Gitar, Dari Manakah Asal Mula Alat Musik Berdawai Ini ??

Bentuk alat musik petik kuno
(sumber dari : id.wikipedia.org)
Berbagai macam bentuk alat musik berdawai
(sumber dari : sekolahmusik.abatas..)

Gitar, di Persia dikenal dengan citar 

Gitar merupakan salah satu alat musik berdawai yaang cara memainkannya dengan dipetik menggunakan jari atau pick. Alat musik gitar ini ternyata berasal dari wilayah Persia yang dikenal sebagai citar atau sehtar.

Yuk !! Kita telusuri asal mula dari Gitar

Sebutan gitar dalam bahasa Indonesia dan guitar dalam bahasa Inggris sebenarnya diambil dari nama alat musik petik kuno yang berasal dari wilayah Persia, diperkirakan sekitar tahun 1500 SM dan lebih dikenal dengan nama "citar atau sehtar".

Kemudian alat musik petik kuno ini mulai mengalami perkembangan dalam segi bentuknya, sehingga berubah bentuk modelnya menjadi semacam gitar kuno yang dikenal dengan nama tambur. 
 
Oleh bangsa Yunani, tambur persia ini dikembangkan lagi bentuknya yaitu sekitar tahun 300 SM dan akhirnya  pengembangan tambur persia ini dilanjutkan lagi oleh bangsa Romawi  setelah berselang 6 abad lamanya.

- Guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi
- Guitarra Latina yang berfungsi untuk memainkan akon

Setelah 3 abad kemudian, datang juga bangsa Arab ke Spanyol dengan membawa semacam gitar gambus juga, dan nama dari gitar yang dibawa oleh bangsa Arab ini adalah "al ud".

Melihat model gitar al ud yang dibawa oleh bangsa Arab  dan kedua tambur Persia yang sudah mengalami transformasi ini, membuat bangsa Romawi terinspirasi untuk membuat sendiri alat musik yang menyerupai gitar tersebut, sehingga terciptalah alat musik yang dinamakan dengan "vihuela".

Alat musik hasil karya bangsa Romawi yang dinamakan "Vihuela", akhirnya berhasil menjadi lebih populer dari pada alat musik pendahulunya sehingga sedikit demi sedikit alat musik pendahulunya mulai ditinggalkan.

Akhirnya vihuela terus mengalami perkembangan bentuknya selama berabad-abad lamanya, sampai akhirnya dapat menghasilkan berbagai macam bentuk gitar, dan berubah bentuknya menjadi bentuk gitar klasik seperti yang sekarang kita gunakan.

Gitar klasik
(sumber gbr : bnetbloger-blog.logdown.com)

Dijaman modern seperti sekarang, dimana berbagai macam peralatan banyak menggunakan bantuan listrik. Maka Gitarpun demikian, Gitar klasik akhirnya berkembang dan dimodifikasi menjadi gitar elektrik yaitu gitar yang dirancang agar bunyi yang dihasilkan dapat diperkuat secara elektrik.

Gitar elektrik 
(sumber gbr : biografiku.com)

Demikian sekilas penelusuran dari sejarah asal mula gitar atau alat musik berdawai itu ada. Sebagai pecinta musik paling tidak kita tahu seperti apakah bentuk gitar pada awalnya dan dari manakah asalnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel GITAR, DARI MANAKAH ASAL MULA ALAT MUSIK BERDAWAI INI ??, semoga bermanfaat dan dapat dishare kepada teman-teman pecinta musik.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar