Aretha Franklin, Dikenal Sebagai The Queen Of Soul Dan Seorang Diva Klasik

(dok.lifetimetv.co.uk)

Aretha Franklin, Dikenal Sebagai The Queen Of Soul Dan Seorang Diva Klasik

ARETHA FRANKLIN ADALAH PENYANYI YANG MENDAPAT PENGAKUAN KOMERSIAL DAN SUKSES MELALUI LAGU "RESPECT" (YOU MAKE ME FEEL LIKE) A NATURAL WOMAN & THING, SEHINGGA BISA MENDAPAT JULUKAN "THE QUEEN OF SOUL".

Ulasan Singkat Tentang Karir Musik Aretha Franklin

Mempunyai nama asli Aretha Louise Franklin, dan terkenal dengan nama Aretha franklin. Lahir di Memphis, Tennesse, Amerika Serikat pada tanggal 25 Maret 1942. Mempunyai 4 orang anak yang bernama Kecaff Cunningham, Edward Franklin, Ted White Jr, Clarence Franklin, dengan suami yang bernama Glynn Turman (m 1978 - 1984) dan Ted White (m 1961 - 1969).

Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai penulis lagu dan pianis dengan warna musik yang bergenre soul, jaz, blues, R&B dan gospel. Aretha Franklin telah berhasil menempatkan dirinya diperingkat pertama di daftar "The greatest singer of all time" dalam majalah rolling stones.  

Sepanjang karir musiknya dia telah berhasil memenangkan 18 Grammy Awards dan menjadi wanita pertama yang dilantik pada rock & Roll half of fame, serta merupakan artis wanita terlaris sepanjang masa dan telah menjual lebih dari 75 juta albumnya di seluruh dunia.

Sejak usia muda Aretha Franklin sudah memulai karir menyanyinya, tepatnya pada usia 18 tahun dan pada tahun 1960, dia sudah mendapat kesempatan rekaman melalui columbia records meskipun suksesnya tidak sampai meledak. Ayahnya adalah seorang pengkotbah sedangkan ibunya adalah seorang pemain piano dan vokalis, sehingga darah seni dari ibunya yang mengalir ke Aretha Franklin.

Pada tahun 1967, dia baru mulai mendapatkan pengakuan dan mencapai sukses besar secara komersial melalui lagu "Respect" (You male me feel like , a natural woman & think), dari kesuksesan inilah yang mampu membuat Aretha Franklin berhasil mendapatkan julukan "The Queen of Soul" pada akhir dekade tahun 1960 an.

Aretha Franklin telah berhasil mencatatkan lagu singlenya sebanyak 112 single di Billboards, termasuk 77 Hot 100 entri, 17 Top ten pop singles, 100 R&B entries dan Twety number one R&B singles serta berhasil menjadi artis wanita paling menempatkan posisinya dalam sejarah charts.

Beberapa albumnya yang berhasil diakui dan menjadi hit antara lain :

- "I never loved a man the way I love you"
- "Lady soul", "Young", "Gifted & black" dan
- "Amazing grace"

Dia juga berhasil dengan perannya di film The Blues Brothers dengan albumnya yang berjudul "Jump to it" dan "Who's zoomin who?".

Tahun 1961, merilis album debutnya berjudul "With the ray bryant combo" dengan single "Will not be long" , masuk di Billboard Hot 100 urutan ke 7 di Chart R&B dan direkam dengan bermacam-macam genre seperti standard, vokal jaz, blues, doo wop, rhythm & blues.

Tahun 1964 merilis album balada berjudul "Running out of fools" dengan warna musik yang lebih kearah pop.
Tahun 1965 merilis lagu R&B berjudul "One step a head" dan "Crup like a baby"
Tahun 1968 merilis album paling laris diantara album-albumnya yang lain berjudul "Lady soul", "Aretha now" termasuk "Ain't no way", "Think" dan "I say a little prayer".
Tahun 1998, Aretha Franklin berhasil mendapatkan pengakuan internasional karena diberi kesempatan  untuk menyanyikan Aria Opera "Nessun Dorma" di Grammy of that year,  menggantikan Luciano Pavarotti, serta dia berhasil menjadi Top 40 untuk rekaman "A rose is still a rose" dengan lagu-lagu hit seperti "Rock steady", "Something He can feel", "Jump to it", "Free way of love", "Who's zoomin who", "Sisters are doin' it for themselves", "I knew you were waiting (for me)", "It isn't I wasn't It ain't never gonna be (dengan whitney houston). 

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel ARETHA FRANKLIN, DIKENAL SEBAGAI THE QUEEN OF SOUL DAN SEORANG DIVA KLASIK, semoga dapat menambah wawasan musik kita.

(Bersumber dari : Wikipedia)

0 komentar