Bing Crosby album White Christmas, peraih platinum 4 kali

Penyanyi dan aktor kebangsaan Amerika yang memenangkan Academy Award

Bing Crosby penyanyi lama dengan warna suara bass bariton

Bing Crosby merupakan seorang penyanyi sekaligus sebagai seorang aktor film terkenal yang berasal dari Amerika Serikat dan merupakan penyanyi dengan jenis suara bass bariton terlaris di abad ke 20 karena dia telah berhasil mencapai penjualan albumnya hingga 1 Miliar di seluruh dunia.

Dia juga terkenal sebagai peraih Academy Award dan sudah berkarir dibidang musik dan fllmnya mulai dari tahun 1926 sampai akhirnya karirnya terhenti karena dia meninggal dunia pada tanggal 14 Oktober 1977 di Alcobendas, Spanyol.

Bing Crosby juga merupakan penyanyi yang mempunyai daya tarik yang luar biasa dan telah berhasil meraih sukses besar melalui musik Natal, musik Hawai dan musik country, dan telah berhasil menelurkan top hit melalui musik Irlandia, Perancis, rhythm and blues serta musik ballad.

Bing Crosby family :

Bing Crosby menikah sebanyak 2 kali yaitu dengan istri pertamanya yang bernama Dixie Lee merupakan seorang artis dan penyanyi klub malam. 

Istri pertamanya ini meninggal karena menderita kanker ovarium pada tahun 1952. Dengan istri pertamanya ini, Bing Crosby dikaruniai 4 orang anak Gary, sikembar Dennis dan Philip serta Lindsay.

Smash Up: The Story of a Woman (tahun 1947) menceritakan tentang kehidupan Dixie Lee. Keluarga Bing Crosby tinggal di 10500 Camarillo Street di Hollywood Utara lebih dari 5 tahun.

Sepeninggal istri pertamanya, Bing Crosby dekat dengan seorang model bernama Pat Sheehan, artis Inger Steven dan Grace Kelly. Hal ini, terjadi sebelum Bing Crosby menikahi Kathryn Grant yang beragama Katholik pada tahun 1957.

Bing Crosby dengan Kathryn Grant dikaruniai 3 orang anak yang bernama Harry Lillis III, Mary dan Nathaniel. 

Anak anak Bing Crosby ini, semuanya terkenal diantaranya yang memerankan Bill pada Friday the 13th yaitu Harry Lillis III, Mary memerankan Kristin Shepard di TV Dallas dan Nathaniel juara golf amatir tahun 1981.

Bing Crosby juga mengalami masalah dengan alkohol pada masa mudanya tetapi akhirnya Bing Crosby bisa menangani masalahnya tersebut. Bing Crosby juga berteman dengan mafia terkenal seperti Bugsy Siegel dan Frank Nitti.

Menurut wartawan independent Irlandia yang bernama Gerge Gordon, Bing Crosby sangat kecanduan dengan judi dan golf, sehingga dia tidak memperdulikan dengan siapa dia berteman.

Bing Crosby bersama dengan keluarganya selama bertahun tahun tinggal di San Francsico. Namun pada tahun 1963, istri Bing Crosby Kathryn bersama 3 orang anaknya pindah dari Los Angeles ke perkebunan Tudor, di Hillsborough yang memiliki 10 kamar tidur.

Pada tahun 1965, Bing Crosby dan keluarganya pindah ke rumah bergaya Prancis yang memiliki 40 kamar di dekat Jackling Drive. Rumah ini menjadi tempat tinggal Bing Crosby dan Kathryn sampai Bing Crosby meninggal dunia.

Rumah ini kemudian berfungsi sebagai tempat untuk beberapa iklan televisi seperti jus jeruk Minute Maid keluarga.

Setelah meninggal Bing Crosby, anak Bing Crosby yang bernama Gary menulis satu memoar yang terlalu kritis tentang ayahnya berjudul Going My Own Way (tahun 1983). Memoar ini menggambarkan bahwa ayahnya seorang yang kejam, dingin, terpencil serta kasar secara fisik maupun psikologi.

Perjalanan karir Bing Crosby
Bing Crosby mempunyai nama asli Harry Lilis Crosby dan lebih dikenal dengan nama Bing Crosby. Dia lahir di Tacoma, Washington, Amerika Serikat pada tanggal 2 Mei 1903 dan mempunyai pasangan bernama Kathryn Crosby dan Dixie Lee. 
 
Musik dari lagu lagu Bing Crosby (Bing Crosby songs) cenderung bergenre tradisional pop dan jazz. Karena pencapaian penjualan albumnya hingga mencapai 1 Milyar, maka Bing Crosby berhasil menjadi Bintang Multimedia pertama (Bing Crocby swinging on a star).
 
Atas prestasinya tadi gaya bernyanyinya yang slow banyak mempengaruhi penyanyi lain seperti Perry Como, Frank Sinatra, Dick Haymes dan Dean Martin.


Bing Crosby juga telah diakui sebagai penyanyi yang paling dikagumi di Amerika di sekitar tahun 1948 dan awal karirnya ditandai dengan munculnya inovasi rekaman teknis seperti mikrofon serta menjadi pemain pertama yang menguasai rekaman komersialnya yang menggunakan pita magnetik.

Bing Crosby adalah anak keempat dari 7 bersaudara dengan kedua orang tuanya yang bernama Harry Lowe Crosby, Sr dan Catherine Helen Kate, ibunya adalah keturunan Irlandia – Amerika sedangkan ayahnya keturunan Inggris.

Awal mulanya sampai terjun ke dunia musik adalah ketika pada tahun 1923, dia diajak untuk bergabung dengan band yang beranggotakan murid SMA dengan anggotanya masing-masing bernama Al Rinker, Miles Rinker, James heaton, Claire Pritchard dan Robert Pritchard dan Bing Crosby sebagai drumernya.

Mereka membentuk grup band bernama musicaladers, yang tujuannya untuk mengiringi tarian siswa SMA. 
 
Namun demikian, kelompok ini akhirnya bubar, untuk selanjutnya Bing Crosby dan Al Rinker mendapat kesempatan bekerja di Teater Clemmer di Spokane dan sekarang terkenal dengan nama Teater Bing Crosby (Bing Crosby theater).

Baca juga : Nat King Cole, Penyanyi Dan Pianis Amerika Yang Terkenal Dengan Suara Baritonnya Yang Lembut

Sukses Bing Crosby bersama dengan Whiteman merupakan keberhasilan pertamanya melalui kelompoknya yang bernama The Rhythm boys.
 
Hal ini, membuat The Rhythm Boy banyak dijumpai dan diperdengarkan di bioskop-biokop besar di kota New York dan akhirnya mampu membuat Bing Crosby menjadi bintang pujaan di The Rhythm Boys.

Sehingga pada tahun 1928 munculah lagu hit pertamanya bersama dengan orkestra Whiteman melalui lagu yang berirama jazz dengan judul Oi Man River. 

Akhirnya suara Bing Crosby mulai dikenal dan disukai oleh penggemarnya saat itu, sehingga Harry Barris sebagai seorang penulis lagu mulai tergerak untuk membuatkan beberapa lagu untuk dinyanyikan oleh Bing Crosby. 

Melalui lagu ciptaan Harry Barris, kedua lagu Bing Crosby bisa menjadi lagu hit bagi Bing Crosby dengan lagu berjudul I Surrender Dear, Wrap Your Troubles In Dream.

Bing Crosby sukses sebagai penyanyi solo setelah lagu-lagunya yang berhasil menjadi hit besar melalui lagunya yang berjudul Out Of Nowhere, Just One More Chance, At Your Command dan I Found a Million Dollar Baby (In A Five And Ten Cent Store).

Sehingga pada tahun 1930, Bing Crosby berhasil menjadi penyanyi populer di Amerika karena dari 50 lagu yang dinyanyikannya, 10 lagu diantaranya telah berhasil memuncak dan diunggulkan pada saat itu.
 
Akhirnya, dia juga mulai menjadi aktor yang telah ditunjuk sebagai pemeran utama di film pendek musikal komedi.

Melalui sebuah lagu Bing Crosby White Christmas merupakan lagu hit terbesar dari Bing Crosby yang mulai diperdengarkan pada hari Natal tahun 1941.
 
Kemudian lagu tersebut terus berlanjut diperdegarkan, sampai akhirnya pada tahun 1942 berhasil memuncak ke peringkat pertama setelah lagu White Christmas tersebut digunakan oleh film Holiday Inn.

Lagu Bing Crosby White Christmas berhasil terjual hingga 100 juta di seluruh dunia dan berhasil menjadi single terlaris sepanjang masa. 

Setelah Bing Crosby meninggal dunia pada tahun 1977, akhirnya lagu ini dirilis ulang dan ternyata lagu White Christmas ini masih tetap disukai, terbukti dengan berhasilnya meraih peringkat ke 5 di UK Singles Chart.

Penyanyi dan aktor asal Amerika yang bernama asli Harry Lillis “Bing” Crosby Jr ini, merupakan bintang multmedia pertama dan seorang seniman musik yang paling terkenal serta berpengaruh di seluruh dunia pada abad ke 20.

Pada saat itu, Bing Crosby peringkat pertama dalam penjualan rekaman, peringkat radio serta film kotor dari tahun 1930 sampai tahun 1954. Total film layar lebar yang dia buat berjumlah 70 film dan lagu lagu yang sudah direkam berjumlah 1.600 lagu.

Karir awalnya berbarengan dengan inovasi rekaman sehingga gaya bernyanyi Bing Crosby diikuti oleh penyanyi pria lainnya seperti Perry Como, Frank Sinatra, Dean Martin, Dick Haymes, Elvis Presley dan John Lennon.

Bing Crosby merupakan seorang artis yang paling dikagumi. Penilaian ini sesuai dengan jajak pendapat Amerika yang dilakukan pada tahun 1948. Bing Crosby menurut majalah Yank, merupakan seorang yang paling banyak melakukan untuk moral para prajurit luar negeri selama Perang Dunia II.

Pada tahun 1944, Bing Crosby meraih penghargaan Academy Award untuk Aktor terbaik di Going My Way dan tahun 1945 untuk sekuel The Bells of St. Mary’s berhasil masuk nominasi. Berbeda dengan Ingrid Bergman yang termasuk 6 aktor yang masuk nominasi 2 kali untuk peran karater yang sama.

Tahun 1963, Bing Crosby mendapatkan Grammy Global Achievement Award pertama dan dia merupakan salah satu dari 33 artis yang mendapatkan 3 bintang di Hollywood Walk of Fame, untuk kategori film, radio serta rekaman audio.

Bing Crosby Bob Hope movie melakuka kolaborasi dalam membintangi Road to .. yang berlangsung selama 22 tahun yaitu dari tahun 1940 sampai tahun 1962.

Bing Crosby menguasai rekaman komersialnya ke pita magnetik dan menjadi bintang pertama yang merekam acara radionya.

Bing Crosby lahir di Tacoma, Washington dan menempati rumah di 1112 Nort J Street. Namun, pada tahun 1903 keluarganya pindah ke Spokane di negara bagian Washington Timur dan disinilah dia dibesarkan.

Rumah yang dibangun ayahnya di 508 E. Sharp Avenue, sekarang sudah beralih fungsi menjadi museum untuk menyimpan lebih dari 200 artefak kehidupan serta karir Bing Crosby termasuk juga Oscarnya.

Bing Crosby adalah 7 bersaudara dan dia anak ke 4, saudaranya bernama Laurence Earl “Larry”, Everett Nathaniel, Edward John “Ted”, George Robert “Bob” dan saudara perempuannya bernama Catherine Cordelia dan Mary Rose.

Ayah Bing Crosby bernama Harry Lowe Crosby keturunan Skotlandia Inggris dan ibunya bernama Catherine Helen “Kate” merupakan generasi kedua Irlandia Amerika.

Tetangga Bing Crosby yang bernama Valentine Hobart menjuluki dia dengan Bingo dari Bingville setelah ada fitur komik di koran lokal berjudul The Bingville Bugle yang sangat digemari oleh Bing Crosby pada saat mudanya. Bingo disingkat dengan Bing.

Bing Crosby lulus SMA pada tahun 1920 kemudian meneruskan ke Universitas Gonzaga namun tidak sampai memperoleh gelar.

Namun, Universitas memberikan gelar doktor kehormatan kepada Bing Crosby pada tahun 1937. Universitas Gonzana banyak menyimpan koleksi foto, korespondensi serta materi lain yang berhubungan dengan Bing Crosby.

Tahun 1923, Bing Crosby diminta bergabung dengan band baru dengan nama Musicaladers dimana anggota personilnya usianya lebih muda dari Bing Crosby karena masih sebagai siswa sekolah menengah.

Mereka adalah Al Miles Rinker, James Heaton, Claire Pritchard dan Robert Pritchard dan Bing Crosby sebagai drummernya. Band ini tampil di stasiun radio Spokane KHQ, namun grup band ini tidak bertahan lama karena bubar setelah berjalan 2 tahun.

Al Rinker dan Bing Crosby akhirnya bekerja di Teater Clemmer di Spokane yang sekarang dikenal dengan nama Teater Bing Crosby (Bing Crosby theater).

Pada mulanya Bing Crosby menjadi anggota dari trio vokal yang bernama The Three Harmony Aces, sedangkan Al Rinker sebagai pengiring dengan menggunakan piano dari pit.

Selanjutnya Bing Crosby dan Al Rinker bekerja sama dengan 3 pria lainnya yang bernama Wee Georgie Crittenden, Frank McBride dan Lloyd Grinnell. Kelompok mereka bernama The Clemmer Trio atau The Clemmer Entertainers dan tergantung dengan siapa mereka tampil.

Akhirnya Bing Crosby dan Al Rinker hijrah ke California untuk meraih kesuksesan dan mereka berdua mendapatkan pekerjaan dalam pertunjukkan The Syncopation Ide yang dimulai dari Boulevard Theatre di Los Angles dan di sirkuit Loew.

Awalnya, mereka berdua mendapatkan gaji $ 75 setiap minggunya. Dari sinilah, Bing Crosby dan Al Rinker mulai berkembang sebagai entertainer dan mempunyai gaya hidup yang glamor.

Setelah The Syncopation ditutup, Bing Crosby dan Al Rinker bekerja di Will Morrissey Music Hall Revue. Di tempat kerja barunya ini, mereka berdua mengasah ketrampilannya dengan Morrissey.

Ketika mereka berdua mendapat kesempatan untuk mempresentasikan diri mereka secara independen dan mereka bertemu dengan Paul Whiteman. Bing Crosby dan Al Rinker memenuhi syarat untuk memberikan sesuatu yang berbeda dalam pilihan musiknya.

Setelah mereka berdua tampil kurang dari 1 tahun dalam bisnis pertunjukannya mereka sudah dapat meraih nama besarnya. Sehingga pada tahun 1926, mereka berdua menerima penghasilan hingga $ 150 setiap minggunya.

Bing Crosby dan Al Rinker memulai debutnya di Teater Tivoli di Chicago dengan merilis rekaman lagu pertamanya berjudul I’ve Got the Girl pada bulan Oktober 1926 bersama dengan Don Clark’s Orchestra.

Namun secara tidak sengaja, lagu ini direkam dengan kecepatan lambat di Columbia sehingga meningkatkan nada penyanyi pada saat diputar pada 78 rpm. Kesuksesan mereka bersama Whiteman justru membiarkan Bing Crosby dan Al Rinker pergi ketika sampai ke New York.

Kemudian Whiteman menambah pianis dan calon penulis lagu Harris Barris sehingga menghadirkan The Rhythm Boys yang berbeda.

Namun demikian, Bing Crosby telah mendapatkan banyak pengalaman selama tur bersama Whiteman dan merekam Bix Beiderbecke, Jack Teagarden, Tommy Dordey, Jimmy Dorsey, Eddie Lang dan Hoagy Carmichael.

Untuk selanjutnya, Whiteman menambah seorang pianis dan calon penulis lagu Harris Barris sehingga menghadirkan The Rhythm Boys yang berbeda.

Bing Crosby menjadi lebih matang sebagai pemain dan banyak penggemarnya sebagai penyanyi solo. Terbukti, Bing Crosby berhasil mejadi bintang atraksi Rhythm Boys dan pada tahun 1928 menelurkan lagu hit pertamanya berjudul O1’ Man River.

Lagu Bing Crosby ini, banyak dipengaruhi oleh musik jazz. Kemudian dilanjutkan, pada tahun 1929 Rhythm Boys tampil dalam film King of Jazz bersama Whiteman. Rhytmn Boys meninggalkan Whiteman karena ketidak puasan Bing Crosby atas perkembangan karirnya.

Kemudian mereka bergabung dengan Gus Arnheim Orchestra dan Bing Crosby setiap malam tampil di Coconut Grove Hotel Ambassador. Penampilan solo Bing Crosby mulai mendapat perhatian, namun penampilan dari Rhythm Boys justru semakin over action.

3 lagu hit Bing Crosby ditulis oleh Harry Barris, diantaranya lagu berjudul :

- At Your Commnad

- Surrender Dear

- Wrap Your Troubles in Dreams

Akhirnya Bing Crosby mendapatkan tanda tangan kontrak untuk rekaman solonya pada tahun 1931 sehingga Rhythm Boys terpaksa harus berhenti. Bing Crosby akhirnya menikah dengan Dixie Lee pada bulan September 1930.

Namun, pernikahan Bing Crosby akhirnya terancam perceraian sehingga dia menjadi fokus dalam berkarir. Pada bulan September 1931, dia memulai debut radio solo nasionalnya dan mendapat tanda tangan kontrak oleh Brunswick dan CBS Radio.

Akhirnya dia melakukan siaran selama 15 menit setiap minggunya dan Bing Crosby menjadi hit melalui lagu Out of Nowhere, Just One More Chance, At Your Command dan I Found a Million Dollar Baby (in a Five and Ten Cent Store). 

Lagu lagu Bing Crosby tersebut berhasil menjadi lagu lagu terlaris tahun 1931.

Karir solo Bing Crosby sukses

Lagu lagu solo Bing Crosby menduduki peringkat tertinggi dari 50 lagu teratas, 10 diantaranya lagu lagu solo Bing Crosby.

Terbukti penyanyi Russ Columbo dengan Battle of the Baritones ternyata hanya hit sebentar saja digantikan dengan slogan Bing Was King.

Bing Crosby juga bermain film pendek komedi musikal untuk Mack Sennett dan mendapat tanda tangan kontrak dari Paramount untuk membintangi film berdurasi penuh, diantaranya film berjudul The Big Broadcast (tahun 1932).

Dari 55 buah film yang dibintanginya, film ini merupakan film yang telah membayar paling tinggi bagi Bing Crosby.

Sponsor komersial pertama bing Crosby dilakukan di radio yaitu Cremo Cigars sehingga membuat kepopuleran Bing Crosby tersebar ke seluruh negeri. Bing Crosby juga menjadi pemimpin acara radio untuk Woodbury Soap selama 2 musim karena penampilan livenya berkurang.

Namun, kehidupan Bing Crosby menjadi tidak terukur setelah kelahiran anak pertamanya pada tahun 1933 dan anak kembar laki laki pada tahun 1934.

Sehingga, dia menggantikan Paul Whiteman sebagai pembawa acara program radio mingguan NBC Kraft Music Hall, yang sudah bekerja sama selama 10 tahun.

Where the Blue of the Night (Meets the Gold of the Day) mempunyai penampilan khasnya dengan bersiul sehingga menjadi lagu tema serta nada khas dari Bing Crosby.

Gaya vokal yang dimiliki Bing Crosby berhasil membantu lagu populernya melewati Belting yang diasosiasikan dengan Al Jolson serta Billy Murray.

Kritikus musik Henry Pleasant telah mencatat kedalam The Great American Popular Singers bahwa gaya baru telah memasuki musik Amerika yang dinamakan Singing in American dengan perkataan, sehingga populer dengan julukan Crooner.

Louis Armstrong sangat diidolakan oleh Bing Crosby karena sebagai masetro terompet dengan kemampuan musik yang luar biasa sehingga mempengaruhi gaya bernyanyi Bing Crosby.

Pada tahun 1936, Louis Armstrong bertemu dengan Bing Crosby sehingga mereka berdua berteman. Kontrak dengan Paramount dimanfaatkan Bing Crosby untuk membintangi film out of house secara rutin.

Bing Crosby menginginkan Louis Amstrong muncul di layar adaptasi The Peacock Feather yang kemudian menjadi Pennies from Heaven. Akhirnya keinginan Bing Crosby terwujud dan adegan musik serta dialog komik Amstrong dapat memperlebar pengaruhnya ke layar perak.

Hal ini, menjadi kan banyak kesempatan terbuka untuk orang Afrika Amerika lainnya untuk bermain film film di masa masa selanjutnya. Bing Crosby memastikan bahwa bayaran Armstrong tidak akan berbeda dengan pemain berkulit putih lainnya.

Dalam masa Perang Dunia II, Bing Crosby tampil di depan pasukan perang Amerika di Teater Eropa. Bing Croby belajar pengucapan bahasa Jerman untuk membaca siaran propaganda yang di tujukan kepada pasukan Jerman.

Kemudian Bing Crosby mendapat julukan Der Bingle dan julukan ini dipakai oleh penggemar Bing Crosby yang menggunakan bahasa Inggris.

Bing Crosby menjadi salah satu bintang paling populer yang telah menghasilkan uang paling banyak dalam sejarah pada masa itu, ini menurut majalah Life edisi 18 Juni 1945.

Sejak rekamannya beredar dipasaran, Bing Crosby telah menjual sebanyak 60 juta eksemplar sejak rekaman pertamanya pada tahun 1931.

Sedangkan buku yang paling laku adalah White Christmas telah terjual hingga 250 ribu di Inggris dan 2 juta kali tayang di AS serta terjual 50 ribu eksemplar di AS.

Bing kembali menggunakan lagu balada baru yang belum dikenal yang berjudul big Goose untuk dinyanyikannya.

Dan lagu ini berhasil menjadi lagu hit dalam semalam, Bing Crosby telah meraih popuaritasnya sehingga menjadi artis yang menghasilkan pundi pundi uang terbanyak pada saat itu.

Bing Crosby telah menjadi simbol Amerika sebagai warga yang ramah, humoris dan tempat yang bebas. Selama 10 tahun, Bing Crosby telah mencatatkan rekornya selama 10 tahun yang lalu dengan penjualan terbaik.

Bing Crosby White Christmas album

Album White Christmas ini milik Irving Berlin yang dinyanyikan oleh Bing Crosby dan berhasil menjadi lagu hit terbesar dalam karirnya. Lagu ini diperkenalkan oleh Bing Crosby ketika siaran radio hari Natal tahun 1941.

Lagu Bing Crosby White Christmas ini diputar dalam film Bing Crosby Holiday Inn pada tahun 1942. Lagu ini berhasil melejit ke peringkat 1 pada bulan Oktober 1942 selama 11 minggu.

Selain itu, lagu ini mampu memetakan 16 kali berada di puncak tangga lagu pada tahun 1945 dan ketiga kalinya menjadi single terlaris sepanjang masa pada tahun 1947. Rekaman lagu ini menurut Guiness World Records telah terjual hingga 50 juta kopi diseluruh dunia.

Setelah Bing Crosby meninggal lagu White Christmas ini dirilis ulang pada tahun 1977 dan lagu ini berhasil menduduki peringkat 5 di UK Singles Chart. Meskipun, dahulu Bing Crosby meremehkan peran dia dalam kesuksesan lagu ini.

Bing Crosby Film

- Dia telah menjadi headliner yang bagus khususnya dalam film komedi musik hit pad tahun 1930 an. Dalam Road to musical comedy, Bing Crosby membintangi Bob Hope dan Dorothy Lamour periode tahun 1940 sampai 1962.

- Bing Crosby dan Bob Hope movies merupakan duo yang tidak pernah mengikrarkan diri mereka sebagai tim karena penampilan mereka berdua terputus putus.

Film serial ini diantaranya adalah :

- Road to Singapore (tahun 1940)

- Road to Zanzibar (tahun 1941)

- Road to Maroko (tahun 1942)

- Road to Utopia (tahun 1946)

- Road to Rio (tahun 1947)

- Road to Bali (tahun 1952)

- The Road to Hongkong (tahun 1962)

Pada tahun 1949, dalam film animasi Disney berjudul The Adventures of Ichabod and Mr Toad, Bing Crosby memberikan narasi serta vokal lagu untuk The Legend of Sleepy Hollow.

Bing Crosby dengan Fabian Forte dan Tuesday Weld membintangi film High Time pada tahun 1960, yaitu sebuah film komedi perguruan tinggi.

Bing Crosby berhasil memperoleh penghargaan Academy Award untuk Aktor Terbaik untuk Going My Way pada tahun 1944 dan masuk nominasi untuk sekuel The Bells of St.Mary’s  tahun 1945.

Bing Crosby Televisi

Produksi televisi pertama dari Bing Crosby pada tahun 1950 dengan judul The Fireside Theatre dengan serangkaian pertunjukan berdurasi 26 menit difilmkan di Hal Roach Studios. Kemudian berbagai macam variety show musik pada tahun 1950 an dan 1960 an.

Bing Crosby dan Hope tampil acara spesial bulanan NBC berjudul On the Road With Bing. Penampilan Televisi terakhir Bing Crosby adalah pada acara khusus Natal Merrie Olde Christmas yang direkam di London pada bulan September 1977.

Acara ini disiarkan 1 minggu setelah Bing Crosby meninggal dunia. Pada acara itu, Bing Crosby merekam duet The Little Drummer Boy dan Peace on Earth, Bing Crosby dengan musisi rock bernama David Bowie.

Duet Bing Crosby David Bowie ini menduduki peringkat 3 di tangga lagu Inggris dan menjadi hit populer terakhir bagi karir Bing Crosby. Menurut TV Guide, duet Bing Crosby David Bowie merupakan salah satu dari 25 momen musik paling berkesan di televisi abad 20.

Bing Crosby productions berafiliasi dengan Desilu Studios (CBS Television Stdios) untuk merilis sejumlah serial televisi, diantaranya :

- Sitkom ABC Crosby berjudul The Bing Crosby Show (tahun 1964-1965)

- 2 drama medis ABC berjudul Ben Casey (tahun 1961-1966)

- Breaking Point (tahun 1963-1964)

- Komedi militer berjudul Hogan’s Heroes (tahun 1965-1971)

- Acara kurang dikenal berjudul Slattery’s People (tahun 1964-1965)

Bing Crosby merupakan penyanyi pertama yang memanfaatkan kedekatan mikrofon dan pada awalnya lebih menekankan ke musik jazz.

Seseorang yang banyak membantu Bing Crosby untuk mendapatkan lagu lagu hit peringkat pertama dalam musik Natal, musik Hawaii serta musik country adalah Kapp. Sehingga menghasilkan 30 hit tertinggi dalam bentuk musik Irlandia, musik Prancis, ritme and blues dan balada.

Bing Crosby juga sebagai artis populer di seluruh dunia, dia merupakan penyanyi Amerika  yang rekamannya banyak terjual di Afrika dari pada artis Afrika sendiri yang bernama Dorothy Masuka.

Banyak penyanyi Afrika yang mencontoh Bing Crosby, diantaranya penyanyi wanita bernama Dolly Rathebe, Masuka dan Miriam Makeba sehingga mereka penyanyi lokal yang dijuluki dengan The Bing Crosby of Africa.

Popularitas Bing Crosby di India, membuat penyanyi Hindu mencontoh gaya Bing Crosby diantaranya penyanyi yang bernama Kishore Kumar yang dijuluki Bing Crosby dari India.

Bing Crosby selain sebagai artis juga sebagai salah satu orang terkaya yang mempunyai investasi di bidang real estate, tambang, sumur minyak, peternakan, kuda pacuan, penerbitan musik, tim bisbol serta televisi.

Bing Crosby menderita infeksi jamur pada paru paru kanannya yang mengancam jiwanya pada tahun 1974 dalam masa pemulihan penyakitnya tersebut.

Pada tahun 1977, setelah merekam konser di Auditorium Duta Besar di Pasadena untuk CBS dalam memperingati ulang tahun ke 50 bisnis pertunjukan serta menyaksikan Bob Hope, Bing Crosby mengalami kecelakaan jatuh dari panggung sehingga harus dirawat berbulan bulan di rumah sakit.

Penampilan Bing Crosby terakhir yang direkam dengan lagu Once in a While bersama dengan Gordon Rose Orchestra. Pada tanggal 18 Oktober 1977, Bing Crosby dimakamkan di Holy Cross Cemetery di Culver City, California.

Lagu At Your Command berhasil berada di peringkat 1 selama 7 hari di tangga lagu pop AS pada tahun 1931.

Lagu I Don’t Stand a Ghost of a Chance With You merupakan komposisi lagu yang paling sukses bagi Bing Crosby karena direkam oleh Duke Ellington, Frank Sinatra, Thelonious Monk, Billie Holiday dan Mildred Bailey.

Bing Crosby ikut dalam menulis lagu lagu berikut :

- That’s Grandma – dengan Harry Barris and James Cavanaugh (tahun 1927)

- From Monday On – dengan Harry Barris (tahun 1928), peringkat 14 di US singles charts

- What Price Lyrics – dengan Harry Barris (tahun 1928)

- Ev’rything’s Agreed Upon – dengan Harry Barris (tahun 1930)

- At Your Command – dengan Harry Barris and Harry Tobias (tahun 1931), peringkat 1 di US selama 3 minggu

- Believe Me – dengan James Cavanaugh and Frank Weldon (tahun 1931)

- Where the Blue of the Night (Meets the Gold of the Day – dengan Roy Turk and Fred Ahlert (tahun 1931)

- You Taught Me How to Love – dengan H.C. LeBlang and Don Herman (tahun 1931)

- I Don’t Stand a Ghost of a Chance with You – dengan Victor Young and Ned Washington (tahun 1932)

- My Woman – dengan Irving Wallman and Max Watell (tahun 1932)

- Cutesie Pie – dengan Red Standex and Chummy MacGregor (tahun 1932)

- I Was So Alone, Suddenly You Were There – dengan Leigh Harline, Jack Stern and George Hamilton (tahun 1932)

- Love Me Tonight – dengan Victor Young and Ned Washington (tahun 1932)

- Waltzing in a Dream – dengan Victor Young and Ned Washington (tahun 1932)

- You’re Just a Beautiful Melody of Love – lirik lagu oleh Bing Crosby, musik oleh Bebe Goldberg (tahun 1932)

- Where Are You, Girl of My Dreams? – ditulis oleh Bing Crosby, Irving Bibo dan Paul Mc Vey (tahun 1932), feature Universal film The Cohens and Kellys in Hollywood

- I Would If I Could But I Can’t – dengan Mitchell Parish and Alan Grey (tahun 1933)

- Where the Turf Meets the Surf – dengan Johnny Burke and James V. Monaco (tahun 1941)

- Tenderfoot – dengan Bob Bowen and Perry Botkin (tahun 1953), originally issued digunakan the Pseudonym of “Bill Brill” dari Bing Crosby

- Domenica – dengan Pietro Garinei / Gorni Kramer / Sandro Giovannini (tahun 1961)

- That’s What Life is All About – dengan Ken Barnes, Peter Dacre dan Les Reed (tahun 1975)

- Sail Away from Norway – Crosby wrote lyrics untuk menjadi lagu tradisional (tahun 1977)

Grammy Hall of Fame Bing Crosby :

- 4 penampilan dari Bing Crosby telah masuk kedalam Grammy Hall of Fame untuk menghormati rekaman yang sudah berusia 25 tahun dan mempunyai sejarah. Lagu tersebut adalah :

- White Christmas (tahun 1942), dengan penyanyi  the Ken Darby, genre tradisional pop, dilantik tahun 1974

- Swinging on a Star (tahun 1944), dengan penyanyi the Williams Brothers Quartet, genre tradisonal pop, dilantik tahun 2002

- Pennies from Heaven (tahun 1936), dengan the Jimmy Dorsey Orchestra, genre tradisional pop, dilantik tahun 2004

- Don’t Fence Me In (tahun 1944), dengan the Andrews Sisters, genre tradisional pop, dilantik tahun 1998.

Album Bing Crosby yang mendapatkan sertifikat dari RIAA :

- Album Merry Christmas (tahun 1945), menerima sertifikat Gold

- Album White Christmas (re-issue of album above) – tahun 1995, menerima 4 kali sertifikat Platinum

- Album Bing Sings (tahun 1977), menerima 2 kali sertifikat Platinum

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Bing Crosby album White Christmas, peraih platinum 4 kali semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar