Madonna, Penyanyi Yang Mendapat Julukan Ratu Pop Dunia

(dok.hiphopdx.com)
(dok.telegraph.co.uk)

Madonna, Penyanyi Yang Mendapat Julukan Ratu Pop Dunia

MADONNA, SEORANG PENYANYI ERA 1980 AN YANG BERHASIL MENDEFINISIKAN MUSIK DAN BUDAYA POP SEHINGGA DAPAT BERPENGARUH BESAR TERHADAP PENYANYI-PENYANYI DISELURUH DUNIA.

Sekilas Tentang Madonna
Madonna adalah penyanyi pop yang berasal dari Amerika Serikat, keturunan Perancis dan Canada. Dia dilahirkan dengan nama Madonna Louise Ciccone tetapi lebih dikenal dengan nama Madonna saja. Dia lahir  pada tanggal 16 Agustus 1958 di Bay city, Michigan, Amerika Serikat.

Karir musik Madonna selain sebagai penyanyi, dia juga berkarier sebagai penulis lagu, penari, produser rekaman, aktris, sutadara, produser film, penulis buku, desainer dan pengusaha. Madonna berhasil mengukirkan dirinya menjadi figur dari penyanyi paling terkenal dalam sejarah musik pop dunia, sehingga dia mendapat julukan  sebagai "Ratu Pop".

Madonna mempunyai 4 orang anak yang bernama : Lourdes Maria Ciccone Leon, Metcy James, Rocco Ritchie, David Banda Mwale Ciccone Ritchie.

Madonna mulai aktif berkecimpung didunia musik pada tahun 1979 sampai dengan sekarang, musiknya cenderung bergenre pop, dance dan rock. Instrumen yang sering digunakan oleh Madonna pada saat tampil adalah gitar, perkusi dan drum.

Sebelum berkarier sebagai penyanyi solo, Madonna mengawali kariernya sebagai drummer dan vokalis di sebuah grup musik rock yang bernama "Breakfast Club & Emmy".

Madonna menjadi terkenal dan berhasil meraih kesuksesannya, karena dia mampu menciptakan lirik-lirik lagu yang mengikuti arus utama pada waktu itu yaitu musik populer dan bisa menjaga otonomi dirinya dalam industri rekaman pada saai itu. 

Sudah Banyak album-album yang dirilis oleh Madonna yangberhasil sukses secara komersial sehingga album yang berjudul Ray of Light berhasil memenangkan grammy award dan album yang berjudul Confessions pada dance floor di tahun 2005. 

Beberapa lagu-lagunya berhasil menduduki peringkat pertama tangga lagu, lagu-lagu tersebut diantaranya adalah : 
Like a virgin, Into the groove, Papa don’t preach, Like a Praver, Voque, Frozen, Music, hung up dan 4 minutes. 

Karir Madonna semakin menanjak, ketika dia juga bemain film pada film yang berjudul seeking (1985), Dick Tracy (1990) dan Evita (1996). Dalam bermain filmpun Madonna berhasil meraih gelar Golden Globe Award untuk aktris terbaik. 

Madonna telah diakui sebagai artis wanita terlaris sepanjang masa oleh Guiness World Record karena albumnya telah terjual lebih dari 300 juta album di seluruh dunia. 


Prestasi Yang Berhasil Diraih
Selama masa karir musiknya sudah berbagai macam gelar telah berhasil diraihnya, yaitu :
- Menurut Billboard, album Madonna yang bersertifikat sebanyak 64,5 juta 
- Madonna menjadi top touring artis wanita sepanjang masa, karena konsernya juga paling laris dan telah mendapatkan hasil yang bisa diraupnya kira-kira 1 milliar dollar 
- Menjadi artis solo tersukses dalam sejarah chart single Amerika 
- Menjadi salah satu anggota pendiri music hall of fame UK dan Madonna dilatik ke dalam Rock and roll hall of fame 
- Sebagai "Ratu Pop" dunia dan merupakan salah seorang penyanyi wanita terhebat dalam sejarah musik populer dunia.
- Tercatat dalam Guinnes World Record sebagai wanita tersukses sepanjang masa.
- Dalam bidang usaha seni musiknya, Madonna berhasil dikenal sebagai seorang yang penuh inovatif, provokatif dalam memproduksi musiknya serta pandai membuat koreografis dan penampilan panggung yang terkesan luar biasa.
- Puncak popularitasnya melesat melalui album-album dan singlenya sehingga berhasil merajai tangga musik diberbagai belahan dunia.
- Video-Video Madonna juga mampu mendominasi tayangan MTV.
- Berbagai jenis musik telah berhasil dieksplorasi dan telah mampu merubah citranya secara konstan.
- Kritikus musik internasional sering memberikan pujian atas karya-karya dari Madonna, tetapi terkadang juga  karyanya membuat kontroversi karena sering menggunakan tema yang mengandung unsur seksualitas, agama dan politik.
- Madonna juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Golden Globe Awards yaitu penghargaan karena dia berhasil menjadi aktris terbaik karena penampilannya di film Evita pada tahun 1996.
- Menurut majalah Forbes, Madonna dinobatkan sebagai penyanyi wanita terkaya didunia dan merupakan pengusaha wanita yang jenius.
- Rekaman Album dan singlenya mampu terjual lebih dari 300 juta keping diseluruh dunia.
- Menurut majalah Billboard terbitan tahun 2008, Madonna berhasil menempati urutan ke dua setelah The Beatles dalam daftar Billboard Hot 100 all time top actris yaitu artis solo tersukses dalam sejarah tangga lagu di Amerika Serikat.
- Di musium Rock & Roll Hall of fame, nama Madonna berhasil diabadikan disana.
- Single Madonna yang pertama berjudul "Like a prayer", dan lagu singlenya yang terkenal berjudul "I like virgin".

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, yang berisi artikel tentang MADONNA, PENYANYI YANG MENDAPAT JULUKAN RATU POP DUNIA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar