Phil Collins, Vokalis Grup Band Genesis Aliran Pop Rock

(dok.en.wikiprdia.org)
(dok.bbc.co.uk)

Phil Collins, Vokalis Grup Band Genesis Aliran Pop Rock

VOKALIS GRUP PROGRESSIVE ROCK GENESIS, YANG BERSOLO KARIER SEBAGAI PENYANYI POP ROCK.

 Sekilas Tentang Phil Collins
Phil Collins mempunyai nama sejak lahir yaitu Philip David Charles Collins, tetapi lebih terkenal dengan nama Phil Collins. Dia  lahir pada tanggal 30 Januari 1951, di London, Inggris, orang tuanya bernama Greville Collins dan June Collins.
Phil Collins mempunyai istri yang bernama Orianne Cevey (1999 s/d 2008), Jill Tavelman (11984 s/d 1996), dan Andrea Bertorelli (11975 s/d 1980).

Karir Musik Phil Collins
Phil Collins adalah seorang musisi  pop/ rock asal Inggris yang cukup terkenal di awal tahun 1980 an,  berkarir dibidang penyanyi, penulis lagu, dan aktor.

Dia memulai kariernya sejak tahun 1968 sampai sekarang, dan awal kariernya dimulai sebagai drumer pertama di Grup Flamming Youth sampai akhirnya dia berhasil menjadi vokalis utama grup band Genesis.

Berbagai macam grup band pernah dia ikuti, diantaranya dia pernah menjadi anggota grup band seperti : Genesis, Brand x, Flaming Youth, Philip Bailey dan The Phil Collins Big Band.

Selama kariernya dibidang musik telah banyak melahirkan musik yang bergenre seperti Progressive Rock, Rock, Pop, Jazz Rock dan Big Band.
Pada tahun 1980 karir musiknya mulai menajak dimana kehadirannya didunia musik mulai berkibar dan dikenal juga sebagai vokalis grup progressive rock bernama Genesis dan Phil Collins juga berhasil menjadi pemenang Grammy Award.

Phil Collins mulai beralih ke solo karir antara tahun 1983 dan 1990, pada saat itu Phil Collins berhasil membuat 3 lagu dan 7 lagu yang berhasil menjadi lagu yang menduduki peringkat pertama di Inggris dan Amerika.

Selama tahun 1980, Phil Collins dalam solo karirnya sudah berhasil mempunyai 40 buah lagu di Top Amerika. Dan Lagu yang paling terkenal dari Phil Colliins seperti In The Air To Night, Against All Odds, Sussudio dan Another Day In Paradise.

Phil Chollins bersama keluarganya hidup di London Barat, dia sudah mulai belajar bermain drum sejak usia 5 tahun dan juga belajar disekolah drama dan pernah berperan sebagai aktor anak.

Kemudian Phil Collins mulai mengejar karir musiknya dengan bergabung ke grup band sebagai drumer pda tahun 1970, dan 5 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1975 dia berhasil menjadi vokalis utama setelah kepergian Peter Gabriel.
Pada awalnya Phil Collins banyak terinspirasi oleh hancurnya perkawinan dan kesukaannya pada musik soul, sehingga dia berhasil menelurkan beberapa album yang cukup sukses diantaranya adalah Face Value (1981), No Jacket Required (1985) dan But Seriously (1989).

Phil Collins berhasil menjadi salah satu penyanyi yang paling sukses di musik pop dan kontemporer pada tahun 1980 an. Akhirnya Phil Collins pensiun pada tahun 2011 karena ingik fokus pad keluarganya, meskipun pensiun Phil Collins masih tetap menulis lagu dan pada tahun 2015 dia kembali meramaikan industri musik. 

Prestasi yang berhasil diraih oleh Phil Collins diantaranya adalah :

- Album solo Phil Collins telah berhasil terjual 33,5 juta unit dan album di Amerika diperkirakan mencapai 150 juta di seluruh dunia. 
- Phil Collis merupakan salah satu artis terlaris didunia setelah Paul McCartney dan Michael Jackson karena telah menjual albumnya lebih dari 100 juta album diseluruh dunia. 
- Dia telah memenangkan Grammy Award, 6 Brit Award dan 2 Golden Awards, 1 buah penghargaan Academy dan Disney Legenda Award. 
- Pada tahun 2003, Phil Collins telah menerima sebuah bintang di Hollywood Walk Of Fame dan dilantik kedalam Songwriters Hall Of Fame.

Album Dan Single Pilihan Dari Phil Collins
Album Phil Collins yang berhasil dirilis dari tahun 1981 sampai dengan tahun 2004, adalah sebagai berikut :
- Tahun 1981 - Face Value.
- Tahun 1982 - Hello, I must Be Going.
- Tahun 1985 -  No Jacket Required.
- Tahun 1987 - 12" Ers (Kompilasi)
- Tahun 1989 - But Seriously.
- Tahun 1990 - Serious Hits .... Live !
- Tahun 1993 - Both Sides.
- Tahun 1996 - Dance Into The Light.
- Tahun 1998 - Hits (KKompilasi)
- Tahun 1999 - Phil Collins Big Band : A Hot Night In Paris.
- Tahun 2002 - Testify.
- Tahun 2004 - Platinum Collection dan  Love Songs : A Compilation, Old And New.

Lagu Phil Collins yang berhasil menjadi single pilihan  :

- Tahun 1982 - You Can't Hurry Love
- Tahun 1984 - Against All Odds (Take a look at me now)
- Tahun 1984 - Easy Lover
- Tahun 1985 - One More Night, Sussudio, Separate Lives.

Menurut Guntok, Album tahun 1981 dengan judul " Face Value" dan album tahun 1982 dengan judul "Hello, I Must Be Going", merupakan album dari Phil Collins yang paling enak didengarkan dari sekian banyak dari album yang telah berhasil dirilis oleh Phil Collins.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang PHIL COLLINS, VOKALIS GRUP BAND GENESIS ALIRAN POP ROCK, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar