B.B King, King Of The Blues Dan Legenda Musik Blues

(dok.biography.com)

B B King, King Of The Blues Dan Legenda Musik Blues 

B.B KING ADALAH "KING OF THE BLUES" DAN "LEGENDA MUSIK BLUES", DIA SANGAT TERKENAL DENGAN PERMAINAN GITAR BLUES ELEKTRIK SEPANJANG JAMAN, DIMANA ADA MUSIK BLUES DISITU KEINDAHAN BLUES AKAN MENGIKUTI.

Sekilas Tentang Kehidupan B B King
B.B King mempunyai nama panggilan King, lahir di Berclair, Mississipi, Amerika Serikat, pada tanggal 16 September 1925, terlahir dengan nama Riley B King dan mempunyai istri bernama Sue Carol Hall (m 1958 - 1966) dan Martha Lee Denton (m 1946 -1952).
Dia adalah seorang penyanyi dan juga penulis lagu serta produser rekaman musik. Sebagai seorang legenda musik blues  maka sudah banyak lagu dan album yang telah berhasil dirilisnya.

Belum lama kita telah kehilangan seorang raja dari musik blues, karena B.B King telah meninggal dunia pada tanggal 14 Mei 2015, pada usia 89 tahun, di Las Vegas, Nevada, Amerika. Meninggalnya diperkirakan karena menderita penyakit alzheimer, gagal jantung kongesif dan juga komplikasi diabet.
Karier profesional dibidang musik, dimulai dari tahun 1948 .sampai dengan 2015.

B B King lahir dilingkungan perkebunan kapas yang bisanya dinamakan dengan Berclair, dekat dengan kota Itta Bena, Mississippi merupakan kota paling dekat dengan Indianola Mississippi yang merupakan tempat tinggalnya sewaktu kecil. 

B B king dibesarkan dan tinggal bersama dengan neneknya di Elnora Farr di Kilmichael, Mississippi, sejak B B King berusia 4 tahun karena ibunya meninggalkan ayahnya untuk menikah lagi. 

Sejak muda, B B King aktif mrnjadi paduan suara gereja dan dia memiliki gitar sendiri pada usia 12 tahun yang pada waktu itu gitar pertamanya dibeli dengan harga $ 15,00, tetapi ada juga sumber lain yang mengatakan bahwa gitar pertamanya tidak membeli sendiri tetapi diberi oleh Bukka White yaitu sepupu dari ibunya.

Karir Musik B B King
B B King merupakan penyanyi blues, pemain gitar listrik, penulis lagu dan produser rekaman. Dialah seorang musisi blues yang telah memperkenalkan gaya luar biasanya dalam bermain gitar solo yang berpedoman pada fluit string bending dan shimmering vibrato sehingga gaya bermain gitar solonya ini telah mempengaruhi sebagian besar pemain gitar listrik blues. 

B B king telah menjadi salah satu musisi blues yang sangat berpengaruh sepanjang masa sehingga di telah memperoleh julukan sebagai “The King Of Blues” dan sebagai salah satu dari ketiga raja dari blues gitar dengan dua raja blues gitar lainnya adalah Albert King dan Freddie. 

Pada tahun 1987, B B King telah dilantik masuk kedalam Rock and Roll Hall of Fame dan di sepanjang karir musiknya, B B King selalu berkairi dengan tanpa mengenal lelah, sehingga dia sudah tampil lebih dari 200 kali konser dan setiap tahunnya.

Pada permulaan karirnya B B King bekerja sebagai penyanyi dan disc jockey di WDIA, dan sisitu dia mendapat julukan “Beatle Street Blues Boy” yang disingkat dengan “Blues Boy” dan akhirnya dipersingkat lagi menjadi BB.

B B King mengawali rekamannya pada tahun 1949 dengan album debutnya yang menhasilkan single berjudul “Miss Martha King”. B B King juga mempunyai grup band keluarga yang terkenal di perkebunan West Memphis dengan beranggotakan Phineas Newborn sebagai pemain piano, ayahnya sebagai pemain drum dan saudaranya yang bernama Calvin sebagai pemain gitar bersama dengan B B King sebagai bass dan Ben Branch sebagai tenor saksofon, Thomas Branch pemain terompet serta 2 orang wanita sebagai pemain trombone.

Akhirnya B B King membentuk grup band sendiri yang dipimpin oleh Millard Lee, dengan anggota personilnya yang bernama :

Calvin Owens dan Kenneth Sands sebagai pemain terompet, Lawrence Burdin sebagai alto saxofone. George Coleman sebagai tenor saxofone, Floyd Newman sebagai bariton saksofon, Millard Lee sebagai pemain piano, George Jaoyner sebagai bassis, Earl Forest dan Ted Curry sebagai drumer. 

Seorang musisi yang membantu B B King dalam membuat arranger dan komposisi lagu adalah Onzie Horne, karena ternyata B B King mengaku tidak dapat memainkan akord sehingga dia selalu mengandalkan yang namanya improvisasinya saja.

Genre musiknya adalah Blues, R&B dan Blues Rock. Alat musik yang dipegang adalah vocal dan gitar.

B.B King juga pernah bekerjasama dengan Bobby Bland, Eric Clapton yaitu seorang gitaris terkenal di dunia. 

Lagu Dan Album Performing B B King
Lagu-Lagunya yang terkenal seperti : Rock Me Baby, Blues Boy Tune, Lucille. Everyday I have the blues, How blue can you get, When loves comes to town.

Album yang berhasil dirilis dari tahun 1965 sampai dengan tahun 2011 dan berbagai macam prestasinya diantaranya adalah :
- Tahun 1965, dengan album yang berjudul "Live At The Regal"
- Tahun 1968, albumnya berjudul "Lucille"
- Tahun 1969, dengan album yang berjudul "Completely Well"
- Tahun 1970, berhasil mendapatkan Grammy Award, untuk lagunya yang berjudul "The Thrill Is You", sehingga lagu ini menjadi lagu hit pop dan R&B.
- Tahun 1987, mendapat gelar "King Of The Blues" dan menjadi salah satu dari dari raja gitar Blues bersama Albert dan Freddie.
- Tahun 1997, judul albumnya "Deuces Wild"
- Tahun 2004, mendapatkan Award The International Polar Music Price sebagai artis yang paling kreatif dalam bermain musik.
- Tahun 2008, albumnya berjudul "One Kind Favon"
- Tahun 2011, menurut majalah Rolling Stones, B.B King menduduki peringkat ke 6 dari 100 gitaris terkenal sepanjang jaman.

B.B KING pantas mendapatkan gelar sebagai "KING OF THE BLUES", karena semasa kariernya sejak tahun 1956,  B.B King sudah mengadakan konser lebih dari 200 kali dan menurut catatan penampilannya, B.B King sudah tampil  sebanyak 342 kali ditahun yang sama, sehingga B.B King sempat mendapatkan julukan  sebagai "BLUES BOYS KINGDOM". Selamat jalan B.B King, terima kasih atas karya-karya musik Bluesnya.

B.B King pernah menyelenggarakan festival pada tahun 1967, B.B King Monterey Jazz Festival, di Monterey, CA pada tanggal 16 September 1967. 

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang B.B KING, KING OF THE BLUES DAN LEGENDA MUSIK BLUES, semoga bermnfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar