Sejarah Dan Perkembangan, Musik Jazz, Singkat

Musik jazz, aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat awal abad ke 20 dengan akarnya dari musik Afrika dan Eropa

Sejarah Dan Perkembangan Musik Jazz 

Sejarah perkembangan dari musik jazz dapat kita simak berikut ya, dimana pengertian dari jazz itu sendiri telah banyak dikemukakan oleh beberapa musisi terkenal. 
 
Musik jazz merupakan suatu aliran musik yang pertama kali ada di Amerika Serikat, dan musik jazz ini muncul pada sekitar permulaan abad 20, dimana aliran musik jazz ini, berakar dari musik Afrika dan Eropa.

Didalam aliran musik jazz ini biasanya menggunakan alat alat musik seperti gitar, trombon, piano, trompet dan saksofon, dan ciri khas dari musik jazz ini lebih menonjolkan improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, blue notes dan shuffle note.

Memang banyak usaha yang sudah dilakukan supaya dapat menentukan jazz yang dapat dilihat dari musik diluar jazz.
 
Antara lain, seperti misalnya dengan memakai sejarah dari musik Eropa maupun musik Afrika, tetapi dalam kenyataannya semua usaha tersebut tidak ada yang berhasil dengan baik. Pendapat ini diungkapkan oleh kritikus jazz yang bernama Joachim Berendt.

Apakah sebenarnya pengertian dari jazz menurut beberapa ahli :

1.  Berendt

Bahwa jazz merupakan sebuah seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi dari orang kulit hitam dengan musik Eropa. Tetapi jazz sendiri tidak sama dengan musik Eropa karena jazz sangat kental sekali dengan kreativitas 

2.  Travis Jackson 

Bahwa jazz merupakan suatu musik yang meliputi kualitas improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan suara individu serta menjadi terbuka untuk kemungkinan musik yang berbeda, sehingga musik jazz dapat mencakup semua era yang berbeda secara radikal. 

3.  Krin Gabbard

Bahwa jazz adalah membangun dan masih bermanfaat terhadap sejumlah musik secara umum sebagai bagian dari suatu tradisi yang koheren.

Dalam menentukan improvisasi merupakan salah satu elemen kunci yang sulit dalam musik jazz, berbeda dengan blues dimana musik blues lebih terstruktur dan respon berulang merupakan unsur umum dalam tradisi lisan Afrika Amerika.

Baca juga : 5 Musisi Jazz Paling Populer Dan Berpengaruh Di Dunia

Untuk menafsirkan sebuah lagu dalam musik jazz, masing masing ahli akan menafsirkan sendiri sendiri sehingga tidak akan sama persis antara satu dengan yang lainnya.
 
Semuanya akan tergantung dari kreatifitas dan pengalaman mereka masing masing serta interaksi dari sesama musisi, sehingga seorang musisi jazz dapat mengganti melodi dan harmoninya.

Musik klasik Eropa terdapat unsur unsur interprestasi, ornamen yang tujuannya supaya pemainnya dapat memainkan sesuai dengan komposisi yang sudah tertulis, dan musik klasik Eropa sering dihubungkan dengan media komposer.

Dalam bermain jazz di New Orleans dan Dixieland para pemain musiknya bergantian dalam bermain melodi kemudian counter melodiesnya berimprovisasi sendiri.
 
Beda halnya dengan swing, big band lebih mengutamakan musik yang sudah dibuat sehingga dapat dipelajari dan dihafal dengan cara mendengarkannya. 

Sehingga banyak pemusik jazz yang tidak dapat membaca musik yang dimainkannya karena secara individu solois, pemain musik jazz akan berimprovisasi secara bebas.

Meskipun sebenarnya musisi jazz tidak mau mendefinikan musik jazz yang mereka mainkan. Namun demikian, ada banyak perdebatan yang sudah lama muncul mengenai definisi dan batasan musik jazz di komunitas jazz. 

Perubahan musik jazz sering mendapatkan kritik yang tidak menyenangkan, namun demikian Andrew Gilbert mempunyai pendapat positip bahwa musik jazz mempunyai kemampuan untuk menyerap dan mengubah pengaruh dari bermacam macam gaya musik.

Pada tahun 1970, musik yang dimainkan oleh Duke Ellington bukanlah merupakan musik jazz karena musik tersebut ada unsur mengatur dan diatur musiknya. 
 
Sedangkan menurut Earl Hines’s (teman dari Ellington) dan dipertegas lagi oleh Ben Ratliff bahwa musik tersebut merupakan suatu contoh yang bagus dari proses jazz.

Musik jazz era tahun 1970 an telah mendapatkan kritik yang cukup keras sejak munculnya bop karena musik jazz telah dianggap sebagai penurunan nilai komersial dari musik.

Berbagai pendapat tentang jazz :

- Bruce Johnson bahwa musik jazz selalu tidak sependapat antara jazz sebagai musik komersial dan sebagai bentuk seni.

- Gilbert mempunyai catatan tersendiri mengenai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, sehingga prestasinya dapat menjadi luar biasa melalui kreativitas dan inovasi dari musisi tersebut.

- Seorang kritikus jazz yang bernama Gary Giddin juga mengemukakan bahwa jazz semakin dilembagakan dan didominasi oleh industri hiburan besar sehingga musik jazz akan menghadapi masa depan yang berbahaya baik kehormatan maupun penerimaannya.

- Peringatan juga dikemukakan oleh David Ake bahwa penciptaan norma dalam jazz dan pembentukan tradisi jazz mungkin mengecualikan yang lebih baru, avant garde bentuk jazz.

Hal ini, karena muncul pertentangan dari bentuk jazz baru yaitu bentuk jazz kontemporer yang muncul diluar Amerika tetapi masih diambil dari gaya Amerika. 
 
Munculnya jazz kontemporer bisa menjadi bagian penting untuk pengembangan jazz sekarang, akan tetapi tidak sedikit terjadi penolakan terhadap pentingnya untuk mempertahankan tradisi jazz tersebut.

Sehingga asal mula dari kata jazz telah menjadi satu kata yang telah ditelusuri dalam bahasa Inggris Amerika modern dan menghasilkan penelitian besar serta didokumentasikan dalam sejarah yang bagus.

Baca juga : Nikmati Lagu Jazznya, Dapatkan Rilexnya Dari 6 Lagu Jazz Pilihan !!

Sejarah jazz dimulai sekitar tahun 1912 sebagai pengganti slang pantai Barat dengan pengertian bukan pada musik. Jazz muncul pada tahun 1915 dari musik jazz di Chicago dan jazz dimainkan di New Orleans, dimana sebelumnya bukan bernama jazz.

Sedangkan tulisan jazz pada awalnya dipasang pada tahun 1913 di ajang bisbol di San Francisco dan artikel bisbol oleh ET Scoop Gleeson di Bulletin San Francisco. 
 
Jazz pada saat itu diperkenalkan oleh seorang editor olahraga yang bernama Wiliiam (Spike) Slattery kemudian dipromosikan oleh Seni Hickman yaitu seorang pemimpin band pada tahun 1915 di Chicago.

Jazz sendiri adalah suatu genre musik yang berkembang dari penggabungan blues, ragtime dan musik Eropa.

Subgenre musik jazz yaitu Dixieland, swing, bebop, hard bop, cerool jazz, free jazz, jazz fusion, smooth jazz dan CafJazz.

Dalam berjalannya waktu musik jazz tidak lagi diasumsikan sebagai istilah vulgar, rumah rumah borsil serta wanita wanita yang tidak baik, akan tetapi jazz sudah merupakan bentuk seni musik yang penuh improvisasi serta menghasilkan melodi melodi yang spontan.

Menurut Louis Amstrong, karena musisi jazz mengekspresikan perasaannya secara spontan maka sangat sulit dijelaskan apabila ada yang menanyakannya, karena harus diresapi dengan perasaan.

Bagaimana dengan legenda musik jazz? Ternyata legenda musik jazz dimulai dari New Orleans kemudian berkembang ke sungai Mississippi, Memphis, St Louis sampai ke Chicago.
 
Oleh sebab itu, musik jazz dipengaruhi oleh musik dari New Orleans seperti tribal drums Afrika serta struktur musik ala Eropa. 

Legenda jazz yang diyakini adalah seorang pemilik kedai potong rambut di New Orleans yang bernama Buddy Bolden di sekitar tahun 1891.

Sedangkan untuk backgroundnya, musik jazz kenyataannya dipengaruhi oleh bermacam macam musik seperti musik spiritual, cakewalks, ragtime dan blues.

Musik jazz mulai menyebar dan populer di Amerika sekitar tahun 1920, dan semakin ramai di musim swing sekitar tahun 1930. Kemudian berhasil mencapai titik tertinggi pada tahun 1950 dalam bentuk jazz modern.

Fase perkembangan musik jazz terdiri dari :

- Era Swing dan bigband (1930 – 1940) 
- Era bebop (pertengahan 1940) 
- Latin jazz (1950 – 1960) 
- Jazz rock atau fusion (1970 an) 
- Era baru seperti acid jazz, funk jaz, cross musik 
- Era Dixieland dan Ragtime

Berikut beberapa musikus jazz legendaris paling terkenal di dunia :

- Louis Armstrong (1901 – 1971)

- Bix Beiderbecke (1903 – 1931)

- Ornette Coleman (lahir 1930)

- John Coltrane (1926 – 1967)

- Miles Davis (1926 – 1991)

- Duke Elliton (1899 – 1974)

- Dizzy Gillespie (1917 – 1993)

- Thelonious Monk (1917 – 1982)

- Charlie Parker (1920 – 1955)

Demikianlah yang dapat kita ketahui dari sejarah perkembangan musik jazz dari awal munculnya sampai mengalami perkembangan dan terpengaruh oleh berbagai macam genre musik yang sudah ada.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Sejarah Dan Perkembangan Musik Jazz Singkatsemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar