Musik Country Identik Dengan Cowboy Amerika

(dok.musiummusik.blogspot.com)

Musik Country Identik Dengan Cowboy Amerika

MUSIK COUNTRY ADALAH SALAH SATU JENIS MUSIK CAMPURAN DARI BEBERAPA UNSUR MUSIK YANG BERASAL DARI AMERIKA UTARA DAN PEGUNUNGAN APPALACHIE.

Asal Mula Musik Country
Pada jaman dahulu banyak para imigran yang berbondong-bondong datang ke Amerika Utara, kemudian mereka mulai menetap di pegunungan Appalachie. Para imigran yang berdatangan tersebut masing-masing membawa alat musik dari daerahnya.

Jenis alat musik yang dibawa oleh para imigran bermacam-macam, diantaranya adalah imigran Irlandia membawa alat musik Fiddle atau biola, imigran Jerman membawa alat musik Dulcimer, imigran Italia membawa alat musik Mandolin, imigran Spanyol membawa alat musik gitar sedangkan imigran Afrika membawa  alat musik bango.

Nah. mereka semua berkumpul dan saling berinterkasi, dan hasil interaksi dari antarmusisi yang berasal dari berbagai macam bangsa inilah yang akhirnya menghasilkan musik khas Amerika Utara yang disebut dengan musik country.

Sekilas Perkembangan Musik Country
Perkembangan musik country yang berada di Amerika terjadi  dan dimulai dari :
- Abad 19,  dimana kelompok para imigran ini  mulai pindah ke Texas kemudian mereka berinteraksi dengan orang Spanyol, orang Mexico Amerika, dan  mereka membentuk sekelompok dansa dan tari-tarian yang diiringi dengan musik gabungan dari musik asli Mexico Amerika, Spanyol dan musik dari para imigran yang digabungkan menjadi satu menjadi musik country.

- Abad ke 20, grup musik country Appalachie telah menggunakan alat musik seperti Fiddle, gitar dan banjo. Mereka menampilkan musik country dengan  sebuah lagu cowboy yaitu lagu Western Swing dan Hillebily boogie.

- Kemudian pada tahun 1930 dan 1940, lagu cowboy (Western) yang sudah  sering direkam sejak tahun 1920 ini, mendadak menjadi populer karena lagu cowboy telah digunakan oleh Film Hollywood. Dengan seorang penyanyi yang bernama Bob Wills merupakan seorang penyanyi country yang membintangi Film Hollywood tersebut.

Maka lahirlah campuran musik country dengan musik jazz, yang pada saat itu tampil dan dimainkan di Aula dana yang dikenal dengan Western Swing dan Hilebily Boogie.

Musik Country Merupakan Musik Yang Berakar Di Amerika
Pada perkembangannya,  musik country oleh para musisi dicampur dengan jenis musik lain, seperti musik blues,  pop dan jazz.  Dan sampai sekarang terkenal dengan musik country yang pada jaman dahulu musik country ini digunakan untuk mengiringi lagu cowboy yang  merupakan lagu dari penduduk asli Amerika yang  memang lebih dahulu menetap di Texas.

Sehingga musik country ini menjadi musik yang merakyat dan berakar serta dapat menjadi populer diseluruh belahan Amerika Texas.

Dapat dibaca artikel lain tentang : Sukses Lagu Daerah Indonesia Dengan Musik Country

Dari tahun ketahun musik country mengalami beberapa perkembangan, dari musik country orisinil yaitu musik yang dimainkan oleh imigran Amerika Utara kemudian berubah menjadi musik lain yang berbeda,  setelah musik country tersebut dicampur dengan genre musik lain dengan menggunakan alat musik tambahan seperti drum dan bass.

Meskipun musik country sudah mengalami banyak perkembangan dan perubahan, tetapi musik ini masih tetap dapat diterima oleh semua masyarakat Amerika.

Dapat dibaca artikel lain tentang : Penulis Lagu Dan Penyanyi Musik Country Yang Terkenal

Ala Cowboy Texas Adalah Atribut Khas Dari Musik Country
Kalau kita menyaksikan setiap penampilan dari kelompok musik dari genre musik country maka atribut yang digunakan dari ujung kepala sampai ke ujung kaki akan terlihat berbeda.

Penyanyi genre musik country ini,  memang mempunyai ciri khas  tersendiri dimana ciri khasnya sangat berbeda dari genre musik lain, baik penyanyinya maupun penari latarnya. Mereka biasanya menggunakan atribut seperti topi, pakaian  dan sepatu yang sangat mirip dengan cowboy Amerika.
Sehingga musik country ini sering diidentikkan dengan "COWBOY AMERIKA".

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang MUSIK COUNTRY IDENTIK DENGAN COWBOY AMERIKA , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sebagian sumber : dari Wikipedia

0 komentar