Ed Sheeran lagu pertama, The A Team sukses di Inggris

Ed Sheeran, berkarir sebagai penyanyi, penulis lagu, gitaris, produser rekaman sekaligus berkarir sebagai aktor asal Inggris

Castle on the Hill singel populer Ed Sheeran

Castle on the Hill merupakan salah satu single populer dari Ed Sheeran. Castle on the Hill ini merupakan single yang telah berhasil meledak di tahun 2017, karena single ini berhasil meraih peringkat tertinggi di beberapa negara termasuk di Inggris sendiri. 
 
Ed Sheeran merupakan seorang penyanyi yang mempunyai gaya tersendiri dengan lagu Castle on the Hill, sehingga Ed Sheeran berhasil menarik perhatian dunia. Hal ini, karena lagu lagu Ed Sheeran (Ed Sheeran songs) bergaya lirik aneh.

Penyanyi asal Inggris ini terlahir dengan nama Edward Christopher Sheeran pada tanggal 17 Februari 1991, di Halifax, Wet Yorkshire, Inggris tetapi dia dibesarkan di Framlingham, Suffolk. 

Ed Sheeran mulai menjadi pusat perhatian di media sosial YouTube setelah mengupload rekaman musik Ed Sheeran pada tahun 2004.

Orang tua Ed Sheeran bernama John dan Imogen yang berasal dari London. Kakek dan nenek dari ayahnya merupakan orang Irlandia, berasal dari keluarga katholik. Istri Ed Sheeran bernama Cherry Seaborn mempunyai seorang anak bernama Lyra Antarctica Seaborn Sheeran. 

Ed Sheeran adalah lulusan sarjana Academy Of Contemporary Musik di Guildford, Surrey pada tahun 2009 dan pada saat itu usianya baru 18 tahun. 

Ed Sheeran berhasil merilis The extended play secara mandiri pada tahun 2011 dan pertama kali menandatangani kontrak dengan Asylum Records.

Album debut pertama Ed Sheeran + (plus) dirilis tahun 2011, album ini sukses memuncak di tangga album Inggris yang menelurkan lagu pertama Ed Sheeran The A Team.

Ed Sheeran berhasil meraih Brit Awards untuk artis solo pria Inggris terbaik serta British Breakthrough Act di tahun 2012.

Melalui album ini, Ed Sheeran berhasil meraih platinum sebanyak 7 kali melalui singlenya yang berjudul The A Team, kemudian dia juga berhasil mendapatkan Ivor Novello Award untuk best Song Music and Lyrically.

Prestasinya berlanjut pada tahun 2012, karena dia berhasil meraih Brit Awards untuk Best Britain Male Solo Artist serta British Breakthrough Act. 
 
Akhirnya nama Ed Sheeran mulai populer di berbagai negara di luar negara kelahirannya dan dia mulai tampil di AS di album ke 4 dari penyanyi terkenal Taylor Swift ini.

Nominasi untuk Song Of The Year Grammy Awards 2013 pun berhasil diraihnya, melalui singlenya yang berjudul The A Team dan pada waktu itu dibawakan bersama dengan penyanyi terkenal yang bernama Elton John
 
Ed Sheeran tour Red tampil di Amerika Utara diselenggarakan pada tahun 2013 sebagai pembuka dari tur milik Taylor Swift.

Baca juga : Taylor Swift, Penyanyi Amerika Peraih Album Of The Year Termuda

Tahun 2014 dirilis album studio kedua Ed Sheeran x (multiply), album ini menjadi album terlaris peringkat ke 2 di seluruh dunia tahun 2015. 

Album studio ini berhasil menjuarai Album of the Year di Brit Awards 2015 dan mendapatkan Ivor Novello Award untuk Songwriter of the Year dari the British of Songwiters, Composers and Authors.

Lagu yang dihasilkan album Ed Sheeran Thinking Out Loud telah berhasil meraih Grammy Awards 2016 untuk Song of the Year dan Best Pop Solo Performance. Tahun 2015, dia telah  berhasil menduduki peringkat tertinggi di Inggris maupun di Amerika. 

Selain itu, juga telah berhasil meraih Brit Award untuk Album of the Year dan Ivor Novello Award untuk Songwriter of the Year, sedangkan singlenya pada tahun 2016 dengan single Ed Sheeran Thinking Out Loud berhasil meraih Grammy untuk Song of the Year serta Best Pop Solo Performance.

Tahun 2017, dirilis album ketiga Ed Sheeran ÷ (divide). Album ini sukses menjadi album terlaris di seluruh dunia 2017 dan melalui album ini menghasilkan single Shape of You dan Castle on the Hill.

Kedua lagu dari album Ed Sheeran ini berhasil memecahkan rekor di sejumlah negara dan menduduki peringkat ke 2 di tangga lagu. Selain itu , melalui album ke 3 ini menjadikan Ed Sheeran sebagai artis pertama dengan 2 lagu berada di 10 besar AS pada minggu yang sama.

Tahun 2017, Ed Sheeran memecahkan rekor kembali karena 10 lagu dari album ÷ (divide) masuk top 10 di UK single chart. 

Lagu Ed Sheeran Perfect menduduki peringkat 1 di AS, Australia dan Inggris dan menjadi Christmas number one tahun 2017. Selain itu, Ed Sheeran juga ditetapkan sebagai artis terlaris di dunia dan sebagai artis Rekaman Global tahun ini.

Album studio ke 4 Ed Sheeran No.6 Collaborations Project dirilis tahun 2019 dan dihasilkan 3 lagu I Don’t Care, Beautiful People dan Take Me Back to London. Ketiga lagu ini melejit ke peringkat teratas di Inggris dan albumnya terjual hingga lebih dari 150 juta eksemplar.

Album Ed Sheeran ÷ (divide) dan x (multiply) telah menjadi album Ed Sheeran terlaris dalam sejarah Inggris dan ditetapkan oleh Official Charts Company sebagai artis dekade tahun ini atas keberhasilan banyak single yang masuk tangga lagu di Inggris tahun 2010.

Sejak tahun 2017, tour Ed Sheeran juga mejadi tour terlaris sepanjang masa pada 2019. Ditahun yang sama Ed Sheeran akting di film Yesterday.

Lagu pertama Ed Sheeran berjudul Castle On The Hill merupakan single dari album ketiga Ed Sheeran dan dirilis pada tahun 2017, single ini telah berhasil meduduki peringkat pertama di Inggris dan di AS, kesuksesannya diikuti juga dengan single pertama dari album Shape of You .

Castle On The Hill dan Shape of You telah berhasil meraih rekor di beberapa negara seperti Inggris, Australia serta Jerman.
 
Ed Sheeran merupakan artist pertama yang berhasil mengantongi 2 singlenya sekaligus di posisi tertinggi top 10 AS, selain itu Ed Sheeran juga termasuk dalam daftar 201 orang yang paling berpengaruh di Debrett di UK.

Castle on the Hill merupakan salah satu single utama dari penyanyi dan penulis lagu yang berasal dari Inggris bernama Ed Sheeran, single ini berasal dari album studio ketiganya yang dirilis pada tahun 2017. Genre musik Castle on The Hill cenderung ke jenis musik folk rock, pop dan rock.

Lalu siapakah penulis single Castle on the Hill ini? Single ini ditulis sendiri oleh Ed Sheeran dan dibantu oleh rekannya yang bernama Benny Blaco, demikian juga dalam memproduksi single Castle on The Hill ditangani sendiri oleh mereka berdua.

Baca juga : Elton John, Terkenal Dengan Lagu Candle In The Win Pada Pertengahan Tahun 1970

Kemudian apa yang melatar belakangi dibuatnya single Castle on The Hill? Yang melatar belakangi single ini hingga berhasil meledak kepopuleran adalah semula single ini mempunyai sebuah tema yaitu dengan mengitari kota asal dari Ed Sheeran di Framlingham, kemudian dia mulai mengenang kehidupannya pada masa remajanya. 

Kehidupan remajanya pasti tidak terlepas dari rokok serta kesenangan remaja lainnya yang biasa dilakukan juga oleh Ed Sheeran sendiri bersama dengan teman temannya pada saat itu. Dan Castle yang dipilihnya tersebut adalah castle Framlingham.

Seperti biasanya kritik terhadap single Castle on The Hill banyak diterima oleh Ed Sheeran dari partisi musik seperti :

- Jon Caramanica dari The New York Time mengemukakan bahwa single ini mempunyai lirik yang agak aneh dan mempengaruhi gitar U2

- Taylor Weatherby dari Billboard mengemukakan bahwa single ini mempunyai getaran dan mempunyai melodi yang cepat serta cukup kuat sehingga terbentuk paduan suara yang epik.

- Spin memberikan kritikan positif yaitu single ini seperti Coldplay, yaitu suatu musik yang mempunyai pukulan keras dan luas.

Dengan terciptanya single Castle on The Hill ini, seolah olah Ed Sheeran telah tampil kembali di masa lalunya dengan gaya yang sangat menarik perhatian dunia, dan melalui single Castle on The Hill  ini juga telah mengawali debutnya di urutan ke 2 di UK Single chart pada bulan Januari 2017. 

Kemudian masuk ke urutan ke 1 di single chart Skotlandia, peringkat ke 6 di Billboard Hot 100 serta single ini telah berhasil terjual hingga 1,1 juta di Inggris. 

Album ketiga dari Ed Sheeran dirilis pada Maret 2017 dan berhasil menduduki peringkat pertama di Britania Raya AS serta negara negara lainnya. 
 
Kedua lagu Ed Sheeran yang berjudul Shape of You dan Castle on The Hill berhasil memecahkan rekor berada diposisi tertinggi tangga lagu Inggris, Australia dan Jerman. 

Single ke empat Ed Sheeran Perfect berada di nomor satu di Britania Raya dan Australia dan Perfect Duet versi akustik dengan Beyonce menduduki nomor satu di Amerika Serikat. Album ini dinobatkan sebagai album dengan penjualan terlaris diseluruh dunia pada tahun 2017.

Terakhir kali Ed Sheeran merilis lagu terbarunya melalui album ke enam yang berjudul Collaboration di tahun 2019. Dia bekerja sama dengan musisi seperti Stormzy, Justin Bieber, Camila Cabello, Cardi B dan musisi lainnya.

Setelah Ed Sheeran selama 18 bulan vakum, namun pada saat itu Ed Sheeran telah menulis single Afterglow setahun yang lalu yang akhirnya berhasil merilis lagu Ed Sheeran terbaru (Ed Sheeran new song) yang berjudul Afterglow tersebut.

Album Ed Sheeran :

- + (dirilis tahun 2011)

- × (dirilis tahun 2014)

- ÷ (dirilis tahun 2017)

- No.6 Collaborations Project (dirilis tahun 2019)

Ed Sheeran berhasil merilis single utama pada tanggal 25 Juni 2021, dari album studio ke 5 yang sudah dicanangkan yang akan datang, dengan lagu utama berjujul Bad Habits.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Ed Sheeran lagu pertama, The A Team sukses di Inggrissemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar