Aerosmith, Terkenal Dengan Lagu I Don't Wanna Miss A Thing, Band Rock 70 an

Aerosmith, kelompok musik rock asal Amerika yang populer tahun 1970 an

(dok.reverbnation.com)
Logo Aerosmith

(dok.modernlogo.blogspot)

Aerosmith, Terkenal Dengan Lagu Aerosmith I Don't Wanna Miss A Thing Dan Jaded

AEROSMITH ADALAH GRUP MUSIK ROCK YANG BERASAL DARI BOSTON, MASSACHUSETTS, TETAPI GRUP MUSIK INI JUSTRU  LEBIH TERKENAL DI AMERIKA SERIKAT DARI PADA DIKOTA ASALNYA.

Sekilas Mengenai Grup Band Aerosmith

Grup band ini dibentuk pada bulan Oktober 1970 , dengan anggota personilnya terdiri dari 5 orang yaitu  :
- Steven Tyler - sebagai Vocal
- Joe Ferry - sebagai gitaris
- Brad Whitford - sebagai gitaris
- Tom Hamilton - sebagai bass
- Joe Kramer - sebagai drummer

Anggota personil yang sudah menjadi mantan anggota dari grup band Aerosmith adalah  :
- Ray Tabana
- Rick Dufag
- Jimmy Crespo

Warna musik dari grup band Aerosmith lebih kearah musik yang bergenre hard rock, heavy metal, nu metal dan blues rock.

Pada tahun 1970, Steven Tyler dari Yonkers, New York, Joe Perry dari Hopedale, Massachusetts dan Tom Hamilton dari New London, New Hampshire. Ketiganya memutuskan pindah ke Boston, Massachusetts untuk membentuk satu grup band  yang kemudian diberi nama "Aerosmith".

Salah satu anggota grup band ini sebelum digantikan oleh Brad Whithord sebagai rhytm pada tahun 1971, posisi semula dipegang oleh Ray Tabana.

Kelompok musik rock terkenal bernama Aerosmith pada saat dibentuk pertama kali dengan anggota pertamanya bernama Steven Tallarico (Tyler), Joe Perry serta Tom Hamilton. Ketika mereka bertemu di Hampshire pada akhir tahun 1960 an memang belum terbentuk sebuah band.

Baru pada tahun 1970, mereka sepakat untuk membentuk kelompok musik rock setelah hijrah ke Boston, Massachusetts yang diberi nama Aerosmith. Pada awalnya masing masing mereka berasal dari tempat yang berbeda, diantaranya Steven Tallarico berasal dari Tylerr, Joe Perry  berasal dari Hopedale, Massachusetts dan Hamilton berasal dari New London, New Hampshire.

Joy Kramer berasal dari Yonkers, New York bertemu dengan Joe Perry dan Tom Hamilton yang pada saat itu mereka pindah ke Boston. Joy Kramer merupakan teman Steven Tallarico yang akhirnya menjadi Tyler, dan setuju untuk bergabung setelah mengetahui Perry dan Hamilton ikut gabung untuk bermain musik. Dan tahun 1970, akhirnya kelompok musik yang bernama Aerosmith resmi terbentuk.

Dengan anggota personil selain Perry, Hamilton dan Joy Kramer, mereka adalah Ray Tabano sebagai rhythm gitar tetapi akhirnya digantikan oleh Brad Whitford dari Reading, Massachusetts. Formasi tetap ini bertahan dari bulan Juli 1979 sampai dengan bulan April 1984.

Aerosmith mulai merilis albumnya pada tahun 1972 dan albumnya berhasil memenangkan sertifikat penjualan Gold dan Platinum album, sehingga kelompok musik ini mempunyai schedul tur yang sangat banyak. Lagu lagu Aerosmith berhasil melejit di tangga lagu di beberapa negara.

Aerosmith juga masuk kedalam Rock and Roll Hall of Fame, disusul 2 tahun kemudian giliran anggota Aerosmith yang bernama toxic twin  Steven Tyler dan Joe Perry masuk dalam Songwriters Hall of Fame.

Lagu Dream on dari Aerosmith ini merupakan lagu balad yang berasal dari album debut Aerosmith yang dirilis tahun 1973, lagu ini dinyanyikan oleh Steven Tyler dan berhasil menjadi lagu big hit entertainment pertama mereka serta menjadi lagu utama rock klasik di radio radio.

Lagu Dream on dari Aerosmith ini mencapai peringkat ke 59 di Billboard Hot 100 namun menjadi big hit di kota Lima, peringkat 16 di WMEX serta sering menduduki peringkat pertama di The Top Five at Five pada bulan Juni 1973.

Versi terbaru Dream On dari Aerosmith ini kembali dirilis pada akhirh tahun 1975 dengan sedikit perubahan chorusnya, dan kembali masuk diurutan 81 tangga lagu Billboard Hot 100 pada awal tahun 1976, masuk 10 besar pada bulan Februari, pada bulan April melejit keurutan 6. 

Periode tahun 1970 an inilah, merupakan tahun kesuksesan Aerosmith sehingga mampu menjadi band rock terkenal di dunia serta mempunyai fans fans beratnya yang menamai dirinya dengan Blue Army.

Namun sangat disayangkan, setelah terjadi perselisihan internal serta terjerumus dalam kecanduan narkoba sehingga membuat kelompok musik Aerosmith berada diujung kondisi perpisahan. Dengan keluarnya anggota personil yang bernama Joe Perry dan Brad Withford berturut turut pada tahun 1979 dan tahun 1981.

Masa masa terburuk dari kelompok musik Aerosmith ini terjadi pada tahun 1980 sampai tahun 1984. Namun sebelumnya, Aerosmith telah merilis album Rock in a Hard Place, dimana album ini memperoleh sertifikat penjualan Gold. Meskipun dalam hal kesuksesannya, album ini tidak berhasil mencontoh album Aerosmith sebelumnya.

Mungkin namanya jodoh tidak akan kemana, akhirnya Joe Perry dan Brad Withford kembali lagi ke Aerosmith pada tahun 1984, sehingga lahirlah album Done With Mirrors pada tahun 1985. Album ini mendapat banyak respon positif, namun gagal secara komersial.

Pada tahun 1986, Aerosmith kembali mendapatkan kesuksesannya setelah berkolaborasi dengan Rap Run-D.M.C dan pencapaian tertinggi diperoleh di tahun 1987 setelah merilis album Permanent Vacation.

Album ini telah mendapatkan sertifikat penjualan Multi Platinum dan akhirnya popularitas Aerosmith terulang seperti pada tahun 1970 an. Dengan keseluruhan penjualan albumnya mencapai 150 juta kopi, sehingga Aerosmith mendapatkan 25 gold album, 18 platinum album serta 12 multi platinum.

Aerosmith juga masuk kedalam Rock and Roll Hall of Fame, disusul 2 tahun kemudian giliran anggota Aerosmith yang bernama toxic twin  Steven Tyler dan Joe Perry masuk dalam Songwriters Hall of Fame.

Album Album Aerosmith

Album-album Aerosmith yang berhasil dirilis dari tahun 1973 sampai dengan tahun 2004 dan telah mendapatkan berbagai macam penghargaan, adalah :

- 13 Januari 1973, dengan judul album Aerosmith telah berhasil mendapatkan 2 kali Platinum sertifikat RIAA.
- Maret 1974, dengan judul album Get your wings telah berhasil mendapatkan 3 kali Platinum sertifikat RIAA.
- 8 April 1975, dengan album yang berjudul Get your wings telah berhasil mendapatkan 8 kali Platinum Sertifikat RIAA.
- 31 Mei 1976, dengan judul Rocks telah berhasil mendapatkan 4 kali Platinum sertifikat RIAA dan ranking 3 Billboard.
- Desember 1977, dengan judul album Draw the line telah berhasil mendapatkan 2 kali Platinum sertifikat RIAA.
- November 1979, dengan judul album Night in the ruts telah berhasil mendapatkan Platinum RIAA.
- 1 Oktober 1982, dengan judul album Rock in a hard place telah berhasil mendapatkan gold sertifikat RIAA.
- November 1985, dengan judul album Done with mirrors telah berhasil mendapatkan gold sertifikat RIAA.
- 18 Agustus 1987, dengan judul album Permanent vacation telah  berhasil mendapatkan 5 kali Platinum sertifikat RIAA.
- 12 September 1989, dengan judul album Pump telah berhasil mendapatkan 7 kali Platinum sertifikat RIAA.
- 20 April 1993, dengan judul album Get a grip telah berhasil mendapatkan 7 kali Platinum sertifikat RIAA dan peringkat pertama Billboard.
- 18 Maret 1997, dengan judul album Nine lives telah  berhasil mendapatkan 7 kali Platinum sertifikat RIAA dan peringkat pertama Billboard.
- 6 Maret 2001, dengan judul album Just Push Play telah berhasil mendapatkan Platinum sertifikat RIAA dan peringkat ke 2 Billboard.
- 30 Maret 2004, dengan judul album Honkin on bobo telah berhasil mendapatkan Gold sertifikat RIAA dan peringkat ke 5 Billboard.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang AEROSMITH, TERKENAL DENGAN LAGU I DON'T WANNA MISS A THING, BAND ROCK 70 AN, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar