Drake International, Album More Life Melahirkan 4 Single Hit

Drake, penyanyi, penulis lagu, aktor dan produser rekaman asal Kanada, awal dikenal sebagai aktor televisi drama remaja

Drake penyanyi asal Kanada dan rapper terbaik 

Drake Aubrey Graham atau biasa dikenal dengan nama Drake saja. Dia merupakan seorang rapper, artis rekaman dan seorang aktor yang berasal dari Kanada. 

Drake mempunyai seorang anak, dimana ibu dari anak Drake (istri Drake) tersebut masih belum diketahui secara pasti, masih menjadi tanda tanya atau menjadi sebuah misteri tentang siapakah sebenarnya ibu biologis anaknya tadi.

Namun demikian, akhirnya Drake mengungkapkan sendiri bahwa Sophie Brussaux (mantan artis bintang promo) adalah ibu biologis anaknya yang bernama Adonis.

Dilansir dari The Sun, bahwa Drake memperkenalkan putranya yang sangat lucu dengan rambut keriting pirang serta memiliki mata biru yang teduh, melalui foto tentang anaknya tersebut yang berjumlah 6 lembar. Salah satu foto tersebut, tampak anaknya bersama dengan Sophie Brussaux. 

Keberadaannya di dunia aktris mulai dikenal oleh publik, ketika dia memerankan karakter Jimmy Brooks pada serial televisi Degrassi: The Next Generation pada tahun 2000.

Gaya rapper Drake banyak dipengaruhi oleh beberapa artis hip hop seperti Kanye West, Jay Z, MF DOOM dan Lil Wayne. 

Selain itu beberapa artis r&b seperti Aaliyah dan Usher juga memberikan pengaruh kepada musik Drake. Artis Dancehall Karibia dan Vybz Kartel juga memberikan pengaruh kepada gaya Drake.

Semula gaya musik Drake adalah hip hop dan r&b, namun akhirnya Drake menggali ke musik pop dan terobosan musik lainnya. Musik Drake yang menjadi pengaruh didalam negerinya adalah dancehall Jamaika dan Uk Drill.

Mengenai lirik lagu lagu Drake lebih dikenal egois, baik dalam kemampuan teknis yang dimilikinya serta dari intergrasi kehidupan pribadinya yang berhubungan dengan wanita. Kemampuan vokal Drake cukup dipuji juga karena mempunyai ciri khas ketukan dan melodi hip hopnya.

Suara rap Drake kadang kadang kasar tetapi mempunyai aksen yang lembut dari teknis lirik lagunya. Sebagian besar lagunya mengandung unsur r&b dan hip hop Kanada. Musik gabungan rap dan lagu. Drake di anggap telah membuat inovasi yang dinamakan rap hiper realitas. 

Dia adalah salah seorang seniman hip hop yang telah berhasil mengajak kerjasama dengan beberapa produser dan penulis lagu seperti 40, Frank Dukes, Kanye West, London On Da Track dan Vinylz dalam merilis album Drake yang berjudul More Life. 

Album ini oleh Drake telah diartikan sebagai Body Of Work karena album Drake ini akan mengantarkan harapan kesehatan bagi para pendengarnya. Selain itu, album ini juga berisi 4 single hitnya yang berjudul Fake Love, Sneakin, 21 Savage, dan Two Birds, One Stone. 


Drake juga berhasil meraih penghargaan triple platinum di Amerika Serikat melalui beberapa lagu lagunya (Drake songs) yang berjudul Best I Ever Had, Jumpman, Over dan Hold On, We’re Going Home. 

Selain itu, dia juga mempunyai prestasi penjualan albumnya hingga terjual lebih dari 4 juta unit, sejajar dengan Take Care dan Headlines. Untuk album lainnya  yang telah berhasil dirilisnya adalah album dengan judul Hotline Bling telah berhasil meraih platinum yang kelima.

Prestasi yang berhasil diraih oleh Drake memang tidak diragukan lagi karena keempat album studionya, semuanya telah mendapat penghargaan platinum. Demikian juga untuk album solonya, telah sukses mencapai peringkat pertama di Amerika Serikat.

Rapper Kanada ini terlahir dengan nama Aubrey Drake Graham pada tanggal 24 Oktober 1986, di Toronto, Ontario, Kanada. Dia juga berprofesi sebagai penyanyi, penulis lagu, pengusaha, aktor dan produser.

Drake berhasil diakui keberadaannya setelah dia membintangi serial televisi Degrassi The Next Generation dari tahun 2001 – 2007.

Tahun 2006 berhasil merilis mixtape debut Drake Room for Improvement. Untuk mengejar karir musiknya, sebelum mendapat tandatangan kotrak dari Young Money Entertainment, Drake kembali merilis mixtape Comeback Season pada tahun 2007 dan So Far Gone tahun 2009.

Akhirnya pada tahun 2010, berhasil merilis album studio debut Drake Thank Me Later dan album ini berada di peringkat tertinggi di Billboard 200 AS. Kesuksesan Drake ini berlanjut pada tahun 2011 melalui Take Care berhasil mencapai kesuksesan dalam menerima kritik besar.

Sukses komersialnya diraih pada tahun 2013 melalui Nothing Was the Same serta komersial mixtape yang pertamanya tahun 2015 melalui If You’re Reading This It’s Too Late, keduanya mampu mendapatkan multi platinum di AS.

Tahun 2016, dirilis album Drake Views, album ini berada diposisi tertinggi di Billboard 200 selama 13 minggu dan menjadi album pertama oleh artis pria dalam 1 dekade. Pada tahun 2017, mixtape komersial solo kedua Drake berhasil mencapai rekor streaming melalui More Life.

Tahun 2018, Drake merilis album ganda Scorpion dan album ini berhasil mendapatkan 3 lagu peringkat pertama di Billboard Hot 100.  Pada tahun yang sama, mixtape komersial ke 3 Drake Dark Lane Demo Tapes berhasil menelurkan lagu Toosie Slide dan lagu ini menduduki peringkat pertama di Hot 100.

Drake EP Scary Hours 2 dirilis pada tahun 2021 dimana lagu What’s Next berhasil berada di peringkat pertama dan berhasil memecahkan rekor chart.

Drake juga seorang pengusaha yang mendirikan label rekaman OVO Sound pada tahun 2012. Tahun berikutnya, Drake berhasil menjadi Global Ambassador dari Torronto Raptors dan gabung dengan NBA yaitu komite eksekutif waralaba.

Tahun 2016, Drake bekerjasama dengan Brent Hocking pengusaha Amerika untuk wiski bourbon Virginia Black. Usahanya ini sukses memecahkan rekor penjualan di Kanada. Selain itu, Drake juga berkolaborasi dengan merek Nike dalam merancang modenya.

Drake juga mendapatkan sertifikasi tertinggi di AS oleh RIAA untuk single digitalnya karena telah menjual lebih dari 170 juta rekamannya dan menjadi artis musik terlaris di dunia.

Drake telah medapatkan berbagai macam penghargaan, diantaranya adalah :

4 Grammy Award, 6 American Music Awards, rekor 27 Billboard Music Awards, 2 Brit Awards, 3 Juno Awards serta beberapa kali masuk catatan tangga lagu Billboard yaitu mempunyai 10 lagu yang menduduki peringkat pertama.

Lagu Drake berhasil dipetakan di Hot 100 dan mempunyai lagu peringkat pertama terbanyak di r&b/Hip Hop Airplay, Hot r&b/Hip Hop Songs, Hot Rap Songs serta Rhythmic Airplay chartc.

Sekilas tentang karir musik Drake

Drake mempunyai nama asli Aubrey Drake Graham, yang lahir di Toronto, Ontario, Kanada pada tanggal 24 Oktober 1986, kedua orangtuanya bernama Sandi Graham dan Dennis Graham. 
 
Dia adalah seorang musisi, rapper, penyanyi, penggubah lagu, aktor dan produser rekaman dengan genre musik hip hop.

Dia mulai berkarir dari tahun 2001, tetapi sudah berhasil mengumpulkan 3 Grammy Award yang diperolehnya dari 27 nominasi serta berhasil memenangkan MTV Video Music Awards sebanyak dua kali, sehingga dia merupakan seorang penyanyi hip hop yang cukup berpengaruh di tahun 2014.

Kemampuan tehnik ngerapnya sebagai seorang rapper memang sangat bagus demikian juga dengan kemampuan vokalnya yang sangat pas sekali dengan ketukan ketukan musik hip hop yang khas dengan melodinya. 

Oleh sebab itu, kemampuan sebagai rapper tadi banyak dipuji oleh para pengamat musik demikian juga dengan lagu lagunya yang sebagian besar berisi genre musik r&b dan musik hip hop.
 
Kedua genre musik ini, memang  telah diakui sebagai polarisasi, yang telah memberikan kontribusi terhadap genre musik hip hop dan sebagai salah satu rapper yang paling populer saat ini.

Kesukaannya dengan musik hip hop diperkenalkan oleh ayahnya yaitu dengan mulai bernyanyi Mixtapes rap dan genre musik hip hop inilah yang menjadi dasar musiknya. 
 
Lirik dari lagunya terkadang emosional dan angkuh akan tetapi semua itu tidak menghilangkan rasa hormat orang orang kepada Drake sebagai raper terbaik.

Sebagai seorang rapper, Drake juga menduduki peringkat pertama Best Rapper Alive secara berturut turut yang telah berhasil diraihnya sejak tahun 1979 dan juga telah berhasil menjadi seorang rapper terbaik pada tahun 2014.
 
Kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2015, dimana Drake juga telah masuk kedalam daftar Billboard Top Artis 2015. 

Menurut The Pithfork publikasi musik lewat on line, album dari Drake ini merupakan album terbaik di peringkat ke 41 yang hampir sama dengan album berjudul So far Gone selama periode tahun 2010 sampai tahun 2014, dan juga dia juga masuk ke peringkat lima di daftar Top 10 Music Artists.

Pada tahun 2007 dia telah merilis album mixtape Room For Improvement, kemudian dilanjutkan lagi dengan merilis Comeback Season dan So Far Gone.

Pada tahun 2010 baru dapat merilis album studionya yang berjudul Thank Me Later, album inilah yang telah berhasil menembus ke peringkat pertama di Billboard 200 Amerika Serikat serta berhasil mendapatkan sertifikat platinum dari RIAA.

Kesuksesan ini diikuti dengan kesuksesan selanjutnya yaitu pada tahun 2011 dengan Take Care dan pada tahun 2013 dengan Nothing Was The Same, sehingga Drake berhasil meraih triple platinum serta Grammy Award untuk The Best Rap pada waktu itu.

Album keempatnya yang berjudul Views berhasil dirilis pada tahun 2016, melalui singlenya yang berjudul The dance single One Dance telah berhasil menduduki puncak tangga lagu di Billboard 200 di Amerika Serikat, Inggris dan Kanada selama 10 minggu.
 
Album ini, merupakan album solo pertamanya setelah sudah lebih dari 10 tahun berkarier di dunia musiknya.

Drake adalah penyanyi genre musik hip hop yang telah berhasil meraih tiga Award Juno dan enam BET Award serta telah mempunyai single terpopuler melalui lagu Hot Rap, Hot R&B atau hip hop Airplay serta Charts Rhytmic.

Kisah Drake rapper sewaktu muda :

Ayah Drake bernama Dennis Graham keturunan Afrika Amerika, merupakan seorang drummer bersama dengan musisi country Jerry Lee Lewis. 

Ibunya bernama Sandra “Sandi” Graham née Sher)  berasal dari Kanada keturunan Yahudi Ashkenazi dan berprofesi sebagai guru bahasa Inggris dan penjual bunga.

Drake mempunyai warga negara ganda Amerika Serikat dan Kanada, Warga negara Amerika Serikat dari ayahnya sedangkan warga negara Kanada dari ibunya. Ketika Drake berusia 5 tahun, orang tua Drake bercerai dan Drake mengikuti ibunya dengan tetap tinggal di Toronto.

Sedangkan ayahnya tetap tinggal di Amerika Serikat sampai Drake dewasa karena ayah Drake mengalami masalah hukum sehingga harus dipenjara selama  tahun atas tuduhan narkoba.

Setelah itu, ayah Drake berkolaborasi dengan Arkells kelompok musik asal Kanada dalam video musik untuk lagu Drake’s Dad.

Drake tinggal di Toronto hingga kelas 6 dan mempunyai hobi bermain hoki kecil dengan Weston Red Wings. 

Namun pada tahun 2000, Drake pindah ke Forest Hill yang merupakan daerah kota yang makmur. Tetapi Drake dan ibunya tinggal di ruang bawah tanah, di rumah sederhana itulah kemampuannya saat itu.

Drake sekolah di Forest Hill Collegiate Institute dan terlihat kesukaan Drake pada seni dan pertama kali Drake berakting ketika masih menjadi murid di sekolah tersebut. Kemudian Drake datang untuk sekolah ke Vaughan Road Academy di kota Oakwood Vaughan.

Namun karena status ekonomi Drake yang berbeda dengan teman teman yang lain di sekolah itu, sehingga membuat Drake sering di buli karena kondisi ras dan agamanya. 

Dan Drake akhirnya memutuskan untuk berhenti sekolah pada tahun 2012 karena jadwal kelasnya sibuk serta karir aktingnya yang semakin maju.

Perjalanan karir Drake :

Drake mengawali karir sebagai aktor pada usia 15 tahun dan memerankan drama seri remaja berjudul Degrassi: The Next Generation. Dalam film ini Drake memerankan sebagai bintang basket yang bernama Jimmy Brooks, tetapi menjadi cacat karena ditembak oleh teman sekelasnya.

Kehidupan Drake sangat miskin sehingga satu satunya penghasilannya diperoleh melalui TV Kanada tersebut. Drake bermain dalam 100 episode dari tahun 2001 – 2008.

Tahun 2010, Drake tertarik untuk main dalam film biografi dan berperan sebagai Barack Obama. Hal ini mendapat tanggapan dari Obama dengan pesetujuannya pada sebuah wawancara pada tahun 2020.

Pada tahun 2006, Drake merilis mixtape debut Room for Improvement dan debut ini terinspirasi oleh musik Jay-Z dan Clipse, dengan penyanyi Trey Songz dan Lupe Fiasco. Mixtape debut ini berhasil terjual hingga 6000 kopi. Tahun 2007, mixtape ke 2 Comeback Season dirilis.

Drake dan menghasilkan lagu Replacement Girl dengan penyanyi Trey Songz. Lagu ini membuat Drake menjadi rapper Kanada tanpa kontrak tandatangan pertama sebelumnya dan mempunyai video musik Replacement Girl di BET yang dipertunjukan pada segmen New Joint of the Day tahun 2007.

Lagu Repacement Girl juga mempertontonkan contoh penampilan Drake Man of the Day the Year dengan Brisco, Flo Rida dan Lil Wayne dan tetap memakai Lirik syair milik Lil Wayne dengan memberi tambahan lirik syair separuh dari lagu sebelumnya.

Jas Prince menghadiahkan lagu kepada Lil Wayne sehingga mengharuskan mengundang seorang rapper Drake ke Houston agar ikut bergabung tour Tha Carter III dan terjadilah kolaborasi keduanya tanpa tanda tangan kontrak dari Young Money Entretainment.

Mixtape ke 3 Drake So Far Gone dirilis tahun 2009 dengan dibawakan oleh Lil Mayne, Trey Songz, Omarion, lloyd serta Bun B. Mixtape ini telah diunduh lebih dari 2000 unduhan dalam waktu 2 jam pertama setelah dirilis.

Drake meraih sukses komersial pertamanya melalui 2 lagunya Best I Ever Had dan Successful karena kedua lagu ini memperoleh sertifikasi emas dari RIAA, serta lagu Drake pertama yang berhasil bertengger di peringkat 2 di Billboard Hot 100.

Kesuksesan ini, membuat keinginan Drake untuk merilis ulang mixtape sebagai EP dengan 4 lagu orisinilnya serta ditambah lagu I’m Goin In dan Fear. Lagu ini sukses bertengger di peringkat 6 di Billboard 200 serta meraih Rap Recording of the Year di Juno Awards 2010.

Kesuksesan mixtape ini membuat berbagai macam label melakukan penawaran kepada Drake dan hal ini membuat Drake mendapatkan penawaran tertinggi yang pernah ada selama ini.

Namun karena Drake masih terikat kontrak rekaman dengan Young Money Entertainment sehingga Drake akan digugat. Gugatan ini untuk album The Girls Love Drake yang tidak sah karena dirilis di iTunes.

Tour Drake yang diselenggarakan pada Juli 2009 di Camden New Jersey menampilkan lagu Best I Ever Had. Kamun terjadi kecelakaan karena Drake terjatuh dari panggung yang menyebabkan lligamen anterior lutut kanannya robek sehingga Drake harus menjalani operasi.

Album debut Drake yang rencanamya dirilis tahun 2008 tertunda hingga bulan Juni 2010, sehingga Maret 2010 Drake merilis lagu debut Over. 

Lagu Over ini sukses menduduki peringkat 14 di Billboard Hot 100, di peringkat 1 tangga lagu Rap Songs dan masuk nominasi utnuk Penampilan Rap Solo Terbaik di Grammy Awards ke 53.

Lagu ke 2 Find You Love yang dirilis di Kingston, Jamaika menjadi lagu yang lebih sukses karena berhasil bertengger di peringkat 5 di Hot 100 dan mendapatkan sertifikasi Platinum oleh RIAA. Meskipun video ini dikutuk oleh Bartlett karena penggambaran pulau ini.

Lagu ke 3 Miss Me dan lagu ke 4 Fancy berhasil sukses secara komersial dan menjadikan Drake masuk nominasi di Grammy Awards ke 53 dalam Penampilan Rap Terbaik oelh Duo atau Grup.

Album Drake Thank Me Later dirilis pada Juni 2010 dan berhasil mengawali debut peringkat 1 di Billboard 200 dengan mencapai penjualan hingga lebih dari 447 ribu kopi pada minggu pertama setelah dirilis. Album ini menampilkan 3 penyanyi Lil Wayne, Kanye West dan Jay Z.

Dalam Video game fiksi ilmiah militer Gears of War 3 ini Drake mempunyai konstribusi penting dan Drake dischedulkan memerankan Jace Stratton. Namun jadwalnya bertabrakan dengan tour Drake Away from Home Tour.

Tour Drake Away from Home dimulai September 2010 ke Miami, Florida dan berakhir di Las Vegas pada November 2010. Tour ini sukses sehingga dilanjutkan Drake OVO dimana Drake ditunjuk sebagai tuan rumah Festival OVO pertama tahun 2010.

Untuk mendukung albumnya, Drake menyelengarakan tour kampus bersahabat dengan lingkungan dimulai dari Eastern Illinois University di Charleston, Illinois dan berakhir di Plymouth, New Hampshire.

Pada November 2010, Drake album studio Drake selanjutnya adalah Take Care. Dalam album ini Drake membuat terobosan baru dengan mengembangkan estetika sonic berkecepatan rendah khusus untuk Hip Hop dan menggabungkan r&b serta pop, untuk menciptakan suasana yang lembut dan mewah.

Drake akhirnya memutuskan untuk menolak membintangi film dan mulai fokus dalam pembuatan album.

Dreams Money Can Buy dan Marvins Room dirilis Drake pada Blog Very Own kepunyaan Drake, dimana lagu Take Care akhirnya dimasukkan kedalam lagu terakhir dalam album Marvins Room.

Album Marvins Room sukses meraih sertifikasi emas oleh RIAA dan melejit ke peringkat 21 di Billboard Hot 100 dan menduduki 10 besar tangga lagu Hot r&b/Hip Hop Songs.

Video musik Headlines dengan lagu utama Take Care dirilis Drake pada bulan Agustus, video ini mendapat tanggapan bagus dan menduduki peringkat 13 di Hot 100.

Lagu ini menjadi lagu ke 10 yang mencapai puncak di Billboard Hot Rap Songs serta membuat Drake menjadi artis peringkat 1 terbanyak di tangga lagu yaitu sebanyak 12 lagu.

Video musik ini juga mendapatkan sertifikat Platinum di AS dan Kanada, lagu ke 2 Make Me Proud dirilis pada bulan Oktober 2012 dan menjadi lagu terakhir dari album ini. Album ini berada diurutan 97 di Billboard Hot 100 sedangkan lagunya menduduki peringkat 9 di Billboard Hot 100.

Loncatan dari peringkat 97 ke 9 ini sangat drastis karena naik 88 urutan di Billboard Hot 100. Lagu Make Me Proud mendapatkan sertifikat Platinum oleh RIAA.

Kolaborasi Drake dengan Rick Ross pada mixtape YOLO, namun keduanya sepakat menolak proyek ini karena untuk meningkatkan album studio mereka masing masing.

Take Care banyak mendapatkan pujian dari kritikus musik, meraih Grammy Awards untuk album Rap Terbaik di Grammy tahunan ke 55. Sukses secara komersial dan mendapat seritifikasi Platinum oleh RIAA tahun 2016 karena penjualan albumnya mencapai 2,6 juta di AS.

Lagu ke 3 The Motto dirilis tahun 2011 dan lagu ke 4 Take Care dirilis tahun 2012. Kedua lagu ini sukses secara komersial dan lagu The Motto dikreditkan untuk mempromosikan frase YOLO di AS.

Video musik Take Care meraih 4 nominasi di MTV Video Music Awards 2012 untuk Best Male Video, Arah Seni Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Video of the Year.

HYFR merupakan lagu terakhir untuk album ini dan bersertifikasi emas dan meraih MTV Video Music Awards untuk Video Hip Hop Terbaik tahun 2012 dan diurutan ke 2 dalam daftar Hottest MCs in the Game.  

Untuk mempromosikan album kedua, Drake mengadakan Club Paradise Tour di seluruh dunia. Dan tour Drake ini menjadi tour Hip Hop Drake yang paling sukses. Setelah kesuksesannya ini, Drake kembali membintangi film Ice Age: Continental Drift berperan sebagai Ethan.

Tahun 2013, lagu pertama dri album ke 3 Drake meraih kemenangan Grammy Award untuk Album Rap Terbaik. Album ke 3 Nothing Was the Same dengan lagu ke 2 Hold on, We’re Going Home dirilis tahun 2013. Lagu ini melejit diperingkat 1 di tangga lagu Bilboard Hot r&b/Hip Hop Songs.

Drake mengambil inspirasi komposisi dari film serial televisi Miami Vice tahun 1980 an serta mengkombinasikan elemen dramatisnya. Dalam video ini Drake tampil dengan lagu ke 3 Too Much bersama Sampha di Late Night with Jimmy Fallon.

Album Nothing Was the Same dirilis pada tahun 2013 berhasil mencuat diperingkat 1 di Billboard 200 AS. Album ini juga berada dipuncak tangga lagu di beberapa negara seperti Kanada, Denmark, Australia dan Inggris.

Album ini dipromosikan melalui Would You Like a Tour? Dan menjadi tur Drake tersukses. Tahun 2014, Drake menjadi pembawa acara di acara Saturday Night Live dan menjadi tamu musik.

Drake muncul dengan bahasa Spanyol dalam artis unggulan pada lagu Romeo Santos, Odio dan tmapil di remix Tuesday dengan I love Makonnen yang berada di peringkat 1 di chart Rhythmic Billboard dan peringkat 12 di Hot 100.

Pada tahun 2014, Drake merilis single non album 0 to 100/ The Catch Up dan single ini meraih platinum ganda di AS.

Februari 2015, If You’re Reading This It’s Too Late dirilis Drake di iTunes dan tidak diumumkan sebelumnya. Rilisan ini terjadi perdebatan, apakah sebuah mixtape ataukah album. Album ini berhasil terjual hingga 1 juta kopi.

Hal ini, membuat Drake pada tahun 2015 menjadi artis pertama dengan proyek platinum dan artis ke 4 secara keseluruhan. Pada tahun ini, Drake berhasil merilis 4 lagu diantaranya lagu Back to Back, Charge Up, Hotline Bing serta Right Hand.

Kemudian dilanjutkan pada bulan September 2015, Drake merilis mixtape kolaborasi dengan Future yang direkam di Atlanta.

Melalui What Time to Be Alive, Drake berhasil mengawali debutnya di peringkat pertama di Billboard 200 dan menjadi artis hip hop pertama yang mempunyai 2 proyek nomor 1 di tahun yang sama. Selain itu, mencapai penjualan lebih dari 1 juta kopi sehingga mendapatkan sertifikasi platinum dari RIAA.

Bulan Januari 2016, Drake merilis album View from the 6 kemudian disingkat dengan judul album Views dengan lagu promosi Summer Sixteen. Lagu ini bertengger di peringkat 6 di Billboard Hot 100 AS.

Namun lagu ini membuat kontroversial karena membandingkan posisi Drake di hip hop dengan artis yang lebih senior, sehingga sangat tidak sopan.

Ini diperkirakan karena trek diss pada Tory Lanez yang tidak suka karena Drake membuat terkenal istilah The Six ketika ketika merujuk Toronto. Pada bulan April, Drake merilis 3 lagu utama Pop Style dan One Dance irama dacehall.

Kedua lagu ini berada di 40 besar Billboard Hot 100 dan lagu One Dance bertengger diperingkat 1 di Kanada dan AS. Selain itu, lagu ini juga menjadi lagu pertama Drake yang bertengger di peringkat 1 dibeberapa negara seperti Jerman, Prancis, Australia, Brasil, Swedia, Belgia, Norwegia dan Belanda.

Lagu One Dacne juga menjadi lagu spotify yang sering diperdengarkan lebih dari 882 juta kali pemutaran pada Oktober 2016.

Album Views menjadi album Drake yang tersukses secara komersial karena berada diperingkat tertinggi Billboard 200 selama 10 minggu berturut turut. Kemudian berada dipuncak Billboard Hot 100 dan Billboard 200 selama 8 minggu, serta mencapai status platinum di AS.

Drake juga merilis film pendek Please Forgive Me dengan aktor model kembar Swedia bernama Elizabeth dan Victoria Lejonhjärta.

Drake juga ditetapkan sebagai anggota Forbes Five yang menduduki peringkat artis terkaya di hip hop diurutan ke 5 setelah Birdman, Jay Z, Dr Dre serta Diddy.

Tour Co headlining ke 3 Drake diawali di Austin, Texas pada bulan Juli ditandai ketika Drake dan Future mengumumkan Summer Sixteen Tour untuk menampilkan mixtape kolektif mereka. Namun tour ini ditunda karena Drake kakinya cidera.

Please Forgive Me dirilis bulan September untuk Apple Music eksklusif dan juga memunculkan musik dari Views. Drake mendapatkan 10 nominasi pada Hi Hop Awards BET 2016 dan meraih kemenangan untuk Album of the Year dan Video Hip Hop Terbaik.

Drake akan mengadakan Boy Meets World Tour pada bulan Oktober dengan tujuan tour ke Eropa. Tahun 2016, Drake menjadi artis Spotify yang paling banyak streaming dan berada diposisi ke 2 secara berturut turut.

Akhirnya Drake berhasil meraih Grammy Award yang kedua dan ketiga untuk Best Rap/Sung Performance dan Best Rap Song dalam upacara Grammy Award ke 59.

Drake mulai mengalami penurunan performancenya, namun Drake tetap menginformasikan akan merilis album More Life pada Mei 2017 melalui promosi iklan video yang diupload di Drake Instagram.

Album More Life ini mendapat tanggapan bagus dan berhasil debut di puncak Billboard 200 sehingga meraih penjualan hingga 505 ribu kopi pada minggu pertama setelaah dirilis. Album ini kembali memecahkan rekor streaming di Apple Music dan mengalahkan Ed Sheeran.

Pada tahun 2017, Drake berhasil meraih 13 penghargaan di Billboard Music Award 2017. Billboard juga mengumumkan bahwa Drake ada di chart Hot 100 selama 8 tahun berturut turut dan mempunyai entri yang paling banyak direkam oleh artis solo.

Juni 2017, Drake kembali merilis lagu Signs dan bekerja sama kembali dengan Metro Boomin yang telah merilis lagu pertama Offset dari album More Life. 

Pada mulanya lagu Sign dirilis dengan berkolaborasi antara Drake dengan Louis Vuitton rumah mode Prancis bersamaan dengan peragaan busana Louis Vuitton Men’s Spring Summer 2018.

Drake basketball, Drake bukan sebagai pemain basketball tetapi sebagai pembawa acara NBA Award tahunan pertama serta menjadi bintang iklan pada promosi Virginia Black.

Drake juga berakting di film domukenter The Carter Effect dalam rangka menghormati pemain basket Vince Carter dan menjadi pemain superstar pertama yang bermain utnuk Toronto Raptors. 

Dalam film dokumenter ini juga memunculkan pemain NBA seperti Chris Bosh, Tracy McGrady, Steve Nash serta LeBron James.

Dalam merilis album studio barunya, Drake berkolaborasi dengan banyak artis diantaranya dengan rapper Trippie Redd dan dengan produser Pi’erre Bourne. Untuk lagu Scary Hours dan lagu ini merupakan lagu solo pertama Drake sejak More Life.

Lagu Family Feud remix dari Jay Z bersama Lil Wayne, kemudian lagu utama mixtape dari Dedication 6 dirilis ulang. Lagu Diplomatic Immunity dan God’s Plan dari Scary Hours Featured masuk 10 besar dan berada diurutan pertama di Billboard Hot 100 AS.

Lagu Migos Walk It Talk It berhasil debut di urutan 18 kemudian naik di urutan 10. Lagu debut dari BlocBoy JB Look Alive berada diurutan 6 di Hot 100 dan Drake menjadi rapper dengan 10 besar tertinggi hits di Hot 100.

Lagu kolaborasi Drake Rihanna dan band NERD, Drake tampil remix untuk Lemon. Akhirnya album studio ke 5 Drake Nice for What dirilis bersama dengan video musiknya pada April dengan menampilkan beberapa selebriti wanita.

Album Nice for What berhasil menduduki peringkat 1 di Billboard Hot 100 menggantikan God’s Plan, sehingga Drake menjadi artis pertama yang mempunyai debut peringkat 1 yang menggantikan debut peringkat 1 sebelumnya yang juga milik Drake.

Album studio ke 5 Drake Scorpion dirilis Juni 2018, disusul dengan merilis lagu I’m Upset. Album ini berhasil debut di peringkat 1 di Billboard 200 karena albumnya terjual hingga 749 ribu kopi.

Menurut majalah The Guardian dan Rolling Stone pada tahun 2018, Drake merupakan bintang pop definitif dari generasinya dan bintang pop pria terbesar setelah Justin Timberlake di era milenium ini.

Setelah Drake tampil berkolaborasi dengan promosi hip hop Inggris Link Up TV untuk memprosikan Behind Barz. Melalui In My Feelings menghasilkan hit nomor 1 keenamnya dan Drake mempunyai hits nomor 1 terbanyak diantara para rapper yang lain.

Drake London kota tempat merilis video musik Nonstop dan di filmkan di London, dilanjutkan dengan tampil di album Travis Scott Astroworld dengan lagu Sicko Mode. Lagu ini sukses bertengger di puncak Billboard  Hot 100.

Drake membuka serial televisi Euphoria dan Top Boy kemudian mengawali Aubrey & the Three Migos Tour. Berkolaborasi dengan Bad Bunny melalui lagu Mia dan Drake tampil dengan bahasa Spanyol.

Tahun 2018, Drake mendapatkan penghargaan untuk Hot Ticket Performer di BET Hip Hop Award 2018.

Kemudian di tahun 2019, memperoleh penghargaan Grammy ke 4 untuk Lagu Rap Terbaik melalui lagu God’s Plan.

Mixtape ke 3 So Far Gone dirilis Drake pada bulan Februari 2019, dilanjutkan berkolaborasi untuk remix lagu Walker Girls Need Love. Bulan Juni, Drake tampil pada lagu Chris Brown berjudul No Guidance.

Bulan Juni, Drake merilis 2 lagu sekaligus berjudul Omertà dan Money in the Grave untuk EP The Best in the World Pack dalam merayakan kejuaraan NBA. Dilanjutkan dengan merilis album kompilasi Care Package yang berisi lagu lagu yang dirilis tahun 2010 dan 2016.

Desember 2019, Drake merilis lagu War dilanjutkan berkolaborasi dengan Future untuk lagu Life Is Good yang tampil di album High Off Life pada 10 Januari 2020 dan untuk lagu Desire pada 31 Januari 2020.

Februari 2020, merilis lagu When to Say When dan Chicago Freestyle, dilanjutkan bulan April 2020 merilis Toosie Slide. Lagu Toosie Slide menduduki ranking 1 di Billboard Hot 100, sehingga Drake menjadi artis pria pertama yang mempunyai 3 lagu debut peringkat 1.

Mei 2020, Drake merilis mixtape komersial Drak Lane Demo Tapes dengan menampilkan bintang tamu dari Chris Brown, Future, Young Thug, Fivio Foreign, Playboi Carti dan Sosa Geek.

Juli 2020, Drake muncul bersama DJ Khaled dengan lagu Yunani dan Popstar, lagu ini berhasil nangkring di peringkat 8 dan 3 di Billboard Hot 100. 

Lagu ini menjadi debut Drake yang ke 24 dan 25 di to 10 Hot 100 dan menjadi lagu top ten yang ke 39 dan 40 di Hot 100. Sekaligus memecahkan rekor dari Madonna untuk top 10 hits Hot 100 terbanyak.

Drake bersama Headie One merilis Only You Freestyle pada 20 Juli 2020, dilanjutkan pada Agustus 2020 merilis lagu utama Laugh Now Cry Later dengan Lil Durk, lagu ini akan dimasukkan kedalam album Drake Certified Lover Boy.

Lagu Laugh Now Cry Later ini berada di urutan 2 di Hot 100 dan masuk nominasi untuk Best Melodic Rap Performance dan Best Rap Song di Grammy Award ke 63.

Drake muncul di video Popstar sebagai cameo dan pada bula Oktober Drake sebagai tamu satu satunya di album Anniversary Bryson Tiller pada tahun 2020 melalui lagu Outta Time.

Drake berkolaborasi bersama Yung Bleu pada remix You’re Mines Still. Pada saat usia Drake 34 tahun dan saat perayaan ulang tahunnya tersebut, Drake mengumumkan bahwa Certified Lover Boy akan dirilis pada Januari 2021.

Desember 2020, di BBKing Freestyle, King berkolaborasi dengan Lil Wayne dengan lagu utama dari mixtape cakram ganda No Ceilings 3. Dilanjutkan pada Februari 2021, berkolaborasi dengan Drakeo the Ruler untuk lagu Talk to Me.

Maret 2021, Drake merilis EP Scary Hours 2 yang berisi 3 lagu What’s Next, Wants and Needs (dengan Lil Baby) dan Lemon Pepper Freestyle (dengan Rick Ross). Ke 3 lagu ini menduduki tangga lagu urutan 1, 2 dan 3 di Billboard Hot 100.

Drake tampil untuk lagu Solid merupakan kompilasi dari Slime Lanuage 2 bersama dengan Gunna dan Young Thug.

Drake dengan Lil Wayne tampil untuk lagu Seeing Green, lagu ini merupakan lagu streming ulang rilisan mixtape Beam Me Up Scotty tahun 2009. 2 minggu setelahnya, Drake ditetapkan sebagai Artis Dekade di Billboard Musik Award 2021.

Melalui lagu Having Our Way dari album studio Culture III tahun 2021, Drake tampil di Migos pada Juni 2021. 

Kemudian dia berkolaborasi dengan Brent Faiyaz dan The Neptunes untuk lagu Wasting Time, dilanjutkan lgi tampil dengan lagu Over the Top bersama artis pendatang baru OVO Sound yang bernama Smile.

Drake University Jobs

Drake University, dikunjungi Drake tahun 2016 setelah tampil di Des Moines untuk menanggapi kampanye media sosial yang dilakukan oleh mahasiswa yang sudah dimulai sejak 2009.

Gerakan dance Drake yang berbeda dan unik membuat video musik Hotline Bling menjadi viral, video ini sudah di remix meme (Drake Quotes sukses) dan banyak mendapatkan komentar karena video ini tidak komersial. Akibatnya Drake terkenal di YouTube sehingga memunculkan beberapa parodi.

Pakaian mahal yang dipakai Drake banyak mendapatan kritikan, diantaranya di penampilan video musik Hotline Bling dimana Drake memakai Jaket Puffer Moncler dengan harga $ 1.500, turtlenect Acne Studios dengan harga $ 400 serta Boots klasik Timberland 6 edisi terbatas.

Atas penampilannya ini, Drake mendapat julukan dari majalah GO sebagai salah satu pria yang paling bergaya hidup.

Drake Rihanna, ada hubungan apakah :

Drake Rihanna, tidak hanya sekedar bekerja sama di bidang musik saja tetapi Drake berkencan dengan Rihanna sejak tahun 2009 sampai tahalbum studun 2016.

Hubungannya dengan Rihanna ini sudah disampaikan oleh Drake pada setiap album studionya dan pada saat memberikan Rihanna dengan Michael Jackson Video Vanguard Award tahun 2016. Rihanna merupakan wanita yang dicintai Drake sejak Rihanna berusia 22 tahun.

Album Studio Drake :

- Thank Me Later (dirilis tahun 2010)

- Take Care (dirilis tahun 2011)

- Nothing Was the Same (dirilis tahun 2013)

- Views (dirilis tahun 2016)

- Scorpion (dirilis tahun 2018)

- Certified Lover Boy (dirilis tahun 2021)

Headlining Tour Drake :

- Away from Home Tour (tahun 2010)

- Clum Paradise Tour (tahun 2012)

- Would You Like a Tour? (dari tahun 2013 – 2014)

- Jungle Tour (tahun 2015, six date promotional tour)

- Boy Meets World Tour (tahun 2017)

- Assassination Vacation Tour (tahun 2019)

Co Headlining Tour Drake :

- America’s Most Wanted Tour (dengan Young Money, tahun 2009)

- Drake vs Lil Wayne (dengan Lil Wayne, tahun 2014)

- Summer Sixteen Tour (dengan Future, tahun 2016)

- Aubrey & the Three Migos Tour (dengan Migos, tahun 2018)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Drake International, Album More Life Melahirkan 4 Single Hitsemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar