Gloria Estefan, Penyanyi Latin Wanita Tersukses, Selalu Menghidupkan Budaya Asalnya


Gloria Estefan, penyanyi Amerika keturunan Kuba dan masuk kedalam daftar 100 artis top yang albumnya terjual lebih dari 90 juta di seluruh dunia
(dok.articles.chicagotribun..)

Gloria Estefan, Penyanyi Latin Wanita Paling Sukses

Gloria Estefan merupakan seorang mega bintang Amerika keturunan Kuba, dia juga sebagai pemimpin kelompok band Miami Sound Machine. Lagu Conga Gloria Estefan serta lagu Gloria Estefan Rhythm is Gonna Get You merupakan lagu yang berhasil melejit di peringkat pertama tangga lagu pada sekitar tahun 1980 an dan 1990 an serta menjadi lagu pop klasik.

Sekilas Tentang Biografi Gloria Estefan

Gloria Estefan terlahir dengan nama Gloria Maria Fajardo Garcia dan lebih terkenal dengan nama Glori Estefan,  dia lahir di Havana, Cuba pada tanggal 1 September 1957. Suaminya bernama Emilio Estefan seorang keyboardist (m 1978) dan dikarunia 2 orang anak yang bernama Nayib Estefan dan Emily Marie Consuelo.

Selain sebagai penyanyi dia juga berprofesi sebagai artis dan penulis, dia aktif didunia musik dari tahun 1977 sampai sekarang  dan juga pernah membintangi film yang berjudul "Music of the heart". Gloria Estefan merupakan penyanyi latin yang paling sukses karena dia telah berhasil mendapatkan 7 Grammy Awards. Genre musiknya cenderung ke genre musik pop, dance pop, latin pop, dance dan club dance.

Gloria Estefan termasuk salah satu dari 100 artis top yang masuk kedalam kategori artis yang albumnya mampu terjual lebih dari 90 juta album diseluruh dunia dan 26,5 juta album di Amerika Serikat, selain itu dia juga berhasil memenangkan 7 Grammy Awards untuk penyanyi latin yang paling sukses.

Masa kesil Gloria Estefan

Penyanyi mega bintang ini kelahiran Havana, Kuba pada tanggal 1 September 1957. Pada saat Goria Estefan masih anak balita, keluarganya membawa Gloria Estefan keluar dari Kuba. Pada saat itu diktator Komunis dipimpin oleh Fidel Castro. Jose Manuel Fajardo adalah ayah dari Gloria Estefan yang pernah menjadi tentara Kuba dan pengawal presiden Fulgencio Batista.

Ketika sudah tinggal di Amerika, ayah Gloria Estefan direkrut dalam Brigade 2506 yaitu sekumpulan pengungsi Kuba yang dibiayai oleh CIA yang terlibat dalam invasi Teluk Babi pada tahun 1961 tetapi invasi tersebut gagal.

Namun akhirnya ayah Gloria bisa kembali kepada keluarganya setelah presiden John F Kennedy membicarakan pembebasan tentara yang ditangkap. Tetapi Fajardo (ayah Gloria Estefan) kembali masuk menjadi angkatan darat AS dan bertugas di Vietnam selama 2 tahun.

Estefan adalah vokalis utama band itu yang kemudian berganti nama bandnya menjadi Miami Sound Machine dan berhasil menelurkan beberapa lagu hit Top 10 sekitar tahun 1980 an dan 1990 an. Namun sebelumnya Gloria Estefan dan suaminya telah membuat musikal Broadway, On Your Feet! yang mempertunjukkan lagu lagu populer Miami Sound Machine.

Pada saat masih anak anak, Gloria Estefan menggemari menulis puisi serta belajar gitar klasik. Namun, Gloria Estefan cepat merasa bosan dengan kegiatan bermain musiknya tersebut. Sehingga tidak menyangka kalau sekarang Gloria Estefan bisa menjadi seorang mega bintang musik populer.

Ayah Gloria Estefan didiagnosis menderita penyakit multiple sclerosis dampak dari terkena herbisida Agen Oranye pada saat bertugas di angkatan darat AS, sehingga ibu Gloria harus menjadi tulang punggung keluarga dan Gloria Estefan bertugas untuk merawat ayah dan adik perempuannya. Akhirnya Gloria Estefan terjun kemusik untuk mengatasi ekonomi keluarganya sebagai pelariannya.

Gloria Estefan bahkan bisa diam di kamar selama berjam jam hanya untuk bernyanyi, Gloria Estefan tidak mau menangis sehingga musik merupakan cara yang dipilihnya untuk melepaskan semua perasaannya, dia bernyanyi untuk membahagiakan hatinya dan melepaskan semua emosinya.

Karir Gloria Estefan bersama band Miami Sound Machine

Pada tahun 1975, Gloria Estefan akhirnya bertemu dengan Emilio Estefan seorang keyboardist yang memimpin kelompok band Miami Latin Boys yaitu band yang menampilkan musik latin populer dan akhirnya menjadi suaminya. 

Setelah jangka waktu setahun bergabung sebagai vokalis Band Miami Latin Boys, kelompok musik ini berganti namanya menjadi Miami Sound Machine. Abum pertama berhasil dirilis sebagai album lokal, merupakan sekelompok pop disko serta balada asli yang dilantunkan dengan bahasa Spanyol.

Hubungan Gloria dengan Emilio yang semula hanya hubungan profesional, akhirnya berubah menjadi hubungan personal yang semakin dekat dan mereka resmi menikah pada September 1978. Mereka dikaruniai seorang anak bernama Nayib. Namun, 2 tahun setelah kelahiran putra pertamanya, Emilio mulai fokus ke kelompok musiknya dan berhenti dari pekerjaan penuhnya di Bacardi.

Anggota personil kelompok musik Miami Sound Machine, antara lain Marcos Avila sebagai baisi, Kiki Garcia sebagai drummer, Raul Murciano sebagai Keyboardist, arrangre serta saxophonis, Emilio sebagai Keyboardist  serta Gloria Estefan sebagai vokalis sopran.

Melalui kelompok musik Miami Sound Machine ini menghasilkan 4 album berbahasa Spanyol yang berisi musik balada, disko, musik pop serta musik samba. Pertama kalinya album ini suksesnya di negara negara berbahasa Spanyol juga dan banyak menelurkan lagu hit diseluruh dunia terutama di Venezuela, Peru, Panama serta Honduras. Namun lagu hit mereka, yang diterima oleh negara Amerika Serikat tidak banyak.

Album Inggris pertama yang dirilis tahun 1984 berjudul Eyes of Innocence berhasil menjadi lagu hit di Amerika Utara. Lagu disko berjudul Dr. Beat berhasil melejit diurutan pertama tangga lagu dance Eropa. Conga Gloria Estefan menjadi lagu pertama yang berhasil menduduki tangga lagu pop, dance, black serta latin Billboard secara serempak.

Album Primitive Love dirilis tahun 1985, merupakan album yang seluruhnya menggunakan bahasa Inggris, sehingga menghasilkan lagu lagu  hit seperti Bad Boys dan Words Get in teh Way yang berhasil masuk ke chart pop Top 10 Billboard. Album selanjutnya dirilis tahun 1987 berjudul Let It Loose.

Setelah melakukan tur ekstensif dan konser di stadion yang mampu menampung penonton 40 ribu orang serta video musik di MTV serta VH-1, sejak itulah band Miami Sound Machine berhasil menjadi band populer di Amerika Serikat.

Gloria Estefan berhasil menjadi daya tarik tersendiri dari band tersebut sehingga oleh komentator musik memberikan sebutan Gloria Estefan sebagai Madonna versi Hispanik yang sistimatis.

Setelah merilis album Let It Loose, anggota personil Miami Sound Machine mengundurkan diri sehingga mereka berdua harus berkarya sendiri. Awal pertumbuhan grup band ini, lagu the best hit nya pada dance yang ramai. Namun, pada akhir 1980 an, lagu balada Estefan berhasil meraih sukses melalui album Let It Loose dan lagu Gloria Estefan Rhythm is Gonna Get You, Betcha Say That dan 123.

Ketiga lagu ini berhasil masuk Top 10 Billboard dan lagu balada Anything For You berhasil berada dipuncak tangga lagu.

Kepopuleran grup musik Miami Sound Machine ini tidak terlepas dari peran Gloria Estefan yang tidak pernah meninggalkan akarnya serta pendengar dengan bahasa Inggris. Hal ini, dibuktikan dengan album Cuts Both Ways yang dirilis tahun 1989 untuk memperoleh keunggulan internasional mereka.

Dimana Gloria Estefan ikut punya banyak peran didalam pembuatan album tersebut, bukan hanya sebagai penyanyi utamanya saja, melainkan juga berperan sebagai perencanaan, produksi serta yang mengatur beberapa musiknya, bahkan menulis lirik lagunya juga. Akhirnya, mampu menelurkan lagu Oye Mi Canto yang berhasil mengimbangi lagu hit Conga Gloria Estefan.

Emilio Estefan akhirnya keluar sebagai Keyboardist dari Miami Sound Machine untuk fokus sebagai manajer yang memperkenalkan band serta menjadi seorang produser rekaman untuk bandnya sendiri maupun band lainnya.

Dalam suatu perjalanan, dimana bus milik band Miami Soud Machine mengalami kecelakaan dengan traktor trailer pada tanggal 20 Maret 1990 di Interstate 380 di dekat pegunungan Pocono di Pennsylvania yang menyebabkan Putra Gloria Estefan (Nayib) patah tulang bahu, Emilio luka ringan pada bagian kepala dan tangan.

Gloria Estefan patah tulang pada bagian tulang punggung belakang sehingga harus dioperasi untuk meluruskan tulang belakangnya serta ditanamkan batang baja untuk menyangga. Hal ini, menyebabkan Gloria Estefan pensiun dari bermusiknya karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihan kesehatannya tersebut.

Selama masa pensiun, Gloria Estefan dikaruniani anak kedua yang bernama Emily pada tahun 1994. Gloria Estefan yang memiliki kemauan yang luar biasa untuk bangkit kembali, melalui terapi tubuhnya yang inklusif. Terbukti Gloria Estefan tampil kembali di American Music Award televisi pada awal tahun 1991 dan bulan Maret sudah muali melakukan tur untuk mengiklankan album Inti the Light yaitu album kembalinya Gloria Estefan.

Album selanjutnya berhasil dirilis sebanyak 4 album dalam periode 4 tahun dan masing masing album mengandung gaya musik yang berbeda beda dari musik latin sampai ke musik pop. Tahun 1996, Gloria Estefan mulai mengadakan tur dunia yang diberi nama Evolution. 

Dimana setiap penampilannya selalu diawali  dengan bola dunia. Dia berhasil mendapatkan income $ 14 juta dari pertunjukan tersebut sehingga menjadikan tur Gloria Estefan sebagai tur paling laku di urutan ke 24 di tahun 1996.

Eksplorasi musik selalu dilakukan oleh Gloria Estefan dengan selalu mengkolaborasikan ritme musik pop, dance dan musik latin pada album yang ke 12 yang berjudul Gloria!. Dalam konser khusus VH-1, Gloria Estefan tampil bersama penyanyi populer seperti Celine Dion, Aretha Franklin, Shania Twain serta penyanyi lainnya. Hal ini, menjadikan Gloria Estefan masuk kedalam salah satu penyanyi wanita terkenal di dunia musik.

Ke kreatifan Gloria Estefan tidak hanya dibidang musik saja karena dia juga mampu menulis buku bergambar untuk anak anak, diantaranya The Magically Mysterious Adventures of Noelle the Bulldog (tahun 2005), Noelle’s Treasure Tale (tahun 2006).

Gloria Estefan kembali merilis 90 Millas pada tahun 2007, berkolaborasi dengan musisi Carlos Santana dan ini merupakan satu kehormatan untuk musik yang berasal dari Kuba tersebut. Album ini merupakan album Estefan yang ke 29 dari semua albumnya dan merupakan album solo studionya yang ke 11 dan ke 4 dari album yang berbahasa Spanyol.

Album 90 Millas ini berhasil menduduki urutan ke 11 tangga lagu latin Female Artist of the Year tahun 2007. Gloria Estefan juga sempat menunjukkan penampilan idiom dalam kompetisi televisi American Idol bersama dengan musisi Sheila E. Tidak hanya itu saja proyek barunya, karena dia dan suaminya juga bekerja sama dalam buku masak Estefan Kitchen yang berisi resep kuno asli Kuba.

Tahun 2009, Estefan mulai melakukan tur secara menyeluruh ke negara Amerika dan Eropa. Pada saat itu, banyak bermunculan penyanyi pop baru tetapi Estefan justru tidak bereaksi cepat atas perubahan tersebut. Akhirnya pada tahun 2011, Estefan bekerja sama dengan Pharrell Williams dalam membuat Liss Little Havana dan pada tahun 2013 membuat beberapa versi klasik Amerika untuk The Standards.

Musik otobiografi mulai dikembangkan dan dibuat oleh Gloria Estefan dengan suaminya pada tahun 2015 dengan album debutnya O n Your Feet! di Broadway. Sehingga Gloria Estefan dan suaminya menjadi orang yang dihargai karena mempunyai sumbangsih yang besar terhadap musik dan budaya Amerika Latin yaitu dengan diberikannya Presidential Medal of Freedom.

Akhirnya pada tahun 2017, Gloria Estefan dianggap sebagai salah satu dari 5 artis yang ditetapkan sebagai penerima penghargaan Kennedy Center.

Album-Album Gloria Estefan

Beberapa album yang berhasil dirilis oleh Gloria Estefan sejak tahun 1984 sampai dengan tahun 2007, dengan albumnya sebagai berikut :
Pada tahun 1984 - merilis album yang berjudul Eyes of innocence melalui Miami Sound Machine
Pada tahun 1984 - merilis album yang berjudul Primitive love melalui Mami Sound Machine
Pada tahun 1987 - merilis album yang berjudul Let it loose/ Anything for you melalui Gloria Estefan & Miamy Sound Machine
Pada tahun 1989 - merilis album yang berjudul Cuts both ways melalui Gloria Estefan & Miamy Sound Machine
Pada tahun 1991 - merilis album yang berjudul Into the light melalui Gloria Estefan
Pada tahun 1993 - merilis album yang berjudul Mi Tierra melalui Gloria Estefan
Pada tahun 1994 - merilis album yang berjudul Hold me thrill me kiss me melalui Gloria Estefan
Pada tahun 1995 - merilis album yang berjudul Abriends puertas melalui Gloria stefan
Pada tahun 1996 - merilis album yang berjudul Destiny melalui Gloria Estefan
Pada tahun 1998 - merilis album yang berjudul Gloria ! melalui Gloria Estefan
Pada tahun 1999 - merili album yang berjudul Music of the heart
Pada tahun 2000 - merilis album yang berjudul Alma Carebia, For love or country , The arturo sandoval story
Pada tahun 2003 - merilis album yang berjudul Unwrapped, Famous documentary
Pada tahun 2007 - merilis album yang berjudul 90 millas documentary

Lagu-Lagu Gloria Estefan

Lagu-lagu Gloria Estefan yang berhasil dirilis dari tahun 1989 sampai dengan tahun 2011, adalah sebagai berikut :
Pada tahun 1989 - merilis lagu-lagu yang berjudul Oye - Gloria!, Hear my voice, Get on your feet , Dont wanna lose you, Sivoy a perderte - Cuts both ways
Pada tahun 1991 - merilis lagu yang berjudul Words get in the way into the light, Comming out of the dark into the light
Pada tahun 1992 - merilis lagu yang berjudul I see your smile - greatest hits
Pada tahun 1993 - merilis lagu yang berjudul Mi Buen Ammon, Ayer - Mi Tierra
Pada tahun 1994 - merilis lagu yang berjudul Hold me thrill me kiss me, Hold me, Everlasting love
Pada tahun 1995 - merilis lagu yang berjudul Millagro, Abriendo Puertas, Mas Alla
Pada tahun 1996 - merilis lagu yang berjudul I'm not giving you up, No pretendo - Destiny, Reach
Pada tahun 1998 - merilis lagu yang berjudul Heaven's what I feel - Gloria!, I just wanna be happy - Gloria!
Pada tahun 1999 - merilis lagu yang berjudul Music of my heart, Music of the heart, No sera facil 20 th Unniversary
Pada tahun 2000 - merilis lagu yang berjudul No me dejes de querer, Alma cariberia
Pada tahun 2003 - merilis lagu yang berjudul Hoy - Unwropped, Tu Fotografie - Unwrapped
Pada tahun 2011 - merilis lagu yang berjudul Wepa - Miss littlle havana con los anos que me queden - Mi Tierra

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang GLORIA ESTEFAN,  PENYANYI LATIN WANITA TERSUKSES, SELALU MENGHIDUPKAN BUDAYA ASALNYA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar