Ayo, Mengenal Alat Musik Trombone



Ayo, Mengenal Alat Musik Trombone

Pertama-tama kita perlu mengetahui terlebih dahulu apakah yang dimaksud dengan alat musik trombone itu? Nah, Alat musik trombone merupakan alat musik tiup yang terbuat dari logam dan cara memainkannya adalah dengan menggetarkan bibir kita. 

Ayo, kita lihat satu persatu cara kita mengenal alat musik trombone, yaitu :

1.  Keluarga Alat Musik Tiup Yang Mana? 

TERMASUK KELUARGA ALAT MUSIK TIUP MANAKAH ALAT MUSIK TROMBONE ITU? :

Kata trombone sebenarnya berasal dari bahasa Italia yaitu "tromba" atau trompet dan kemudian ditambah  lagi dengan kata "one" yang berarti besar, sehingga trombone menurut bahasa Italia  secara keseluruhan akan mempunyai arti "trompet besar".
Perlu kita ketahui bahwa pemain yang memainkan trombone biasa disebut dengan trombonis.

Dalam keseluruhan dari alat musik tiup yang ada, trombone merupakan salah satu alat musik tiup yang termasuk  kedalam salah satu dari keluarga alat musik tiup Brasswind.

2.  Slide

APA YANG DIMAKSUD DENGAN SLIDE ?
Sebelum kita masuk ke pembahasan pengertian dari slide, maka kita perlu mengetahui bahwa alat musik tiup jenis trombone ini memang berbeda dengan trompet. Perbedaannya alat musik tiup ini terlihat pada adanya piston dan slide, kalau jenis alat musik trompet berpiston sedangkan untuk alat musik trombone tidak berpiston tetapi berslide.

Ayo kita bahas, apa yang dimaksud dengan slide :

- Slide adalah pengatur nada dari Trombone,  dan cara pengoperasiannya yaitu dengan cara ditarik dan diulur supaya dapat menghasilkan nada sesuai yang diinginkan.
- Ukuran slide akan menambah panjang ukuran tabung sedangkan tarikan slide akan membuat tabung bertambah pendek. Penambahan panjang tabung atau bodi dalam skala tertentu akan menurunkan nada sebanyak step tertentu.

Dalam system slide ini, memungkinkan alat musik Trombone ini dimainkan secara "GLISSANDO" sehingga suara yang dihasilkan bisa meraung-raung tanpa putus. Sehingga dari sekian banyak alat musik tiup yang ada, trombone merupakan alat musik tiup yang dapat menghasilkan nada terlengkap. Dari mulai nada sopran, alto, tenor, bariton hingga bass yang paling ngebass.

3.  Tips Yang Diperlukan

TIPS APA YANG DIPERLUKAN SUPAYA KITA DAPAT MEMAINKAN SEMUA ALAT MUSIK TIUP DENGAN BAIK.
Ternyata tips yang diperlukan cukup mudah dan tidak terlalu sulit.

Tipsnya adalah :

Kuasailah salah satu dari alat musik tiup, maka otomatis semua alat musik tiup dapat dengan mudah kita mainkan, karena semua alat musik tiup yang masuk dalam keluarga alat musik tiup Brasswind, maka alat musik tiup ini akan mempunyai kesamaan dalam cara meniup maupun dalam mengatur nadanya.

Dapat Dibaca Artikel Lain : Cara Memainkan Alat Musik Trompet

Mau membuktikan !, silahkan mencoba mempelajari salah satu dari alat musik tiup brasswind ini, kemudian coba mainkan alat musik tiup yang lain.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang AYO, MENGENAL ALAT MUSIK TROMBONE , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : majalah Intisari

0 komentar