James Brown, Dengan Gelar The Godfather Musik Soul


James Brown, Dengan Gelar The Godfather Musik Soul

JAMES BROWN ADALAH SEORANG PENYANYI DAN PEMAIN MUSIK DARI AMERIKA SERIKAT, YANG DIAKUI SEBAGAI FITUR YANG BERPENGARUH TERHADAP MUSIK POPULER, DAN TELAH MENDAPAT GELAR "THE GOD FATHER OF SOUL".

Sekilas Tentang James Brown
James Joseph Brown, Jr adalah nama dia sejak lahir dan dia lahir pada tanggal 3 Mei 1933 di Atlanta, Georgia, Amerika. Dan lebih terkenal dengan nama James Brown.

Dia telah meninggal pada tanggal 25 Desember 2006 karena gagal jantung akibat komplikasi radang paru-paru dalam usia 73 tahun. Dan mempunyai seorang istri yang merupakan istri terakhirnya yang bernama Tomi Rae Hynie karena James Brown telah menikah sebayak 4 kali, dengan anak-anaknya yang bernama Deanna Brown Thomas dan Yamma Noyola Brown Thomas.

James Brown sejak usia 4 tahun tinggal di rumah bordil milik bibinya yang berada di Augusta, Georgia karena kedua orang tuanya telah berpisah. Kehidupan James Brown berada dilingkungan yang miskin dan banyak kejahatan, sehigga kehidupan kelam menyelimuti James Brown, dia juga pernah ditangkap untuk yang kelima kalinya dalam waktu 10 bulan pada tahun 1987, karena mengkonsumsi obat-obatan terlarang. 

Kehidupan rumah tangganyapun kurang baik karena James Brown pernah disangka melakukan kekerasan terhadap istrinya. Tahun selanjutnya tepatnya pada tahun 1988, James Brown dihukum penjara 6 bulan karena disangka melakukan percobaan pembunuhan dan telah bebas bersyarat pada tahun 1991.

Karir Musik James Brown
James Brown adalah seorang komposer musik film, pemain keyboard dan penyanyi yang berasal dari Amerika Serikat, dan dia telah berhasil memperoleh julukan sebagai "The Godfather Of Soul" serta diakui sebagai sosok yang sangat berpengaruh dalam musik populer di era abad ke 20.

Dalam setiap karnya musik yang dirilis oleh James Brown, genre musiknya cenderung kearah warna musik yang bergenre seperti funk, soul dan R&B.

James Brown memulai karier musiknya pada tahun 1955 di The Gospel Starlighter, kemudian bergabung dengan Bobby Byrd dalam The Avons, selanjutnya bergabung dalam The Famous Flames, yang akhirnya dikontrak oleh King Record.

Album, single dan prestasi dari James Brown yang berhasil dirilis dan diraihnya dari tahun 1956 sampai dengan tahun 2003 adalah sebagai berikut :
- Tahun 1956, single pertamanya mencapai posisi ke 6 tangga lagu R & B, dengan lagunya yang berjudul "Plesse, Please, Please".
- Tahun 1958, menjadi single R&B terlaris dan mencapai puncak tangga lagu R&B hingga 2 dekade berikutnya, dengan lagunya yang berjudul "Try Me".
- Tahun 1960, berhasil menggalang penggemar lebih luas karena musiknya masuk ke wilayah mainstream.
- Tahun 1963, menjadi urutan ke 2 tangga album terbaik.
- Tahun 1965, merekam single Papa's Got A Brand New Bag dan berhasil mencapai puncak tangga R&B selama 8 minggu dan menjadi Top Ten untuk lagu-lagu Pop juga berhasil masuk ke urutan ke 3.
- Tahun 1987, mendapat Tropi Grammy Life Time Achievement Award.
- Tahun 1992, mendapat julukan sebagai "God Father Of Soul", "Soul Brother Number One" dan "The Hardest Working Man In Show Bussiness.
- Tahun 2003, bulan Desember berhasil mendapat gelar bergengsi dari Kennedy Center Honors.

Berhasil Dijalur Mainstrean Dan Membuat Comeo Disejumlah Film
Dalam filmnya seperti "The Blues Brother" dan "Doctor Detroid", difilm itu sejumlah lagunya dapat dinikmati sebagai sountract film, begitu juga didalam film tayangan televisi yang berjudul "Black Caesar". 
Tahun 1985, James Brown membawakan lagu "Living In Amerika" difilm Sylvester Stallone, Rocky IV.

James Brown masih terus tampil, hingga mencapai 100 pertunjukan pertahunnya. Dia merupakan musisi besar yang menginspirasi banyak musisi dari generasi berbeda seperti : Mick Jagger, David Bowie dan Michael Jackson hingga para raper yang mencontoh musik dari James Brown yang sangat "Nge Groove" itu.

James Brown adalah salah seorang pemusik legendaris yang berasal dari Amerika Serikat yang telah berhasil membentuk jenis musik R&B, funk dan disko Amerika selama 50 tahun.  Kematian dari James Brown tidak hilang  begitu saja karena karyanya telah  banyak menginspirasi grup musik era selanjutnya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang  JAMES BROWN, DENGAN GELAR THE GODFATHER MUSIK SOUL, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita srta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.
(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar