David Bowie, eksentrik, tokoh ikonik musik asal Inggris


David Bowie, penyanyi dan penulis lagu multi instrumentalis dan juga sebagai arranger, mixer asal Inggris yang berpenampilan panggung cukup eksentrik 

David Bowie, penyanyi berpenampilan eksentrik asal Inggris

David Bowie, penyanyi musik rock tahun 60 an asal Inggris yang disetiap penampilan David Bowie costume cukup unik dan ekesentrik. Dia sangat populer dengan single David Bowie Space Oddity.

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 10 Januari 2016, kita telah mendengar kabar yang telah disiarkan oleh beberapa stasiun televisi di Indonesia bahwa penyanyi eksentrik yang bernama David Bowie telah tutup usia, setelah dia bergelut melawan penyakit kankernya selama 18 bulan. 

David Bowie meninggal di Manhattan, New York city, New York, Amerika.  Bagi pecinta musik rock serta David Bowie fans, tentu saja akan merasa kehilangan atas kabar duka tersebut.
 
Sebagai wujud duka cita mereka dan tentunya mereka hanya dapat memberikan ucapan selamat jalan kepada David Bowie, untuk mengiringi kepergiannya dan semoga karya karyanya dapat tetap selalu dikenang.

David Bowie memang seorang seniman yang selalu berekperimen dengan seni peran, sinema, fashion dan lainnya ditengah proses musiknya. Oleh sebab itu, David Bowie menjadi salah satu tokoh ikonik musik dan kehidupannya selalu menarik perhatian untuk dibicarakan.
 
Ada banyak penampilan panggung yang David Bowie ciptakan diantaranya Major Tom, Ziggy Stardust, Aladdin Sane, Thin White Duke, Halloween Jack, The Soul Man, Pierrot serta Elephant Man.

Namun demikian, yang paling populer adalah Ziggy Stardust, dengan custom unik bewarna merah kecoklatan lewat penampilan panggung di Toby Jug Pub, Kingston tahun 1972. 
 
Kesuksesan Ziggy Stardust ini sepertinya telah menggantikan pesona Aladdin Sane. Meskipun tampilan Ziggy Stardust maupun Aladdin, keduanya sama sama hasil konstribusi dari desainer asal Jepang Kansai Yamamoto.

Kita juga teringat dengan kesuksesan dari David Bowie ketika berhasil membawakan single pertamanya yang berjudul Space Oddity. 
 
Melalui lagu pertamanya tadi, penyanyi eksetrik David Bowie berhasil menjadi terkenal dan dia berhasil menjadi karakter fiksi ilmiah melalui albumnya "The rise and fale of ziggy stardust and the spider man from mars".

David Bowie adalah seorang penyanyi yang dilahirkan di Brixton, London, Inggris pada tanggal 8 Januari 1947.
 
Selain sebagai penyanyi dia berperan juga sebagai penulis lagu, multi instrumentalist, produser rekaman dan seorang mixer. Dia telah berkecimpung dalam dunia musik dan  telah menciptakan karya-karyanya selama lebih dari 4 dekade.

Sejak usia dini, David Bowie sudah sangat tertarik dengan musik, sehingga pada usia 12 tahun dia sudah mulai belajar bermain saksofond. 
 
Kesukaan David Bowie terhadap musik rock dan satra beat tidak terlepas dari pengaruh saudaranya yang bernama Terry.  
 
Tetapi Terry telah mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri akibat dari kebiasaan buruknya dan menderita penyakit mental. Namun, kejadian ini justru dapat membuat David Bowie fokus dengan lagunya yang berjudul Jump they say.

Single pertamanya yang berjudul  Space Oddity berhasil dirilis dan dapat meraih sukses, lagu ini tercipta karena David Bowie terinspirasi setelah melihat film "A Space odyssey" karya dari Stanley Kubrick, dan berhasil membuat lagu ini sukses di Amerika dan menempati urutan 15 di tangga lagu.

Sebuah lagu yang berjudul Fame adalah lagu ditulis bekerja sama dengan John Lennon dan berhasil mencapai puncak tangga lagu di Amerika. 
 
Selain sebagai penyanyi, dia juga suka dan mencintai dunia  berakting sehingga pada tahun 1976,  dia telah membintangi film The man who fell to earth dan pada tahun 1980 membintangi film The elephan man.

Melalui albumnya yang berjudul The man who sold the world, membuat David Bowie semakin memantapkan dirinya sebagai bintang top.
 
Dia mendapat penawaran dari salah satu label rekaman supaya dapat menyanyikan lagu musik rock tetapi dengan suara yang bisa lebih berat lagi dari salah satu lagu yang berjudul All the madmen yang pernah dinyanyikannya.

Kemudian dengan melalui albumnya yang berjudul  The rise and fail of ziggy stardust and the spiders from mars, telah berhasil membuat David Bowie menjadi semakin terkenal.
 
Apalagi dengan penampilannya yang menggunakan kostum begitu liar dan membuat dia menjadi superstar. Dan stardust sendiri menggambarkan tentang adanya era baru dalam musik rock dan era wood stock.

Akhirnya pada tahun 1970, David Bowie mulai merubah penampilannya secara total dan telah meninggalkan kostum yang terlalu norak tersebut.
 
Sehingga tahun 1974 berhasil merilis album yang berjudul David live. Setahun kemudian, dilanjutkan lagi dengan album berjudul Young Americans yang berhasil menjadi album hit pertama dari David Bowie di Amerika Serikat.

Tahun 1996, David Bowie telah dilantik kedalam Rock and roll half of fame dan album yang berhasil mendapat penghargaan adalah album dengan judul Hunky Dory untuk Andy Warhol, The velvet underground & Bob Dylan dan lagu berjudul Change.

David Bowie album dan David Bowie really tour

David Bowie merupakan salah satu musisi yang paling berpengaruh di abad 20, dia kelahiran tahun 1947 karena karya karya musiknya yang cukup inovatif selama tahun 70 an. Dia menjadi seorang musisi profesional sejak tahun 1963.

Karir musiknya ditandai dengan penemuan, presentasi visual, musik serta tata panggungnya yang sangat berpengaruh terhadap musik populer.

Sebelum David Bowie memulai karir musik profesionalnya, dia sudah mulai belajar musik sejak usia muda.

Tahun 1969 David Bowie Space Oddity dirilis dan berhasil berada diperingkat 1 di UK Single Chart.

Setelah itu, David Bowie Ziggy Stardust album dirilis selama masa glam rock muncul kembali pada tahun 1972 dengan album alter ego flamboyan dan androgynous Ziggy Stardust.

Single David Bowie Starman dari album The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars berhasil populer .

Namun demikian, David Bowie mulai berganti gaya menjadi pastic soul pada tahun 1975 dengan singlenya yang berjudul Fame melalui album David Bowie Young American.

Single ini terdengar asing bagi penggemarnya di Inggris tetapi meraih peringkat 1 dan mengalami sukses crossover besar di AS.

David Bowie membintangi film kultus The Man Who Fell to Earth pada tahun 1976, setahun kemudian dia merilis Station to Station dan dia kembali merubah arah musik David Bowie  low elektronic pada tahun 1977.

Dia berkolaborasi dengan Brian Eno yang dikenal dengan the Berlin Trilogy, kemudian dilanjutkan dengan David Bowie Heroes album pada tahun 1977 dan Lodger pada tahun 1979.

David Bowie meraih 3 single hit peringkat 1 pada tahun 1980 melalui single Ashes to Ashes dari album Scary Monsters (and Super Creeps), Under Pressure berkolaborasi dengan Queen pada tahun 1981.

Selain itu, album David Bowie Let’s Dance tahun 1983 juga behasil mencapai sukses komersial terbesar.

David Bowie sering melakukan eksperimen gaya musiknya dari tahun 1990 an sampai tahun 2000 an diantaranya musik industrial and jungle.

David Bowie berakting untuk berperan sebagai Mayor Jack Celliers di Merry Christmas, Mr. Lawrence tahun 1983, Jareth the Goblin King in Labyrinth tahun 1986, Pontius Pilatus in The Las Temptation of Christ tahun 1988 dan Nikola Tesla in The Prestige tahun 2006.

David Bowie berhenti tur setelah live terakhirnya pada tahun 2006 dan kembali pada tahun 2013 dengan The Next Day.

Untuk selanjutnya David Bowie tetap aktif bermusik sampai dia meninggal dunia pada tahun 2016 karena penyakit kanker hati, setelah dia berhasil merilis album terakhir David Bowie Blackstar.

Selama masa karir musik David Bowie berhasil mencapai penjualan lebih dari 100 juta di seluruh dunia, sehingga dia menjadi salah satu musisi terlaris sepanjang masa.

Selain itu di Ingggris, dia berhasil mendapatkan sertifikasi 10 platinum, 11 gold, 8 silver dan menduduki peringkat 1 untuk 11 albumnya. Di AS berhasil mendapatkan 5 sertifikasi platinum dan 9 gold.

Tahun 1996 David Bowie juga dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame, menurut majalah Rolling Stones memasukkan kedalam artis terhebat dalam sejarah. Selain itu pada tahun 2022, David Bowie menjadi artis vinyl terlaris abad 21.

David Bowie family

Dia terlahir dengan nama David Robert Jones, ibunya bernama Margaret Mary “Peggy”, ayahnya bernama Haywood Stenton “John” Jones berasal dari Doncaster, Yorkshire. Kakek dari ayahnya merupakan imigran Irlandia  yang menetap di Manchester.

Ketika David Bowie berumur 6 tahun, dia mendapatkan reputasi sebagai anak berbakat serta berpikiran tunggal dan ketika sekolah di Burnt Ash Junior School.

Suara David Bowie dianggap cukup bagus di paduan suara sekolahnya dan memiliki kemampuan bagus dalam memainkan alat perekam.

Pada usia 9 tahun di kelas musiknya, dia mampu menjadi seorang anak yang imajinatif, artistik serta memiliki ketenangan yang menakjubkan untuk anak seusianya.

Pada waktu ayahnya membawakan koleksi tahun 45 an artis Amerika seperti the Teenager, the Platters, Fats Domino, Elvis Presley dan Little Richard. Hal ini, telah membuat David Bowie menjadi semakin berminat terhadap musik.

Sewaktu David Bowie mendengarkan lagu Little Richard Tutti Frutti, dia mengatakan bahwa dia telah Heard God. Selain itu, dia terkesan dengan Elvis Presley sewaktu sepupunya menari untuk Hound Dog.

Penampilan panggung David Bowie dalam bermain piano, dia memainkan lagu Elvis Presley dan ChuckBerry sebagai penghormatan kepada kedua artis aslinya tersebut.

Ayah David Bowie yang telah mempersiapkannya untuk menjadi seorang artis sejak dia masih balita. Selanjutnya, ayahnya mempersiapkan royal Variety Performance dan memperkenalkan David Bowie kepada Alma Cogan dan Tommy Steele.

Terry Burns yang berusia 10 tahun lebih tuda dari David Bawie merupakan saudara tiri dari pihak ibunya yang cukup memberikan pengaruh pada kehidupan awal David Bowie.

Hal ini, karena Terry Burn memperkenalkan jazz modern, Buddhisme, puisi Beat dan okulisme kepada David Bowie.

Oleh sebab itu, memunculkan antusiasme David Bowie khususnya terhadap Charles Mingus dan John Coltrane, sehingga ibunya memberikan saksofon Grafton kepadanya.

Akhirnya David Bowie belajar dari pemain saksofon bariton Ronnie Ross dan akibat matanya ditinju oleh Underwood karena memperebutkan seorang gadis, telah membuat pupilnya membesar secara permanen.

Namun demikian, kondisi matanya ini justru menjadi fiturnya yang terkenal karena memiliki warna yang berbeda antara mata kiri dan kanannya.

Karir awal David Bowie

Band pertama yang dibentuk David Bowie bernama the Konrads. Ketika itu, dia berumur 15 tahun dengan musik rock and roll. Selanjutnya dia keluar dari the Konrads dan bergabung dengan band King Bees.

Single debut David Bowie Liza Jane yang dikreditkan untuk Davie Jones dengan Band King Bee tidak berhasil sukses secara komersial.

Kemudian dia keluar dari band ini dan bergabung dengan Manish Boys yaitu grup musik blues yang menggabungkan folk dan soul, karena tidak puas dengan band ini.

David Bowie pada awalnya bermimpi untuk menjadi MickJagger, tetapi karena band ini juga tidak sukses juga maka Bowie pindah untuk bergabung dengan Lower Third oleh the who.

Akhirnya David Bowie memilih untuk menjadi artis solo dengan bantuan manajer barunya yang bernama Ralph Horton.

Dia menggunakan nama panggung David Bowie karena mengambil nama Jame Bowie yaitu seorang pelopor Amerika abad ke 19 dan merilis album pertama David Bowie the knife yang dipopulerkannya.

Rilisan single pertama Can’t Help Thinking About Me yang direkam oleh Lower Third tahun 1996 tetapi tidak mencapai kesuksesan.

Single solo David Bowie The laughing Gnome tetapi single ini gagal masuk tangga lagu dan debut album David Bowie menggunakan musik pop, psychedelia dan music hall juga gagal meraih kesuksesan.

David Bowie Space Oddity to Hunky Dory

Over the Wall We Go menjadi single yang dipergunakan untuk oscar tahun 1967, setelah itu dilanjutkan lagi dengan  lagu Bowie lainnya yang berjudul Silly Boy Blue  yang dirilis oleh Billy Fury.

David Bowie, Hermione Farthinngale dan Feathers seorang gitaris John Hutchinson, ketiganya membentuk konser kecil yang menggabungkan folk, Merseybeta, puisi dan pantomim.

Pada tahun 1969, David Bowie mengadakan tur singkat dengan duo Marc Bolan, Tyrannosaurus Rex.

Melalui film Love You until Tuesday yang dirilis tahun 1984, Pitt memperkenalkan bowie kepada masyarakat luas. Karena dia merasa karirnya gagal dan terasing maka David Bowie mulai menulis Space Oddity.

Lagu ini menceritakan tentang astronot fiksi yang bernama Mayor Tom dan berhasil menjadi hit pertama dan terakhirnya selama 3 tahun dan mencapai 5 besar di Inggris.

Album David Bowie merupakan album keduanya, pada awalnya dirilis di Inggris kemudian dirilis di AS dengan merubah judulnya menjadi Man of Words/ Man of Music.

Namun demikian, secara internasional dirilis ulang pada tahun 1972 sebagai Space Oddity dengan menggunakan lirik post hippie, filosofi mengenai perdamaian, cinta dan moralitas, folk rock akustik serta diperkuat oleh hard rock.

Setelah menikah dengan Angela Barnett maka David Bowie langsung menulis single The Prettiest Star pada tahun 1970 dan karirnya semakin melejit melebihi Pitt.

Bowie mendirikan band yang terdiri dari John Cambridgesebagai drummer, Visconti sebagai bassis dan Mick Ronson sebagai pemain gitar listrik.

Teman teman bandnya ini menciptakan karakter masing masing dengan memakai David Bowie Custom yang cukup rumit yang menggambarkan gaya glam Spider from Mars.

Album David Bowie The Man Who Sold the World merupakan album ketiga yang dirilis pada tahun 1970. Album ini berisi referensi tentang skizofrenia, paranoia dan delusi yang mewakili penyimpangan gitar akustik dan gaya folk rock.

David Bowie Ziggy Stardust merupakan karakter yang dikembangkannya karena selama tur dia mengamati 2 orang seniman proto punk Amerika terkenal.

Ini merupakan perpaduan pesona David Bowie and Iggy Pop dengan musik Lou Reed yang menghasilkan the ultimate pop idola.

Iggy atau Ziggy merupakan bintang rock gila dan setelah kembali ke Inggris, David Bowie berusaha menciptakan karakter yang menyerupai dia mendarat di Mars.

Sedangkan nama Stardust merupakan penghargaan untuk Legendary Stardust Cowboy dan David Bowie menutupi Heathen.

David Bowie Hunky Dory pada tahun 1971 memperlihatkan pergeseran kearah art pop dan melodic pop rock, yang berisi lagu ringan kooks.

Selain itu, album ini mengeksporasi subjek yang lebih serius karena Bowie memberikan penghormatan langsung kepada yang mempengaruhinya yaitu song for Bob Dylan, Andy Warhol, Queen Bitch dan Velvet Underground.

David Bowie masa glam rock

David Bowie costume ketika tampil pada pertunjukan Ziggy Stardut pada tahun 1972 bersama dengan the Spider from Mars memakai pakaian yang mencolok dan mewarnai rambutnya dengan warna cokelat kemerahan.

Penampilannya ini sangat terkenal dan berhasil melambungkan namanya sehingga menjadi bintang selama melakukan tur di Inggris selama 6 bulan. Hal ini, karena kultus Bowie yang unik sehingga pengaruhnya dapat bertahan lebih lama dan lebih kreatif.

The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars ini menggabungkan unsur hard rock dari The Man Who Sold the World dengan rock dan pop eksperimental yang lebih ringan dari Hunky Dory.

Lagu David Bowie Starman merupakan lagu yang dipakai untuk memperkuat terobosannya di Inggris karena single maupun albumnya berhasil masuk tangga lagu melalui lagu Top of the Pops bulan Juli.

Album Starman ini bertahan di tangga lagu selama 2 tahun dan diikuti dengan Hunky Dory yang bertahan di tangga lagu selama 6 bulan. Single non album berjudul John, I’m Only Dancing dan All the Young Dudes berhasil sukses di Inggris.

David Bowie dan Iggy Pop memproduseri dan menggabungkan album The Stooges dengan Raw Power pada tahun 1973.

Album David Bowie Aladdin Waras merupakan album pertama yang menduduki peringkat 1 di Inggris pada tahun 1973. Album ini menghasilkan 5 single tertinggi di Inggris termasuk The Jean Genie dan Drive in Saturday.

David Bowie lebih menyukai berdandan sebagai Ziggy dari pada sebagai David karena dia merasa mencapai emosinya apabila diatas panggung dan diluar panggung dia merasa sebagai robot.

Hal ini telah membuat David Bowie meragukan kewarasan pada dirinya dan menjadi sangat berbahaya bagi dirinya.

The Man Who Sold the World dan Space Oddity dirilis ulang pada tahun 1972 dan Hunky Dory’s Life on Mars? Dirilis ulang pada tahun 1973 dan berhasil menduduki peringkat 3 di UK Singles Chart.

Pin Ups merupakan kumpulan lagu favorit David Bowie berhasil menjadi hit urutan 3 di Inggris dalam versi Sorrow dan versi McCoys berhasil melejit di peringkat 1 yang membuat David Bowie menjadi artis terlaris di Inggris pada tahun 1973.

Album David Bowie Diamond Dog menjadi album peringkat 1 di Inggris dan menghasilkan lagu hit Rebel Rebel dan Diamond Dogs yang berada di peringkat 5 di AS.

David Bowie Plastic soul dan the Thin White Duke

Album live David Bowie yang seharusnya berjudul David Bowie Is Alive and Well and Living Only in Theory akhirnya berjudul David Live. Album ini menduduki urutan 2 di Inggris dan urutan 8 di AS.

Selain itu, album ini menghasilkan hit urutan ke 10 pada sampul Eddie Flyd’s Knock on Wood. Bowie mengidentifikasikan warna musik dari album ini sebagai plastic soul sebagai perubahan yang radikal dari gaya yang semula mengasingkan penggemarnya di Inggris.

Album David Bowie Young Americans berhasil sukses secara komersial di AS dan Inggris karena menduduki peringkat 1 di AS. Melalui Fame berhasil melejit di peringkat di AS, dibawakan oleh David Bowie berkolaborasi dengan John Lennon.

Perilisan album Station to Station memperkenalkan pesona Bowie yang baru melalui lagu Thin White Duke dan diikuti dengan Isolar Tourke Eropa dan Amerika Utara.

Tur ini sangat sukses tetapi terjerembab kedalam kontroversi politik yang dikenal dengan insiden Stasiun Victoria.

Hal ini, karena Bowie ketika berada di mobil terbuka Mercedes convertible, dia melambaikan tangan kepada sekelompok orang dengan isyarat yang diduga bahwa beberapa orang merupakan salam Nazi.

Komentar fasisme dari Bowie dan perilaku kecaduan alkoholnya sebagai karakter Thin White Duke serta kecaman bahan bakar alkohol Eric Clapton dari imigran Pakistan pada tahun 1976 telah menyebabkan terbektuknya Rock Against Racism.

David Bowie Trilogi Berlin

Untuk melepaskan kecanduan narkobanya, David Bowie dan Iggy Pop pindah ke Berlin Barat.

Setelah itu, Bowie tertarik dengan krautrock Jerman dan karya ambien dari multi instrumentalis Brian Eno yang melejit di 3 album pertamanya yang terkenal dengan Trilogi Berlin.

Album David Bowie Low direkam di Prancis tetapi selama 3 bulan tidak dirilis karena RCA menganggap album ini tidak layak secara komersial dan sebelum album ini Bowie memproduseri album solo Iggy Pop The Idiot.

Setelah album Low dirilis pada tahun 1977, album ini menghasilkan single ke 3 di Inggris Sound and Vision yang menduduki peringkat  2 di tangga lagu Inggris.

Trilogi Heroes memperkenalkan minimalis dan memasukkan unsur pop dan hard rock. Album David Bowie Heroes ini direkam di Berlin dan dipromosikannya secara ekstensif dengan melakukan tur.

Judul lagu dari album ini menggunakan bahasa Jerman dan Prancis. Lagu ini berhasil menjadi lagu yang paling terkenal, meskipun hanya berada diurutan 24 di tangga lagu Inggris.

Di acara spesial Natal televisi CBS terakhir dari Bing Crosby, Bowie bergabung dengan Crosby di Peace on Earth/ Little Drummer Boy yaitu sebuah versi dari The Little Drummer Boy.

Setelah itu, Bowie menghabiskan waktunya untuk melakukan tur dunia Isolar II membawakan album Trilogi Berlin kepada penggemarnya di 12 negara. Pada tur ini, Bowie sudah sembuh dari kecanduan kokainnya.

Dia membuat album live stage dari tur yang dilakukannya. Selain itu, dia merekam narasi dalam penyesuaian dari komposisi klasik karya dari Sergei Prokofiev, Peter and the Wolf yang dirilis tahun 1978.

Triptych, Lodger merupakan karya terakhir dari David Bowie pada tahun 1979. Dalam karya terakhirnya ini, dia sebagian kembali ke rock dan pop.

Album Lodger ini direkam di Swiss dan New York City, dan berhasil menduduki urutan 4 di Inggris, urutan 20 di AS serta menghasilkan single hit di Inggris dengan judul Boys Keep Swinging dan DJ.

Single peringkat pertama Ashes to Ashes memberikan eksposur iternasional kedalam gerakan romantis baru yang dianggap sebagai paling inovatif sepanjang masa.

Scary Monsters melejit dipuncak UK Albums Chart setelah Diamond Dogs dan Bowie meraih keseimbangan sempurna antara kreativitasnya dengan kesuksesan arus utama.

Dalam perilisan single Under Pressure, David Bowie berpasangan dengan Queen, duet ini menjadi hit  dan menjadi single peringkat 1 ketiga buat David Bowie.

Album David Bowie Lets Dance mencapai kesuksesan komersial dan berhasil populer pada tahun 1983. Album ini, berhasil memperoleh Platinum di Inggris dan AS.

Selain itu, 3 single David Bowie Let's Dance, Modern Love dan China Girl berhasil mencapai peringkat 1 sedangkan ketiga single tersebut menduduki peringkat 2 di Inggris.

Let’s Dance diikuti oleh Serious Moonlight Tour selama 6 bulan dan Bowie berhasil mendapatkan 2 penghargaan di mTV Video Music Awards 1984.

Tonight merupakan album pop David Bowie yang berkolaborasi dengan TinaTurner. Album ini meraih hit 10 besar transatlantik Blue Jean yang menginspirasi film pendek arahan Julien Temple, Jazzin’ for Blue Jean.

David Bowie berhasil memenangkan Grammy Award non anumerta untuk Video Musik Bentuk Pendek Terbaik.

Album solo terakhir David Bowie Never Let Me Down melejit di peringkat 6 di Inggris dan menelurkan hit seperti Day In Day Out, Time Will Crawl dan Never Let Me Down.

Di tahun tahun selanjutnya para kritikus mengakui kekuatan dan pengaruh tur Bowie serta tur konser artis lain seperti Prince, Madonna.

David Bowie Tin Machine

Karena Bowie merasa gagal untuk album Tonight dan Never Let Me Down maka dia menunda karir solonya dan membentuk kuarted hard rock bernama Tin Machine.

Anggota personil Tin Machine adalah Reeves Gabrels sebagai gitaris, Tony sebagai bassis dan drummer, Hunt Sales dan David Bowie.

Tin Machin II merupakan album pertamanya yang tidak masuk 20 besar Inggris dan seni sampulnya mendatangkan kontroversial karena sampulnya menggambarkan 4 patung Kouroi  telanjang kuni. Album ini dirilis pada tahun 1991.

Album live Tin Machine Live: Oy Vey, Baby gagal secara komersial sehingga Bowie membubarkan band ini dan melajutkan karir solonya. Selama tahun 1990, Bowie berkolaborasi dengan Gabrels.

Masa periode elektronik

Menyusul kematian penyanyi Queen, Bowie tampil di The Freddie Mercury Tribute Concert pada tahun 1992. Dia membawakan lagu Heroes dan All the Young Dudes, selain itu juga bergabung di Under Pressure oleh Annie Lennox mengambil bagian vokal dari Mercury.

Black Tie White merupakan album solonya yang menonjolkan pemakaian instrumen elektronik. Melalui lagu Jump They Say berhasil menduduki 10 single teratas dan album ya melejit di posisi teratas di tangga lagu Inggris.

Album David Bowie Earthling berhasil sukses secara komersial di Inggris dan AS dengan 2 single hitnya yang berjudul Little Wonder dan Dead Man Walking berhasil menjadi hit dan menduduki 40 teratas di Inggris.

Masa periode Neoklasik

David Bowie bersama dengan Gabrels membuat soudtrack untuk Omikron: The Normal Soul yaitu sebuah game komputer tahun 1999 melalui albumnya yang berjudul Jam.

Bowie berkolaborasi dengan Visconti membuat album baru yang berisi lagu lagu orisinil dengan album tahun 2002 berjudul Heathen.

Tour Heathen ini diadakan di Eropa dan Amerika Utara, tour ini juga menampilkan materi dari masa Bowie’ Low. Kemudian dilanjutkan dengan tur Realitas pada tahun 2003 dan tahun berikutnya Bowie berkolaborasi dengan Butterfly Boucher untuk film animasi Shrek 2.

Lagu (She Can) Do That digunakan untuk film Stealth dan pada tahun 2006 Bowie memperoleh penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award.

Penampilan Bowie bersama dengan Alicia Keys merupakan penampilan panggung terakhir kalinya dalam bermusik.

Album Bowie Toy yang belum pernah dirilis sebelumnya telah tersebar di internet yang berisi materi untuk Heathen.

Album David Bowie The Next Day

Album studio baru David Bowie The Next Day diumumkan pada saat ulang tahunnya yang ke 66 di situs webnya dan diikuti dengan perilisan single Where Are WeNow?. Single ini berhasil memuncak di UK iTune Chart beberapa jam setelah dirilis.

Album The Nex Day ini merupakan album debut di peringkat 1 di UK Albums Chart dan merupakan album pertamanya yang menduduku puncak tangga lagu sejak Black Tie White Noise.

David Bowie didiagnosis menderita kanker hati pada tahun 2014 tetapi tidak dibuka dipublik. Pada tahun 2015, Bowie merekam album terakhirnya yang berjudul Blackstar. Lagu The Last Panthers merupakan lagu ynag digunakan album Blackstar.

Blackstar dirilis tepat pada hari ulang tahunnya yang ke 69 yaitu pada tanggal 8 Januari 2016. Bowie meninggal dunia 2 hari setelahnya.

Sehari setelah kematiannya, penayangan online Bowie langsung melejit dan Blackstar memulai debut peringkat 1 di UK Albums Chart, 19 albumnya menduduki di UK Top 100 Album Chart dan 13 singlenya nangkring di UK Top 100 Singles.

Selain itu, Blackstar menduduki peringkat 1 di tangga album di seluruh dunia seperti di Australia, Prancis, Jerman, Italia, Selandia Baru dan Billboard AS200.

Konstribusi terbaik dari Bowie untuk film karena beberapa lagu lagunya dipakai untuk film Lost Highway, A Knight;s Tale, The Life Aquatic with Steve Zissou dan Inglourious Baterds.

Dalam bermusik David Bowie memakai berbagai macam gaya musik seperti hard rock, heavy metal, soul, psychedelic folk dan pop. Selain itu, musiknya banyak dipengaruhi oleh penyanyi rock seperti Little Richard dan ElvisPresley.

Video musik David Bowie Let’s Dance dan China Girl merupakan ungkapan langsung dalam melawan rasisme neo Nazisme.

David Bowie merupakan penerima Brit Award tertua dalam sejarah pada saat medapatkan penghargaan sebagai Artis Solo Pria Inggris.

David Bowie juga ikut berpartisipasi dalam upaya filantropis dan amal untuk penelitian HIV/AIDS di Afrika.

Selain itu, dia juga terlibat dalam membantu anak anak yang kurang beruntung di negara berkembang untuk mengakhiri kemiskinan, kelaparan, mempromosikan hak asasi manusia, menyediakan pendidikan, perawatan kesehatan bagi anak yang terdampak perang.

Dalam konser ulang tahunnya yang ke 50 pada tahun 1997, haisl penampilan Pay-per-view  disumbangkan kepada badan amal Save the Children.

Setelah meninggalnya David Bowie, banyak penggemarnya yang meletakkan bunga dan menyanyikan lagu lagunya sehingga album dan singlenya melonjak naik. 2 tahun setelah kematiannya mencapai penjualan sebanyak 5 juta rekaman di Inggris.

Pemakamannya dilakukan dengan cara upacara Buddha yaitu dikremasi di New Jersey pada tanggal12 Januari.

Sebuah EP No Plan dirilis pada tanggal 8 Januari 2017 yang merupakan ulang tahun David Bowie yang ke 70, dengan menyertakan lagu Lazarus dan 3 lagu dari sesi Blackstar.

Pada tahun 2016, Bowie berhasil masuk kedalam daftar 10 tertinggi sebagai Artis Rekaman Global Tahun ini dan menurut Federasi Internasional Industri Fonografi sebagai artis terlaris ke 2 di seluruh dunia setelah Drake.

Pada tahun 2017, Bowie mendapatkan 5 penghargaan Grammy Tahunan ke 59 untuk Penampilan Rock Terbaik, Album Musik Alternatif Terbaik, Album Direkayasa Terbaik, Non Klasik, Paket Rekaman Terbaik dan Lagu Rock Terbaik.

Kemenangan penghargaan Grammy ini merupakan penghargaan pertamanya untuk bidang musiknya.

Dalam ulang tahunnya yang ke 73 yang jatuh pada tanggal 8 Januari 2020, versi The Man Who Sold the World yang belum pernah dirilis, telah dirilis dalam 2 rilisan yaitu EP khusus streamin Is It Any Wonder dan album Changes Now Bowie.

Serangkaian David Bowie exhibition konser yang meliputi tur Bowie dari tahun 1995 sampai 1999 dirilis pada akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021, sebagai bagian dari set kotak Petualangan Langsung yang Cemerlang.

David Bowie new release 2021, Bowie’s estate menandatangani kesepakatan distribusi dengan Grup Musik Warner dan akan dimulai pada tahun 2023, yang meliputi rekaman Bowie dari tahun 2000 sampai 2016.

Namun demikian, pada tahun 2022 Variety telah melaporkan bahwa Bowie’s estate telah menjual katalog penerbitannya ke Warner Chappell Musik dengan harga lebih dari 250 juta dollar.

David Bowie dipuji oleh Schinder dan Schwartz karena memberikan pengaruh sebagai pendiri genre glam rock dan mengilhami para inovator dari gerakan punk rock.

Oleh editor seni BBC Will Gompertz telah menyamakan Bowie dengan Pablo Picasso sebagai seorang seniman yang inovatif, visioner, restless yang berhasil memadukan konsep avant garde kompleks menjadi suatu karya yang koheren yang sangat indah.

Artis yang menjadi ikon pop sehebat David Bowie dianggap tidak ada lagi dan era pop yang dapat melahirkan dewa dewa rock.

David Bowie pada tahun 1980 an telah menjadi artis penting dan berpengaruh setelah The Beatles, selain itu dia terpilih sebagai ikon Inggris terbesar urutan ke 4 pada tahun 2006.

David Bowie vinyl karena dia diumumkan sebagai artis vinil terlaris abad 21 yaitu pada tahun 2022.

Sky Arts telah menempatkan Bowie sebagai artis paling berpengaruh di Inggris selama 50 tahun terakhir pada tahun 2022.

Dalam daftar Rolling Stones 2023, Bowie menempati urutan ke 32 dari 200 Penyanyi Terbesar Sepanjang Masa.

David Bowie discography

- David Bowie (tahun 1967)

- David Bowie (tahun 199)

- The Man Who Sold the World (tahun 1970)

- Hunky Dory (tahun 1971)

- The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars (tahun 1972)

- Aladdin Sane (tahun 1973)

- Pin Ups (tahun 1973)

- Diamond Dogs (tahun 1974)

- Young Americans (tahun 1975)

- Station to Station (tahun 1976)

- Low (tahun 1977)

- Heroes (tahun 1977)

- Lodger  (tahun 1979)

- Scary Monsters (and Super Creepsp (tahun 1980)

- Let’s Dance (tahun 1983)

- Tonight (tahun 1984)

- Never Let Me Down (tahun 1987)

- Black Tie White Noise (tahun 1993)

- The Buddha of Suburbia (tahun 1993)

- Outside (tahun 1995)

- Eathing (tahun 1997)

- Hours (tahun 1999)

- Heathen (tahun 2002)

- Reality (tahun 2003)

- The Next Day (tahun 2013)

- Blackstar (tahun 2016)

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel David Bowie, eksentrik, tokoh ikonik musik asal Inggris, selamat jalan David Bowie semoga karyanya tetap abadi.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar