Siapakah 6 Gitaris Pria Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Gitaris adalah seorang pemain gitar yang mampu memainkan berbagai macam gitar, dari gitar klasik, gitar akunstik, gitar listrik maupun gitar bass.
(sumber gambar dari : pixabay.com)

Yuk lihat siapakah 6 gitaris top dunia

Seorang gitaris dalam suatu kelompok musik merupakan salah satu bagian terpenting. Hal ini, karena seorang gitaris akan selalu berada dibarisan depan dan biasanya akan menampilkan gaya aksi permainan gitarnya sehingga dapat berinteraksi langsung dengan para penggemarnya.

Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling populer dari kalangan berbagai macam genre musik, baik genre musik metal, rock, hard rock, jazz, reggae, country dan masih banyak lagi genre musik lainnya yang menggunakan alat musik gitar untuk mendukung musiknya. 

Gaya permainan gitar dari setiap pemainnya juga akan berbeda-beda dan akan tergantung dari bermacam-macam genre yang ada. Gitaris dapat memainkan gitarnya dengan tempo permainan yang lambat, sedang ataupun dengan tempo cepat, semuanya itu  tergantung dari genre musiknya.

Di dalam dunia musik telah tercatat nama-nama gitaris yang paling top dunia. Para gitaris top ini telah berhasil dicatat oleh The Rock and roll half of fame karena kepiawaiannya dalam memainkan gitarnya sehingga gaya permainan gitarnya dapat berpengaruh terhadap kelompok musik di grup band mereka.

Nah, siapakah 6 gitaris pria terbaik dunia tersebut, berikut ulasannya :

1.  Jimi Hendrix


Jimi Hendrix
(Sumber gambar dari : levinemusic.org)
 
Jimi Hendrix merupakan seorang gitaris asal Amerika dan sekaligus berkarir sebagai penyanyi dan penulis lagu. 
 
Permainan gitarnya sangat berpengaruh didalam suatu genre musik, sehingga dia dianggap sebagai salah satu gitaris listrik yang paling berpengaruh dalam sejarah musik populer dan merupakan musisi paling terkenal di abad 20 an sebagai instrumentalis terbesar dalam sejarah musik rock.

2.  B B King


B B King
(Sumber gambar dari : post-qazette..)
 
Nama aslinya adalah Riky B King, terkenal dengan nama B B King. Dia merupakan seorang penyanyi blues Amerika sekaligus sebagai penulis lagu dan gitaris terkenal.

Kepiawaiannya dalam bermain gitar telah tercatat dalam 100 daftar gitaris terbesar sepanjang masa, dan berhasil masuk kedalam urutan ke 6 di majalah Rolling Stones. 
 
Dia juga telah berhasil memperkenalkan gaya cangging dari solo karirnya berdasarkan string kultur dan vibrato, sehingga gaya vibratonya banyak mempengaruhi musik blues.

B B King telah mendapat julukan King of blues dan menjadi salah satu dari Three kings of the blues guitar bersama dengan Albert dan Freddie.

Dia juga dilantik sebagai salah satu musisi paling berpengaruh pada tahun 1987 di Rock & Roll Half Of Fame.

3.  Eric Clapton


Eric Clapton
(Sumber gambar dari : whereseric ..)
 
Eric Clapton adalah seorang gitaris kelahiran Surrey, England yang mendapat julukan slowhand. Selain sebagai seorang gitaris, dia juga sebagai penyanyi dan pencipta lagu serta seorang komponis asal Inggris yang berhasil memenangkan Grammy Award.

Kesuksesannya ini berhasil diraihnya sekitar abad 20 dan 21 dan telah tercatat di majalah Rolling Stones di urutan ke 4 dalam daftar gitaris terbesar sepanjang masa di musium Rock & Roll Half Of Fame.
 
Selain itu, dia juga berhasil diabadikan sebanyak 3 kali sebagai personil dari grup musik The Yarbirds, Cream dan pada saat bersolo karir.

Dia banyak disanjung oleh para penggemar dan kritikus musik sebagaik gitaris besar sepanjang masa dan namanya berhasil masuk kedalam daftar 100 artis terbesar sepanjang jaman oleh majalah Rolling Stones.

Gaya musiknya berakar dari musik blues, meskipun demikian gaya musiknya juga sangat bervariasi, sehingga dalam sejarah tercatat sebagai pencetus aliran blues rock bersama dengan John Mayal, The blues breakers & the yarbirds serta psychedelic rock sewaktu bergabung dengan gaya musik cream.

4.  Keith Richards


Keith Richards
(Sumber gambar dari : bluesjunctionproductions.com)
 
Keith Richards adalah seorang gitaris rock asal Inggris, yang lahir pada tanggal 18 Desember 1942 di Dartford, Kent Inggris, Britania Raya. 
 
Selain bermain musik Keith Richards juga pernah menjadi seorang aktor di film Pirates of the caribbean : At world's end, dia berperan sebagai Teague Sparrow yaitu ayah dari kapten Jack Sparrow.

Selain sebagai seorang gitaris, dia juga berprofesi sebagai penulis lagu, produser rekaman dan juga penulis buku untuk kategori Best Seller. Keith Richards merupakan salah satu pendiri band rock terkenal yang bernama Rolling Stones, dia berperan sebagai gitarisnya.

Pada tahun 2003, Keith Richards berhasil menempatkan dirinya di posisi ke 10 dalam 100 gitaris terbaik sepanjang masa. Hal ini, karena pemainan Rhytm gitarnya sangat inovatif sekali. 
 
Dari ratusan lagu yang berhasil direkam terdapat 14 lagu yang berhasil masuk kedalam daftar 500 lagu terbaik, prestasi ini dicatat oleh majalah Rolling Stones.

5.  Ry Cooder


Ry Cooder
(Sumber gambar dari : rockshot.photoshelter.com)
 
Nama aslinya adalah Ryland Peter dan lebih dikenal dengan nama Ry Cooder, dia lahir pada tanggal 15 Maret 1947 merupakan sorang musisi dan komposer asal Amerika.

Ry Cooder merupakan seorang gitaris yang multi instrumentalis, tetapi karyanya lebih dikenal dalam bermain gitar slide. Dia lebih tertarik pada akar musik Amerika Serikat sehingga dia lebih banyak berkolaborasi dengan musisi tradisional dari berbagai negara.

Karya solonya meliputi genre musik Americana, folk, blues, soul dan rock dan dia pernah berkolaborasi dengan musisi seperti kapten Beefheart, Ali Farka, Toure, Eric Clapton, The Rolling Stones, Van Morrison, Neil Young, Randy Newman, David Lindley, The Doobie Brothers, Carla Olson dan The Textones.

6.  Chuck Berry


Chuck Berry
(Sumber gbr dari : yle.fi)
 
Nama aslinya adalah Charles Edward Anderson terkenal dengan nama Chuck Berry, lahir di St Louis, Missouri pada tanggal 18 Oktober 1926.

Selain sebagai seorang gitaris, dia juga seorang penyanyi dan penulis lagu yang berasal dari Amerika Serikat. 
 
Chuck Berry merupakan seorang musikus yang paling berpengaruh dan merupakan perintis musik rock & roll karena dia mampu mengembangkan unsur-unsur penting dalam rock & roll menjadi satu kesatuan.

Dan dari semua artis peristis rock & roll, Chuck Berry termasuk seorang artis paling penting dalam perkembangan musik rock & roll, dan merupakan seorang gitaris besar dalam sejarah awal adanya musik rock & roll.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel SIAPAKAH 6 GITARIS PRIA TERBAIK DUNIA SEPANJANG MASA, semoga bermanfaat dan dapat menambanh wawasan musik kita dan mohon dapat dishare kepada teman-teman pecinta musik.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar