Celline Dion, Penyanyi Pop Dan Diva Pop Dunia Dengan Suara Luar Biasa


Celine Dion penyanyi asal Kanada, album albumnya berbahasa Inggris dan Perancis
(sumber gbr : freeimages2016.tk)

Celline Dion, artis Kanada berbahasa Perancis terlaris

Celline Dion merupakan seorang penyanyi pop terkenal di dunia dan diva musik pop keturunan Perancis Kanada yang sukses melalui lagu The Power of Love dan Where does My Heart Beat Now.

Ulasan tentang karir musik Celline Dion

Dia mempunyai nama asli sejak lahir Celine Marie Claudette Dion lebih dikenal dengan nama Celline Dion, lahir di Charlemagne, Quebec, Kanada, pada tanggal 30 Maret 1968. 
 
Celine Dion dikaruniai 3 orang anak yang bernama Nelson Angelil, Rene Charles Angelil dan Eddy Angelil dan seorang suami yang bernama Rene Angelil (m 1994).

Celline Dion merupakan seorang penyanyi keturunan Perancis-Kanada sebagai anak bungsu dari ke 14 saudaranya, dan tampil menyanyi untuk pertama kalinya pada usia 5 tahun di acara pesta pernikahan kakaknya.
 
Pada saat itu dia sudah bercita-cita ingin menjadi seorang penyanyi dan saat itu dia tampil dengan menyanyikan lagu "Dufil des aiguilles et du cotton" dari Christine Charbonnean.

Selain sebagai penyanyi dia juga sebagai penulis lagu, dan mulai aktif dikarir musiknya pada tahun 1980.
 
Dia mulai merilis debut rekamannya pada tahun 1981 sebagai penyanyi berbahasa Perancis dengan bimbingan dari Rene Angelil, yang akhirnya menjadi suaminya, pada akhirnya Celline Dion sukses dan berhasil menjadi seorang penyanyi yang terkenal di berbagai negara di dunia.

Album pertamanya berbahasa Inggris yang mulai dirilis pada tahun 1990, dengan judul "Unison". Album ini menghasilkan single "Where does my heart beat now" yang menduduki Top 5 tangga lagu Billboard 100. 
 
Melalui album ini juga, namanya berhasil terkenal di Amerika Utara dan di seluruh negara-negara didunia. Dia berhasil menjadi aktris tersukses dalam sejarah musik pop dengan lagu yang menggunakan bahasa Inggris dan Perancis.

Untuk pertama kalinya, dia berhasil dikenal secara internasional ketika dia mendapatkan kemenangan di Festival Musik Yamaha 1982 dan pentas lagu Eurovision tahun 1988,  pada saat itu dia sebagai wakil dari Swiss.

Album "The colour of my love" dengan single "The power of love", "Think twice" dan "To love you more".
 
Album ini berhasil melejit kepuncak tangga lagu dan terjual lebih dari 20 juta diseluruh dunia serta memperoleh penghargaan "Worlds best selling Canadian Female Recording artist of the year pada Word Music Awards.

Tahun 1999 merupakan sukses terbesar dari Celline Dion, tetapi dia justru beristirahat karena ingin berkumpul dengan suaminya yang terkena penyakit kanker. 
 
Sampai akhirnya dia mulai aktif lagi didunia musik yang cenderung beraliran pop pada tahun 2002, selain musik pop dia juga banyak terpengaruh oleh aliran lain diantaranya adalah rock, R&B gospel dan klasik.

Celline Dion selain menyanyi dalam bahasa Inggris dan Perancis, dia juga menyanyikan lagu dalam bahasa Spanyol, Italia, Jerman, Latin, Jepang, Mandarin China. 
 
5 Grammy Awards berhasil diraihnya melalui album terbaik tahunan untuk lagu "Falling into you" dan rekaman terbaik untuk "My heart will go on"  berhasil diraihnya.

Prestasi lain yang diperoleh Celline Dion, diantaranya :

- Artis Kanada yang mencapai penjualan terbaik sepanjang masa
- Artis ke 2 paling laku di Amerika Serikat
- Satu-satunya artis yang mempunyai 2 single dengan penjualan lebih dari 1 juta, melalui single "Falling into you" dan "Let's talk abaut love". Kedua single tersebut bersertifikat berlian di Amerika Serikat.
- Penjualan albumnya mencapai lebih dari 175 juta diseluruh dunia dan menjadi artis terlaris sepanjang masa.
- Salah satu dari ke 3 artis Kanada yang terdaftar sebagai artis terlaris dunia, setelah Bryan Adams dan Shania Twain.

Penyanyi kelahiran 1968 ini mendapat julukan Queen of Power Ballads dan populer karena vokalnya yang kuat serta mengusai teknis vokal. Musik Celline Dion yang dipakai saat itu yaitu dengan menggabung beberapa genre seperti pop, rock, r&b, gospel dan musik klasik.

Walaupun dalam menyanyi, dia menggunakan beberapa bahasa antara lain bahasa Italia, Spanyol, Jepang, Cina, Latin dan Jerman tetapi rekamannya banyak menggunakan bahasa Inggris dan Perancis.

Suami Celine Dion bernama René Angélil, dialah yang telah melihat Celine Dion ketika tampil sebagai bintang remaja dan dia yang membimbingnya hingga menelurkan sejumlah album di tahun 1980 an.

Selain itu, Celine Dion berhasil menjadi pemenang kontes Lagu Eurovision 1988 mewakili Swiss dengan membawakan lagu Ne partez pas sans moi.

Album debut Celine Dion Unison dirilis tahun 1990 dan album ini telah mengantarkannya menjadi artis pop di Amerika Utara sedangkan The Color of My Love yang dirilis tahun 1993 membawanya hingga menjadi artis tenar secara global.

Kesuksesannya terus berlanjut di sepanjang tahun 1990 an dengan merilis 2 album berbahasa Inggris terlaris sepanjang sejarah, antara lain :

Falling into You dan Let’s Talk About Love yang dirilis tahun 1996 dan 1997. Kedua album ini mendapatkan sertifikasi diamond di AS dengan pencapaian penjualan sebanyak 30 juta album di seluruh dunia.

Selain itu, lagu lagu Celine Dion berhasil menjadi lagu lagu hits peringkat 1 internasional, antara lain :

The Power of Love, Think Twice, To Love You More, Because You Love Me, It’s All Coming Back to Me Now, I’m Your Angel, That’s the Way It Is, I’m Alive dan My Heart Will Go On.

Lagu Celine Dion My Heart Will Go On ini telah digunakan untuk tema film Titanic tahun 1997 dan lagu ini juga telah memantapkan popularitas karir musik Celine Dion.

Untuk selanjutnya, Celine Dion terus merilis album berbahasa Prancis dan juga album berbahasa Inggris lainnya, diantaranya :

- D’eux dirilis tahun 1995 merupakan album terlaris berbahasa Prancis

- S’il suffisait d’aimer, Sans Attre dan Encore un Soir dirilis tahun 1998, 2012 dan 2016. Ketiga album ini bersertifikasi diamond di Prancis.

Konser Celine Dion A New Day ... di Las Vegas menjadi konser residensi terlaris sepanjang masa dan merupakan penampilan live yang sukses, sedangkan Taking Chance World Tour menjadi salah satu konser terlaris tahun 2000 an.

Prestasi Celine Dion semasa karir musiknya antara lain :

- Menjadi seorang artis berpenghasilan paling tinggi saat itu dan pencapaian penjualan albumnya diseluruh dunia sebesar 200 juta album.

- Menjadi artis Kanada terlaris dan artis berbahasa Prancis terlaris dalam sejarah musik serta menjadi salah satu artis terlaris sepanjang masa.

- Menjadi artis ke 6 tersukses dalam sejarah Billboard 200 AS dan pencapaian penjualan albumnya di Erpa hingga 50 juta album yang diakui oleh IFPI.

- Berada di urutan terbanyak ke 2 dalam penjualan album artis wanita dalam sejarah karena 7 albumnya terjual di seluruh dunia hingga 10 juta kopi.

- Masuk urutan 4 sebagai vokalis pop paling menonjol oleh Cover Magazine dan urutan ke 9 suara terbesar di musik oleh MTV.

- Menjadi salah satu artis tur berpendapatan kotor tertinggi dalam sejarah di urutan ke dua, dengan pendapatan sebesar US$ 1 miliar.

- Menjadi artis wanita dengan bayaran tertinggi di dunia di tahun 1997, 1998, 2004 dan 2006 menurut Forbes.

- Salah satu artis yang mendapatkan gelar doktor kehormatan di bidang musik dari Berklee College of Musik dan Université Laval.

Awal karir Celine Dion

Orang tua Celine Dion, ibunya bernama Thérèse (née Tanguay) sebagai seorang ibu rumah tangga dan ayahnya bernama Adhémar Dion berprofesi sebagai tukang daging. Ayahnya dan ibunya sudah meninggal dunia pada tahun 2003 dan 2020.

Meskipun Celine Dion dibesarkan di lingkungan miskin tetapi dia merasa bahagia bersama keluarganya.

Musik memang telah menjadi bagian dari keluarga Dion sehingga nama Céline diambil dari sebuah lagu yang direkam oleh penyanyi Hugues Aufray.

Penampilan pertama Celine Dion terjadi pada pada tahun 1973, saat pernikahan dari saudara laki lakinya yang bernama Michel. Ketika itu, dia membawakan lagu Du fil, des aiguilles et du coton milik Christine Charboneau.

Impian Celine Dion sejak masih usia muda memang ingin menjadi seorang penyanyi sehingga pada usia 12 tahun, dia berkolaborasi dengan ibunya dan saudara laki lakinya yang bernama Jacques untuk membuat lagu pertamanya berjudul Ce n’était qu’un rêve.

Lagu Ce n’était qu’un rêve berarti It Was Only a Dream atau Nothing But A Dream dan rekaman lagu ini dikirim ke manajer musik René Angélil oleh Michel.

Mendengar rekaman suara Dion ini, Angélil sampai menitikkan air mata karena berkeinginan untuk dapat menjadikan Dion seorang bintang.

Untuk membiayai rekaman pertamanya Celine Dion La Voix du bon Dieu pada tahun 1981, dia harus menggadaikan rumahnya.

Namun demikian, usahanya tersebut tidak sia sia karena lagu ini menjadi hit lokal urutan 1 sehingga Celine Dion berhasil menjadi seorang bintang di Quebec.

Akhirnya popularitas Celine Dion mulai meluas ketika dia memenangkan penghargaan musisi untuk Top Performer dan meraih medali emas untuk lagu terbaik melalui Tellement j’ai d’amour pour toi.

Dia juga menjadi artis kanada pertama yang mendapatkan rekor gold di Prancis melalui lagu D’amour ou d’amitié atau Of Love or of Friendship. Selain itu, Celine Dion berhasil menenangkan Félix Awards pada tahun 1983.

Ketika melihat penampilan Michael Jackson, Celine Dion menyampaikan kepada Angélil bahwa dia ingin menjadi bintang seperti Michael Jackson.

Ketika itu, Celine Dion baru berusia 18 tahun, sehingga dia dipermark penampilannya dengan menjalani operasi gigi dan dikirm ke École Berlitz untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya.

Dia juga pernah menjalani operasi pita suara pada tahun 1989 ketika konser di turnamen Incognito suaranya pecah dan melakukan pelatihan vokal dengan William Riley.

Album Unison

Album Unison dengan single utama Celine Dion Unison ini mendapat tanggapan bagus dan direkam oleh Junir dan Laura Branigan, sebagian besar dari album ini dipengaruhi oleh musik soft rock.

Album ini menelurkan single seperti (If There Was) Any Other Way, The Last to Know, Unison dan Where Does My Heart Beat Now. Lagu lagu Celine Dion ini merupakan balada soft rock yang bertempo sedang dan menonjolkan permainan gitar listrik.

Lagu Where Does My Heart Beat Now berhasil bertengger di peringkat 4 di hit 10 besar di Billboard Hot 10 AS.

Melalui duet dengan Peabo Bryson, Celine Dion berhasil menembus taraf internasional pada tahun 1991 melalui lagu film animasi Disney Beauty and the Beast, menjadi hit 10 besar pertamanya di Inggris dan hit 10 besar kedua di AS.

Melalui lagu ini, Celine Dion mendapat Grammy Awards untuk Penampilan Terbaik oleh Duo atau Grup dengan Vokal dan lagu ini menjadi single utama dari album self titlednya tahun 1992 dengan mengkombinasikan musik pop rock dengan soul dan musik klasik.

Jika dibandingkan dengan album Unison, album ini lebih diterima secara komersial, sehingga berhasil mendapatkan sertifikasi diamond di Kanada dan double platinum di AS.

Single kedua If You Asked Me To dari album ini berhasil melejit dipuncak pertama kalinya di Kanada dan bertengger di urutan 4 di Billboard Hot 100 AS.

Album Dion Chante Plamondon dan Un garçon pas comme les autres (Ziggy)

Album Celine Dion Dion Chante Plamondon merupakan album berbahasa Perancis, album ini menelurkan 4 lagu baru Des mots qui sonnent, Je danse dans ma tête, Quelqu’un gue j’aime, quelqu’un qui m’aime dan L’amour existe encore.

Album Un garçon pas comme les autres (Ziggy) dirilis secara internasional pada tahun 1994. Album ini berhasil meraih sukses besar dan melejit diperingkat 2 di Perancis dan mendapatkan sertifikasi gold.

Melalui album Unison dan munculnya Celine Dion di media terkenal telah membuat dirinya menjadi bintang besar di Amerika Utara pada tahun 1992. Kondisi naiknya kesuksesan Celine Dion di AS telah membuat penggemarnya di Kanada merasa terabaikan.

Album The Color of My Love dan D’eux

Album Celine Dion The Color of My Love dan D’eux dirilis tahun 1993 dan 1995, menggambarkan perasaan cintanya Celine Dion kepada manajernya Angélil sehingga mereka berdua menikah pada tahun 1994.

Album ini, menjadi album paling sukses karena mencapai penjualan hingga 6 juta kopi di AS, 2 juta kopi di Kanada dan mencapai puncak di berbagai negara. Selain itu, The Color of My Love menjadi hit besar pertamanya di Eropa terutama di Inggris.

Single pertama album ini The Power of Love menjadi hit khas dari Celine Dion di banyak negara sehingga menghantarkannya di puncak karirnya di tahun 1985 dan akhir tahun 1990 an.

Celine Dion dan Clive Griffin berduet membawakan lagu When I Fall in Love, lagu ini mencapai kesuksesan moderat di tangga lagu AS dan Kanada.

Single Think Twice bertengger di puncak tangga lagu Inggris dan mencapai penjualan hingga 1 juta kopi sehingga album ini mendapatkan sertifikasi 5 kali platinum.

Meskipun sukses dengan album berbahasa Inggris tetapi dia masih tetap mempertahankan akar bahasa Perancisnya. Hal ini, karena karyanya yang menggunakan bahasa Perancis memperoleh krediilitas lebih baik bila dibandingkan dengan yang berbahasa Inggris.

Album live Celine Dion À l'Olympia dirilis tahun 1994, album ini diambil dari salah satu konsernya di Paris Olympia dan menampilkan single promosi Calling You versi live. Single ini berada di peringkat 75 tangga lagu Perancis.

Album liburan tahun 1994 A Very Merry Chipmunk, Celine Dion bersama dengan Alvin and the Chipmunks membawakan lagu bilingual Petit Papa Noël.

Album Celine Dion yang populer dengan The French Album di Amerika adalah album D’eux yang menjadi album terlaris sepanjang masa.

Album ini menghasilkan single Pour que tu m’aimes encore dan Je sais pas, single pertama berhasil mendapatkan sertifikasi platinum di Perancis dan berada di 10 besar di Inggris dan Irlandia.

Sedangkan singe keduanya melejit dipuncak tangga lagu Perancis dan memperoleh sertifikasi silver di Perancis.

Album Falling into You dan Let’s Talk About

Album Celine Dion Falling into You merupakan album debut berbahasa Inggris ke 4 yang paling sukses secara komersial. Album ini telah mencampurkan banyak elemen seperti suara orkestra yang rumit, nyanyian Afrika serta efek musik lain yang komplek.

Album ini menggunakan alat musik seperti gitar Spanyol, trombon, cavaquinho maupun saksofon.

Single single yang dihasilkan seperti Falling into You, River Deep – Mountain High (merupakan cover Tina Turner) yang lebih menonjolkan musik perkusi, It’s All Coming Back to Me Now yang lebih menonjolkan suara klasik piano dan Since You Loved Me yang menjadi tema film Up Close and Personal tahun 1996.

Selain itu, album ini menduduki peringkat 1 di AS dan mendapatkan sertifikasi 12 kali platinum dengan pencapaian penjualan hingga 12 juta kopi, mendapatkan sertifikasi diamond di Kanada dengan pencapaian penjualan hinga 1 juta kopi.

Album ini juga mendapatkan sertifikasi 9 kali platinum dari IFPI dan untuk album Let’s Talk About Love berhasil memenangkan Grammy Awards untuk Album Pop Terbaik.

Di dalam proses rekaman sekuel Falling into You dan Let’s Talk About Love menggandeng tamu istimewa seperti Barbra Streisand dengan Tell Him, Bee Gees dengan Immortality, Luciano Pavarotti dengan I Hate You Then I Love You.

Dia juga menggandeng musisi seperti Carole King, George Martin, Bryan Adams serta penyanyi Jamaika Diana King dengan Treat Her Like a Lady.

Let’s Talk About Love mampu memuncak di seluruh dunia dan mendapatkan 11 sertifikasi platinum di AS, berada di puncak tangga lagu AS dan mendapatkan sertifikasi diamond di Kanada.

Single My Heart Will Go On merupakan lagu paling sukses bagi Celine Dion dari album ini. Hal ini, karena mencapai tangga lagu di seluruh dunia dan menjadi tema cinta untuk film blockbuster tahun 1997 Titanic.

James Horner dan Will Jennings sebagai penulis lagu ini, berhasil memenangkan Academy Award dan Golden Globe untuk lagu Asli Terbaik dan Celine Dion berhasil memenangkan 2 Grammy Awards untuk Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik dan Record of the Year.

Melalui lagu My Heart Will Go On dan Think Twice telah membuat Celine Dion menjadi satu satunya wanita Inggris yang mengantongi 2 single yang terjual lebih dari 1 juta kopi.

Album These Are Special Time dan S’il suffisait d’aimer

Celine Dion merilis 2 album pada tahun 1998 The Christmas album These Are Special Time dan album berbahasa Perancis S’il suffisait d’aimer dan merilis 1 album di tahun 1999 All the Way ... A Decade of Song.

Single I’m Your Angel berduet dengan R. Kelly, merupakan single ke 4 yang melejit dipuncak single di AS dan sukses besar di seluruh dunia.

Single kedua album The Prayer berduet dengan Andrea Bocelli menjadi lagu soundtrack film Quest for Camelot berhasil memenangkan Penghargaan Golden Globe untuk Lag Asli Terbaik.

Celine Dion All the Way sudah berhasil sukses mengumpulkan lagu lagu hit selama satu periode dan ditambah lagi 7 lagu baru, antara lain :

That’s the Way It Is, cover lagu The First Time Ever I Saw milik RobertaFlack Your Face dan All the Way dengan berduet bersama Frank Sinatra.

Selain itu, album All the Way menjadi salah satu album kompilasi terlaris sepanjang masa. Album ini berhasil disertifikasi 7 kali platinum di AS. Lagunya juga berada di puncak tangga lagu di 3 negara, Inggris, Australia dan Kanada.

S’il suffisait d’aimer mejadi album berbahasa Perancis terakhir di tahun 1990 an, album ini memuncak ditanggga lagu Perancis, Swiss, Belgia dan Kanada dan bersertifikasi diamond.

Status Celine Dion sebagai salah satu Diva pop menjadi semakin mantap setelah dia diminta tampil bersama beberapa superstar seperti Aretha Franklin, Gloria Estefan, Shania Twain dan Maria Carey di acara khusus Divas Live VH1 tahun 1998.

Tahun 1999, Celine Dion dilantik kedalam Canadian Broadcast Hall of Fame dan mendapatkan bintang di Walk of Fame Kanada.

Setelah Celine Dion merilis 13 album selama tahun 1990 an maka untuk sementara dia beristirahat untuk menikmati hidup, apalagi Angélil didiagnosis menderita kanker esofagus sehingga lebih mendorongnya untuk hiatus.

Celine Dion dan Angélil dikaruniai seorang anak laki laki bernama René-Charles Dion Angélil.

Autobiografi Celine Dion My Story, My Dream diterbitkan tahun 2001 yang menceritakan kisah hidupnya yang miskin hingga menjadi kaya.

Album A New Day Has Come

Akhirnya Celine Dion mengakhiri cutinya dengan merilis album A New Day Has Come pada tahun 2002. Album ini menelurkan lagu A New Day Has Come dan Goodbye’s (The Saddest Word).

A New Day Has Come berhasil bertengger di peringkat 1 di 17 negara termasuk di Inggris dan Kanada, melejit dipuncak di Billboard 200 di AS, disertifikasi 3 kali platinum di AS, 6 kali platinum di Kanada.

Lagu Because You Loved Me memecahkan rekor berada dipuncak menggeser pemegang rekor sebelumnya lagu You’ll Be in My Heart milik Phil Collins.

Single I’m Alive digunakan untuk soundtrack Stuart Little 2 tahun 2002. Single ini berhasil berada di peringkat 2 di European Hot 100 Singles dan peringkat 2 di Hot Adult Contemporary Tracks di AS.

Celine Dion tampil di konser untuk VH1 Save The Music Foundation tahun 2002 bersama dengan beberapa artis seperti Cher, Anastacia, Dixie Chicks, Mary J, Blige, Whitney Houston, Cyndi Lauper, Shakira dan Stevie Nicks.

Album One Heart dirilis tahun 2003 tetapi album ini meskipun mampu melejit tetapi tetap mendapat kritikan sebagai album yang dangkal.

Album Celine Dion Miracle

Untuk selanjutnya dirilis album Celine Dion Miracle pada tahun 2004, album ini berisi lagu pengantar tidur, lagu lagu cinta serta inspirasi keibuan lainnya antara lain cover dari Whta a Wonderful World karya Louis Amstrong dan Beauty Boy karya John Lennon.

Album Miracle melejit diperingkat 4 di chart Billboard 200 dan di peringkat 1 di Kanada dan mendapat sertifikasi platinum dari RIAA.

S’il suffisait d’aimer dan D’eux merupakan 2 album Perancis terlaris Celine Dion karena berhasil meraih kesuksesan komersial di 3 negara yaitu di Perancis, Kanada dan Belgia, memperoleh sertifikasi 2 kali platinum.

Selama rehatnya, Celin Dion mulai menyusun rekaman maupun penampilan perdananya di tahun 2003 dengan mencontoh model Colosseum Romawi, setelah dia menyaksikan O oleh Franco Dragon.

Dalam penampilan pembukaan sebagai pembawa acara spesial televisi, banyak dihadiri bintang bintang tenar seperti Justin Timberlake, Dick Clark, Alan Thicke, Kathy Griffin dan Lance Bass.

Di acara tersebut merupakan kombinasi antara musik, tarian serta efek visual dan juga menampilkan lagu hits terbesar Celine Dion, agar dapat menandingi penari maupun pemakaian efek spesial tadi.

Di acara ini ticketnya selalu terjual habis sehingga telah berhasil mendapatkan penghasilan yang berada diperingkat 6 dalam daftar penghasilan uang Billboard tahun 2005.

DVD live Celine Dion in Las Vegas: A New Day .. yang dirilis tahun 2007 di Eropa dan Amerika Utara karena menurut Billboard pertunjukan ini menjadi residensi paling sukses sepanjang masa dan berhasil meraup $565,73 juta (sesuai harga dollar di tahun 2023).

Album D’elles dan Taking Chance

Album Celine Dion D’elles merupakan album berbahasa Perancis yang dirilis tahun 2007. Album ini sukses bertengger di puncak tangga album Kanada, menjadi peringkat pertama yang ke 10 bagi Celine Dion dan berhasil mendapatkan sertifikasi 2 kali platinum.

Selain itu, album ini juga melejit di Perancis dan Belgia demikian juga lagu pertama Et s’il n’en retait qu’une (je serais celle-là) berhasil menduduki peringkat 1 tangga lagu Perancis.

Pada tahun yang sama juga dirilis album berbahasa Inggris Taking Chance di Eropa dan Amerika Utara.

Di album ini menampilkan musik pop, r&b dan rock, Celine Dion juga berkolaborasi dengan penyanyi r&b, penulis lagu Ne-Yo, John Shanks, Ben Moody, Kristian Lundin, Peer Åström, Linda Perry dan Yuna Ito.

Tur Taking Chance global berhasil sukses besar di AS sehingga Celine Dion mulai meluncurkan tur selama 1tahun di Afrika dan di 5 benua dengan melakukan sebanyak 132 kali pertunjukan di stadion maupun di arena.

Celine Dion mengadakan konser gratis bertema Céline sur les Plaines yang sebagian besar berbahasa Perancis. Konser diadakan di luar ruangan pada peringatan 400 tahun kota Quebec pada tahun 2008.

Konser live ini dirilis di Quebec dalam bentuk DVD pada tahun 2008 dan tahun berikutnya dirilis di Perancis. Album hits terbesar Celine Dion My Love: Essential Collection berbahasa Inggris dirilis diseluruh dunia pada tahun 2008.

Celine Dion ditetapkan sebagai artis terlaris dekade ini ke 20 pada tahun 2009 dan artis terlaris wanita dekade ini, urutan kedua di Amerika Serikat dengan pencapaian penjualan hingga 17,57 juta kopi sejak tahun 2000.

Film dokumenter tur Taking Chance berjudul Celine: Throught the Eyes of the World dirilis ke bioskop pada tahun 2010 dan dilanjutkan dirilis dalam bentuk blue-ray dan DVD.

Untuk menghormati sang super star 3-D Michael Jackson, Celine Dion bersama dengan Carrie Underwood, Usher, Jennifer Hudson dan Smokey Robinson membawakan lagu Earth Song di ajang Grammy Awards ke 52 tahun 2010.

Celine Dion menjadi artis yang berpenghasilan terbesar peringkat 1 dari 10 orang dengan penghasilan terbesar pada tahun 2010 menurut Los Angeles Times dan ditetapkan sebagai Artis Dekade ini di Quebec pada tahun 2009 oleh Le Journal de Québec.

Selain itu, Celine Dion juga ditetapkan sebagai musisi terpopuler di AS dalam Harris Poll pada tahun 2010, berhasil mengalahkan U2, Elvis Presley dan The Beatles.

Single Voler dibawakan berduet dengan penyanyi Perancis Michael Sardou pada tahun 2010 dan lagu ini dimasukkan kedalam album Sardou. Ditahun yang sama, Celine Dion menulis lagu Entre deux mondes untuk penyanyi Kanada yang bernama Marc Dupré.

Residensi Celine yang menampilkan semua lagu lagu reteptoar Celine Dion untuk mempromosikan kembalinya dia ke Las Vegas dan penampilannya ini menjadi resisdensi tersukses kedua sepanjang masa menurut Billboard.

Film dokumenter Celine Dion berjudul Celine: 3 Boys and a New Show berhasil menjadi acara yang menempati ranking ke 2 di TV OWN Kanada.

Parfum koleksi Celine Dion yang diberi nama Signature dirilis untuk yang ke 14 kalinya. Untuk selanjutnya The Best of Celine Dion & David Foster dirilis tahun 2012 di Asia.

Pada tahun yang sama dirilis album berbahasa Perancis Sans Attendre, album ini sukses meraih status diamond khususnya di Perancis.

Album Loved Me Back to Life dan Céline une seule fois/ Live

Di album Loved Me Back to Life, Celine Dion berkolaborasi dengan penulis lagu dan produser ternama serta berduet dengan Ne-Yo dan Stevie Wonder.

Single pertama dari album ini dirilis tahun 2013 dan dilanjutkan lagi dengan single berikutnya Loved Me Back to Life, Breakaway, Incredible dan Water and a Flame. Pada tahun yang sama, Celine Dion mengadakan tur Sans Attendre di Belgia dan Perancis.

Album Céline une seule fois/ Live 2013 dirilis tahun 2014 dalam bentuk 2 CD/ DVD dan 2 CD/ Blue-ray pada tahun 2014. Rilisan album ini, berhasil bertengger di 10 besar tangga album Perancis, Kanada dan Belgia Wallonia.

Pada tahun 2014, Celine Dion menunda aktivitas bisnis pertunjukannya dan membatalkan Tur Asia nya karena kondisi kesehatan suaminya yang memburuk setelah menjalani pengangkatan tumor kanker pada tahun 2013.

Namun demikian, pada tahun 2015 dia mengumukan akan kembali ke The Colosseum di Caesars Palace tetapi dia membatalkan sisa pertunjukannya karena meninggalnya suami dan saudara laki lakinya pada tahun 2016 yang disebabkan penyakit kanker.

Pada tahun 2016, dia merilis single Perancis Encore un soir, cover lagu Queen The Show Must Go On didukung permainan biola Lindsey Stirling. Celine Dion meraih Billboard Icon Award karena pengakuan atas karir Celine Dion selama 3 dekade.

Album ini berisi 15 lagu yang dibawakan Celine Dion dalam bahasa Perancis. Album ini berhasil melejit dipuncak tangga lagu Perancis, Kanada, Belgia dan Swiss, menadapatkan sertifikasi diamond di Perancis, 2 kali platinum di Kanda dan platinum di Belgia dan Swiss.

Pencapaian penjualan album ini hingga 1,5 juta kopi diseluruh dunia. Celine Dion telah melakukan tur pada tahun 2016 dan 2017 di Eropa, Kanada  dan 2 tur konser yang sukses terjual habis tiketnya.

Lagu Recovering yang ditulis oleh Pink dirilis tahun 2016 dan pada tahun 2017 dirilis How Does a Moment Last Forever untuk Beauty and the Beast: Original Motion Picture Soundtrack.

Untuk kompilasi Un peu de nous melejit di puncak tangga lagu di Perancis tahun 2017. Tahun berikutnya, Celine Dion merilis single Ashes dari film Deadpool 2, untuk versi remixnya berhasil melejit di puncak tangga lagu US Dance Club Songs.

Di sebuah konser penghormatan Aretha Franklin berjudul Aretha! A Grammy Celebration for the Queen of Soul pada tahun 2019, Celine Dion membawakan A Change Is Gonna Come.

Celine Dion menjadi salah satu dari 11 penyanyi asal Quebec dalam rangka membawakan single Tu trouveras la paix milik Renée Claude dalam partisipasi rekaman supergrup, setelah Renée Claude didiagnosis penyakit Alzheimer.

Album Courage

Album berbahasa Inggris Celine Dion Courage dirilis tahun 2019 dan tur Courage 2019/2020 diumumkannya.

Album ini melejit dipuncak di Billboard 200 AS, menjadi album ke 11 yang berada di 10 besar yang ke 13 di Billboard 200 dan peringkat 1 di AS pertama kalinya dalam 17 tahun setelah A New Day Has Come di tahun 2002.

Celine Dion berhasil menjadi wanita ke 4 yang berhasil mengantongi album peringkat 1 dalam 3 dekade setelah penyanyi Janet Jackson, Barbra Streisand dan Britney Spears. Untuk selanjutnya, dia merilis 3 lagu Lying Down, Courage dan Imperfections.

Celine Dion 2020, merilis 2 lagu eksklusif Spotify : versi akustik dan Imperfections serta cover Wicked Game milik Chris Isaak.

Pada tahun yang sama, dia mengumumkan akan mengadakan Courage World Tour yang akan dimulai tahun 2021, setelah tertunda karena pandemi COVID-19.

Pada tahun 2020, Celine Dion kembali dicantumkan sebagai musisi dengan bayaran tertinggi ke 3 atau kedua oleh artis wanita dengan total penghasilan $17,5 juta, menurut Billboard.

Celine Dion 2021, menyumbangkan vokal untuk lagu Superwoman pada album Diane Waren tahun 2021 berjudul Diane Warren : The Cave Sessions Vol.1.

Celine Dion 2022, akan mengadakan konser di AS dan Kanada tetapi konser ini dibatalkan karena Celine Dion mengalami kejang otot yang parah dan berlangsung terus menerus sehingga tidak dapat tampil di panggung.

Kondisi masalah kesehatannya ini, didiagnosis menderita stiff person syndrome yang merupakan penyakit syaraf langka yang telah menyebabkan kejangnya.

Celline Dion 2023, telah membatalkan tur dan sisa konsernya untuk berjuang melawan penyakitnya tersebut.

Selanjutnya, dia mulai debut dilayar lebar untuk film Love Again dan merekam 5 lagu baru, salah satunya adalah single Love Again sebagai single pertamanya beserta soundtracknya dirilis tahun 2023.

Celine Dion 2024, sebuah film dokumenter I Am: Celine Dion yang menceritakan tentang kehidupannya dengan stiff person syndrome. Film dokumenter ini akan mulai streaming pada bulan 25  Juni 2024 dan soundtrack I Am : Celine Dion akan dirilis 21 Juni 2024.

Remix masup dari I’m Alive dan lagu The Whispers, And the Beat Goes On dirilis tahun 2024.

Beberapa penyanyi yang menjadi idola Celine Dion antara lain Michael Jackson, Aretha Franklin, Charles Aznvour, Carole King, Anne Murray, Barbra Streisand, Whitney Houston dan Bee Gees.

Michael Jackson juga menjadi motivasi bagi Celine Dion untuk belajar bahasa Inggris sejak tahun 1980 an.

Untuk musiknya dipengaruhi oleh genre musik pop, rock, gospel, r&b dan soul, sedangkan untuk lirik lagunya banyak mengambil tema kemiskinan, kelaparan dunia, spiritualitas yang menekankan pada cinta serta romansa.

Meskipun Celine Dion mengaku memiliki suara mezzo-soprano ketika berusaha untuk mengadaptasi jenis suara klasik banyak terjadi kontroversi dan muncul komentar bahwa yang dinyanyikannya hanya suara sopran.

Suaranya memiliki timbre yang tipis dan sedikit sengau, dengan nada rendah serak dan nada tinggi seperti kaca lonceng.

Celine Dion bersama dengan Whitney Houston dan Mariah Carey digambarkan sebagai Queen of Pop. Hal ini, karena pengaruhnya pada industri rekaman tahun 1990 an.

Celine Dion mempunyai 3 macam gaya nyanyian yang dipakainya antara lain gaya Québécois, Perancis dan Amerika.

Celine Dion menjadi pengaruh besar kepada banyak artis dan menjadi salah satu penyanyi favorit mereka antara lain artis :

BritneySpears, Rihanna, Katy Perry, Miley Cyrus, DemiLovato, Adele, Rachelle Ann Go, Josh Groban, Delta Goodrem, Leona Lewis, Jennifer Hudson, Vanessa Hudgens, Kelly Clarkson, Perrie Edwards, Loren Allred. Wanessa Camargo (penyanyi Brazil), Ariana Grande, Sam Smith, Frank Ocean, Ava Max, Charlotte dan V.

Selain itu, ada banyak juga artis yang memuji kehebatan Celine Dion dalam menyanyi, artis tersebut antara lain Beyoncé, Elton John, Carlos Santana, Coldplay, OneRepublic, Sharon Osbourne, Ne-Yo, Nicole Scherzinger, Carole King, Barbra Streisand, Luciano Pavaroti, Bee Gees, Justin Bieber, Sir George Martin, Drake, Jean Jacques Goldman dan Cher.

Konduktor Met Opera dan direktur musik yang bernama Yannick Nézet-Séguin juga memuji suara Celine Dion dan berminat untuk bekerja sama dengannya.

Seorang penyanyi yang di gadang gadang oleh pers sebagai Celine Dion musik country adalah penyanyi country Martina McBridge.

Celine Dion merupakan seorang penyanyi luar biasa dan penyanyi terbaik di masa generasinya, memiliki instrumen yang luar biasa dan penampilan panggung yang dinamis.

Hal ini, disampaikan oleh Diane Warren, Quincy Jones, Tommy Mottola, DavidFoster, Shania Twain dan Jennifer Lopez.

Celine Dion menyamai Michael Bublé dan Arcade Fire dalam Rekor Dunia Guinness untuk Penghargaan Juno terbanyak yang dimenangkan untuk Album Terbaik Tahun ini.

2 album berbahasa Perancis Celine Dion D’eux dan S’il suffisiit d’aimer menjadi album berbahasa Perancis terlaris dalam sejarah.

Hal ini, karena kesuksesan ini belum pernah terjadi sebelumnya di pasar non-Francophone seperti di negara Inggris, Polandia, Belanda, Portugal, Yunai, Austria, Jepang dan New Selandia.

Oleh sebab itu, Celine Dion mendapatkan penghargaan tertinggi Perancis sebagai Knight of the Legion of Horor oleh Presiden Perancis Nicolas Sarkozy.

Celine Dion Las Vegas

Celine Dion di Las Vegas juga dipuji karena telah merevitalisasi dan merevolusi dunia hiburan di Las Vegas dan sukses besar untuk resisdensinya.

Oleh sebab itu, Celine Dion populer dijuluki Queen of Las Vegas karena telah membuka jalan bagi penyanyi terkenal seperti Britney Spears, pink, Katy Perry dan telah mengubah wajah Vegas modern.

Di dalam film serial animasi hit Totally Spies!, Celine di referensikan untuk memerankan karakter antagonis bernama Feline Dion pada tahun 2013. Selain itu, dia tampil di film animasi Total Drama Island.

Untuk selanjutnya, dia direferensikan untuk film animasi Turning Red untuk memerankan penjahat di Angloman pada tahun 2022.

Sebuah film Perancis Valérie Lemercier tentang kehidupan Dion, diperankan oleh Lemercier sebagai penyanyi yang bernama Aline Dieu.

Album Celine Dion berbahasa Perancis

- La voix du bon Dieu, Céline Dion chante Noël, tahun 1981

- Tellement j’ai d’amour, tahun 1982

- Les chemins de ma maison, Chants et contes de Noël, tahun 1983

- Mélanie, tahun 1984

- C’est pour toi, tahun 1985

- Incognito, tahun 1987

- Dion chante Plamondon, tahun 1991

- D’eux, tahun 1995

- S’ll suffisait d’aimer, tahun 1998

- 1 fille & 4 types, tahun 2003

- D’elles, tahun 2007

- Sans attendre, tahun 2012

- Encore un soir, tahun 2016

Album album Celine Dion berbahasa Inggris

- Unison, tahun 1990

- Celine Dion, tahun 1992

- The Colour of My Love, tahun 1993

- Falling into You, tahun 1996

- Let’s Talk About Love, tahun 1997

- These Are Special Times, tahun 1998

- A New Day Has Come, tahun 2002

- One Heart, tahun 2003

- Miracle, tahun 2004

- Taking Chances, tahun 2007

- Loved Me Back to Life, tahun 2013

- Courage, tahun 2019

Tur tur Celine Dion

- Les Chemins de ma maison, tahun 1983 - 1984

- Céline Dion en concert, tahun 1985

- Tournée Incognito, tahun 1988

- Unison Tour, tahun 1990 – 1991

- Celine Dion in Concert, tahun 1992 – 1993

- The Colour of My Love Tour, tahun 1994 – 1995

- D’eux Tour, tahun 1995 – 1996

- Falling into You: Around the World, tahun 1996 – 1997

- Let’s Talk About Love World Tour, tahun 1998 – 1999

- Taking Chances World Tour, tahun 2008 – 2009

- Tournée Européenne, tahun 2013

- Summer Tour, tahun 2016

- Celine Dion Live, tahun 2017 dan 2018

- Courage World Tour, tahun 2019 – 2020

Resisdencies Celine Dion

- A New Day, tahun 2003 – 2007

- Celine, tahun 2011 – 2019

Film film Celine Dion

Touched by an Angel, The Nanny, All My Children, La fureur de Céline, Des fleurs sur la neige, Quest for Camelot, Behind the Music, Céline sur les Plaines, Celine: Throught the Eyes of the World, Sur la piste du Marsupilami, Hell’s Kitchen, Muppets Most Wanted, Love Again.

Demikian ulasan dari penyanyi cantik yang mempunyai suara kuat dan lagu-lagu yang cukup enak untuk dinikmati dari Celline Dion.

Terima ksih sudah berkunjung diblog yang berisi artikel tentang CELLINE DION, PENYANYI POP DAN DIVA POP KELAS DUNIA DENGAN SUARA LUAR BIASA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar