Simply Red, Sukses Internasional Dan Grup Band Inggris Terbaik



Simply Red, band asal Inggris yang dibentuk tahun 1984

Simply Red, Sukses Internasional Dan Grup Band Inggris Terbaik

SIMPLY RED MERUPAKAN GRUP MUSIK POP YANG BANYAK DIPENGARUHI OLEH BLUE EYED, SOUL, NEO ROMANTIC, ROCK SAMPAI KE REGGAE DAN JAZZ. KARIRNYA MEMUNCAK LEWAT ALBUM "THE STARS".

Ulasan Singkat Tentang Karir Musik Simply Red

Simply Red adalah grup musik rock yang berasal dari Manchester, Britania Raya, dibentuk pada tahun 1984. Simply Red selain bergenre pop juga menhasilkan warna musik yang bergenre soul dan suphisti pop, grup band ini dipimpin oleh Mick Hucknall.

Personil awal adalah Mick Hucknall (vokal), David fryman (gitar), Tony Bowers (bass), fritz Mc Lntyre (keyboard & vokal), Tim Kellett (brass & live backing vokal)

Pada tahun 1976 ketika Sex Pistoll tampil di Lesser Free Trade Hall in di Menchester, Inggris, Mick Hucknall waktu itu adalah salah satu mahasiswa penggemar musik, dia bersama-sama dengan Mark E Smith dari The Fall serta anggota dari Joy Division, The Smith & Buzzcocks, dan inkarnasi dari grup band ini adalah punk The Frantic Elevator.

Setelah The Frantic Elevator sudah tidak ada lagi maka Mick Hucknall mulai menarik perhatian pihak manajer rekaman, sehingga mereka mulai mengadopsi nama "Red" (Red adalah julukan dari Mick Hucknall yang berambut merah) untuk memperkenalkan grup band mereka. 

Sedangkan nama "Simply Red" muncul ketika manajernya bingung untuk memberi nama band yang akan digunakan promosi, pada saat itu Mick Hucknall menjawab "Red, Simply Red". Tetapi poster yang dicetak untuk mempromosikan bandnya salah cetak, yang tercetak hanya "Simply Red" saja, akhirnya "Simply Red" yang digunakan menjadi nama grup band mereka.

Tahun 1985 lagu pertama dirilis dengan judul "Money's too tight (to mention)", berhasil mencapai sukses internasional, diantaranya mencapai Top 20 di Inggris dan Irlandia, Top 30 di Amerika, Perancis & Belanda, Top 5 di Italia.

Lagu "Holding back the year" merupakan rekam ulang dari The Frantic Elevator, merupakan gaya soul balada baru yang berhasil sukses menjadi Hit besar dan mencapai puncak di Irlandia, Inggris, Belanda, Italia dan Amerika.

Album ke 2 "Men and woman", karena melihat band ini mengadopsi topi bowler, pakaian warna-warni dan adanya komentar sosial, sehingga membuat album debut ini diganti dengan "Blue eyed soul". 

Album ke 3 "A new flame" dengan lagu pop klasik berjudul "If you don't know me by now" menjadi hit nomor 1 di US, dan karir band ini mencapai puncaknya pada tahun 1991 dengan merilis album "Start", album ini menjadi album terlaris di Eropa dan Inggris.

Selama 25 tahun karir musiknya, albumnya telah terjual lebih dari 50 juta dan berhasil mendapatkan penghargaan BRIT Award untuk grup Inggris terbaik.

Dengan pimpinan Mick Hucknall kekuatan dari gaya musik Simply Red bisa terus terdorong maju sampai akhirnya grup band ini bubar pada tahun 2010 dan hanya Mick Hucknall sebagai salah satu anggota yang masih tersisa dari grup band ini.

Terima kasih sudah berkunjung diblog ini dan sudah membaca artikel SIMPLY RED, SUKSES INTERNASIONAL DAN GRUP BAND INGGRIS TERBAIK, semoga bermanfaat untuk menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dishare ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Bersumber dari : Wikipedia)

0 komentar