Olivia Newton John, Xanadu album yang sukses penjualannya

Olivia Newton John Australia adalah negara berkarirnya dari penyanyi kelahiran Inggris

Olivia Newton John  di puncak tangga lagu tahun 70 an

Olivia Newton John merupakan seorang penyanyi musik pop dan aktris Australia kelahiran Inggris. Dia dikenal melalui lagu Carried Away.  

Olivia Newton John pernah mendapat pertanyaan pada tahun 2017 tentang warga negaranya Inggris, Australia atau Amerika, dan jawabannya Olivia Newton John Australia.

Namun demikian, pernyataannya pada tahun 2019 bahwa dia seorang gadis yang lahir di Cambridge, Inggris dan dia bangga dengan keturunan Inggrisnya.

Olivia Newton John meninggal dunia di usia 73 tahun pada tanggal 8 Agustus 2022 dan penghormatan diberikan oleh John Travolta, Barbra Streisand, perdana menteri Australia Anthony Albanese serta artis artis lainnya.

Medley lagu lagu hit Olivia Newton John dibawakan olehDelta Goodrem dan rekaman video penghormatan dari Elton John, Mariah Carey, Barry Gibb dan Nicole Kidman.

Ulasan Karir Musik Olivia Newton John

Olivia Newton John lahir di Cambridge, Cambridgeeshire, Inggris pada tanggal 26 September 1948. Selain sebagai penyanyi dia juga berprofesi sebagai aktris atau pemain film. 
 
Suaminya bernama John Easterling (m 2008) dan Matt Lastanzi (1984 - 1995), dengan dikaruniai seorang anak yang bernama Chloe Rose Lattanzi.

Olivia adalah seorang cucu dari fisikawan pemenang hadiah nobel dari Jerman yang bernama Max Born, ayah Olivia bernama Brin Newton John yang berasal dari Wales sebagai seorang perwira M15. 
 
Setelah perang dunia II selesai, ayahnya mulai beralih profesi sebagai pengajar bahasa Jerman di UNSW Annex di Tighes Hill, Newcastle, Australia.

Olivia mulai tinggal di Melborne, Australia pada usia 5 tahun bersama dengan kedua orang tuanya yang pindah dari Inggris ke Australia. Sejak menginjak usia 16 tahun Olivia sudah mempunyai band yang bernama Sol Four.
 
Semua anggota personil band ini adalah perempuan. Grup bandnya sudah mendapatkan kesempatan tampil secara rutin di radio dan TV lokal Australia, di acara The Tarax Happyshow, dan olivia berperan sebagai Lovely Livvy.

Setelah berhasil memenangkan kontes berbakat melalui lagu "Anyone who had a heart" dan "Everything's coming up roses", dia kembali lagi ke Inggris untuk tinggal bersama dengan ibunya tetapi Olivia justru berkeinginan kembali lagi ke Australia. 
 
Kondisi kerinduan untuk kembali ke Australia, akhirnya dapat diatasinya setelah kedatangan Pat Carroll ke Inggris, sehingga Olivia akhirnya membentuk duo dengan Pat Carroll bernama Pat and Olivia dan mereka bedua mulai bernyanyi di klub-klub Eropa.

Album pertamanya "Tomorow" berhasil sukses secara komersial dan karir solonya mulai menanjak naik melalui album yang berjudul "Olivia Newton John". Dia berhasil menjadi vokalis wanita Inggris terbaik selama 2 tahun berturut-turut.

Melalui lagu yang ditulis oleh Bob Dylan yang berjudul "If not for you", Olvia berhasil mendapatkan hit pertamanya dan berhasil sukses secara internasional. Dalam kontes Eoruvision pada tahun 1974, Olivia mewakili Britania Raya tetapi hanya masuk diperingkat 4 saja.

Pada tahun 1974 merilis album "If you love me, let me know" yang menghasilkan single "I honestly love you" dan berhasil masuk peringkat pertama di tangga lagu Amerika Serikat. 
 
Melalui Country Association, dia diberikan penghargaan sebagai vokalis terbaik yang berhasil menyisihkan penyanyi country terkenal seperti Dolly Parton, Lorreta Lynn, Lynn Anderson, Anne Murray dan Tanya Tucken.

Dia memulai karir sebagai penyanyi pop dan country setelah pada tahun 1975 pindah ke Amerika Serikat, melalui lagu "Have you never been melow".
 
Albumnya berhasil menduduki peringkat pertama kemudian diikuti oleh 3 singlenya yang berhasil menduduki puncak tangga lagu di Amerika Serikat. Untuk single "Psysical" bertahan dipuncak tangga lagu Billboards Hot 100 selama 10 minggu.

Karir didunia aktingnya mulai menanjak setelah membintangi film "Grace" dan film ini menjadi film paling laris ditahun 1978.
 
Demikian juga dengan kedua lagunya "You're the one that I want" dan "Summer night" berhasil mencapai puncak tangga lagu di Amerika Serikat dan di Britania Raya, sedangkan lagu "Hopelessly devote to you" berhasil menjadi hit.

Kesuksesan film Grace Olivia Newton John ini telah diikuti juga oleh album "Totally Hot", yang berhasil sukses besar melalui 3 singlenya "A little more love", "Deeper Then the Night" dan "Totally Hot".
 
Album Totally Hot ini menjadi tanda transformasi terhadap sosok Olivia sebagai simbol dari keindahan tubuh wanita.

Dalam film Musical Xanadu, Olivia Newton John berperan memegang peran utama dan dia bermain bersama Michael Beck. 
 
Film ini banyak dikritik dan gagal meraih sukses, tetapi dengan berjalannya waktu ternyata film ini berhasil mendapatkan sejumlah penggemar fanatik terhadap 3 lagu dari album "Xanadu" oleh Olivia Newton John yaitu "Magic", "Suddenly" dan "Xanadu" sehingga berhasil sukses dalam penjualannya.

Diantara album-album yang berhasil dirilis Olivia, album Psysical oleh Olivia Newton John merupakan album yang paling sukses pada tahun 1981.

Prestasi Olivia Newton John dalam karir musiknya antara lain telah berhasil mengantongi 4 Grammy Award, 15 lagu lagu Olivia Newton John berhasil berada di peringkat 10 besar, termasuk 5 lagu diantaranya melejit diperingkat 1 di Billboard Hot 100.

Selain itu, ke  2 album Olivia Newton John If You Love Me, Let Me Know dan Have You Never Been Mellow berada di peringkat 1 di Billboatd 200. Singlenya mendapatkan 2 platinum dan albumnya juga mendapatkan sertifikat gold oleh RIAA.

Olivia Newton John dan John Travolta film musikal Grease, difilm ini menampilkan duet greatest hit Olivia Newton John dan John Travolta dengan single You’re the One That I Want dan single ini telah menjadi single terlaris sepanjang masa.

Summer Nights merupakan rekaman solo khas dari single greatest hit Olivia Newton sendiri dan 2 single I Honestly Love You dan Physical memenangkan Grammy Record of the Year.

Single hit Olivia Newton John lainnya antara lain :

- If Not for You dan Banks of the Ohio (tahun 1971)

- Let Me Be There (tahun 1973)

- If You Love Me (Let Me Know) (tahun 1974)

- Have You Never Beeb Mellow (tahun 1975)

- Sam (tahun 1977)

- Hopelessness Devoted to You (tahun 1978)

- Little More Love (tahun 1978)

- Twiss of Fate (tahun 1983)

- Magic dan Xanadu dari fim 1980 Xanadu

Olivia Newton John menjadi salah satu artis wanita Australia dengan pencapaian penjualan tertinggi karena mencapai penjualan hingga lebih dari 100 juta rekaman secara global.

Olivia Newton John telah berjuang melawan penyakit kanker payudara dan sebagai sponsor didirikannya penelitian kanker payudara pada tahun 2012 di kota kelahirannya Melbourne.

Single pertama Olivia Newton John Till You Say You’ll Be Mine direkam tahun 1966 di Inggris. Album solo pertama Olivia Newton John If Not for You yang dirilis tahun 1971 tetapi album ini di Inggris dikenal dengan album Olivia Newton John dengan judul lagu yang ditulis oleh Bob Dylan.

Lagu ini menjadi lagu hit internasional pertamanya yang menempati peringkat 25 AS dan peringkat 1 kontemporer dewasa, sedangkan single Bank of the Ohio menempati hit 10 besar di Inggris dna Australia.

Olivia Newton John sering tampil di acara mingguan Cliff Richard serta bersama sama membintangi telefilm The Case.

Album kedua Olivia Newton John Olivia dirilis tahun 1972, album ini tidak pernah dirilis secara resmi di Amerika Serikat dan karirnya dianggap gagal setelah album pertamanya.

Single lainnya dari album ini antara lain Bank of the Ohio, remake dari What Is Life karya George Harrison dan Take Me Home Country Roads karya John Denver.

Namun demikian, nasib karir musiknya berhasil membaik setelah merilis lagu Let Me Be There pada tahun 1973.

Hal ini, karena lagu ini menempati 10 besar di tangga lagu Amerika di urutan 6, peringkat 7 Country dan peringkat 3 AC.

Melalui lagu ini berhasil memenangkan Grammy untuk kategori Wanita Country Terbaik dan penghargaan Akademi Musik Country untuk kategori Vokalis Wanita Paling Menjanjikan.

Untuk selanjutnya album kedua Olivia Newton John yang dirilis di Amerika Let Me Be There.

Di ajang kontes lagu Eurovision tahun 1974, Olivia Newton John berada diurutan 4 setelah Waterloo oleh ABBA.

Album Olivia Newton John Long Live Love berisi lagu lagu dari 6 kandidat kontes Eurovision antara lain Have Love, Will Travel Lovin’ You Ain’t Easy, Long Live Love, Someday, Angel Eyes dan Hands Across the Sea.

Olivia Newton John menjadi penyanyi wanita Inggris pertama yang memenangkan penghargaan sebagai vokalis Wanita Terbaik Asosiasi Musik Country.

Kesuksesannya di musik country di Amerika Serikat telah memunculkan perdebatan karena orang asing telah membawakan musik pop bernuansa contry. Namun demikian, dia mendapatkan dukungan dari komunitas musik country di negara tersebut.

Selain itu, dia juga berhasil mengalahkan penyanyi yang berbasis di Nashville seperti Dolly Parton, Loretta Lynn, artis Kanada Anne Muray dan Tanya Tucker.

Pada tahun 1976, Olivia Newton John dapat merekam album Don’t Stop Believin’ di Nashville Tennessee. Album selanjutnya adalah Have You Neve Been Mellow dan album ini berhasil bertengger di puncak tangga lagu album pop dan country.

Olivia Newton John juga memegang Rekor Dunia Guiness dengan album baru peringkat 1 selama 154 hari di tangga album Billboard 200 AS melalui album If You Love Me , Let Me Know dan Have You Never Been Mellow.

Rekor ini dipegangnya selama 45 tahun sebelum munculnya Rekor Dunia Guiness dari Taylor Swift selama 140 hari pada tahun 2020 melalui folklore > evermore.

Album Olivia Newton John Have You Never Been Mellow menelurkan 2 single Have You Never Been Mellow menduduki peringkat 1 Pop dan AC serta peringkat 3 Country dan Please Mr. Please menduduki peringkat 3 Pop, peringkat 5 Country dan peringkat 1 AC.

Album selanjutnya Clearly Love dengan single Something Better to Do hanya mampu bertengger di peringkat 19 Country dan peringkat 1 AC.

Namun demikian, ditahun 1978 album ini berhasil mendapatkan status gold dan bertengger di 10 besar tangga lagu Hot 100 dan Billboard 200.

Berikut lagu lagu Olivia Newton John yang bertengger di peringkat 1 tangga lagu AC :

- I Honestly Love You (tahun 1974)

- Have You Never Been Mellow, Please Mr. Please dan Something Bette to Do (tahun 1975)

- Let It Shine/ He Ain’t Heavy, He’s My Brother, Come on Over dan Don’t Stop Believin (tahun 1976)

Single Olivia Newton John Sam merupakan sebuah single waltz yang bertempo sedang dan single ini berhasil mengembalikan peringkat 1 di AC dan peringkat 20 Pop.

Album Greatest Hits Olivia Newton John berhasil menjadi album yang mendapatkan Platinum untuk pertama kali baginya dan menduduki peringkat 13 Pop dan peringkat 7 Country.

Di ajang Penghargaan Tahun Baru 1979, Olivia Newton John dipilih sebagai Officer of the Order of the British Empire.

Sedangkan pada penghargaan Tahun Baru 2020, dia dipilih sebagai Dame Commander of the Order of the British Empire atas jasanya pada amal, kanker serta hiburan.

Karir Olivia Newton John mulai melejit setelah dia berperan dalam film adaptasi musikal Broadway Grease sebagai Sandy dengan John Travolta sebagai pemeran utamanya. Grease menjadi hit box-office terbesar di tahun 1978.

Peran Olivia Newton John di film ini, berhasil masuk nominasi Golde Globe sebagai artis terbaik dalam musikal dan membawakan nominasi Oscar di Academy Awards 1979.

Album soundtrack ini menelurkan 3 single top 5 antara lain You’re the One That I Want, Hopelessness Devoted to You dan Summer Nights.

Oleh sebab itu, Olivia Newton John berhasil menjadi wanita kedua setelah Linda Ronstadt yang memiliki 2 single Top 5 Billboard bersamaan.

Film ini dirilis ulang pada tahun 1998 pada ulang tahun ke 20 dan berhasil menjadi peringkat ke 2 film terlaris setelah Titanic.

Album studio Olivia Newton John Totally Hot dirilis tahun 1978, album ini menjadi album solo pertamanya yang berhasil bertengge di 10 besar sejak album Have You Never Been Mellow.

Album ini menelurkan single seperti A Little More Love, Deeper Than the Night dan Tottaly Hot. Meskipun di album ini tidak menekankan suara country, tetapi album ini mencapai peringkat 4 di chart Country.

Di fantasi musikal Xanadu, Olivia Newton John membintangi Gene Kelly dan Michael Beck. Meskipun film ini dianggap gagal tetapi album soundtracknya mendapatkan sertifikasi double platinum.

Selain itu, album soundtrack menelurkan 5 single top 20 di Billboard Hot 100 antara lain Magic, Suddenly bersama dengan Cliff Richard, Xanadu, I’m Alive dan All Over the World.

Album Olivia Newton John Physical dirilis tahun 1981 dan merupakan album studionya yang paling sukses karena berhasil mendapatkan double platinum, materi album ini berorientasi ke musik rock.

Melalui Physical menjadi satu satunya lagu yang berada di tangga lagu R&B Singles. Album ini menelurkan single Make a Move on Me dan Landslide. Album video Physical telah memberikan Grammy keempat bagi Olivia Newton John.

Olivia’s Greatest Hits Vol.2 dirilis setelah tur internasional Physical meraih kesuksesan dan mengasilkan 2 single top 40 Heart Attack dan Tied Up.

Dalam film Two of a Kind, Olivia Newton John dan John Travolta kembali bermain film bersama. Meskipun film ini dianggap gagal secara komersial, tetapi melalui soundtrack Twist of Fate berhasil meraih platinum.

Difilm ini menampilkan 2 single soundtrack Two of a Kind dan 2 single baru dari Olivia’s Greatest Hits Vol.2.

Karir musik Olivia Newton John kembali meredup karena rilisan album studio tahun 1986 selanjutnya Soul Kiss hanya satu single utamanya yang menduduki peringkat 20 Pop dan AC.

Album Olivia Newton John The Rumor dirilis tahun 1988, single pertama The Rumor ditulis oleh Elton John.

Namun demikian, album ini tidak mulus secara komersial karena Olivia Newton John sudah berusia 40 tahun sehingga kalah bersaing dengan penyanyi remaja Debbie Gibson dan tiffani yang merajai tangga lagu pop.

Album Olivia Newton John Warm and Tender yang dirilis tahun 1989 belum mampu menaikkan karir musiknya.

Untuk selanjutnya, tahun 1992 Olivia Newton John mengumpulkan koleksi hits ketiganya Back to Basics: The Essential Collection 1971 – 1992.

Setelah album ini dirilis, Olivia Newton John didiagnosis menderita kanker payudara. Oleh sebab itu, dia membatalkan semua penampilan publiknya termasuk juga membatalkan semua turnya.

Setelah terdiagnosis menderita kanker payudara, album Olivia Newton John Gaia: One Woman’s Journey dirilis tahun 1994. Album ini berisi cobaan beratnya dan menjadi album pertama yang ditulis sendiri oleh Olivia Newton John baik musik maupun liriknya.

Album ini menelurkan single No Matter What You Do, Don’t Cut Me Down yang dipakai untuk film It’s My Party, Not Gonna Give into it yang sering dipertontonkan di pertunjukkan konser karena bertema latin.

Dua single lainnya, The Way of Love untuk telefilm A Christmas Romance dan Trust Yourselft untuk film TV The Wilde Girls dan film teater Sordid Lives.

Album eksklusif kedua Olivia Newton John Stronger Than Before dirilis tahun 2005 di Amerika sedangkan album Natal pertamanya adalah Tis the Season bersama dengan Vince Gill.

CD Grace and Gratitude dirilis pada tahun 2006 dan direkam ulang pada tahun 2010 sebagai Grace and Gratitude Renewed yang ditambah 1 lagu baru Help Me to Heal.

CD A Celebration in Song dirilis dengan menampilkan duet Olivia Newton John & Friends antara lain dengan Jann Arden, Jimmy Barnes, John Farrar, Barry Gibb, Delta Goodrem, Sun Ho, Richard Marx, Cliff Richard, Melinda Schneider, Amy Sky dan Keith Urban.

1 a Minute dirilis tahun 2010 menampilkan film dokumenter Olivia Newton John dalam doku-drama kanker payudara UniGlobe Entertainment.

Album Olivia Newton John Back with a Heart berhasil mengembalikan album ini berada di urutan 10 besar di chart Album Country. Single Love Is a Gift berhasil memenangkan penghargaan Daytime Emmy Award 1999.

Album Highlights dari The Main Event melejit keperingkat 1, disertifikasi 4 kali platinum, mendapatkan penghargaan ARIA untuk pencapaian penjualan tertinggi di tahun 1999.

Album Jepang rilisan tahun 2004 terdapat bonus lagu Let It Me Me, lagu ini dibawakan berduet Olivia Newton John dengan Cliff Richard.

Album Indigo: Women of Song merupakan album penghormatan yang dirilis tahun 2004. Album ini mengcover lagu lagu dari artis seperti Joan Baez, the Carpenter, Doris Day, Nina Simone dan Minnie Riperton.

Selaam tahun 2012 hingga tahun 2017, Olivia Newton John tetap melakukan konser dan tur. Demikian juga di tahun 2018 dia telah melakukan beberapa penampilan.

Sebuah album amal This Christmas dibuat bekerjasama dengan John Travolta menampilkan artis seperti Barbra Streisand, James Taylor, Chick Corea, Kenny G, Tony Bennett, Cliff Richard serta Count Basie Orchestra.

Album live ke 4 Summer Nights: Live in Las Vegas dirilis pada tahun 2015 karena kesuksesan yang draihnya selama 3 tahun terakhir.

Olivia Newton John muncul kembali ditahun 2020 di acara Fire Fight Australia dan penampilannya ini menjadi penampilan terakhirnya. Sedangkan single Window in the Wall yang dirilis tahun 2021 merupakan single terakhirnya.

Duet Dolly Parton dengan Olivia Newton John melalui lagu Jolene dirilis secara resmi setelah meninggalnya Olivia Newton John.

Olivia Newton John menduduki puncak tangga lagu sepanjang tahun 1970 an dengan suara sopranonya yang lincah yang dapat menyesuaikan musik populer pada saat itu dengan suara pop yang lembut.

Selain itu, suara Olivia Newton John juga pas dengan lagu berirama dance pop spiky yang populer di tahun 1980 an.

Di ajang ARIA Music Awards 2022, penghormatan khusus untuk menghormato Olivia Newton John dengan menampilkan Natalia Imbruglia, Peking Duk dan Tones and I.

Selain itu, Pink juga menampilkan cover Olivia Newton John selama ajang American Music Awards 2022.

Album album Olivia Newton John antara lain :

- If Not for You (tahun 1971)

- Olivia (tahu 1972)

- Let Me Be There, Music Makes My Day (tahun 1973)

- Long Live Love (tahun 1974)

- Have You Never Been Mellow, Clearly Love (tahun 1975)

- Come on Over, Don’t Stop Bellievin’ (tahun 1976)

- Making a Good Thing Better (tahun 1977)

- Totally Hot (tahun 1978)

- Psysical (tahun 1981)

- Soul Kiss (tahun 1985)

- The Rumour (tahun 1988)

- Warm and Tender (tahun 1989)

- Gaia: One Woman’s Journey (tahun 1994)

- Back with a Heart (tahun 1998)

- Tis the Season (tahun 2000)

- 2 (tahun 2002)

- Indigo: Woman of Song (tahun 2004)

- Stronger Than Before (tahun 2005)

- Grace and Gratitude (tahun 2006)

- Christmas Wish (tahun 2007)

- A Celebration in Song (tahun 2008)

- This Christmas (tahun 2012)

- Liv On, Friends for Christmas  (tahun 2016)

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Olivia Newton John, judul albumnya tandaa transformasi dirinya sebagai simbol keindahan wanita, semoga dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar