Jon Secada Just Another Day, peringkat 5 Top Hit UK

Penyanyi dan penulis lagu berdarah Kuba-Amerika, Afrika-Kuba ini berhasil meraih 2 Grammy Award

Jon Secada, penyanyi pop Latin terkenal asal Kuba

Jon Secada adalah seorang penyanyi kelahiran Kuba ini, jenis musiknya bergenre musik pop latin dan musik pop. Selain sebagai penyanyi artis latin terkenal, dia juga sebagai penulis lagu terkenal yang sukses berkarir di Miami Florida, Amerika, karena dia di besarkan kota tersebut. 
 
Sebagai informasi saja, bahwa gaya musik Amerika Latin merupakan salsa music. Mengapa dinamakan salsa music? Hal ini, karena sebagian besar musik dasar mendahului penamaan salsa sehingga banyak kontroversi tetang asal usul dari salsa music ini.

Pada umumnya, semua lagu dianggap sebagai salsa khususnya jika didasarkan pada son montuno diantaranya terdapat elemen unsur mambo, jazz latin, bomba, plena dan guaracha.

Jon Secada telah sukses meraih kemenangan 2 Grammy Awards karena pada tahun 1992 berhasil menjual 20 juta album debut yang menggunakan bahasa Inggris, dengan memadukan aliran musik fuses funk, soul, pop dan latin perkusi.

Just Another Day merupakan lagu yang terdapat didalam album yang dirilis pada tahun 1992. Lagu ini merupakan lagu utama dari album debut self titlenya tersebut dan lagu ini ditulis oleh Jon Secada bersama dengan Miguel Morejon.

Lagu Jon Secada Just Another Day ini berada di peringkat 5 di Billboard Hot 100 dan peringkat 2 di tangga lagu kontemporer dewasa. Selain itu lagu ini melejit diurutan tertinggi di Swedia, urutan 2 di Kanada dan urutan 5 di Inggris dan Selandia Baru.

Just Another Day juga direkam ke dalam bahasa Spanyol dengan judul lagu Otro Dia Más Sin Verte. Lagu dengan bahasa Spanyol ini telah melejit di peringkat tertinggi di Panama dan Uruguay dan masuk 5 besar di Kolombia, El Salvador dan Meksiko.

Sebagai seorang penulis lagu, dia juga telah menuliskan lagu untuk penyanyi penyanyi terkenal seperti Gloria Estefan, Jennifer Lopez, Ricky Martin, Mandy Moore, serta masih banyak lagi penyanyi-penyanyi lain yang menggunakan lagu hasil karya Jon Secada. 

Jon Secada telah mengadakan tur bersama Luciano Pavarotti serta merekam duet dengan penyanyi Jim Brickman, Olivia Newton John serta Frank Sinatra.

Perjalanan karir Jon Secada

Jon Secada lahir di Havana, Kuba pada tanggal 4 Oktober 1962 tetapi dibesarkan di Hialeah, Florida, dengan nama sejak lahirnya adalah Juan Francisco Ramirez tetapi lebih dia lebih dikenal dengan nama Juan Secada. 

Kemudian dia mengganti nama Juan menjadi Jon sehingga nama tenarnya menjadi Jon Secada. Istrinya bernama Maritere Vilar (m 1997) dan Jo Pat Cafro (m 1988 – 1993). 

Sejak berusia 12 tahun Jon Secada mulai hijrah ke Amerika bersama dengan orang tuanya karena orang tuanya membuka usaha kedai kopi, dimana sebelumya dia tinggal di Spanyol. 

Bakat musik Jon Secada sudah mulai kelihatan sejak dia berusia remaja karena dia mulai menyukai salsa dan merengue.
 
Kemudian kesukaan musiknya mulai merambah ke rhythm and blues, musik pop dengan meniru penyanyi seperti Barry Manilow, Marvin Gaye, Billy Joel, Elton John dan Stevie Wonder

Ayah penyanyi kelahiran Havana, Kuba ini bernama Sekada, José. Ayahnya ini pernah dipenjara sebagai tahanan politik pada rezim Castro selama 3 tahun. Tetapi pada tahun 1971, telah menerima ijin untuk pindah ke Miami, dan orang tua Jon Secada membuka usaha kedai kopi.

Jon Secada dibesarkan dan sekolah di Hialeah, Florida dan lulus SMA pada tahun 1979. Karena bakat musik Jon Secada menonjol maka Jon Secada didukung oleh guru sekolahnya untuk mengejar karir di bidang musik.

Gelar Bachelor of Music diterima Jon Secada pada tahun 1983, tiga tahun kemudian John Secada menerima gelar Master of Music sewaktu penampilan vokal jazz. 

Gelar tersebut diperoleh Jon Secada dari Frost School of Music karena dia lulus dengan nilai cumlaude. Selanjutnya Jon Secada ditetapkan ke dalam Iron Arrow Horor Society.

Awal karirnya dimulai sebagai penyanyi latar Gloria Estefan pada tahun 1980 setelah itu dia mulai membuatkan lagu untuk Gloria Estefan, dan dia berhasil memunculkan lagu hit yang berhasil menduduki peringkat pertama melalui album Into The Light. 

Akhirnya Jon Secada diberi kesempatan oleh Gloria Estefan untuk menampilkan performance solonya selama tur Estefan dengan tema Into The Light World Tour. Dari situlah Jon Secada dapat merubah hidupnya untuk memulai karir solonya dengan lagu berjudul Always Something. 

Tahun 1992, Jon Secada mulai berhasil merilis album selft title debutnya dan sungguh luar biasa albumnya berhasil terjual sampai 6 juta kopi diseluruh dunia serta bersertifikat triple platinum di Amerika Serikat dan meraih peringkat 15 di Billboard 200 album chart. 

Selain itu dia juga telah meraih beberapa prestasi melalui lagu Jon Secada yang berjudul : 

- Just Another Day, berhasil meraih urutan ke 5 Top Hit UK 
- Angel, berhasil meraih urutan ke 23 UK dan 18 pop 
- I’m Free, berhasil meraih urutan ke 50 UK dan 27 pop 
- Do You Believe In US?, berhasil meraih urutan ke 30 UK dan 13 pop 
- Do You Really Want Me, berhasil meraih urutan ke 30 UK 

Prestasi yang paling top adalah : 

- Melalui album latinnya yang dirilis pada tahun 1992, album tersebut menggunakan bahasa spanyol dengan judul album Otro Día Más Sin Verte karena album ini telah berhasil menduduki peringkat pertama dan berhasil meraih Grammy Award untuk kategori Best Latin Pop Album. 

- Melalui album keduanya yang berjudul Heart Soul & Voice, dia telah meramu albumnya dengan menampilkan Miami Sound Machine dan permainan terompet Arturo Sandoval.
 
Selain itu, juga diiringi oleh background vokal Betty Wright, sehingga albumnya berhasil mendapatkan platinum dan melahirkan single hit berjudul If You Go. 

- Ricky Martin juga telah menyanyikan lagu yang dituliskan oleh Jon Secada, dengan lagu yang berjudul Bella dan She's All I Ever Had dengan versi Spanyol, yang telah mendapat multi platinum pada tahun 1999. 

- Jennifer Lopez juga tidak ketinggalan menyanyikan lagu yang ditulis oleh Jon Secada melalui lagu berjudul Baila. 

Jon Secada album debut :

Album debut John Secada berbahasa Inggris yang dirilis tahun 1992 dengan judul album Jon Secada. Album ini berisi 4 lagu yang berhasil berada di Top 40 di US Billboard Hot 100 atau Top 10 di Billboard’s Adult Contemporary chart.

Lagu dari album ini yang berjudul Another Day berhasil menjadi lagu hit besar di seluruh dunia. Album ini terjual hingga 6 juta kopi di seluruh dunia dan mendapat sertifikasi 3 kali Platinum dari RIAA.

Selain itu album ini album ini melejit di peringkat 15 di chart album Billboard 200 pada tahun 1993 dan memenangkan penghargaan Lo Nuestro ke 5 untuk Album Pop Tahun ini.

Jon Sekada menikah dengan Jo Pat Cafro pada tahun 1988 sampai 1993, kemudian Jon Secada dekat dengan Maritere Vilar dan menikah pada bula Februari 1997 dan dikaruniani 2 orang anak.

Mereka tinggal di rumah yang dilengkapi dengan lapangan tenis, Kolam renang. tempat tinggalnya tersebut luasnya 7.284 yang terletak disebelah Barat almamaternya di Coral Gables, Florida.

Kegiatan sosial juga aktif dilakukan Jon Secada yaitu dengan memberikan Beasiswa Musik Jon Secada di Universitas of Miami, mengumpulkan dana untuk The Recording Academy yang diberi nama Keeping Music in School.

Selain itu, dia juga mendukung penelitian AIDS Anak di Rumah Sakit Jackson Memorial, Yayasan Make A Wish serta Boys & Girl Clubs of Amerika dan organisasi amal lainnya.

Diskography Jon Secada :

- Jon Secada (tahun 1992)

- Otro Dia Más Sin Verte (tahun 1992)

- Heart, Soul & a Voice (tahun 1994)

- Si Te Vas (tahun 1994)

- Amor (tahun 1995

- Secada (tahun 1997

- Bette  Part of Me (Tahun 2000)

- The Gift (tahun 2001)

- Amanecer (tahun 2002)

- Same Dream (tahun 2005)

- A Chrismas Fiesta/Una Fiesta Navideña (tahun 2007)

- Expressions (tahun 2009)

- Classics/ Clasicos (tahun 2010)

- Otra Vez (tahun 2011)

- To Benny Moré With Love (tahun 2017)

Penghargaan yang diperoleh Jon Secada :

- Memenangkan Grammy Awards untuk kategori Best Latin Pop Album (tahun 1992)

- Nominasi Grammy Awards untuk kategori Best New Artist (tahun 1992)

- Memenangkan BMI Awards untuk kategori Most Performed Latin Song, melalui lagu Otro Dia Más Sin Verte, Sentir dan Cree en Nuestra Amor (Do You Believe in Us) (tahun 1993)

- Memenangkan The World Music Awards untuk kategori Best Selling Latin American Recording Artist (tahun 1993)

- Memenangkan The Caribbean Music Awards untuk kategori Best New Latin Pop Album of the Year, melalui lagu Otro Dia Más Sin Verte (tahun 1993)

- Memenangkan Billboard Latin Music Awards untuk kategori Best Latin Pop Album of the Year, Best Latin Pop Artist, melalui lagu Otro Dia Más Sin Verte dan untuk kategori Best New Latin Pop Artist of the Year (tahun 1993)

- Memenangkan Hit Radio Awards (Hongkong) untuk kategori Best Male Artist of the Year (tahun 1993)

- Memenangkan Rolling Stone Magazine untuk kategori Best Male Vocalist (tahun 1993)

- Memenangkan Asian Music Awards untuk kategori Best Pop Song, melalui Mental Picture (tahun 1994)

- Memenangkan Grammy Awards untuk kategori Best Latin Pop Album, melalui Amor (tahun 1996)

- Memenangkan BMI Pop Awards untuk kategori Best Pop Song, melalui Too Late, Too Soon dan untuk kategori Best Latin Song melalui Amandolo (tahun 1998)

- Nominasi Billboard Latin Music Awards untuk kategori Best Dance Song, melalui Asi (tahun 2001)

- Memenangkan BMI Pop Awards untuk kategori Best Pop Songwriter, melalui Bella (tahun 2001)

- Memenangkan BMI Latin Awards untuk kategori Best Latin Songwriter, melalui Bella (tahun 2001)

- Memenangkan Latin Grammy Awards untuk kategori Best Traditional Tropical Album, melalui To Beny More With Love (tahun 2017)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Jon Secada Just Another Day, peringkat 5 Top Hit UK semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar