Pianis legendaris dan komponis besar terkenal di dunia

Pianis merupakan seorang musisi yang memainkan piano dengan ansambel atau orkestra atau mengiringi satu penyanyi atau lebih atau instrumentalis solo

Perlu diketahui siapakah pianis legendaris dan komponis terkenal di dunia

Pianis merupakan seseorang yang mahir dalam memainkan piano. Mengenai piano, ternyata alat musik ini sudah ada sejak 500 tahun yang lalu. 
 
Oleh sebab itu, ada banyak pianis yang piawai dalam memainkan pianonya melalui jari jemarinya yang menari nari diatas tuts piano sehingga akhirnya mampu menghasilkan nada nada yang inddah dan khas.

Penggemar musik tentu saja sangat mengenal bahwa suara dentingan piano yang dihasilkan oleh gerakan jari jemari para pianis yang menari nari diatas tuts piano, sering kita lihat dalam suatu pertunjukan konser.
 
Pianis legendaris dan komponis besar tersebut diantaranya adalah Chopin the pianis, Sergei Rachmaninoff, Josef Hoffmann, Ludwig Van Beethoven, Wolfgang Amandeus Mozart.
 
Para pemain piano atau pianisnya akan tampil diatas panggung dan akan dapat mengimprovisasikan kemampuannya, mengekpresikan maupun menunjukkan kemampuan tehnik untuk mengolah nada-nada. 
 
Untuk selanjutnya, dengan kemampuan jari jemarinya para pianis akan menjelajahi tuts-tuts piano yang ada sehingga penampilannya akan terlihat sangat anggun.
 

Diantara pianis-pianis yang mahir tersebut, ada 5 pianis legendaris terkenal yang perlu diketahui oleh para  pecinta musik, khususnya pecinta musik piano. Pianis legendaris ini tentu saja sudah tidak asing lagi ditelinga mereka. 

Yuk kita cermati satu persatu, 5 dari pianis legendaris terkenal tersebut, diantaranya adalah :

1.  Sergei Rachmaninoff

Sergei Rachmaninoff

Nama lahirnya adalah Sergei Vasillevich Satina lebih dikenal dengan nama Sergei Rachmaninoff. Lahir pada tanggal 1 April 1873 di Semyono, Novgorod, Governorate, Rusia dan telah meninggal pada tanggal 28 Maret 1943 di Beverly Hill, California, Amerika.

Sergei Rachmaninoff adalah seorang komponis legendaris yang berasal dari Rusia dan merupakan salah satu komponis yang paling berpengaruh di abad 20, karena dia mempunyai kemampuan tehnis yang tak tertandingi. 
 
Komposisi-komposisi yang rumit sekalipun dapat dimainkan dengan baik oleh Sergei Rachmaninoff hanya dengan mendengarkan cukup sekali saja.

Dalam penampilannya yang dipromosikan opera Rachmaninov ke  teater Bolihoi pada tahun 1893, membuat dia sangat dipuji oleh Pyotr Ilyich Tchaikovsky.

Meskipun demikian, sebelum sukses dengan pertunjukan konsernya dengan 2 piano concerto, dia juga tampil sebagai konduktor di teater Bolshoi di Moskow.
 
Namun demikian, Sergei Rachmaninoff sempat mengalami depresi karena karirnya sempat berhenti selama 3 tahun. Tetapi akhirnya dia berhasil sembuh setelah melakukan pengobatan dengan hipoterapis.

Selama masa karirnya dari tahun 1918 - 1943, Sergei Rachmaninoff telah merilis rekaman lebih dari 100 rekaman dan sudah lebih dari 1000 konser telah dia lakukan di Amerika. 
 
Konser Sergei Rachmaninoff merupakan konser yang legendaris karena dia adalah seorang pianis yang dihormati sebagai seorang virtuso pianis dengan kekuatan yang tidak ada tandingannya dan sangat ekspresif dalam setiap penampilannya.

2.  Josef Hoffmann


Josef Hoffmann

Nama lahirnya adalah Josef Casimir Hofmann dan lebih dikenal dengan nama Josef Hofmann, dia adalah seorang pianis besar kelahiran Polandia - Amerika. 
 
Tepatnya pianis ini lahir pada tanggal 20 Januari 1876 di Krakow, Polandia dan meninggal pada tanggal 16 Februari 1957 di Los Angeles, California, Amerika.

Selain sebagai pianis, dia juga sebagai komposer dan konduktor, selama masa karirnya selama 50 tahun, sudah lebih dari 100 karya telah dia ciptakan termasuk 2 piano concerto dan musik balet. Josef Hofmann adalah salah seorang pianis yang terkenal dan merupakan pianis besar pada abad 20.

Bakat bermain pianonya sudah terlihat sejak Josef Hofmann masih berusia muda, karena pada usia 7 tahun dia sudah dapat bermain beethoven C piano minor concerto di Warsawa. 
 
Kemudian pada saat menginjak usia 9 tahun, dia sudah mengikuti konser di berbagai negara seperti di Jerman, Perancis, Belanda, Norwegia, Swedia dan Inggris.

3.  Ludwig Van Beethoven


Ludwig Van Beethoven

Ludwig Van Beethoven adalah seorang komponis klasik dari Jerman yang lahir pada tanggal 17 Desember 1770 di Bonn, Jerman.
 
Dia telah meninggal dunia pada tanggal 26 Maret 1827 di Wina, Austria. Dia tercatat sebagai komponis besar, pianis dan merupakan salah satu tokoh penting pada jaman peralihan dari jaman klasik ke jaman romantik.

Hasil ciptaannya yang sangat terkenal diantaranya adalah Simfoni kelima, Simfoni kesembilan dan lagu Piano Fur Elise.

Ludwig Van Beethoven dapat menjadi pianis terkenal seperti karena peran dari ibunya yang menginginkan Beethoven supaya bisa seperti Mozart. Sehingga ibu Beethoven mendidiknya dengan memaksakan anaknya tersebut untuk berlatih bermain piano selama berjam-jam.

Hasil dari tempaan ibunya tersebut sungguh luar biasa, terbukti bahwa Beethoven sudah dapat mengadakan konser untuk pertama kalinya pada tanggal 26 Maret 1778, dengan kemampuan bermain pianonya pada saat itu sebanding dengan permainan piano Mozart pada usia yang sama.

Beethoven juga dapat berhasil seperti itu tidak terlepas dari peran gurunya yang bernama Neefe yang sangat terkesan melihat bakat dari Beethoven.
 
Oleh sebab itu, Neefe mengajarkan bagaimana memainkan komposisi-komposisi milik Bach dan bagaimana cara berimprovisasinya serta telah membantu Beethoven dalam menerbitkan karyanya yang pertama kali pada tahun 1783.

4.  Fredric Chopin


Fredric Chopin

Fredric Chopin adalah seorang komposer dan pemain piano asal Polandia, lahir di Zela Zowa Wola, Polandia pada tanggal 1 Maret 1810 dan telah meninggal dunia pada tanggal 17 Oktober 1849 di Paris, Perancis.

Dia dikenal sebagai musisi romatik terbesar yang jenius dan merupakan seorang pianis yang melankolis dan suka bermimpi dalam dunianya sendiri.

Fredric Chopin dilahirkan oleh keluarga yang berdarah musik karena ayahnya adalah seorang pemain biola dan flute sedangkan ibunya adalah seorang pemain piano hebat. 
 
Bakat dari Fredric Chopin dalam bermain piano tumbuh secara alami, hal ini terlihat dari caranya dalam berimprovisasi dalam memainkan pianonya.

Pertama kali dia membuat komposisi adalah komposisi Polaisen g-Minor dan Bes-Mayor, dan pada usia 8 tahun Fredric Chopin sudah dapat tampil bermain piano didepan publik di konserto milik Gywortoz. Dan di belajar musik untuk pertama kalinya adalah melalui pianis Bohemia Adalbert Zwry.

Awal karirnya dimulai pada tahun 1829 dan berhasil sukses memainkan konser, dalam konser tersebut di membuat variasi dari la ci darem la mano (op.02) milik Mozart.

5.  Wolfgang Amandeus Mozart


Wolfgang Amandeus Mozart

Nama aslinya adalah Johanne chrysostomus Wolfgang Gottlieb Mozart lebih dikenal dengan nama Wolfgang Amandeus Mozart. Lahir di Salzburg, Austria pada tanggal 27 Januari 1756 dan telah meninggal dunia pada tanggal 5 Desember 1791 di Wina, Austria.

Dia adalah salah satu kompinis yang dianggap sebagai salah satu musik klasik Eropa yang disegani dan paling terkenal dalam sejarah.

Banyak karya-karya lagu yang berhasil diciptakannya sehingga ada sekitar 700 lagu jumlahnya, termasuk lagu gubahan-gubahannya yang sudah diakui secara luas sebagai karya terbaik dari musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera dan musik paduan suara.

Banyak karya-karyanya yang dianggap sebagai repertoar standard konser klasik, salah satunya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberplote.
 
Kedua karyanya ini juga diakui  sebagai maha karya dari musik jaman klasik. Mozart juga dikenal karena mempunyai tata mutlak mengenai nada dengan tepat tanpa menggunakan bantuan dari alat.

Bakatnya sudah terlihat sejak usia muda, karena pada usia 4 tahun Mozart sudah dapat memainkan harpsichord dan sudah dapat berimprovisasi dari karya-karya pendahulunya. 
 
Kemudian ketika menginjak usia 5 tahun dia sudah dapat memenuhi komposisi pertamanya, dia juga seorang yang produktif dalam penciptaan komposisi. 
 
Dia banyak menciptakan simfoni dan mengubah opera mitridati re di Ponto & Lucia Silla, keduanya sukses besar dalam pertunjukan di Milano.

Demikianlah ulasan singkat dari 5 pianis legendaris dan komponis legendaris terkenal dunia yang perlu diketahui oleh pecinta musik pada umumnya dan pecinta musik piano pada khususnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Pianis legendaris dan koponis besar terkenal di dunia, semoga bermanfaat dan dapat dishare kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar