Chuck Berry Biography, Superstar Rock N Roll Style

Chuck Berry, gitaris , penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat yang sukses dengan lagu Maybellene, roll over beethoven, Johnny b.goode

Chuck Berry super star dan perintis rock and roll

Chuck Berry masuk kedalam daftar rock and roll half of fame. Penghargaan ini diberikan sebagai penghormatan bagi dia karena dianggap sebagai pelopor musik rock and roll yang mempunyai kemampuan luar biasa dalam bermusik. 
 
Khususnya dalam permainan gitar Chuck Berry rock and roll music gayanya cukup menawan sehingga Chuck Berry memang seorang legenda superstar rock n roll style.

Pentolan The Beatles yang bernama John Lennon mengemukakan bahwa jika kamu ingin mengganti nama rock and roll dengan nama lain, maka tidak ada yang paling pantas selain nama Chuck Berry, sang legenda dan super star rock and roll.

Lagu lagu Chuck Berry (Chuck Berry songs) banyak direkam oleh artis musik terkenal dan band terkenal seperti The Beatles dan Rolling Stones

Meskipun gaya bermain gitar Chuck Berry secara teknis belum sempurna, namun gaya gitarnya telah menjadi gaya yang khas bagi Chuck Berry yang populer dengan  Chuck Berry guitar styles.

Chuck Berry telah mengkombinasikan efek elektronik untuk mencontoh suara gitaris blues bottleneck serta menggunakan pengaruh dari pemain gitar Carl Hogan dan T-Bone Walker dalam memperoleh suara yang bening dan memukau.

Akhirnya gaya bermain gitar Chuck Berry berhasil diakui oleh banyak gitaris sebagai pengaruh dari gaya mereka sendiri dan keahlian Chuck Berry dalam bermain gitar sangat berpengaruh terhadap banyak gitaris rock dunia.

Chuck Berry Biography :

Chuck Berry merupakan seorang gitaris terkenal asal Amerika Serikat yang sekaligus berprofesi sebagai penyanyi dan penulis lagu. 
 
Dia mempunyai nama asli Charles Edward Anderson yang dilahirkan di St Louis, Missouri pada tanggal 18 Oktober 1926 dan dia telah meninggal dunia pada hari Sabtu, tanggal 18 Maret 2017 di Saint Charles, Missouri, Amerika.

Dia merupakan salah seorang musikus yang paling berpengaruh dan telah dianggap sebagai perintis musik rock and roll karena telah berhasil mengembangkan unsur unsur paling utama dari musik rock and roll. Selain itu, dia telah berhasil membuat suara dan gaya khas musik rock and roll. 

Chuck Berry telah berhasil menjadi salah satu genre musik superstar pertama kalinya yaitu melalui lagu lagunya antara lain Maybellene, Roll Over Beethoven, Rock and Roll Music. Selain itu, sebuah lagu rock and rollnya telah disempurnakan melalui lagu Johnny B.Goode Chuck Berry.

Oleh Chuck Berry karya lagu lagunya tersebut disempurnakan dengan gaya musik ritme dan blues, sehingga membuat lagu lagunya dengan gaya musik rock and rollnya menjadi unik. Selain itu, lirik lagunya mampu menarik perhatian di pasar remaja dan menjadi musik yang disukai remaja.  

Salah satu lagunya yang berjudul Roll Over Beethoven ini memang bukan merupakan lagu genre musik rock and roll ketika pertama kalinya.
 
Akan tetapi lagu ini telah berhasil menjadi lagu rock and roll terbaik pada saat itu yang telah dirilis pada tahun 1956. Chuck Berry telah berhasil memunculkan suasana di negaranya menjadi demam rock and roll.

Baca juga : Yuk Lihat, Siapakah 6 Gitaris Pria Terbaik Dunia ??

Rock and roll Beethoven akhirnya banyak diikuti oleh pemusik pemusik terkenal seperti The Beatles dan telah dipakai sebagai tema untuk film Beethoven pada tahun 1992.
 
Namun demikian, semuanya itu tidak dapat menandingi imaginatif, transgresif belokan yang tiba tiba dilakukan dan keahlian permainan gitar seperti ini hanya dimiliki oleh Chuk Berry.

Dalam masa perkembangan dari genre musik rock and roll maka musik ini merupakan sebuah musik hibrida, sehingga pada pertengahan tahun 1950 Chuck Berry mulai berimajinasi dengan cara mencampurkan raungan blues dan melompat ke country dan rhytm and blues. 

Akhirnya terciptalah jenis musik yang bisa diterima secara luas yaitu jenis genre musik rock and roll, dimana musik ini telah berhasil memantapkannya menjadi Chuck Berry Rock n Roll Legacy.

Menurut Seorang kritikus musik yang bernama Jon Pareles dari majalah New York Times, mengemukakan bahwa Chuck Berry adalah perintis dan legenda dari genre musik rock and roll. 
 
Dengan melalui keahliannya dalam bermain gitarnya, dia telah berhasil memberikan permainan virtuoso yang sangat memukau dalam musik country dan blues. 

Chuck Berry telah membuat lirik lagu yang mampu menciptakan suatu ide kebebasan di Amerika melalui cerita petualangan remaja dan diperlihatkannya melalui gaya pinggul bergoyang serta penampilan panggungnya juga mempelajari gaya rambut yang akan dipakainya.

Gaya rambut dan gaya pinggul bergoyang ini, digunakan sebagai ciri khas dan cara dalam memberikan bahasa fisik dari Chuck Berry musik rock and roll tersebut. Dalam kelanjutannya, genre musik rock and roll akan menentukan musik pop untuk dekade berikutnya.

Dengan munculnya Elvis Presley yang telah menampilkan gaya khasnya rock n roll style sehingga hal ini telah berhasil membuat Elvis Presley akhirnya menjadi bintang idola remaja.
 
Melalui lagunya yang berjudul Brown Eyed Handsome Man yang telah dinyanyikannya dengan sangat merdu, sehingga Elvis Presley merupakan penyanyi rock and roll yang berkulit putih yang juga menjadi penyanyi legendaris dunia.

Baca juga : Elvis Presley, Raja Rock And Roll Dan Penyanyi Legendaris
 
Beda halnya dengan Chuck Berry, karena dia seorang musisi dan penyanyi rock and roll yang berkulit hitam.  
 
Dia telah sukses lebih awal, sehingga gaya rock and roll stylenya telah dipelajari oleh penyanyi kulit putih seperti Elvis presley dan juga telah berhasil meraih sukses di musik rock and rollnya tersebut.

Chuck Berry sebelumnya sangat yakin bahwa rock and roll adalah miliknya dan ini digambarkan dalam film dokumenter bahwa Jerry Lee Lewis dengan Chuck Berry telah berjuang sehingga Chuck Berry merupakan raja sejati genre musik rock and roll.

Lagu lagu Chuck Berry banyak direkam oleh artis musik terkenal dan band terkenal seperti The Beatles dan Rolling Stones. Meskipun gaya bermain gitar Chuck Berry secara teknis belum sempurna, namun gaya gitarnya telah menjadi gaya yang khas bagi Chuck Berry.

Chuck Berry telah mengkombinasikan efek elektronik untuk mencontoh suara gitaris blues bottleneck serta menggunakan pengaruh dari pemain gitar Carl Hogan dan T-Bone Walker dalam memperoleh suara yang bening dan memukau.

Akhirnya gaya bermain gitar Chuck Berry berhasil diakui oleh banyak gitaris sebagai pengaruh dari gaya mereka sendiri dan keahlian Chuck Berry dalam bermain gitar sangat berpengaruh terhadap banyak gitaris rock dunia.

Perjalanan karir Chuck Berry

Chuck Berry dibesarkan di St.Louis sebagai anak paling kecil. Ayahnya bernama Henry William Berry merupakan seorang kontraktor dan diakon gereja baptis dan ibunya bernama Martha Bell (Banks) berprofesi sebagai kepala sekolah negeri.

Sejak usia muda, Chuck Berry berminat pada musik dan pertama tampil di publik pada tahun 1941, pada saat itu dia masih sekolah di Sumner High School. 

Minat musik dari Chuck Berry memang sudah terlihat sejak usia masih muda dan pertama kali penampilan musiknya terjadi pada saat dia masih di SMA, dan pada masa dia sebagai seorang siswa SMA. 

Chuck Berry juga pernah mengalami masa suramnya karena dia pernah berurusan dengan pihak hukum sehingga dia pernah menjalani masa masa sulit dipenjara. Akan tetapi setelah bebas, dia mulai mengembangkan bakat musiknya tadi. 

Dalam mengembangkan musiknya, dia mengembangkan keahliannya dalam bermain gitar yang pada awalnya banyak dipengaruhi oleh gitar riff dan dia lebih banyak memainkan keahliannya dalam tehnik bermain gitar blues. 

Teman teman SMA Berry banyak yang memuji Berry, namun Berry tidak dapat menyelesaikan sekolahnya. 
 
Pada musim panas tahun 1944, Berry di DO karena Berry terlibat perampokan bersenjata bersama 2 temannya di kanvas city. Berry bersama kedua temannya dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh pengadilan karena tidak mengakui kesalahannya, dan dipenjara di Algoa, Missouri.

Selama dipenjara, Berry berteman dengan seorang pentolannya napi sehingga berry aman dari segala ancaman selama di dalam penjara. Pada jaman itu, Berry masih merasakan adanya diskriminasi terhadap warna kulit, sehingga asrama napi kulit hitam dipisah dengan napi kulit putih. 

Selama di dalam penjara, Berry juga tetap mengembangkan kreativitas musiknya yaitu dengan cara mengorganisir kuartet paduan suara untuk kebaktian gereja dan dia memegang bass.

Pada tahun 1947, Berry bebas dari penjara karena masa hukumannya dikurangi 3 tahun. Berry kembali ke St. Louis untuk memulai lembaran baru dengan bekerja sebagai tukang kayu bahkan sampai menjadi ahli rias kecantikan. 
 
Untuk selanjutnya, Berry mulai mengisi acara di klub klub lokal hingga untuk acara pernikahan dengan bayaran $4 per malamnya.

Berry mulai serius di bidang musiknya setelah memasuki dekade 1950 an, setelah bergabung dengan Sir John Trio.
 
Berry akhirnya mengguncang Cosmopolitan Club dan mulai merekam single pertamanya yang berjudul Maybellene dan single ini berhasil sukses di peringkat 5 Billboard dan peringkat pertama di r&b.

Lagunya yang berjudul Maybellene merupakan adaptasi dari lagu Ida Red yang mampu meraih penjualan mencapai 1 juta kopi dan berhasil mencuat ke peringkat pertama di majalah Billboard. 

Dengan keberhasilan lagu Maybellene ini maka Chuck Berry lebih agresif lagi dalam menghasilkan lagu hit lainnya seperti School Day, Rock and Roll Music, Roll Over Beethoven, Promise Land, My Ding-a-Ling (lagu ini cukup laris di tahun 1972), serta lagu hit Chuck Berry Johnny B. Goode. 

Sederatan lagu hitnya disekitar tahun 1963 antara lain, lagu Chuck Berry Nadine, No Particular Place To Go dan You Never Can Tell. 
 
Akan tetapi kesuksesannya ini, telah membuatnya terseret kedalam kasus hukum pada tahun 1979 dan dia sempat dipenjara selama 4 bulan karena tuduhan penggelapan pajak. 

Dia merupakan salah seorang musisi pertama yang berhasil masuk kedalam Rock and Roll Hall Of Fame dan dia merupakan seorang musisi yang berhasil mematrikan dasar musik rock and roll, baik mengenai warna suaranya maupun gaya rock and roll stylenya.

Di dalam lagu lagunya, penampilan Berry menunjukkan performa yang sangat menakjubkan, dengan permainan gitarnya yang sangat mengesankan sehingga membuat gitaris lainnya seolah olah seperti pemain gitar amatiran. 

Chuck Berry menampilkan gaya yang unik yaitu dengan bergaya berjalan dengan satu kaki kesamping saat bermain gitar. Gaya ini terkenal dengan gaya duck walk dan gaya Chuck Berry ini terkadang masih terlihat di panggung panggung musik rock.

Sampai akhirnya musik dan penampilan dari Chuck Berry menjadi sandard baru bagi musisi selanjutnya seperti John Lennon, Keith Richard, The Beach Boys maupun The Beatles, dan semuanya menganggap Berry sebagai bapak musik rock.

Meskipun Chuck Berry tampil begitu memukau namun Berry belum pernah memenangkan Grammy Award di sepanjang karier musiknya. 

Tetapi semua ini, tidak akan menghilangkan rasa hormat para penggemar musik terhadap karya Chuck Berry sehingga pada tahun 1986, Chuck Berry masuk Rock and Roll Hall of Fame.

Chuck Berry menikah dengan Themetta “Toddy” Suggs dan dikaruniai seorang anak bernama Darlin Ingrid Berry yang lahir pada 3 Oktober 1950.

Pada saat itu, untuk menghidupi keluarganya, Berry bekerja apa saja diantaranya sebagai buruh pabrik perakitan mobil, petugas kebersihan gedung apartemen, bahkan sebagai ahli kecantikanpun dikerjakan oleh Chuck Berry.

Akhirnya Chuck Berry dapat membeli pondok bata dengan 3 kamar dan bak mandi di Whittier Street. Sekarang terdaftar sebagai Chuck Berry House masuk dalam daftar tempat bersejarah Nasional.

Berry mulai bekerja di band band lokal di klub klub yang berada di St.Louis pada tahun 1950 untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dalam bermain musik blues sudah biasa dilakukan oleh Berry sejak usia remaja, pada saat itu dia meminjam riff gitar serta teknik kemampuan permainan gitar dari musisi blues T-Bone Walker.

Chuck Berry belajar gitar dari seorang temannya yang bernama Ira Harris dan temannya inilah yang memberikan dasar dari gaya permainan gitar Berry. Chuck Berry tampil bersama trio Johnnie Johnson yang memainkan musik blues serta country dan juga berkolaborasi dengan pianis.

Akhirnya Chuck Berry mulai merekam 2 lagunya pada tahun 1954, diantaranya lagu I Hope This Words Will Find Yoy Well dan Oh Maria!, bersama dengan Joe Alexander & the Cubans.

Keahliannya dalam bermain gitar, mampu memainkan lagu country dengan lagu r&b yang dinyanyikannya dengan menggunakan gaya Nat King Cole yang dibuat ke musik Muddy Waters, sehingga hal ini membuat para penontonnya menjadi sangat puas atas penampilan Berry tersebut.

Berry pada Mei 1955 hijrah ke Chicago dan berjumpa dengan Muddy Waters. Kemudian disarankan untuk menghubungi Leonard Chess dari Chess Records, dengan harapan Chess Records menyukai musik blues Berry.

Tapi Chess Record lebih memilih lagu adaptasi dari Ida Red yang berjudul Maybellene, yang berkolaborasi dengan pemain piano Johnnie Johnson, drummer Ebby Hardy dan Willie Dixon sebagai pemain bass.

Maybellene ini mampu terjual hingga 1 juta kopi dan bertengger di peringkat tertinggi di Billboard Chart ritme dan blues, serta peringkat 5 di chart Best Sellers in Stores pada tahun 1955.

Maybellene menurut Berry dirilis dalam waktu yang pas yaitu pada saat Afro-Amerika menjalar ke dalam pop mainstream.

Namun ada hal yang mengejutkan Berry, karena DJ Alan Freed dan 1 orang lainnya justru diberikan hak beberapa royalti, sehingga Berry memilih diselesaikan lewat jalur hukum supaya mendapatkan hak menulis secara penuh.

Lagu Chuck Berry Roll Over Beethoven bertengger diperingkat 29 di Billboard’s Top 100 chart. Berry mulai melakukan tur Top Acts of 56. Teman Berry yang bernama Carl Perkins mengemukakan bahwa musik Berry terpengaruh oleh musik country.

Chuck Berry mendapat kesempatan untuk tampil berkeliling Amerika pada Biggest Show of Star for 1957 dari Alan Freed, yang diikuti oleh Everly Brothers, Buddy Holly dan beberapa artis musik lainnya.

Lagu hit Chuck Berry Rock and Roll Music dinyanyikannya di ABC’s Guy Mitchell Show dan Berry disini sebagai tamu undangan. Lagu ini berhasil menjadi lagu hit dari tahun 1957 sampai dengan tahun 1959.

Chuck Berry juga telah menelurkan banyak single chart dan Top 10 hits AS diantaranya lagu berjudul Chuck Berry Sweet Little Sixteen, School Days, Rock and roll Music dan satunya lagi lagu Chuck Berry Johny B. Goode.

Chuck Berry juga terlibat didalam film Rock Rock Rock pada tahun 1956 dengan membawakan lagu You Can’t Catch Me dan film Go Johnny, Go! Pada tahun 1959 dan membawakan lagu Johnny B. Goode, Memphis, Tennesse dan Little Queenie.

Chuck Berry tampil di Newport Jazz Festival dengan lagu Sweet Little Sixteen tahun 1958 pada film Jazz on a Summer’s Day.

Dalam penampilan Berry ini, sangat mengagetkan karena riff gitar pembukaan dalam lagu Chuck Berry Johny B. Goode hampir sama dengan yang dipakai oleh Louis Jordan untuk Ain’t That Just Like a Woman tahun 1946.

Ternyata karya Berry dipengaruhi juga oleh hutang Yordania secara umum, sehingga pada tahun 1950 an Berry menjadi bintang dengan catatan lagu hit, penampilan film dan karikatur yang mendatangkan keuntungan bagi Berry.

Sehingga Chuck Berry dapat membuka Club malam dengan nama Berry’s Club Bandstand serta dapat berinvestasi real estate.

Namun pada Desember 1959, masalah kembali menghadang Berry karena Berry dituduh melakukan hubungan seksual dengan pelayan Apache Janice Escalante yang masih berusia 14 tahun.

Sehingga Berry dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dan denda sebesar $ 5 ribu, namun Berry mengajukan banding dan hukumannya berkurang menjadi 3 tahun saja.

Popularitas Berry menurun dengan lagu berjudul Come On merupakan lagu terakhir Berry yang dirilis sebelum dia menjalani hukuman penjara.

Pada tahun 1963, setelah Chuck Berry keluar dari penjara adalah saat yang mudah bagi Berry untuk melakukan rekaman karena muculnya band band invasi Inggris seperti The Beatles dan Rolling Stones yang tertarik mempertahankan musik Berry dan merilis sampul lagunya.

Band band lainnya juga mengikuti untuk merilis ulang beberapa lagu hit Chuck Berry diantaranya : Pada tahun 1963, lagu Surfin USA milik Beach Boys memakai melodi dari lagu Chuck Berry Sweet Little Sixteen.

Chuck Berry telah merilis lagu :

- Tahun 1964 - 1965 telah merilis sebanyak 8  lagu, 3 lagunya No Particular Place to Go, You Never Can Tell dan satunya lagi lagu Chuck Berry Nadine. Lagu lagu Berrry ini sukses secara komersial dan berhasil masuk 20 besar Billboard 100.

- Tahun 1966 – 1969 telah merilis 5 album termasuk album live diantaranya Live in Fillmore Auditorium dan album live yang didukung oleh Steve Miller Band.

Bulan Mei 1965 sukses melakukan tur di Inggris namun sekembalinya dari tur tersebut Januari 1965 sikap Berry menjadi murung dan turnya menggunakan band lokal saja sehingga ketenarannya menjadi sulit datang dan kurang menarik.

Namun Berry juga bermain di acara acara besar di Amerika Utara, diantaranya tampil di Festival Musik Schaefer di Central Park New York pada Juli 1969 serta di festival the Toronto Rock and Roll Revival yang diadakan pada bulan Oktober 1969.

Chuck Berry pada tahun 1970 – 1973 pulang ke Chess, dan selama 3 tahun ini tidak ada lagu hit yang muncul dari album Back Home ya dirilis tahun 1970.

Kemudian Berry melanjutkan merilis rekaman live My Ding-a-Ling yang dirilis tahun 1972, dengan lagu My Tambourine dari LP 1968 yang menggunakan versi dibuat tidak sama dengan lagu yang pernah dirilis sebelumnya sehingga menjadi satu satunya lagu peringkat pertama milik Berry.

Rekaman live Chuck Berry Reelin and Rockin merupakan lagu selanjutnya yang berhasil menjadi Hit terakhir Top 40 di AS dan Inggris. Lagu My Tambourine dan Reelin and Rcokin dimasukkan kedalam part-live, part-studio The London Chuck Berry Sessions.

Album lain pada sesi London direkam oleh seorang artis dengan membawakan 2 lagu andalan yaitu lagu Muddy Waters dan Howlin’ Wolf. Album terakhir Berry adalah album Chuck Berry yang dirilis tahun 1975 setelah selama 38 tahun berkarya di bidang musik.

Chuck Berry mengadakan tur pada tahun 1970 setelah bermain musik di jalan selama beberapa tahun dengan gitar kesayangan Chuck Berry gitar Gibson electric yang setia menemaninya. 

Chuck Berry dengan yakinnya bahwa dia dapat menyewa band yang sudah mengerti musiknya kemanapun dia akan mengadakan turnya.

Namun AllMusic berbeda pendapat, yang menyatakan bahwa penampilan Berry menjadi semakin tidak bagus, ceroboh dan tidak klop karena menggunakan band yang buruk. Hal ini, membuat reputasi Chuck Berry menjadi tercoreng.

Tahun 1972, dibuatlah film Chuck Berry di Teater Televisi BBC di Shepherds Bush khusus untuk Chuck Berry in Concert yang didukung oleh band Rocking Horse.

Telah tercatat bahwa beberapa pentolan band ikut menjadi peran cadangan bersama Berry di tahun 1970 an, diantaranya Bruce Springsteen dan Steve Miller ketika mereka baru mengawali karir musiknya.

Bruce Springsteen berperan pada film dokumenter Hail! Hail! Rock ‘n’ Roll, namun Berry tidak memberikan daftar lagu yang akan dibawakan kepada band tersebut. Berry berharap semua musisi yang main dengan dia akan mengikuti setiap intro gitarnya.

Pada tahun 1995, band ini mendukung Berry kembali ketika tampil di konser untuk Rock and Roll Hall of Fame. Berry juga pernah tampil di Gedung Putih atas permintaan Jimmy Carter pada 1 Juni 1979.

Karena pada tahun 1970 an, Berry banyak tampil dengan berkeliling sirkuit Oldies maka pembayaran tunai seringkali dilakukan oleh promotor lokal kepada Berry. Hal ini, menimbulkan persoalan baru bagi Berry karena dia dituduh mengindari pajak.

Untuk ke 3 kalinya Berry menerima hukuman 4 bulan penjara ditambah 1000 jam pelayanan masyarakat dengan melakukan konser amal pada tahun 1979.

Pada tahun 1980, Berry tetap bermain musik sendirian dan dengan dukungan band lokal pada setiap pemberhentiannya.

Pada tahun 1986, dibuatlah film dokumenter Hail! Hail! Rock ‘n’ Roll oleh Taylor Hackford, yang diambil dari konser perayaan ulang tahun ke 60 Chuck Berry. 

Acara ini diadakan oleh sejumlah gitaris terkenal Keith Richards, Eric Clapton, Etta James, Julian Lennon, Rober Cray serta Linda Ronstadt. Mereka muncul bersama Berry di panggung serta di film.

Dalam acara tersebut, Chuck Berry memainkan gitar kesayangan Chuck Berry  Gibson ES-355 dimana seri ES-355 merupakan versi mewah kesukaan Berry yang digunakannya selama tur di tahun 1970 an.

Sedangkan gitaris lainnya, Richards memainkan gitar Fender Telecaster berwarna hitam, Cray memainkan gitar a Fender Stratocaster, yang terakhir Clapton memainkan model gitar yang sama dengan gitar yang digunakan Berry pada awal rekaman yaitu Gibson ES 350T.

Masalah demi masalah ternyata, selalu menghampiri Chuck Berry. Ketika pada tahun 2000, dia digugat oleh pianis Johnnie Johnson, yang mengklaim bahwa pianis tersebut ikut berkonstribusi dalam menulis lebih dari 50 lagu Chuck Bery. 

Ini termasuk juga lagu hit Chuck Berry seperi No Particular Place to Go, Sweet Little Sixteen dan Roll Over Beethoven.

Namun, keberuntungan masih berpihak pada Berry karena kasus ini dibatalkan oleh hakim karena sudah melewati waktu yang terlalu lama sejak lagu lagu tersebut ditulis.

Tur ke Eropa dengan mengunjungi Swedia, Norwegia, Finlandia, Inggris, Belanda, Irlandia, Swiss, Polandia dan Spanyol dilakukan Berry pada tahun 2008. Berry tampil di Virgin Festival di Baltimore pada pertengahan 2008.

Namun, pada saat konser tahun baru 2011 di Chicago terjadi insiden dimana Berry pingsan karena kelelahan. Selama menggeluti karir musiknya, Chuck Berry berhasil mempunyai tempat tinggal di Ladue, Missouri yang letaknya 10 mil barat St. Louis.

Selain itu Berry juga memiliki tempat tinggal lain di Berry Park, rumah yang dimilikinya sejak tahun 1950 an, didalam rumah ini terdapat kolam renang yang berbentuk gitar dan menjadi tempat pada saat Berry tutup usia.

Pada saat ulang tahunnya yang ke 90 tahun, Berry mengumumkan album studio barunya Chuck yang dirilis pada tahun 2017. Album ini merupakan rekor baru pertama Berry dalam karir musiknya selama 38 tahun.

Album studio Chuck Berry :

- After School Session (tahun 1957)

- One Dozen Berrys (tahun 1958)

- Chuck Berry Is on Top (tahun 1959)

- Cockin’ at the Hops (tahun 1960)

- New Juke Box Hits (tahun 1961)

- Two Great Guitars (dengan Bo Diddley) (tahun 1964)

- St. Louis to Liverpool (tahun 1964)

- Chuck Berry in London (tahun 1965)

- Fresh Berry’s (tahun 1965)

- Chuck Berry’s Golden Hits (tahun 1967)

- Chuck Berry in Memphis (tahun 1967)

- From St. Louie to Frisco (tahun 1968)

- Concerto in B. Goode (tahun 1969)

- Back Home (tahun 1970)

- San Francisco Dues (tahun 1971)

- The London Chuck Berry Sessions (tahun 1972)

- Bio (tahun 1973)

- Chuck Berry (tahun 1975)

- Rock It (tahun 1979)

- Chuck (tahun 2017)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Chuck Berry Biography, Superstar Rock N Roll Stylesemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar