Maroon 5, kelompok musik terkenal dan terlaris di dunia asal Amerika

Maroon 5, grup musik pop rock dibentuk tahun 1997 awal dibentuk bernama Kara's Flowers di California, Amerika

Maroon 5, kelompok musik underground asal Amerika

Maroon 5 merupakan kelompok musik pop rock atau band underground asal Amerika Serikat yang terkenal sekitar tahun 2000 an. Band ini dibentuk pada saat mereka masih sekolah di sekolah Menegah Atas dan berhasil menelurkan hit terbesar berjudul Makes Me Wonder.

Maroon 5 merupakan grup band atau kelompok musik underground yang dibentuk pada tahun 1997 dan pada awalnya kelompok musik ini bernama "Kara's flowers".
 
Hal ini, karena nama Kara's flowers sudah digunakan oleh mereka pada saat mereka masih sekolah di sekolah menengah atas.
 
Formasi anggota personil pada tahun 1994 ketika masih bernama Kara’s Flowers terdiri dari 4 orang atau kuarted, dengan masing masing bernama Levine, Carmichael, pemain bassis Mickey Madden dan Ryan Dusick sebagai pemain drummer. 

Penampilan mereka dengan nama kelompok musik lamanya, telah mendapat sambutan baik oleh pecinta musik di Amerika Serikat melalui album yang mereka luncurkan berjudul The Fouth World pada tahun 1997. Sedangkan album independennya berjudul We Like Digging.
 
Karena kondisi personil dari grup musik ini sudah masuk ke Perguruan tinggi, maka terpaksa mereka harus meninggalkan label lamanya. Hal ini, karena anggota personilnya harus berkonsentrasi dengan kuliahnya.


Sampai akhirnya pada tahun 2001, mereka mulai berkumpul dan bersatu kembali dengan menggunakan nama band baru.
 
Band ini mulai menambah satu anggota personil baru lagi yang bernama James Valentine. Selain itu juga memperbaharui arah musik dengan Levine Marron 5 sebagai vokalis utama dari band ini.

Jumlah anggota personil mereka dari yang semula hanya 3 orang, sekarang sudah bertambah 1 personil lagi hingga jumlahnya menjadi 4 orang, dengan perubahan jumlah personil ini telah diikuti juga oleh perubahan nama kelompok musik mereka menjadi "Maroon 5".

Band pop rock asal Los Angeles yang bernama Maroon 5 asal California, Amerika Serikat ini memiliki formasi personil antara lain :

Vokalis utama yang bernama Adam Levine, gitaris ritme dan kibordis yang bernama Jesse Carmichael, gitaris utama yang bernama James Valentine, drumer yang bernama Matt Flynn, kibordis yang bernama PJ Morton dan multi instrumentalis dan bassis yang bernama Sam Farrar.

Setahun setelah mereka bersatu lagi tepatnya pada tahun 2002, Maroon 5 berhasil merilis album debutnya yang berjudul Song about Jane. Album ini menelurkan 3 single hit berjudul Harder to Breathe, This Love dan She Will Be Loved.
 
Album debut ini berhasil meraih tempat yang sangat menjanjikan melalui singlenya berjudul Harder to breathe. Album ini berhasil masuk peringkat  ke 6 Billboard 200 di Amerika Serikat.

Kemudian diikuti dengan 2 single yang lainnya, yang berhasil menjadi lagu hit internasional pada tahun 2004, dengan single berjudul This love dan She will be loved, sehingga pada tahun 2005 Maroon 5 berhasil meraih Grammy Award untuk artis baru terbaik.
 
Salah satu anggota personil yang bernama Dusick telah mengalami cidera berat dibagian pergelangan tanggan dan bahunya, sehingga terpaksa harus meninggalkan band ini pada tahun 2006 dan digantikan oleh Matt Flynn.


Tahun 2007, Maroon 5 merilis album It Won't Be Soon Before Long dan melalui lagu Makes Me Wonder, album kedua Maroon 5 ini telah berhasil menembus peringkat pertama di Billboard 200 Amerika Serikat. 
 
Sedangkan dari album ketiga Hands All Over yang dirilis 2010, melalui lagu Moves Like Jagger menduduki puncak Billboard Hot 100.

Dari single-singlenya yang berhasil diluncurkan oleh Maroon 5, salah satu diantaranya  berhasil menjadi single pertama yang mampu menembus peringkat pertama di chart Billboard hot 100 yaitu single yang berjudul Makes me wonder.

Ketika album keempat Maroon 5 Overexposed dirilis pada tahun 2012, kembali band ini mengalami pergantian anggota personilnya, Carmichael digantikan oleh musisi PJ Morton.

Album ini menelurkan single One More Night yang sukses bertengger di peringkat pertama tangga album Billboard Hot 100 selama 9 minggu berturut turut.  

Baca juga : Panic At The Disco Kelompok Musik Rock Asal Amerika

Album kelima Maroon 5 V dirilis pada tahun 2014 dan ditandai dengan kembalinya Carmichael dan Morton ke band ini. Album ini berhasil melejit di puncak Billboard 200.

Album studionya Red Pill Blues yang dirilis 2017, dan 2 lagu yang berhasil menembus peringkat 2 dan peringkat pertama tangga lagu Hot 100 melalui lagu berjudul Sugar dan Gilrs Like You. 
 
Maroon 5 2020 ditandai dengan melakukan kerjasama dengan Sam Farrar sebagai pemrograman, ampel, perkusi, keyboard, gitar dan vokal latar, sedangkan Maroon 5 2021 ditandai dengan merilis album ke 7 nya yang berjudul Jordi.

Selama masa karirnya Maroon 5  sebagai kelompok genre musik underground telah berhasil menjual albumnya lebih dari 10 juta album di Amerika Serikat dan untuk lagu hit Maroon 5 terbesarnya terjual lebih dari 8,5 juta kopi diseluruh dunia, melalui Move Jogger yang menampilkan Christina Aguilera.

Maroon 5 telah menjual lebih dari 135 juta rekaman sehingga hal ini membuat kelompok musik ini merupakan salah satu artis musik terlaris di dunia.
 
Kabar terbaru Maroon 5, bahwa lagu yang berjudul Moves Like Jagger telah berhasil menjadi lagu kedua yang paling banyak diunduh sepanjang masa pada awal tahun 2023.

Album studio Maroon 5

- Songs About Jane (dirilis 2002)
- It Won't Be Soon Before Long (dirilis 2007)
- Hands All Over (dirilis 2010)
- Overexposed (dirilis 2012)
- V (dirilis 2014)
- Red Pill Blues (dirilis 2017)
- Jordi (dirilis 2021)

Album Kara's Flowers

- We Like Digging? (dirilis 1995)
- The Fourth World (dirilis 1997)

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Maroon 5, kelompok musik terkenal dan terlaris di dunia asal Amerika, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke teman-teman yang suka musik.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar