5 bersaudara dan dia anak pertama. Orang tua Chaka Khan bernama Charles Stevens dan Sandra Coleman.

Ayah Chaka Khan merupakan seorang beatnik dan ibunya merupakan seorang ibu yang serba bisa. Sejak kecil, Chaka Khan dibesarkan di daerah Hyde Park yaitu satu pulau di lingkungan kegilaan, merupakan proyek perumahan South Side Chicago yang keras.

Kakak Chaka Khan yang bernama Yvonne berhasil mejadi musisi yang terkenal dengan nama Taka Boom, sedangkan saudara prianya membentuk grup funk The Jamaica Boys serta menjadi anggota Aurra dan menjadi musisi yang sukses juga.

Saudara Chaka Khan yang lain adalah 2 orang perempuan bernama Zaheva Stevens dan Tammy McCrary. Chaka Khan adalah seorang Katholik dan dia sekolah di sekolah dasar Gereja Santo Thomas Rasul, di Hyde Park.

Kecintaan musik Chaka Khan dan berapa saudaranya berasal dari neneknya yang telah memperkenalkan pada musik jazz. Pada umur 11 tahun, Chaka Khan membentuk girl grup bernama Crytalettes bersama dengan adiknya.

Pada tahun 1960, ayah Chaka Khan ikut serta dalam demonstrasi hak hak sipil bersama dengan istri kedua ayahnya yang bernama Connie yaitu seorang aktifis pendukung gerakan ini serta bergabung dalam Partai Black Panther.

Chaka Khan diberi nama Chaka Adunne Aduffe Hodarhi Karifi oleh Yoruba Baba pada saat berusia 13 tahun, namun banyak yang mengira pemberian nama Chaka ketika dia masih menjadi anggota Panthers.

Chaka Khan keluar dari Panthers pada tahun 1969 ketika putus sekolah, kemudian Chaka Khan mulai tampil pada kelompok kelompok kecil di sekitar Chicago. Dia pertama kali, tampil dengan grup Cash McCall Lyfe.

Pada tahun 1970, Chaka Khan diminta untuk menggantikan Baby Huey yang meninggal dunia yaitu seorang anggota dari Baby Huey & the Babysitter. Namun, grup ini bubar pada tahun 1971.

Chaka Khan dan Rufus

Chaka Khan menjadi anggota Rufus setelah tahun 1972 tampil di band lokal untuk menggantikan posisi penyanyi rock n roll yang bernama Paulette McWilliams.

Rufus ini menjadi perhatian musisi Ike Turner sehingga mereka didatangkan ke Los Angeles untuk merekam di studio Bolic Sound di Inglewood, California. Setelah Rufus menandatangi kontrak dengan ABC Records pada tahun 1973, mereka merilis album debut eponymous.

Album ini tidak berhasil menarik perhatian. Kolaborasi antara Rufus dengan Stevie Wonder dengan lagu Tell Me Something Good. Lagu yang ditulis oleh Chaka Khan ini berhasil hit, menduduki peringkat 3 di Billboard Hot 100 tahun 1974  dan berhasil memenangkan Grammy Award pertama bagi Rufus.

Rufus selanjutnya merilis lagu You Got the Love, lagu ini menduduki peringkat 11 di Billboard Hot 100 dan peringkat 1 di chart r&b. Hal ini, membantu album kedua Rufus Rags to Rufus berhasil mendapatkan Platinum karena penjualannya mencapai 1 juta kopi.

Rufus dari tahun 1974 sampai tahun 1979 telah merilis sebanyak 6 album, dengan meraih Platinum untuk Rufusized, Rufus yang menampilkan Chaka Khan, Ask Rufus, Street Player dan Materjam.

Beberapa hit yang dihasilkan oleh Rufus diantaranya adalah Once You Get Started, Sweet Thing, Hollywood, At Midnight (My Love Will Lift You Up) dan Do You Love What You Feel.

Band Rufus ini memperoleh ketenarannya karena daya tarik dari Chaka Khan yang mempunyai vokal kuat serta menggunakan custom panggung yang kadang kala menggunakan pakaian dari penduduk asli Amerika yang kelihatan perutnya.

Materi band Rufus ini sebagian besar ditulis dan diproduksi sendiri oleh band ini dan Chaka Khan di dalam band Rufus ini dikenal sebagai instrumentalis yang memainkan drum, bass dan perkusi.

Komposisi instrumental ini paling banyak adalah hasil kolaborasi antara Chaka Khan dengan gitaris Tony Maiden. Namun terjadi masalah, terhadap hubungan Chaka Khan dengan anggota grup Rufus yang lain khususnya dengan drummer Andre Fischer.

Hal ini, membuat beberapa anggota personilnya selalu keluar di setiap rilis. Namun demikian, Chaka Khan masih bertahan sebagai anggota Rufus.

Akhirnya pada tahun 1978, Chaka Khan berhasil mendapatkan tanda tangan kontrak solonya dengan Warner Bros Record. Hal ini, membuat Chaka Khan sibuk dalam mengerjakan materi solonya.

Sementara Rufus telah merilis 3 album tanpa partisipasi dari Chaka Khan, dengan album berjudul Numbers (dirilis tahun 1979), Party ‘Til You’re Broke (dirilis tahun 1980) dan Seal in Red (tahun 1983).

Chaka Khan album debut solonya dirilis pada tahun 1978, yang berisi hit disco crossover berjudul I’m Every Woman.

Lagu ini ditulis oleh Ashford & Simpson untuk Chaka Khan. Dengan hitnya lagu ini, sehingga membuat album Chaka Khan mendapatkan Platinum karena penjualannya mencapai 1 juta kopi.

Lagu berikutnya dirilis tahun 1978 dengan judul Stuff Like That dan Chaka Khan tampil di hit Quincy Jones.

Chaka Khan kembali bergabung dengan Rufus pada tahun 1979 untuk berkolaborasi pada Masterjam dan menampilkan lagu hit Rufus Do You Love What You Feel yang dibawakan oleh Chaka Khan dengan Tony Maiden.

Chaka Khan juga berduet dengan Ry Cooder pada tahun 1979 pada albumnya yang berjudul Bop Till You Drop. Setelah itu, Chaka Khan memperdalam kemampuannya dalam memproduksi dan menulis di studio Bolic Sound milik Ike Turner.

Rufus tanpa Chaka Khan kembali merilis Party ‘Til You’re Broke pada tahun 1980 dan Chaka Khan merilis album solo kedua Naughty dengan gambar sampul putri Chaka Khan (Milini) yang berusia 6 tahun.

Album solo kedua Chaka Khan ini menelurkan hit disco berjudul Clouds dan balada r&b berjudul Papillon.

Chaka Khan merilis 2 album pada tahun 1981, satu album dari Rufus berjudul Camouflage dan satunya lagi album solo Chaka Khan yang berjudul What Cha’Gonna Do for Me. Album solo Chaka Khan ini dapat meraih Gold.

Pada album konsep Rick Wakeman 1984, Chaka Khan membawakan 3 buah lagu dan Chaka Khan merilis 2 album solo lagi yaitu Echoes of an Era yang lebih ke jazz dan album self title Chaka Khan lebih ke funk.

Album Chaka Khan Be Bop Medley lebih dipengaruhi jazz dan berhasil meraih Grammy serta telah menerima pujian dari penyanyi jazz Betty Carter yang mengidolakan scatting vokal Chaka Khan di lagu tersebut.

Album studio terakhir Rufus Seal in Red pada tahun 1983, di album ini juga tanpa Chaka Khan.

Namun demikian, Chaka Khan tampil di dalam album live Rufus Stompin’at the Savoy – Live. Album ini menelurkan lagu Ain’t Nobody, dimana lagu ini berada di peringkat 22 di Billboard Hot 100 dan peringkat 1 di chart Hot r&b.

Selain itu, lagu ini juga berhasil berada di 10 besar di Inggris. Akan tetapi, setelah Rufus merilis album ini akhirnya mereka bubar.

Album studio keenam Chaka Khan berjudul I Feel for You dirilis tahun 1984, lagu pertama di dalam album ini ditulis dan direkam oleh Price pada tahun 1979. Selain itu lagu ini juga direkam oleh The Pointer Sisters dan Rebbie Jackson.

Untuk yang versi Chaka Khan terdapat solo harmonika oleh Stevie Wonder serta rap pengantar oleh Grandmaster Melle Mel. Lagu versi Chaka Khan ini sangat sukses karena mencapai penjualan hingga jutaan di AS, hal ini membantu menaikkan karir Chaka Khan.

Lagu I Fell for You versi Chaka Khan ini berada diperingkat tertinggi tangga lagu r&b dan dance AS, sukses besar di tangga lagu pop AS dan peringkat 1 di Inggris, peringkat 3 di Billboard Hot 100 di tahun 1984, peringkat 1 di chart Cash Box.

Selain itu lagu ini masuk sebagai lagu peringkat 5 Billboard tahun 1985 dan menggiring Prince the 1985 ke Grammy Award untuk Best R&B Song. Video musik Chaka Khan menampilkan penari breakdance telah membantu meningkatkan kepopuleran dia pada budaya populer.

Lagu Chaka Khan I Fell for You mendapatkan Platinum melalui lagu This is My Night dan lagu balada Through the Fire. Chaka Khan jugamembawakan hit nomor 1 tahun 1986 dari Steve Winwood yang berjudul Higher Love.

Dalam album Liner notes, Chaka Khan masih dilakukan pengaturan vokal pada album tersebut.

Pada akhir tahun 1980, Chaka Khan telah mendapatkan banyak kesuksesan melalui album remix Life is a Dance: The Remix Project karena berada di 10 besar di tangga album Inggris. Sehingga di Inggris Chaka Khan mempunyai basis penggemar yang kuat di negara tersebut.

Chaka Khan berkolaborasi dengan Ray Charles dan Quincy Jones pada tahun 1990 pada cover new jack swing untuk lagu I’ll Be Good to You dari The Brothers Johnson yang dibawakan di Jones’s Back on Blok.

Lagu I’ll Be Good to You menduduki peringkat 18 di Billboard Hot 100 dan peringkat 1 di chart r&b. Setelah itu lagu ini meraih Grammy Award untuk penampilan Vokal R&B Terbaik oleh Duo atau Grup.

Pada tahun 1992, Chaka Khan kembali merilis album studio The Woman I Am. Album ini sukses melalui lagu r&b Love You All My Lifetime dan You Can Make the Story Right.

Chaka Khan bersama dengan rapper Guru berduet dengan lagu Watch What You Say pada tahun 1995, lagu ini menjadi hit di Inggris. 

Lagu My Funny Calentine dipakai untuk soundtrack Waiting to Exhale, disini Chaka Khan berpartisipasi memberikan cover r&b kontemporer dari standar klasik.

Pada perilisan album Chaka Khan yang paling populer berjudul Epiphany: The Best of Chaka Khan, Vol. 1, tahun 1996 ini Chaka Khan justru meninggalkan Warner Bros dengan alasan label ini telah gagal merilis Dare You to Love Me.

Chaka Khan Prince karena album Come 2 My House dirilis tahun 1998 melalui label baru NPG Records milik Prince, kemudian dilanjutkan dengan merilis lagu Don’t Talk 2 Strangers.

Chaka Khan merilis otobiografinya Chaka! Through The Fire pada tahun 2003. Tahun selanjutnya merilis album cover jazz pertama berjudul ClassiKhan.

Selain itu Chaka Khan juga mengcover Little Wing bersama Kenny Olson pada album Power of Soul: A Tribute to Jimi Hendrix.

Chaka Khan merilis album Funk This yang oleh para kritikus dikatakan sebagai album comeback. Album ini berisi lagu hit Angel dan lagu Disrespectful berduet dengan Mary J. Blige.

Lagu Disrespectful ini berada diperingkat 1 di chart single dance AS serta meraih kemenangan penyanyi Grammy Award. Untuk album Funk This berhasil menjuarai Grammy untuk Best R&B Album.

Album Funk This ini juga terkenal akibat Chaka Khan album cover dari Foolish Fool kepunyaan Dee Dee Warwick dan cover Sign o’ the Times milik Prince.

Chaka Khan menerima Gelar Doktor Kehormatan Musik dari Berklee College of Music pada bulan Desember 2004.

Chaka Khan memulai debutnya bersama dengan penyanyi Anastacia dan Lulu pada lagu Here Come the Girl pada tahun 2009. Pada album drummer jazz Billy Cobham berjudul Drum ‘n voice 3 ini, Chaka Khan sebagai penyanyi tamu dengan lagu Live.

Dilanjutkan pada tahun 2010, Chaka Khan ikut andil vokal untuk lagu Soul Survivor milik Beverley Knight dengan berkolaborasi dengan Clay Aiken di lagu untuk pertunjukan anak anak Phineas and Ferb.

Kemudian, muncul sebagai artis unggulan di One More Try dan cover lagu Through the Fire di album studio lagu Ai, The Last Ai.

Chaka Khan menerima plakat bintang Hollywood Walk of Fame ke 2.440 di bagian Hollywood Boulevard di Los Angeles pada tahun 2011. Pada acara tersebut dihadiri keluarganya dan dihadiri Stevie Wonder.

Rufus dan Chaka Khan masuk nominasi Rock & Roll Hall of Fame, nominasi ini merupakan nominasi pertama kolektif setelah 13 tahun berkarya di musik.

Untuk menghormati Trayvon Martin yaitu seorang remaja yang terbunuh pada tanggal 26 Februari, Chaka Khan merilis ulang lagu Uper Life dengan judul Super Life: Fear Kills, Love Heals bersama dengan Eric Benet, Kelly Price dan Luke James.

Selain itu, ada beberapa selebritas yang bergabung dalam merilis ulang lagu tersebut diantaranya  Loretta Devine, Terry Crews, Eva Pigford serta reporter Kevin Frazier.

Chaka Khan cukup dihormati karena pada taggal 27 Juli 2013 telah terjadi upacara penggantian nama Blackstone Avenue antara 50th dan 51st street sebagai Chaka Khan Way dan tanggal 28 Juli dideklarasikan sebagai hari Chaka Khan Day.

Namun, pada bulan Juli 2016, Chaka Khan membatalkan pertunjukan Chaka Khan consert karena dia harus menjalani rehabilitasi.

Chaka Khan berkolaborasi dengan Switch untuk lagu berjudul Like Sugar yang dirilis tahun 2018. Lagu ini dipromosikan pada acara Ellen dan dimasukkan kedalam album Chaka Khan tahun 2019 berjudul Hello Happiness.

Chaka Khan berkolaborasi dengan Ariana Grande dalam lagu Nobody yang diambil dari soundtrack Charlie’s Angels.

Chaka Khan juga menerima kehormatan dalam acara Power of Women dan penerima penghargaan lainnya adalah Mariah Carey, Jennifer Aniston, Brie Larson, Awkwafina dan Dana Walden.

Pada tahun 2020, pada musim 3 dari The Masked Singer, Chaka Khan berlomba sebagai Miss Raksasa. Namun, Chaka Khan kalah dalam kompetisi tersebut.

Pada tahun yang sama, Chaka Khan diundang untuk membawakan lagu kebangsaan di NBA All-Star Game 2020. Namun, penampilannya ini banyak mendapatkan kritikan melalui Twitter karena dia dibandingkan dengan Fergie yang tampil pada tahun 2018.

Chaka Khan bergabung dengan Youtuber dan pemain Todrick Hall untuk albumnya yang berjudul Femuline dengan lagu berjudul Fabulosit.

Kehidupan pribadi Chaka Khan

Chaka Khan menikah sebanyak 2 kali dan dikaruniai 1 orang putri dan 1 orang putra yang bernama Indira Milini dan Damien Holland. Suami pertama Chaka Khan bernama Hassan Khan dan pada saat itu Chaka Khan masih berusia 17 tahun dan berakhir dengan perceraian.

Purinya yang bernama Indira Milini adalah hasil hubungannya dengan Rahsaan Morris, suami kedua Chaka Khan bernama Richard Holland.

Pernikahannya dengan Richard Holland inilah yang menyebabkan hubungannya dengan anggota Rufus menjadi tidak baik terutama dengan Andre Fischer.

Namun pernikahannya dengan Holland berakhir, karena Holland mengajukan gugatan cerai pada tahun 1980 karena perbedaan yang tidak dapat diselesaikan.

Setelah bercerai dengan Holland, Chaka Khan pindah ke Eropa, awalnya menetap di London. Kemudian tinggal di Jerman karena dia membeli tempat tinggal di Jerman.

Chaka Khan merupakan seorang vegan karena untuk melakukan diet dalam menurunkan berat badannya serta untuk mengatasi tekanan darah tinggi serta diabetes melitus tipe 2.

Chaka Khan juga telah berjuang untuk penyalahgunaan narkoba hingga tahun 1990 serta alkohol hingga tahun 2005.

Masalah muncul lagi, setelah anak Chaka Khan yang bernama Damien Holland dituduh melakukan pembunuhan setelah Christopher Bailey yang berusia 17 tahun ditembak mati.

Dalam hal ini, Chaka Khan bersaksi untuk anaknya bahwa penembakan itu merupakan kecelakaan. Sehingga putra Chaka Khan dibebaskan dalam persidangan dan bertanggung jawab untuk gugatan perdatanya.

Pada tahun 2020, Chaka Khan dilantik sebagai anggota kehormatan dari Zeta Phi Beta Sorority, Inc.

Penghargaan Grammy Chaka Khan

Meraih kemenangan Grammy Award, 8 Grammy untuk Chaka Khan dan 2 Grammy untuk Chaka Khan sebagai anggota Rufus. 22 nominasi Grammy Award termasuk 3 nominasi Grammy sebagai anggota Rufus.

Penghargaan Grammy Award yang dimenangkan Chaka Khan :

- Tell Me Something Good – Rufus, untuk kategori Best R&B Vocal Performance by a Duo, Group Or Chorus  (tahun 1975)

- Chaka Khan, untuk kategori Best R&B Vokal Performance, Female (tahun 1984)

- Ain’t Nobody – Rufus, untuk kategori Best R&B Performance by aDuo Or Group With Vocal (tahun 1984)

- Be Bob Medley – dengan Arif Mardin, untuk kategori Best Vacl Arrangement For Two Or More Voices (tahun1984)

- I Feel for You, untuk kategori Best R&B Vocal Performance, Female (tahun 1985)

- I’ll Be Good to You – dengan Ray Charles, untuk kategori Best R&B Performance by a Duo Or Group With Vocal (tahun 1991)

- The Woman I Am, untuk kategori Best R&B Vocal Performance, Female (tahun 1993)

- What’s Goin On – dengan The Funk Brothers, untuk kategori Best Tradisional R&B Vocal Performance (tahun 2003)

- Disrespectful – dengan Mary J. Blige, untuk kategori Best R&B Performance by a Duo or Group With Vocals (tahun 2008)

- Funk This, untuk kategori Best R&B Album (tahun 2008)

Nominasi Grammy Award Chaka Khan :

- Ask Rufus – Rufus, untuk kategori Best R&B Vocal Performance by a Duo, Group Or Chorus  (tahun 1978)

- I’m Every Woman, untuk kategori Best R&B Vokal Performance, Female (tahun 1979)

- What Cha’ Gonna Do for Me, untuk kategori Best R&B Vokal Performance, Female (tahun 1982)

- Echoes of an Era, untuk kategori Jazz Vocal Performance Female (tahun 1983)

- I Feel for You, untuk kategori Best R&B Vocal Performance, Female (tahun 1986)

- Destiny, untuk kategori Best R&B Vocal Performance, Female (tahun 1987)

- Love Me Still – dengan Bruce Hornsby, untuk kategori Best Song Written Specifically for a Motion Picture Or Television (tahun 1996)

- Missing You – dengan Brandy, Tamia & Gladys Knight, untuk kategori Best Pop Collaboration With Vocals (tahun 1997)

- Never Miss The Water – dengan Meshell Ndegeocello, untuk kategori Best R&B Performance by a Duo Or Group With Vocal (tahun 1997)

- Stomp – dengan Luke Cresswell, Fiona Wilkes, Carl Smith, Fraser Morrison, Everett Bradley, Mr. X, Melle Mel, Coolio, Yo-Yo, Charlie Wilson, Shaquille O’Neal & Luniz  (tahun 1997)

- Summertime, untuk kategori Best Female R&B Vocal Performance (tahun 1998)

- Everyday (Family Reunion) – dengan Gerald Levert, Yolanda Adams & Carl Thomas, untuk kategori Best R&B Performance by a Duo or Group With Vocals (tahun 2007)

Penghargaan lainnya

- Soul Train Awards : Recipient of the Lena Horne Award, untuk Career Achievement (tahun 1998) dan Recipient of the Legends Award, untuk Career Achievement (tahun 2009)

- United Negor College Fund Award : Recipinet of the UNCF Award of Excellence (tahun 2011)

- American Music Award nominations : Favorite Female Artist – Soul/Ehythm & Blues, untuk tahun 1985, 1982 dan 1981

- SoulMusic Hall of Fame at SoulMusic.com : Unducted as Female Artist (tahun 2012)

UK Music Video Awards :Like Sugar menag sebagai Best Color Grading in a Video (tahun 2018) dan Like Sugar juga menang sebagai Best Editing (tahun 2018)

Discography Chaka Khan

- Chaka (tahun 1978)

- Naughty (tahun 1980)

- What Cha’Gonna Do for Me (tahun 1981)

- Chaka Khan (tahun 1982)

- Echoes of an Era (tahun 1982)

- I Feel for You (tahun 1984)

- Destiny (tahun 1986)

- Ck (tahun 1988)

- The Woman I Am (tahun 1992)

- Come 2 My House (tahun 1998)

- ClassiKhan (tahun 2004)

- Funk This (tahun 2007)

- Hello Happiness (tahun 2019)

Filmoghraphy Chaka Khan

- The Greatest Ears in Town: The Arif Mardin Story

- American musical comedy film The Blues Brothers tahun 1980

- Guest Judge on RuPaul’s Drag U, Season 1 Episode 8, A Star Is Born Again

- Phineas and Feb: Summer Belongs To You!

- Guest Judge on RuPaul’s Drag Race, Season 12 Episode 8, Droop

- The One and Only Ivan

- The Masked Singers

- Guest performer on American Idol

Demikianlah sekilas tentang karir musik Chaka Khan, prestasi-prestasi musik yang berhasil diraihnya serta beberapa album yang berhasil diilis oleh seorang Chaka Khan sang Queen of Funk Soul.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Chaka Khan greatest hits, I'm Every Woman, debut solonya, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alahkah indah jika kita dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar