Richard Marx, Penyanyi Dan Pencipta Lagu Terkenal

Richard Marx, penyanyi asal Amerika Serikat 

Richard Marx, Penyanyi Dan Pencipta Lagu Terkenal

RICHARD MARX ADALAH SEORANG PENYANYI DAN PENCIPTA LAGU BERKEBANGSAAN AMERIKA, BERHASIL MENCATATKAN DIRINYA DI BUKU REKOR SEBAGAI ARTIS SOLO PERTAMA YANG MEMPUNYAI 7 SINGLE HIT ATAU LAGU HIT, TERKENAL DENGAN LAGU "RIGHT HERE WAITING" DAN "NOW AND FOREVER".

Ulasan Singkat Tentang Karir Musik Richard Marx

Pria ganteng berkebangsaan Amerika ini mempunyai nama asli Richard Noel  Marx, lahir di Chicago, Illnois, Amerika, pada tanggal 16 September 1963. Dia mempunyai 3 orang anak yang bernama Brandon Marx, Jessie Marx, Lukas Marx dan seorang istri yang bernama Cynthia Rhodes (m 1989 - 2014).

Dia memulai karir musiknya pada usia 5 tahun dengan menyanyikan jingle komersial yang ditulis oleh perusahaan ayahnya. Setelah lulus dari North Shore Country day school, dia pindah ke Los Angeles dan mengunjungi Lionel Richie. Pada saat itu Lionel Richie masih membutuhkan backing vokal, akhirnya Richard Marx memberikan kontribusi sebagai backing vokal Lionel Richie.

Kemudian Richard Marx mendapat pekerjaan sebagai penari latar dari aktris Madonna, Whitney Houston, Barbara Stereisand dan Luther Vandrown, sampai akhirnya Richard Marx bisa menjadi penulis lagu.

Richard Marx adalah anak dari seorang mantan penyanyi yang bernama Ruth (Nee guildon) dan Richard H "Dick" Marx yaitu seorang musisi jazz pendiri sebuah perusahaan jingle sukses di awal tahun 1960 an. Pekerjaan Richard selain sebagai penyanyi juga berprofesi sebagai penulis lagu, musisi, produsen rekaman dan aktor. Warna musiknya bergenre pop rock, rock alternatif dan soft rock.

Di akhir tahun 1980 dan 1990 an, Richard Marx mempunyai album yang mampu terjual lebih dari 30 juta serta mempunyai sejumlah lagu hit diantaranya adalah "Endless summers night:, "Right here waiting", "Now and forever" dan "Hazard".

Dia berhasil masuk guiness book record sebagai artis solo pertama yang mempunyai 7 single hit top di Billboard Hot 100 Chart single (menduduki peringkat ke 3, 3, 2, 1, 1, 1, 4) dan rekor penjualannya mencapai lebih dari 30 juta di seluruh dunia.

Dia telah menulis lagu dan berkolaborasi pada lirik lagu dan komposisi lagunya dan berhasil sukses lewat artis lain dengan lagu berjudul "This I promise you" oleh NSYNC dan "Dance with my father" oleh Luther Vandron. Lagu "Dance with my father" berhasil memenangkan Grammy Award peringkat 14.

Karena Kenny Rogers membutuhkan lagu baru, maka Richard membuatkan lagu demo berjudul "Crazy". Lagu ini berhasil hit dan menduduki peringkat 1 dan 5 di Amerika Serikat pada tahun 1985.

Richard Marx pertama kali mendapat kesempatan kontrak rekaman dan menulis lagu dari Manhattan Record, kemudian dia mengajak teman-temannya dan beberapa musisi berbakat diantaranya Fee Waybill, Frontman, Joe Walsh dan Randy Meisner. Richard Marx dan teman-temannya berhasil menciptakan 10 album, sehingga bisa membuat karir Richard Marx sangat sukses.

Album debut Richard Marx yang menghasilkan sejumlah lagu hit diantaranya adalah :

- Single pertama berjudul "Don't mean nothing" terjual hampir 4 juta kopi dan masuk peringkat ke 3 di Billboard Hot 100, peingkat ke 1 pada album rock chart Billboard.
- Single ke 2 berjudul "Should've known better" menduduki urutan ke 3
- Single ke 3 berjudul "Endles summer night" menduduki urutan ke 2
- Single ke 4 berjudul "Hold on the night" menduduki peringkat pertama pop single. 

Terima kasih sudah berkunjung diblog ini dan sudah membaca artikel RICHARD MARX, PENYANYI DAN PENCIPTA LAGU TERKENAL, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Bersumber dari : Wikipedia)

0 komentar