Luciano Pavarotti, Musik Opera Klasik Jadi Merakyat

(dok.nytimes.com)

Luciano Pavarotti, Musik Opera Klasik Jadi Merakyat

Siapa Sebenarnya Sosok Pavarotti

Pavarotti dilahirkan di Modena, Italia, pada tanggal 12 Oktober 1935.

Pavarotti  memang sangat dikenal dengan suara emasnya, dia telah berkarya dibidang penyanyi seriosa pada tahun 1935 sampai dengan 2007.

Dia juga sebagai seorang penyanyi tenor opera yang telah berhasil menjembatani dunia opera dengan dunia pop. Pada jaman dahulu kita semua mengetahui bahwa musik opera hanya ditonton oleh para bangsawan saja, seperti yang sering kita saksikan di film-film opera klasik dahulu.

Tetapi sejak Pavarotti masuk kedunia penyanyi seriosa, dia dapat merubah musik opera klasik menjadi lebih merakyat. Dan dalam setiap penampilannya, Pavarotti akhirnya mempunyai ciri khas sendiri yaitu dengan selalu memakai dasi kupu-kupu dan membawa sapu tangan yang berwarna putih pada saat tampil.

Dapat dibaca artikel lain : Ciri Khas Dan Julukan Luciano Pavarotti Saat Tampil

Pavarotti Berhasil Menjembatani Dunia Opera Dan Dunia Pop

Dalam berkecimpung di dunia musik sebagai penyanyi tenor opera, Pavarotti sudah berkarier secara profesional selama 45 tahun. Dia telah tampil sepanggung dan membuat rekaman bersama dengan musisi Pop, Rock dan Jazz terkenal. Dia berhasil tampil bersama musisi terkenal seperti  Jon Bon Jovi, Elton John, Eric Clapton, Zucchero, Spice Girl, Cheryl Crow dan Liza Minnelli.

Sehingga secara tidak langsung, dengan tampilnya Pavarotti bersama dengan musisi-musisi terkenal dari genre pop, rock dan jazz, sehingga dapat membuka jalan bagi Popera (Pop - opera), seperti Andrea Bocelli, Josh Groban dan Il Divo, yang saat itu  memang cukup banyak juga penggemarnya diseluruh dunia.

Berhasil Membuat Musik Opera Klasik Merakyat

Pavarotti inilah yang berhasil mendatangkan penonton sebanyak 1,5 milyar orang, pada saat diselenggarakannya konser "Tiga Tenor" bersama dengan Placido Do Migo dan Jose Carreas yang  telah digelar di stadium.
Konser tersebut berhasil sukses besar, kesempatan momen sukses besar ini dapat dimanfaatkan untuk amal oleh Pavarotti.

Pada saat itu Pavarotti ingin membangun sebuah gedung Opera Bastile di Paris, sampai bekas menteri kebudayaan Prancis yang bernama Javk Lang tidak begitu percaya atas ide yang dicetuskan oleh Pavarotti tadi. Mengapa menteri kebudayaan Prancis sampai merasa heran dan tidak percaya dengan ide Pavarotti?, Nah, penyebabnya adalah bahwa opera pada waktu itu sudah mati.

Tetapi Pavarotti sungguh luar biasa,  dia selalu bisa mencari cara supaya opera bisa dijual.
Dan ini sudah dibuktikan oleh Pavarotti, dengan kesuksesannya serta berhasilnya dia mendatangkan pengunjung sebanyak 1,5 milyar orang pada saat konser "Tiga Tenor" diselenggarakan.

Dapat dibaca artikel lain : Riwayat Hidup Dari Luciano Pavarotti

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang  LUCIANO PAVAROTTI, MUSIK OPERA KLASIK JADI MERAKYAT, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : majalah Intisari)

0 komentar