Fourplay, Grup Musik Jazz Kontemporer Amerika

(dok.annasbais..)

Fourplay, Grup Musik Jazz Kontemporer Amerika

GRUP BAND FOURPLAY ADALAH GRUP MUSIK YANG SUKSES MENGGABUNGKAN ALIRAN POP DAN R&B KEDALAM ALIRAN JAZZ KONTEMPORER

Sekilas Tentang Grup Band Fourplay
Grup band Fourplay berasal dari Amerika Serikat, grup band ini beranggotakan 4 personel, sehingga grup bandnya dinamakan Fourplay.

Fourplay merupakan sekelompok musik yang beraliran jazz kontemporer dengan jumlah personilnya yang terdiri dari 4 orang atau biasa disebut dengan kuartet. Grup band ini berasal dari Amerika Serikat yang dibentuk sekitar tahun 1990. 

Anggota pertama dari grup band Fourplay masing-masing bernama : 
Bob James sebagai pemain keyboard, Lee Ritenour sebagai gitaris, Nathan East sebagai bass dan Harvey Mason sebagai drummer. 

Pergantian personil grup band Fourplay terjadi pada tahun 1997 yaitu Lee Ritenour digantikan oleh Larry Carlton dan pada tahun 2010, Larry Crarlton digantikan lagi oleh Chuck Loeb. 

Mereka memulai rekaman pertamanya dengan album berjudul “Fourplay” pada tahun 1991, album pertamanya ini berhasil menduduki peringkat pertama contemporary jazz di Billboard selama 33 minggu dan terjuan hampir mencapai lebih dari 1 juta kopi. 

Sedangkan album keduanya dengan judul “The Sheets” pada tahun 1993, berhasil menduduki puncak tangga lagu contemporary jazz di Amerika dan terjual mencapai 500.000 keping serta berhasil mendapatkan penghargaan album emas oleh RIAA, masuk nominasi Grammy pada tahun 1995.

Satu tahun kemudian tepatnya tahun 1994, disusul album yang ketiga dengan judul “Elixir”. Album ini berhasil meraih penghargaan album emas juga dari RIAA dan mampu bertahan di hart selama 90 minggu.

Semua personil dari Fourplay juga pernah bermain di festival Java Jazz terbesar di Indonesia pada tahun 2011, kecuali salah satu personilnya yang bernama Larry Carlton. Dia hanya pernah tampil solo di Java Jazz. 
Mereka juga berhasil mendapatkan penghargaan "Java Jazz".

● Album Musik Dan Lagu-Lagunya
Beberapa album yang berhasil dirilis oleh Fourplay dari tahun 1991 sampai dengan tahun 2012, adalah sebagai berikut :

1. Album pertama Fourplay dirilis pada tahun 1991 dengan lagu-lagunya seperti : 
Bali Run, Foreplay, Moonjogger,Max-O-Man, After The Dance, Quadrille, Midnight Stroll, October Morning, Wish You Were Here, Rain Forest.
Lagu-lagu dari album pertamanya ini semuanya enak untuk dinikmati.
2. Tahun 1993, albumnya berjudul "Between the sheets".
3. Tahun 1997, albumnya berjudul "The best of Fourplay".
4. Tahun 1998, albumnya berjudul "4".
5. Tahun 2000, albumnya berjudul "Yes, Please".
6. Tahun 2010, albumnya berjudul "Let's touch the sky".
7. Tahun 2012, albumnya berjudul "Espirit de four".

Prestasi Yang Berhasil Diraih
Sebagai salah satu grup band  aliran jazz kontemporer yang sukses, Fourpaly juga berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya adalah :

- Albumnya yang berjudul Fourplay Berhasil masuk nominasi Grammy, kesuksesan ini mengikuti kesuksesan mereka setelah berhasil menggabungkan aliran pop dan R&B kedalam musik jazz mereka dengan karya albumnya yang mencapai 11 album.
- Mereka berhasil menerima Congresional Record dari kongres Amerika Serikat dan merupakan satu-satunya grup musik yang diberikan penghargaan ini oleh kongres Amerika. Penghargaan ini diterima pada saat Fourplay tampil di Ed Town, Philadelpia, karena kerja keras Fourplay selama 18 tahun, dimana Fourplay telah melakukan usaha dalam menjelajahi kemungkinan dilakukannya penggabungan musik jazz, sampai akhirnya usahanya tersebut dapat berhasil dengan sukses.

Penghargaan tersebut diberikan oleh A Robert Brown, Sr, yaitu seorang penasehat anggota konggres New York. A.Robert Brown mengakui bahwa Fourplay merupakan anggota kehormatan industri musik.
- Penghargaan musik soul train untuk best jazz album 

Demikianlah sekilas dari grup band fourplay, dimana karya lagu-lagunya semuanya berupa lagu--lagu instrumental.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang FOURPLAY, GRUP MUSIK JAZZ KONTEMPORER AMERIKA, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar