Cara Mudah Belajar Not Balok

Not balok, sebuah nada dalam musik diwakili oleh not balok dan berfungsi untuk menentukan ketukan

Not Balok apakah sulit bagi pemula

Not balok adalah suatu system penulisan lagu yang dituangkan dalam bentuk not balok sesuai dengan tinggi rendah dan sifat dari bunyi yang dilambangkan.

Kalau berbicara mengenai musik dan lagu tentu saja kita  tidak akan terlepas atau akan selalu menjumpai yang namanya not-not, baik not angka maupun not balok.
 
Hal ini, karena memang ada saling keterkaitan antara not balok dengan musik maupun nada dan irama lagu. Apabila melihat not angka tentu saja kita sudah memahaminya dengan mudah.
 
Beda halnya dengan not balok karena akan memerlukan waktu untuk mempelajarinya. Hal ini, karena banyaknya istilah-istilah yang mungkin baru kita ketahui.

Yuk !! kita pelajari bersama, apa sajakah istilah yang terdapat didalam not balok ini.
Dalam membuat suatu lagu maka dibutuhkan nada-nada yang dapat dirangkai agar dapat diaplikasikan untuk bermain musik berupa not not balok.

Istilah-istilah yang digunakan dalam not balok,  diantaranya adalah :

1. Paranada, 2. Tanda kunci, 3. Birama, 4. Garis birama, 5. Bar dan 6. Garis penutup. (Sesuai dengan gambar dan nomor urutnya)

Istilah Not Balok (sumber dari omkris.com)

Baiklah, kita akan kupas satu persatu istilah dari not balok tadi :


1.  Paranada (Sangkar Nada)


Paranada merupakan 5 garis yang mendatar, sejajar dan berjarak sama, antara dengan yang lainnya dan sering disebut dengan spasi nada atau selang.

Garis-garis ini selalu dihitung dari bawah dan biasa disebut dengan garis pertama, kedua, ketiga, keempat dan yang paling atas adalah garis ke lima.

Lambang dari not balok dan sebutan dari lambang tersebut dapat dilihat digambar sebagai berikut :

(sumber gbr : slideshare.net)

Dari lambang not balok tadi, yuk kita perhatikan bagaimana cara penulisan titi nada dengan lambang not balok yang seharusnya.

Cara Penulisan Titi Nada Dengan Lambang Not Balok Adalah :

- Not balok dituliskan dari kiri kekanan
 
- Durasi nada dilambangkan dengan nilai yang berbeda-beda
 
- Apabila suatu lagu terdiri dari 2 suara not maka suara not pertama tiang titi nada akan ditulis keatas, kemudian untuk not suara ke dua tiang titi nada akan ditulis kebawah.
 
- Apabila terdapat 2 suara not dalam 1 titi nada dan mempunyai nilai sama, maka titi nada ditulis hanya sekali saja dengan menggunakan 2 tiang titi nada yang keatas untuk suara satu sedangkan tiang titi nada yang kebawah untuk suara keduanya.
 
- Untuk menuliskan nada-nada yang tinggi dan rendah yang tidak dapat ditulis dalam garis paranada, maka diperlukan garis penolong atau garis bantuan. Garis pertolongan harus dibuat sejajar dan mempunyai spasi jarak yang sama dengan yang digunakan untuk 1 titi nada.
 
- Garis pertolongan yang dibuat diatas garis paranada dinamakan garis pertolongan atas, sedangkan garis pertolongan yang dibuat dibawah garis paranada dinamakan garis pertolongan bawah.
 
- Titi nada dapat kita tuliskan di garis atau didalam spasinya, contohnya untuk kunci G dapat dituliskan sebagai berikut :

(sumber gbr : dwiharyoto.wordpress.com)
Keterangan : kunci g' dituliskan di garis, kunci a' dituliskan di dalam spasi

Dan pada gambar Kunci G diatas, menunjukkan bahwa tanda kunci pada awal paranada adalah kunci G dan garis kedua dari bawah melambangkan kunci g'.
 
Interval terts menunjukkan pasangan nada a' - c2, sedangkan interval sekunde menunjukkan pasangan nada a' - b'.

2.  Tanda Kunci


(sumber gbr : wikipedia)

Tanda kunci yang terletak pada awal paranada akan  menunjukkan tinggi nada, yang diwakili oleh garis dan spasi pada paranada tersebut. 

Sedangkan kunci yang digunakan untuk menulis lagu terdiri dari 3 macam, diantaranya adalah :
 
- Kunci G : dimulai pada garis kedua dan digunakan untuk suara tinggi
 
- Kunci F : atau kuni bas terletak pada garis keempat dan digunakan untuk suara rendah
 
- Kunci C : letaknya tidak tetap dan dipergunakan pada suara tertentu, 
 
misalnya :
 
- Suara sopran (suara wanita tinggi) kunci C diletakkan pada garis kesatu
- Suara mezo sopran (suara wanita sedang) kunci C diletakkan pada garis kedua
- Suara alto (suara wanita rendah) kunci C diletakkan pada garis ketiga
- Suara tenor (suara pria tinggi) kunci C diletakkan pada garis keempat
- Suara bariton (suara pria sedang) kunci C diletakkan pada garis kelima

Contoh Bentuk kunci : Dari kiri kekanan yaitu kunci G, kunci F dan kunci C 
(sumber gbr :  cecepabdurahman.blogspot.com)

Terts dan sekunde merupakan unsur-unsur dari not balok yang mempunyai pengertian sebagai berikut :
- Terts adalah interval not antar spasi atau antar garis 
- Sekunde adalah interval not antara garis dan spasi

Nilai nada dapat kita lihat ditabel sebagai berikut :

(dok.saranghaepati-blogspot.com)

3.  Birama




Tanda birama merupakan tanda untuk menunjukkan ritme lagu, angka yang berada dibagian atas tanda birama menunjukkan jumlah ketukan, sedangkan angka yang berada dibagian bawah menunjukkan nilai not per ketukan.

Misalnya : 3/4 , tanda ini menunjukkan bahwa terdapat 3 ketukan dalam 1 birama, dalam 1 ketukan kuat akan diikuti oleh 1 ketukan lemah, dan masing-masing akn bernilai not seperempat.

4.  Garis Birama

Merupakan pemisah antara birama yang dituliskan secara tegak lurus dengan paranada dan berfungsi untuk membatasi birama yang satu dengan birama yang lain.

5.  Bar

Ruas yang terdapat antara 2 garis birama,  berfungsi untuk menuliskan not sesuai dengan birama yang dipergunakan nilai not dalam suatu bar selalu sama. Apabila nilai not yang terdapat pada kedua bar dijumlahkan maka akan sama dengan bar-bar lainnya.

6.  Garis Penutup

Dua buah garis tebal tipis yang dituliskan tegak lurus dengan paranada yang berfungsi sebagai petunjuk berakhirnya sebuah lagu atau karya musiknya.

Demikian sedikit ulasan singkat mengenai CARA MUDAH BELAJAR NOT BALOK,  semoga dapat menambah sedikit pengetahuan kita dan memudahkan kita dalam mempelajari not balok.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang CARA MUDAH BELAJAR NOT BALOK , dan supaya dapat dibantu untuk di share ke teman-teman  pecinta musik yang lain.

(Sebagian sumber dari : Wikipedia)

0 komentar