Musik Soul, Genre Musik Populer Di Amerika Serikat

(dok.8tracks.com)

Musik Soul, Genre Musik Populer Di Amerika Serikat

MUSIK SOUL ADALAH GENRE MUSIK YANG POPULER DI AMERIKA SERIKAT SEJAK TAHUN 1950.

Sekilas Mengenai Musik Soul
Menurut Rock And Roll Half Of Fance, musik Soul adalah musik yang muncul dari pengalaman kulit hitam di Amerika melalui trans mutasi Injil dan irama dari Blues yang masuk kedalam bentuk Funky yang ditekankan pada irama tepuk tangan dengan suara dan gerakan sesuai improvisasi masing-masing, dan dengan suara bass yang tebal dan dominan.

Sumber aliran dari musik Soul itu sendiri adalah Rhythm dan Blues, gospel, Doo- Wop, di aliran ini banyak mengadopsi dari kebudayaan Amerika Serikat pada akhir tahun 1950 an. Alat musik yang sering digunakan oleh genre musik ini adalah gitar, bass, piano, organ, drum, horn section, keyboard, vokal.

Perkembangan Dari Musik Soul
Popularitas dari musik soul dikancah Internasional dimulai sejak tahun 1960 an hingga awal tahun 1980 an, dan baru mulai terlihat kebangkitannya pada tahun 2000 dan awal tahun 2010 an.

Pada awal tahun 1960 an musik soul ini berhasil menggabungkan elemen musik gospel Afrika Amerika dan Rhythm & Blues. Jenis genre musik Soul ini sering berupa Funk, Disko - R&B, dan juga merupakan turunan dari musik kontemporer.

Musik soul juga merupakan musik yang muncul melalui transformasi dari musik gospel dan R&B yang bergabung menjadi satu membentuk satu jenis musik yang lebih funky dan dengan irama catcy. Sehingga irama yang yang mucul berhasil membuat badan kita bergerak untuk mengikuti alunan musik tadi, dan ini menjadi ciri terpenting dalam musik soul.

Salah satu musisi yang berhasil mempopulerkan musik Soul adalah Ray Charles, dengan lagu hitnya "I Got A Woman" pada tahun 1964, dengan gaya bernyanyi yang mirip dengan Jess Whitaker yaitu vokalis dari Pilgrina Travellers.

Dalam perkembangannya, musik Soul ini berkembang menjadi berbagai subgenre, subgenre tersebut  diantaranya adalah Detroit (motown) Soul, Deep Soul dan Souterm soul.  "Detroit Soul" adalah salah satu musik dengan ciri khasnya yang sangat dipengaruhi oleh musik gospel, sedangkan The Motown sound banyak berisi dengan irama tepukan tangan, suara bas yang tebal dan dominan serta biola dan lonceng.

Banyak juga musisi yang terpengaruh oleh musik Soul, diantara musisi tersebut adalah Diana Ross, The Jackson 5, Stevie Wonder dan Billy Preston.

Terima ksih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang MUSIK SOUL, GENRE MUSIK POPULER DI AMERIKA SERIKAT, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar