Ayo Belajar Mengenal Alat Musik Flute



Ayo Belajar Mengenal Alat Musik Flute

Seperti biasa dalam pembahasan artikel-artikel saya sebelumnya, jika kita akan belajar memainkan suatu alat musik sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu karakteristik dan bentuk dari  alat musik yang akan kita pelajari tadi. Supaya dengan belajar mengenal alat musik flute terlebih dahulu maka kita akan lebih mudah memainkannya.

Seperti akakah alat musik flute itu?
Flute adalah salah satu alat musik tiup yang dikelompokkan dalam keluarga woodwind,  dan alat musik ini biasanya terbuat dari logam, akan tetapi ada juga yang terbuat dari kayu. Alat musik flute menghasilkan karakter suara yang lembut dan mempunyai timber suara yang lebih variatif. Meskipun demikian variatif dari suara yang dihasilkan tersebut sangat tergantung sekali dengan ketrampilan dari peniupnya. 

Keindahan dari suara yang dihasilkan oleh alat musik flute ini, ternyata berhasil membuat banyak orang yang tertarik dengan alat musik flute ini dan sekaligus akan muncul keinginan untuk belajar memainkannya.

Yuk, baca artikel lain tentang : Mengapa Alat Musik Flute Lebih Disukai Wanita

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan supaya pada saat memainkan alat musik flute tersebut dapat dihasilkan bunyi  atau suara yang bagus :


1.  Cara Meniup Flute

Dalam prakteknya supaya kita dapat memahami dengan benar cara meniup flute, maka kita bayangkan saja bahwa cara meniup flute ternyata hampir sama dengan meniup lubang botol.

Formasi bibir dikondisikan seperti orang tersenyum, kemudian dari celah bibir udara ditiupkan tepat kedalam lubang botol tersebut. Jika suara yang dihasilkan terdengar nyaring berarti posisi bibir dan cara meniupnya sudah benar.

2.  Posisi Tangan Saat Meniup Flute

Perlu kita cermati bersama, bahwa posisi tangan kanan dan posisi tangan kiri kita pada saat meniup flute yang benar adalah posisi tangan kanan menutup pada seluruh lubang bawah sedangkan posisi tangan kiri dilubang atas.

3.  Nada Yang Dihasilkan Oleh Flute

Seperti halnya alat musik yang lainnya, alat musik flute ternyata akan menghasilkan nada yang khas karena tnada yang dihasilkan oleh alat musik flute ini bisa sampai melengking.

Alat musik flute jika dimainkan akan menghasilkan nada, antara lain :

- Jika semua lubang ditutup akan menghasilkan nada "re"
- Jika membuka jari mulai dari bawah, dibuka satu jari akan menghasilkan nada " mi "
- Kemudian dilanjutkan dengan membuka dua jari akan menghasilkan nada " fa " dan seterusnya.

Dengan kemajuan teknologi dan perkembangan dari alat musik flute ini, menjadikan alat musik flute sudah lebih dipermudah lagi dalam memainkannya, baik  cara meniupnya maupun cara menekan tombol klepnya.
Fasilitas untuk nada kromatik sudah disediakan oleh alat musik flute ini, sehingga pemainnya tinggal mengaktifkan jempol dan jari kelingkingnya saja.

Nah, sekarang kita akan membahas, ada berapa lubang nadakah yang terdapat di badan alat musik flute tersebut?
Lubang nada serta tombol pengatur yang berada dibagian badan flute, bisa kita perhatikan ternyata terdapat lubang yang berjumlah 16 atau 17. 11 lubang diantaranya dapat ditutup oleh 4 jari kanan,  3 jari kiri dan 1 lubang oleh jempol tangan kiri. Untuk lubang yang lainnya dapat dibuka atau ditutup melalui gagung-gagung tombol.

Nada flute dimulai dari nada: do, di, re, ri, mi, fa, fi, sol, sel, la, li, si, do dan seterusnya.
Nada flute dapat melengking sampai mencapai hingga lebih dari 3 oktaf kromatik.

Dengan jangkauan wilayah nada yang demikian banyak serta adanya fasilitas untuk nada-nada kromatik, sehingga memungkinkan alat musik flute dapat melayani berbagai nada dasar. Sehingga flute dapat mengiringi penyanyi dengan suara berat maupun yang mempunyai suara melengking.

4.  Contoh Gambar Dari Salah Satu Bentuk Alat Musik Flute

Ada berbagai macam jenis alat musik flute yang sudah digunakan oleh para musisi dunia,  dan salah satu dari bentuk alat musik flute dapat kita lihat di gambar bawah.



Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang  AYO BELAJAR MENGENAL ALAT MUSIK FLUTE, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber dari : majalah Intisari

0 komentar