Musik Blues, Musik Yang Berawal Dari Musik Spiritual


Musik Blues, Musik Yang Berawal Dari Musik Spiritual

MUSIK BLUES ADALAH MUSIK YANG MEMPUNYAI PENGARUH YANG CUKUP BESAR TERHADAP MUSIK POPULER AMERIKA SERIKAT.

Musik blues merupakan sebuah genre musik yang diciptakan khususnya dilingkungan masyarakat Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada sekitar abad ke 19.
Pada permulaannya genre musik blues diciptakan melalui lagu rohani, lagu kerja, hollers lapangan, jeritan dan narasi yang mudah yang mempunyai irama balada.
Bentuk dari blues ini telah merambah ke genre musik dalam bentuk jazz, R&B dan Rock and Roll yang mempunyai ciri-ciri kord progresif dengan 12 bar akord miring progresi. Pada abad 20 blues perkotaan memang kurang dikenal pada saat itu.
Genre Musik Blues Dapat Dibagi Lagi Menjadi Beberapa Subgenre, Yaitu :
-       Delta, Piedmont dan blues Chicago merupakan jenis blues yang paling dikenal
-       Pada saat perang dunia II, adalah masa transisi dari akustik menjadi electric blues dan mulai diperkenalkan progresif musik blues ke masyarakat luas.
-       Terbentuknya suatu hibrida yang dikenal dengan revolusi blues rock, ini  terjadi pada tahun 1960 dan 1970 an.
"Blues Devil" adalah istilah yang menjadi pedoman yang dipergunakan untuk istilah dari blues, karena  istilah blues mempunyai pengertian melankolis dan kesedihan. Nah, mengapa digunakan istilah Blues Devil sebagai pedoman dari istilah blues?? Istilah ini diperoleh oleh George Colman’s pada satu bagian sandiwara Blue Devils pada tahun 1798.
Dalam pemakaian frasa di musik Amerika-Afrika, musik ini memang berusia lebih tua, namun demikian telah terbukti bahwa sejak tahun 1912, Hart Wand’s “Dallas Blues” menjadi hak cipta pertama untuk komposisi blues dan lirik yang digunakan untuk menunjukkan suasana hati yang tertekan adalah Lyrics frasa.
Perlu diketahui juga, bahwa musik blues sebenarnya berasal dari musik-musik spiritual dan pujian yang timbul dari sekelompok bekas budak-budak di Amerika Serikat. Kemudian mereka menggunakan nada blue dan memakai pola call-and-response, yang dinyanyikan oleh 2 orang secara berurutan dan kalimat kedua merupakan jawaban dari kalimat pertamanya.
Jika kita cermati, maka lagu-lagu blues merupakan bukti awal mulanya genre musik yang ada di Afrika Barat, sedangkan di jaman modern seperti sekarang ini mulai banyak melahirkan blues lovers. Mereka adalah para blues lover yang banyak mempelajari, memperhatikan, menulis, memainkan dan bahkan membuat album yang bernuansa blues.
Sehingga dalam perkembangannya, musik blues ini mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap musik populer Amerika yang baru. 
Dan dari sinilah mulai bermunculan aliran seperti :
Ragtime, jazz, blues rock, electric blues, bluesgrass, rhyrhm and blues, rock and roll, hip hop, country reggae dan musik rock konvensional.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang MUSIK BLUES, MUSIK YANG BERAWAL DARI MUSIK SPIRITUAL, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar