Dire Straits Money for Nothing peraih Grammy Awards 1986


Dire Straits, kelompok musik rock terpopuler di Inggris yang dibentuk tahun 1976 di Deptford, sebelah tenggara London.

Dire Strait, kelompok musik rock asal Inggris

Dire Straits merupakan kelompok band rock yang berasal dari Inggris dan Mark Knopfler sebagai vokalis utamanya band ini. Albumnya berhasil meraih kesuksesan di Amerika melalui single Sultan Of Swing.

Dire Straits merupakan band atau kelompok musik rock yang dibentuk pada tahun 1976 di Deptford, yang lokasinya disebelah tenggara London.
 
Band ini dibentuk oleh seseorang yang pada awalnya tidak berkecimpung dibidang musik karena profesi sebelumnya dari Mark Knopfler adalah seorang wartawan dan guru.

Anggota personil dari Dire Straits terdiri dari 4 orang, diantaranya adalah :

- Mark Knopfler (gitar dan vokal)
- David Knopfler (gitar)
- John Illsley (bass)
- Pick Withers (drum)

Dire Straits mempunyai warna musik yang bergenre musik rock dan musik rock and roll. Dalam kiprah musiknya banyak dipengaruhi oleh Bob Dylan dan JJ Cale.

Pada awalnya kelompok musik rock ini banyak mengalami kesulitan dalam mendemokan rekamannya, karena semua perusahaan rekaman yang ada di Inggris selalu menolaknya, sampai akhirnya ada juga perusahaan rekaman yang mau memberikan kontrak kepada Dire Straits yaitu Phonogram record.

Atas keberhasilan dalam usahanya mencari perusahaan rekaman tersebut, akhirnya pada tahun 1978 Dire Straits mampu merilis album pertamanya yang berjudul "Dire Straits" dengan single perdananya yang berjudul Sultan of swing. 
 
Single dengan judul Sultan of swing adalah sebuah lagu yang menceritakan tentang semi autobiografi dari kelompok musik mereka.

Dire Straits digunakan sebagai nama dari kelompok musik mereka, karena Dire Straits mempunyai arti menderita kesulitan besar, sehingga pengertiannya ini memang hampir sama dengan keadaan grup musik mereka yang pada saat itu masih mengalami kondisi kesulitan keuangan.

Album pertamanya ini ternyata tidak laku di pasaran Inggris, tetapi pada saat dirilis di Amerika Serikat oleh Warner Bros Record justru mendongkrak peringkatnya dan berada di urutan ke 2 di Amerika Serikat. 
 
Sementara di Inggris sendiri, album pertama Dire Straits berhasil menduduki urutan ke 5, sehingga albumnya dapat terjual hingga lebih dari 11 juta keping.

Kesuksesan album yang dirilis di Amerika ini, kemudian berlanjut lagi dengan album keduanya yang berjudul Communique,  yang dirilis pada tahun 1979. 
 
Album ini melejit keperingkat pertama di tangga lagu Jerman dan menjadi peringkat ke 3 di Amerika Serikat serta peringkat ke 5 di Inggris, melalui singlenya yang berjudul Lady writer dan Angel of mercy.

Album ke tiganya merupakan awal terjadinya perubahan aransemen dari Dire Straits sehingga aransemen mereka menjadi semakin komplek.
 
Perubahan ini, akhirnya dapat menjadi ciri khas dari grup musik mereka, melalui albumnya yang berjudul Making movies dengan singlenya Romeo and Julie dan Tunnel of love.

Setelah melewati beberapa albumnya, akhirnya dengan album ke empatnya mereka berhasil menembus keperingkat pertama di Inggris melalui album Love over gold serta peringkat ke 2 untuk singlenya yang berjudul Private investigation. Album ini berhasil terjual hampir 2 juta keping dalam 6 minggu pertama.

Album yang berisi konser dari Dire Straits di Hammer Smith Odeon, London pada Juni 1983, berhasil masuk peringkat 3 tangga album di Inggris melalui album berjudul Alchemy.
 
Album Dire Straits yang menjadi album paling laku adalah album Brother in arms,  singlenya juga berhasil masuk keurutan pertama di Amerika Serikat dan ke 4 di Inggris melalui Money for nothing.

Penghargaan yang berhasil diraih oleh Dire Straits diantaranya adalah Grammy untuk penampilan musik rock terbaik oleh duo atau group pada tahun 1985.

Dire Straits album lengkap

Band rock asal Inggris ini, awal dibentuk oleh 4 orang personil pada tahun 1977 dan bubar tahun 1988, kemudian band ini aktif kembali tahun 1990 sampai tahun 1995.

Dire Straits Sultan of Swing merupakan single pertama band ini dari album debut self title tahun 1978. Lagu ini berhasil berada di 10 besar di tangga lagu Inggris dan AS.

Kesuksesannya ini, diikuti dengan beberapa single hit Dire Straits Romeo and Juliet (tahun 1981), Private Investigations (tahun 1982), Twisting by the Pool (tahun 1983), Money for Nothing (tahun 1985) dan Walk of Life (tahun 1985).

Album Dire Straits Brothers in Arms merupakan album yang paling sukses dari band ini yang dirilis pada tahun 1985, karena album ini mencapai penjualan hingga 30 juta kopi.

Selain itu, Guiness Book of British Hit Albums mencatat album ini berada urutan ke 5 terbanyak sepanjang masa karena berada di tangga album Inggris selama lebih dari 1.100 minggu dalam sejarah Inggris.

Band ini dipengaruhi oleh  musik country, folk, blues, rock JJ Cale dan jazz. Selain itu, suara stripped down band ini sangat kontras dengan punk rock dan juga pengaruh root rock yang timbul dari pub rock.

Band ini juga mengalami pergantian beberapa personilnya, tetapi Illsley dan Mark Knopfler menjadi anggota personil yang bertahan di band ini sampai akhir atau sampai bubar pada tahun 1995.

Dire Straits merupakan band rock Inggris terbesar era tahun 1980 an. Dire Straits tour dunia diadakan pada tahun 1985 sampai 1986 dan berhasil mencetak rekor di Australia ketika tampil di Live Aid pada tahun 1985.

Tour dunia Dire Straits terakhir yang diselenggarakan pada tahun 1991 sampai 1992, ticketnya mampu terjual hingga 7,1 juta ticket.

Band ini berhasil memenangkan penghargaan 4 Grammy Awards, 3 Brit Awards, 2 MTV Video Music Awards serta berbagai macam penghargaan lainnya.

Dire Straits Rock and Roll Hall of Fame, band ini berhasil dilantik pada tahun 2018 dan band ini mencapai penjualan antara 100 hingga 200 juta kopi diseluruh dunia sehingga menjadikan band ini sebagai salah satu artis musik terlaris.

Album pertama Dire Straits

Pada awalnya, band ini dikenal sebagai Café Racers dan ide nama Dire Straits muncul oleh musisi Withers ketika sedang berlatih di dapur Simon Cowe dari Lindisfarne.

Dire Straits merekam demo 5 lagu yang meliputi lagu hit masa depan band ini antara lain Sultans of Swing, Water of Love dan Down to the Waterline.

Dire Straits membawa demo ke MCA di Sho namun ditolak sehingga dia menemui DJ Charlie Gillett yaitu seorang presenter dari Honky Tonk di Radio BBC London untuk meminta nasehatnya.

Tetapi Gillet justru menyukai musik dan lagu Dire Straits Sultan of Swing dan memainkan lagu ini di acaranya tersebut.

Akhirnya, selang 2 bulan band ini mendapat tanda tangan kontrak rekaman dan merekam demo Southbound Again, In the Gallery dan Six Blade Knife untuk radio BBC London pada tahun 1977.

Baru pada bulan November 1977, Dire Straits membuat kaset demo yang berisi Setting Me Up, Eastbound Train dan Real Girl. 

Album pertama Dire Straits Dire Straits ini dirilis di Britania Raya dan jenis musik dari album ini diperkirakan akan disukai oleh penggemar musik pada saat itu.

Lagu lagunya banyak mengambil dari pengalaman Mark Knopfler di Newcastle, Leeds dan London diantaranya lagu Down to the Waterline yaitu mengenang kehidupan di Newcastle.

Lagu In the Gallery merupakan penghormatan kepada pematung Leeds Harry Phillips (ayah Steve Phillips).

Selain itu, lagu Wild West End dan Lions merupakan hari hari awal Konpfler berada di ibu kota. Dire Strais tour dimulai sebagai band pembukan Talking Heads.

Kesuksesan awal Dire Straits

Lagu Dire Straits Sultan of Swing berhasil melonjak di tangga lagu Inggris setelah lagu ini dirilis ulang. Band ini mulai mendapatkan perhatian di Amerika Serikat dan menduduki puncak tangga lagu disejumlah negara seperti Kanada, Australis dan Selandia Baru.

Akhirnya, band ini berhasil menduduki urutan 10 besar di setiap negara Eropa dan mereka mulai mengadakan tur ke Amerika Utara. Dire Straits konser sebanyak 51 konser dengan penjualan ticket habis semua selama 38 hari.

Dire Straits Sultan of Swings menduduki peringkat 4 di tangga lagu Amerika Serikat, peringkat 8 di Britania Raya dan menjadi Dire Straits greatest hits yang menjadi pelengkap dari penampilan live band.

Bob Dylan terkesan dengan penampilan dari band ini sehingga dia mengundang Mark Knopfler dan Pick Withers untuk bermain di album Slow Train Coming.

Album kedua Communiqué dirilis tahun 1979 dan menduduki peringkat 1 di tangga album Jerman bersamaan dengan album Dire Straits juga menduduki peringkat di tangga album. Album kedua ini menampilkan lagu Lady Writer dan Once Upon a Time in the West.

Melalui lagu ini, pada tahun 1980 berhasil masuk nominasi 2 penghargaan Grammy untuk Artis Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Rock Terbaik oleh Duo atau Grup.

Pada tahun yang sama direkam album ke 3 Dire Straits Making Movies yang dirilis pada bulan Oktober 1980. Album ini memperoleh tanggapan bagus dan menyuguhkan lagu lagu yang lebih panjang dengan aransemen yang lebih komplek.

Single Dire Straits Romeo and Juliet dari album ketiga band ini berhasil berada diperingkat 8 di UK Singles Chart.

Untuk single Solid Rock meskipun tidak pernah dirilis sebagai single hit, namun lagu ini selalu  dibawakan oleh band ini sampai berakhirnya karir mereka. Sedangkan Tunnel of Love merupakan lagu pembuka yang panjang dari album ini.

Lagu Dire Straits Tunnel of Love menjadi salah satu lagu dari Dire Starits yang paling populer dan menjadi lagu favorit di konser, meskipun lagu ini hanya berada di peringkat 54 di Inggris pada tahun 1981.

Album Dire Straits Making Movies mampu bertahan di peringkat 4 di UK Albums Charts selama 5 tahun dan masuk kedalam daftar 100 Album Terbaik Tahun Delapan Puluhan di urutan 52.

Album studio ke 5 Dire Straits Love Over Gold berisi lagu lagu yang menggunakan permainan piano dan keyboard. Album ini dirilis tahun 1982 dan menduduki peringkat 1 di Inggris.

Single utama Dire Straits Private Investigations menjadi single hit 5 teratas di Britania Raya untuk Dire Straits dari album studio ke 5 nya.

Selain itu, single Industrial Disease menjadi sebuah lagu yang menggambarkan penurunan industri manufaktur Inggris pada awal tahun 1980 an dan berhasil menjadi 10 hit teratas di Kanada.

Selain title track dan It Never Rains maka Love Over Gold memperlihatkan epik Dire Straits Telegraph Road selama 14 menit. Selain itu, lagu Private Dancer tidak dimasukkan kedalam album ini tetapi diberikan kepada Tina Turner.

Love Over Gold ini berhasil mencapai penjualan hingga 2 juta kopi dalam  minggu pertama setelah dirilis.

ExtendedancEplay dirilis pada tahun 1983 yang berisi 4 lagu dengan single hit Twisting By the Pool, lagu ini menduduki Top 20 di Inggris dan Kanada. Dire Straits mendapatkan Grup Inggris Terbaik di Brit Awards 1983.

Dire Straits tour untuk Love over Gold Tour dilakukan selama 6 bulan dan berakhir dengan Dire Straits concert di London.

Alchemy Live merupakan album ganda yang berisi rekaman kutipan dari kedua konser ini dan album ini berhasil berada di 3 teratas tangga Album Inggris.

Lagu terakhir dari Local Hero yang berjudul Goin Home (Theme Of The Local Hero) selalu diputar pada setiap pertandingan di kandang Newcastle United.

Album Dire Straits Brothers in Arms

Album studio ke 5 Dire Straits Brothers in Arms direkam pada akhir tahun 1984, dalam pengerjaan album ini terjadi pergantian sejumlah personilnya.

Album ini dirilis pada tahun 1985 dan berhasil masuk di peringkat 1 di UK Albums Chart selama beberapa minggu dan mencapai penjualan hingga lebih dari 4,3 juta kopi. Album ini menjadi album terlaris tahun 1985 di Inggris.

Selain itu, album Dire Straits ini juga sukses di AS dengan menduduki peringkat 1 di Billboard 200 dan medapatkan multi platinum karena pencapaian penjualannya mencapai 9 juta kopi. Album ini juga berada diperingkat 1 di tangga lagu ARIA Australia.

Album Brothers in Arms Dire Straits ini menelurkan beberapa lagu hit, antara lain :

- Money for Nothing berhasil menduduki peringkat 1 di US Billboard Hot 100 dan peringkat 4 di UK Singles Chart.

- So Far Away berhasil menduduki peringkat 20 di UK dan peringkat 19 di US.

- Brothers in Arms berhasil menduduki peringkat 16 di UK.

- Walk of Life menduduki peringkat 2 di UK dan peringkat 7 di US.

- Your Latest Trick menduduki peringkat 2 di Inggris.

Video pertama Dire Straits yang diputar di MTV di Inggris adalah video Money for Nothing dengan menampilkan vokal tamu Sting. Mark Knopfler dengan Sting menulis lagu Don’t Stand So Close To Me, tetapi lirik lagu ini memicuk kredit hak cipta.

Brothers in Arms menjadi lagu favorit pada pemakaman militer karena Knopfler membuat rekaman versi baru dalam rangka untuk mengumpulkan dana bagi veteran Inggris.

Dire Straits cd merupakan single cd pertama di dunia sebagai barang promosi untuk tur Live in ’85 dan tur Live in ’86.

Walk of Life yang pada awalnya akan dikeluarkan dari album oleh co-produsernya, tetapi anggota band ini justru memilih lagu ini. Lagu ini, justru menjadi single hit Dire Straits yang melejit di urutan ke 2 dan berhasil sukses secara komersial bagi band ini.

CD Brothers in Arms oleh The Guardian diberi peringkat 30 dalam daftar 50 kejadian penting dalam sejarah musik rock.

Dire Straits tour dunia Brothers in Arms yang diadakan dari tahun 1985 sampai 1986 cukup sukses karena ticketnya terjual lebih dari 2,5 juta ticket.

Tour dunia ini diantaranya ke negara Eropa, Israel, Amerika Utara, Australia dan Selandia Baru dengan jumlah lebih dari 248 penampilan dan di 100 kota yang berbeda.

Dire Straits pada saat tour di Australia secara mendadak band ini membawakan lagu rakyat Australia Waltzing Matilda dan menjadi tur konser terbesar dalam sejarah musik Australia sampai akhirnya tergantikan oleh Ed Sheeran pada tahun 2017 sampai 2018.

Brothers in Arms berhasil memenangkan 2 Grammy Awards tahun 1986 dan memenangkan Best British Album di Brit Awards 1987.

Selain itu, oleh majalah Q, album Brothers in Arms dimasukkan di urutan 51 dalam daftar 100 Album Inggris Terbesar yang pernah ada pada tahun 2000. Oleh majalah Rolling Stones berhasil masuk di urutan 351 kedalam daftar 500 Album Terbesar Sepanjang masa.

Album ini juga berada diurutan 3 dalam album terbaik tahun 1985, urutan 31 dalm album terbaik tahun 1980 an, urutan ke 8 sebagai album terlaris dalam sejarah tangga lagu Inggris tahun 2017 dan di urutan 107 sebagai album terlaris di Amerika Serikat.

Dire Straits bubar

Setelah selesai tur Brothers in Arms, pada tahun 1987 Mark Knopfler beristirahat dari Dire Straits karena fokus ke solo karirnya.

Namun demikian mereka berkumpul kembali pada tahun 1988 pada konser Penghormatan Ulang Tahun ke 70 Nelson Madela, dan mereka tampil di Stadion Wembley. Mereka bergabung untuk set mereka oleh Eric Clapton yang membawakan Wondeful Tonight.

Secara resmi Mark Knopfler membubarkan Dire Straits pada bulan September 1988 karena dia berkeinginan untuk mengerjakan proyek pribadinya.

Money for Nothing merupakan sebuah kompilasi best of atau kompilasi Dire Straits greatest hits yang dirilis sebulan sebelum band ini bubar dan berhasil melejit di peringkat 1 di Inggris.

Album ini menghasilkan single hit pertama Dire Straits Sultan of Swing yang dirilis ulang untuk mempromosikan album tersebut.

Pada masa periode ini, Alan Clark akhirnya bergabung dengan band Eric Clapton selama 3 tahun, demikian juga dengan Knopfler sempat bergabung juga dengan band ini.

Tetapi Knopfler akhirnya membentuk band country  bersama dengan Guy Fletcher, Brendan Croker dan Steve Phillips.

Band country ini menghasilkan 1 album The Notting Hillbillies, Missing ... Presumed Having a Good Times yang dirilis pada tahun 1990 dengan single Your Own Sweet Way.

Di acara Festival Knebworth tahun 1990, Dire Straits tampil bersama dengan Elton John dan Eric Clapton. Mereka membawakan single Solid Rock, Money for Nothing dan I Think I Love You Too Much.

Dire Straits bersatu kembali

Dire Straits bersatu kembali pada awal tahun 1991 dengan empat anggota personilnya yang bernama Clark Fletcher, Illsley dan Knopfler.

Kemudian band ini mulai mengerjakan album barunya yang merupakan album studio ke  6 Dire Straits On Every Steet dan dirilis tahun 1991. Album ini sekaligus merupakan album terakhir mereka dan memperoleh kesuksesan moderat.

Pengulas musik menjuluki album ini sebagai tindak lajut yang Underwhelming atau mengecewakan dari Brothers in Arms.

Namun demikian, album ini mencapai penjualan hingga 15 juta kopi dan berada diperingkat 1 di tangga album Inggris.

Selain itu, album ini  juga mencapai peringkat 1 di beberapa negara Eropa dan Australia serta sangat sukses di negara Prancis dengan mendapatkan sertifikasi Diamond. Sedangkan di Amerika Serikat berhasil menduduki peringkat ke 12.

Untuk beberapa lagu yang dihasilkan oleh album ini berhasil sukses di Eropa, Australia dan Amerika Serikat tetapi tidak satu lagupun yang sukses di Inggris.

Single pertama dari album ini Calling Elvis berhasil berada di urutan 21 di UK Single Chart, mencapai 10 besar di Australia, Selandia Baru dan seluruh Eropa, menduduki peringkat 2 di Denmark, Swiss dan peringkat 1 di Italia.

Single berikutnya Heavy Fuel tidak berhasil mencapai Top 50 di tangga lagu Billboard Mainstream Rock Tracks. Tetapi lagu ini mencapai peringkat 20 besar di Kanada dan Belgia, 30 besar di negara negara Eropa dan Australia.

Single terkhir The Bug menggunakan vokal latar Vince Gill yang diajak bergabung secara penuh di band ini tetapi Vince Gill menolak karena lebih mengejar karir solonya.

Untuk mempromosikan album ini, Dire Starits mengadakan tur dunia tur The on Every Street dengan 300 pertunjukan.

Tur ini menggunakan musikal yang terlalu rumit dan melelahkan tetapi tidak sukses secara komersial, sehingga tur yang berlangsung selama hampir 2 tahun ini telah membuat Dire Straits bangkrut saat tur selesai dan akhirnya band ini bubar kembali.

Album live On the Night merupakan album yang mendokumentasikan tur ini yang dirilis pada bulan Mei 1993. Album live ini mencapai UK Top 5 yang merupakan prestasi yang langka dari sebuah album live.

Demikian juga dengan  4 lagu dari EP Encore telah berhasil melejit di peringkat 1 di tangga lagu Prancis dan Spanyol serta peringkat 31 di Inggris.

Dire Straits rock and roll hall of fame

Pada tahun 1996 Brothers in Arms berhasil mendapatkan sertifikasi platinum sebanyak 9 kali di AS. Ditahun ini juga semua katalog Dire Straits dirilis ulang dalam bentuk CD oleh Bob Ludwig.

Di acara pernikahan Illsley pada tanggal 19 Juni 1999, anggota personil Dire Straits bersatu lagi untuk terakhir kalinya . Mereka membawakan 5 lagu termasuk juga penampilan Chuck Berry’s Nadine.

Setelah itu, mereka mengadakan konser amal dengan memainkan materi yang dibuat dengan The Notting Hillbillies.

Album The Ragpicker’s Dream merupakan sebuah album yang terdiri dari referensi daerah asal Konpfler di Inggris Timur Laut. Sedangkan kompilasi The Best of Dire Straits & Mark Knopfler : Private Investigations yang dirilis tahun 2005 berhasil meraih UK Top 20.

Lagu All the Roaddrunning merupakan satu satunya lagu yang tidak pernah dirilis kedalam album solo Knopfler, yang dibawakan berduet dengan Emmylou Harris.

Edisi ulang tahun ke 20 band ini merilis ulang Brothers in Arms dan berhasil memenangkan Grammy Award untuk Album Suara Surround Terbaik di Upacara Penghargaan Grammy ke 48.

Pada tahun 2011, Alan Clark, Chris White, Phil Palmer bersama dengan Tom Petty membentuk band yang diberi nama the Straits untuk tampil di acara amal di Royal Albert Hall di London.

Dire Straits diumumkan sebagai penerima penghargaan Rock and Roll Hall of Fame tahun 2018 pada tanggal 13 Desember 2017.

Anggota penting dari Dire Straits seperti John Illsley, David & Mark Knopfler, Pick Withers, Alan Clark dan Guy Fletsher diakui oleh Rock and Hall of Fame.

Pada tahun 2009, setelah Illsley dan Clark membawakan lagu Dire Straits di konser terbuka di San Vigilio maka anggota personil Dire Straits mulai mengadakan tur sebagai Dire Straits legenda dan selanjutnya sampai sekarang sebagai Dire Straits Legacy.

Mereka berhasil merilis album 3 Chord Trick dan mengadakan tur AS pada tahun 2018. Di karir solonya, pada tahun 2021 Alan Clark merilis album solo piano Backstory dan John Illsley merilis otobiografinya My Life in Dire Straits.

Dire Straits telah diakui sebagai salah satu band rock Inggris terpopuler dan salah satu artis paling sukses secara komersial di dunia karena penjualannya mencapai lebih dari 120 juta diseluruh dunia.

Anggota personil yang pernah bergabung dengan Dire Straits

- Mark Knopfler (dari tahun 1977 – 1995 sebagai vokal utama, gitaris utama dan ritem)

- John Illsley (dari tahun 1977 – 1995 sebagai bass, vokal latar)

- Pick Withers (dari tahun 1977 – 1982 sebagai drumer, vokal latar)

- David Knopfler (dari tahun 1977 – 1980 sebagai gitar ritem, vokal latar)

- Alan Clark (dari tahun 1980 – 1995 sebagai keyboard)

- Hal Lindes (dari tahun 1980 – 1984 sebagai gitar ritem, vokal latar)

- Terry Williams (dari tahun 1982 – 1988 sebagai drumer)

- Guy Fletcher (dari tahun 1984 – 1995 sebagai keyboard, vokal latar)

- Jack Sonni (dari tahun 1984 – 1988 sebagai gitar ritem, vokal latar)

Album studio Dire Straits

- Dire Straits (tahun 1978)

- Communiqué (tahun 1979)

- Making Movies (tahun 1980)

- Love Over Gold (tahun 1982)

- Brothers in Arms (tahun 1985)

- On Every Street (tahun 1991)

Penghargaan Dire Straits

- Brit Awards tahun 1983 dan 1986 untuk grup Inggris

- Grammy Awards 1986 untuk Penampilan Rock Terbaik oleh Duo Atau Grup (atas Money for Nothing) dan Brothers in Arms Best Engineered Recording, Non Classical (atas Brothers in Arms, insinyur Mark Knopfler Neil Dorfsman)

- Penghargaan Juno 1986 untuk Album Internasional Tahun ini

- MTV Video Music Awards 1986, Video of the Year dan Video Grup Terbaik untuk Money for Nothing

- Brit Awards 1987, British Album of the Year untuk Brothers in Arms

- Grammy Awrd 1987, Video Musik Terbaik untuk Brothers in Arms

Penghargaan Grammy 2006, Album Suara Surround Terbaik (untuk produksi suara surroundnya dari Brothers in Arms sebagai edisi ulang tahun ke 20, Chuck Ainlay, teknisi campuran surround, Bob Ludwig, insinyur mastering surround, Chuck Ainlay dan Mark Knopfler, produser surround)

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Dire Straits Money for Nothing peraih Grammy Awards 1986, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke teman-teman yang menyukai musik rock juga sehingga perbendaharaan musik rock kita dapat bertambah.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar