5 Musisi Jazz Paling Populler Dan Berpengaruh Di Dunia

Musisi jazz
(sumber gbr : okwave.com)

5 Musisi Jazz Paling Populer Dan Berpengaruh Dalam Perkembangan Musik Jazz

Bagi pecinta musik jazz, tentu saja mengenai kelima musisi jazz top ini sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Namun demikian, tidak ada salahnya apabila akan kami ulas kembali untuk menginagtkan lagi apa saja peran mereka ini didalam dunia musik jazz.
 
Yuk, kita kupas secara singkat saja, mengenai 5 musisi jazz terpopuler didunia dan berpengaruh dalam perkembangan musik jazz. Siapa sajakah mereka ini ?

Berikut 5 musisi jazz tersebut, antara lain :


1.  Louis Armstrong


Louis Armstrong
(sumber gambar dari : biography.com)
 
Louis Armstrong merupakan musisi kelahiran New Orleans pada tanggal 4 Agustus 1901 dan telah meninggal dunia pada tanggal 6 Juli 1971 di Queens, New York City. 
 
Dia adalah seorang penyanyi, komposer dan solois terompet musik jazz, yang mendapat beberapa macam julukan. Julukan tersebut diantaranya adalah satchus atau pops, satch dan satchel mouth. 
 
Diantara julukan julukan yang dia dapatkan itu, salah satunya diberikan kepadanya karena dia mempunyai mulut yang lebar.

Dia adalah salah satu tokoh penting yang paling berpengaruh di dalam musik jazz dan merupakan tokoh terkenal sebagai inventif terompet dan pemain cornet. 
 
Dari permainan terompetnya, telah memberikan pengaruh dasar pada musik jazz ditambah lagi dengan suara seraknya yang menjadi suara khasnya.
 
Kondisi ini, membuat dia mampu memposisikan dirinya sebagai seorang musisi yang telah dianggap secara luas sebagai musisi yang mempunyai pengaruh besar juga terhadap musik populer secara umum.

Louis Armstrong telah menciptakan kepribadian dan gayanya sendiri sebagai pemain terompet solo, dengan membuat suara-suara yang unik sehingga suara terompet yang dihasilkannya bisa menyanyi dalam setiap penampilannya. 
 
Dia juga pernah bergabung dengan band olver yang merupakan grup band jazz yang sangat berpengaruh di Chicago.

Permainan terompet dan inovasi vocal Louis Armstrong telah digunakan sebagai dasar  untuk seni jazz interpretasi vocal dan warna suaranya yang unik dengan suara seraknya juga telah menjadi pola dasar musik jazz yang banyak diontoh oleh musisi jazz lain. 
 
Gaya permainan terompet solo dan gaya scat bernyanyinya sungguh luar biasa dan tidak ada yang dapat menandinginya.

2.  John Coltrane


John Coltrane
(sumber gambar dari : thedailybeast.com)
 
Nama aslinya John William Coltrane lebih dikenal dengan John Contrane atau Coltrane. 
 
Dia adalah seorang komposer berkebangsaan Amerika Serikat sebagai pemain saksofond, yang lahir di Hamlet, Nort California pada tanggal 23 September 1926 dan telah meninggal dunia pada tanggal 17 Juli 1967 di Hutington, California Utara, Amerika.

John Coltrane merupakan seorang musisi yang telah membantu merintis penggunaan mode jazz dan merupakan tokoh terdepan di musik free jazz.
 
Selama masa karir musiknya dari tahun 1946, dia sudah berhasil memimpin lebih dari 50 sesi rekaman dan dia juga tampil sebagai sideman pada album dari musisi lain seperti terompet Miles Davis dan pianis Thelonious Monk.

Musiknya selalu mengambil dimensi spiritual, dan sebagai pemain saksofond banyak sekali pengaruh-pengaruh dari musisi-musisi lain terhadap dia.
 
Namun demikian, dia tetap pada kecintaannya sebagai pemain saksofond sehingga John Coltrane ditetapkan sebagai pemain saksofond yang paling significant dalam sejarah musik. 
 
 
Dia juga telah berhasil mendapatkan penghargaan, termasuk juga kanonisasi oleh gereja ortodoks Afrika sebagai saint John William Coltrane khusus pulitzer price.

John Coltrane pertama kali mempunyai saksofond ketika dia dibelikan oleh ibunya pada tahun 1943 dan awalnya dia hanya memainkan klarinet dan alto horn disebuah band komunitas.
 
Kemudian dia mengambil saksofond alto di sekolah tinggi. Dia pertama kali bermain secara profesionalnya pada awal pertengahan tahun 1945 sebagai pemain piano dan gitaris dengan lagu "Cocktail lounge trio".

3.  Miles Davis


Miles Davis
(sumber gambar dari : freejazlessons.com)
 
Nama aslinya Miles Davis Deway III dan lebih dikenal dengan Miles Davis. Dia merupakan seorang pemain terompet musisi jazz asal Amerika Serikat kelahiran tanggal 26 Mei 1926 dan telah meninggal dunia pada tanggal 28 September 1991 di Santa Monica, Californa, Amerika Serikat.

Miles Davis adalah seorang musisi jazz yang paling berpengaruh terhadap perkembangan musik jazz di abad 20 an dan merupakan salah satu musisi yang paling inovatif. 
 
Dia adalah anggota dari salah satu kelompok musik jazz yang berada dibarisan terdepan dalam perkembangan musik jazz termasuk bebop, cool jazz, hard bop, model jazz, post bop dan jazz fusion.

Miles Davis diakui sebagai salah satu kunci dalam sejarah jazz didalam rock and roll half of fame pada tahun 2006 dan telah berhasil meraih penghargaan dari RIAA melalui album kind of blue yang telah mendapatkan 4 platinum bersertifikasi. 
 
Album ini telah diakui sebagai harta nasional oleh DPR Amerika Serikat.

Banyak musisi-musisi terkenal dan kelompok musik dari berbagai genre musik yang telah dipengaruhi oleh Miles Davis, diantaranya adalah pemain saksofond Gerry Mulligan, John Coltrane, Cannonball Adderley, George Coleman dan masih banyak lagi.

4.  Gil Evans


Gil Evans
(sumber dari : twitter.com)
 
Dia terlahir dengan nama Ian Gilmore Ernest "Gil" Evans tetapi lebih dikenal dengan nama Gil Evans, pianis jazz asal Kanada ini juga sebagai arranger, komposer dan pemimpin band.

Dilahirkan di Toronto, Kanada, pada tanggal 13 Mei 1912 dan telah meninggal pada tanggal 20 Mei 1988 di  Cuernavaca, Meksiko.

Dia merupakan seorang musisi jazz yang mempunyai peran penting dalam perkembangan cool jazz, modal jazz, fee jazz dan jazz fusion. 
 
Selama karir musiknya, Gil Evans telah berkolaborasi secara efektif dengan Miles Davis, dengan album kolaborasinya yang berhasil dirilis diantaranya adalah Miles ahead, Porgy and Bess dan Sketches of spam. 

Salah satu perannya dalam perkembangan musik jazz, bahwa dia termasuk sebagai salah satu musisi jazz yang ikut berpartisipasi dalam pertemuan kelompok musisi jazz yang membahas untuk mengembangkan gaya musik baru diluar dari gaya yang dominan dari bibop.
 

Gil Evans juga telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya adalah :
 
- Pada tahun 1986 dilantik menjadi down beat jazz hall of fame
- Mendapatka grammy award untuk best jazz instrumental performance dengan Big band, pada tahun 1986
- Mendapatkan grammy award untuk best original kompisisi jazz dengan Miles Davis, pada tahun 1960

5.  Dizzy Gillespie


Dizzy Gillespie
(sumber gambar dari : montrealjazzfast.com)
 
Dizzy Gillespie merupakan seorang pemain terompet musik jazz, selain itu juga sebagai pemimpin band, komponis, penyanyi jazz berkebangsaan Amerika.

Dilahirkan di Cherow, California Selatan, Amerika, pada tanggal 21 Oktober 1917 dan telah meninggal dunia pada tanggal 6 Januari 1993 di Englewood, New Jersey, Amerika.

Bersama dengan Charlie Parker, dia telah memainkan peran yang paling penting dalam sejarah perkembangan musik jazz dan merupakan salah satu pemeran Afos-Cuban jazz. 

Dalam penguasaannya bermain terompet, Dizzy Gillespie sungguh sangat luar biasa karena dia dapat menguasai permainan terompetnya secara menyeluruh.
 
Hal ini, membuat dia dapat dengan sangat mudah untuk melakukan improvisasi dan dapat dengan mudah juga untuk menambahkan lapisan-lapisan harmoni yang kompleks dalam memainkan terompetnya tersebut. 
 
Improvisasi permainan terompetnya, merupakan hal baru yang sebelumnya belum pernah ada didalam dunia jazz.

Selain mahir dalam memainkan terompetnya, dia juga dapat bernyanyi seat dengan menggunakan terompetnya yang bengkok. 
 
Ciri khas lain yang dimilikinya adalah pipinya dapat mengembang bulat saat memainkan terompetnya, selain itu dia juga memiliki sifat yang sangat ramah kepada setiap orang sehingga dapat menarik minat banyak orang untuk dapat menyukai musik jazz.

Permainan terompetnya dapat membuat pengaruh yang cukup besar tehadap pemain-pemain terompet lainnya, sehingga cara bermainnya sering dijadikan contoh bagi pemain terompet lain. 
 
Dizzy Gillespie pertama kali melakukan pekerjaan profesionalnya, pada saat bergabung dengan Frank Fairfax Orchestra.

Penulis biografi yang bernama Alyn Shipton mengutip bahwa Don Waterhouse setuju bahwa Dizzy Gillespie mulai mengikuti campuran dari berbagai macam jazz untuk membentuk dasar dari klasisisme baru, berbeda dengan Miles Davis. Namun demikian Dizzy Gillespie selalu setia pada gaya bibopnya.

Dizzy Gillespie, pada tahun 1960 dilatik oleh majalah Down beat masuk ke Jazz hall of fame.

Demikian sekilas ulasan singkat tentang 5 MUSISI JAZZ YANG PALING POPULER DAN BERPENGARUH DI DUNIA, terima kasih sudah berkunjung  di  blog ini dan sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke semua teman-teman pecinta musik.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar