Musik Jazz Yang Sporadis Menggambarkan Unsur Spontanitas


(dok.infomusikfilm.com)

Musik Jazz Yang Sporadis Menggambarkan Unsur Spontanitas

Pengertian Dari Musik Jazz
Musik Jazz merupakan salah satu aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke 20, dengan akarnya dari musik Afrika dan Eropa. Sedangkan sumber aliran dari musik Jazz adalah musik blues dan marching band Eropa.

Seorang kritikus jazz yang bernama Joachim Berendt mempunyai pendapat sendiri dalam mendefinisikan istilah jazz dengan lebih luas,. Dia mendefinisikan bahwa seni musik jazz yang berasal dari Amerika Serikat ini muncul karena adanya konfrontasi antara orang kulit hitam dengan musik Eropa, sehingga jazz tidak sama dengan musik Eropa karena jazz merupakan spontanitas dan vitalitas dari suatu produksi musik dan sangat tergantung sekali dengan kemampuan berimprovisasi dari pemain musiknya. 

Jazz merupakan jenis musik yang menghasilkan keindahan dan menggambarkan kemampuan dari individual atau keahlian dari masing-masing pemain musiknya. 

Menurut Travis Jackson, bahwa jazz didefinisikan sebagai musik yang meliputi kualitas seperti berayun, improvisasi, interaksi kelompok serta kemampuan mengembangkan sebuah suara individu serta bisa menerima genre musik lainnya.

Alat Musik Yang Digunakan
Didalam musik jazz, alat musik yang sering dipergunakan oleh musisi jazz adalah alat musik seperti  : 
Gitar-gitar bass, saksofon, trombon, piano, klarinet, trompet, double bass, vocal, drums.
Sedangkan elemen yang paling penting dari musik jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi dan shuffle note.

Beberapa Versi Dari Musik Jazz
Didalam perkembangannya ternyata musik Jazz dapat dikelompokan kedalam beberapa versi regional yaitu :
- Regional Australia
- Brazil
- Belanda
- Perancis
- India
- Italia
- Malawi
- Britania rap.

Kapan Popularitas Musik Jazz
Dalam perjalanannya, arus utama popularitas musik Jazz yang "SPORADIS", kebanyakkan dalam bentuk "POP" seperti "SWING". Sehingga popularitas dari musik jazz menjadi semakin berpengaruh dalam bentuk musik populer dan sering dinamakan "Perpanjangan Jazz".

Dimana Perpanjangan Jazz, meliputi genre musik seperti :

- Rhythm
- Blues
- Neo soul
- Quiet storm
- Cool Jazz
- Smooth Jazz

Sedangkan bentuk turunan dari Jazz adalah :

- Jazz latin
- Swing
- Mini Jazz

YUK KITA LIHAT,  SIAPAKAH PENYANYI MUSIK JAZZ POP YANG TERKENAL :

1.  George Benson


(dok.thejazzlabels.com)

George Benson adalah penyanyi Jazz yang berasal dari Amerika, yang merealise albumnya yang berjudul "LIVING INSIDE YOUR LOVE" pada tahun 1978. Dengan isi lagu-lagu dari album tersebut semuanya enak dinikmati.
Lagu-lagu tersebut adalah :
Love ballad, Unchained melody, Living inside your love, Hey girl, Love it a hurting thing, Welcome into my word, Before you go, Nassau day, Soulful strut, Prelude to fall, A change is gonna come.

2.  Michael Franks


(dok.en.wikipedia.org)

Michael Franks memulai karir musiknya di hight scholl folk dan rock bands di California. 
Pada tahun 1977, Michael Franks telah merilis album yang berjudul "SLEEPING GIPSY" yaitu sebuah album Jazz Pop,  dengan lagu-lagunya :
The lady wants to know, I really hope It's you, In the eye of the storm, B'wana-he no home, Don't be blue, Antonio's song (the rainbow), 6 Chain reaction, Down in Brazil.

3.  Salena Jones


(dok.cdbang.com)

Salena Jones adalah seorang penyanyi wanita yang berasal dari Amerika Serikat, dengan albumnya yang berjudul "STORMY WITH LUV". 
Dengan lagu-lagunya yang cukup enak untuk dinikmati, seperti :
Just the way you are, All in love is fair, Send in the clowns, What I did for love, You've got a friend, Nobody does It better, If, Everything must change, Yesterday when I was young, A song for you.
Demikian sekilas pengertian dari musik Jazz, dan penyanyi yang terkenal dengan musik Jazz Popnya, beserta lagu yang direalise dari album tersebut.

Dapat dibaca artikel lain : 5 Musisi Jazz Yang Paling Populer Dan Berpengaruh Dalam Perkembangan Musik Jazz

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang MUSIK JAZZ YANG SPORADIS MENGGAMBARKAN UNSUR SPONTANITAS , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar