Katy Perry, Fireworks salah satu lagu terhebat sepanjang masa

Katy Perry, penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Amerika yang memulai karir musiknya melalui musik religi di usia remaja

Katy Perry penyanyi dengan jangkauan vokal kontralto

Katy Perry merupakan seorang penyanyi wanita yang mempunyai jangkauan vokal kontralto yaitu jangkauan suara wanita yang paling rendah. Bahkan dia sering menurunkan kunci dari beberapa lagunya sambil bernyanyi. 
 
Dia berhasil meraih lagu terhebat sepanjang masa oleh wanita melalui lagu lagu Katy Perry berjudul ET, Fireworks dan California Gurls. Katy Perry concert, konser pertama kalinya diselenggarakan di Las Vegas.
 
Ini semua dilakukannya untuk dapat menyempurnakan suaranya, dimana warna musiknya cenderung bergenre pop rock dan synthpop serta banyak dipengaruhi oleh penyanyi penyanyi lain.
 
Diantaranya penyanyi Alanis Morissette, pop rocker Cyndi Lauper, Pat Benatar, Joan Jett, Shirley Manson dan Freddie Mercury (seorang vokalis dari grup band terkenal Queen). 


Disetiap penampilannya, custom Katy Perry selalu mempunyai gaya berpakaian yang terlihat lucu dimana pakaian yang dikenakannya selalu menggunakan warna-warni klasik.
 
Selain itu custome Katy Perry menggunakan aksesoris yang berbentuk buah-buahan seperti semangka, cerry, bunga matahari dan lainnya.
 
Ini dilakoninya karena dia berkeinginan agar supaya dia mempunyai gaya sendiri yang diwujudkannya melalui gaya berpakaiannya. 
 
Gaya fashion atau dalam memilih pakaian yang akan dipakai tampil di setiap penampilannya terinspirasi oleh penggambaran aktris film Amerika yang berjudul Dominique Swain. 

Baca juga : Cyndi Louper, Penyanyi Berkebangsaan Amerika Yang Berpenampilan Eksentrik

Katy Perry merupakan seorang penyanyi, penulis lagu, aktris, penari sekaligus juga sebagai seorang model yang berasal dari Amerika Serikat. Baru baru ini nama Katy Perry mulai mencuat dipermukaan lagi setelah sudah cukup lama namanya tenggelam.
 
Namanya sempat beberapa lama tengelam. Hal ini, disebabkan karena masih ada hubungannya dengan perseteruan dengan temannya yang bernama Taylor Swift dan temannya tersebut telah menjadi musuh bebuyutan bagi Katy Perry. 

Calvin Harris menyangka bahwa management milik Taylor Swift sudah menghancurkan Calvin Harris dengan mengikutkan nama Katy Perry didalam serangkaian twitternya. 
 
Taylor Swift juga telah membuat nama Katy Perry terbenam karena salah satu dari lirik lagu hit milik kekasih Katy Perry yang bernama Tom Hiddleston yaitu lagu yang berjudul Bad Blood.
 
Lagu ini memang sengaja ditulis untuk melakukan sindiran terhadap Katy Perry dan dia berusaha menjatuhkan Katy Perry. Peristiwa inilah yang merupakan awal perang dingin antara Katy Perry dengan Taylor Swift. 

Kabar berita dimana akan muncul dan kembalinya Katy Perry mulai terdengar lagi, setelah dia mendapatkan kesempatan yang cukup bagus. Dia dikabarkan akan menjadi bintang pembuka dalam acara MTV Video Musik Award tahun 2016, sehingga dia bisa mulai tampil lagi. 

Dia akan menyanyikan single terbarunya yang berjudul Rise, single terbarunya ini dikabarkan mampu mengalahkan single milik Taylor Swift. 
 
Persaingan ini terus terjadi karena mereka berdua sudah tidak cocok dari tahun 2012 sejak Katy Perry mengambil salah satu penari latar milik Taylor pada saat tur Prism tour. 

Supaya penampilannya nanti bisa allout maka Katy Perry masih terus mempersiapkan penampilan panggungnya pada acara tersebut dengan secara rutin melakukan latihan-latihan.
 
Hal ini, seperti dikutip dari The Sun yang mengatakan bahwa aksi comeback Katy Perry merupakan kembalinya sang diva, karena acara tersebut merupakan acara yang cocok sekali bagi kembalinya Katy Perry dipanggung besar. 

Sekilas Tentang Katy Perry

Katy Perry mempunyai nama asli Katheryn Elizabeth Hudson, lahir di Santa Barbra, California, Amerika pada tanggal 25 Oktober 1984 dengan suami yang bernama Russell Brand (m 2010 – 2012). 
 
Dia lahir dan dibesarkan di Santa Barbra dengan profesi orang tuanya adalah seorang pendeta kristen sehingga sejak kecil Katy Perry hanya diijinkan untuk menikmati lagu-lagu musik gospel saja. 

Sehingga pada tahun 2001, Katy Perry telah merilis sebuah album rohani dengan nama Katy Hudson, tetapi albumnya tidak berhasil meraih kesuksesan, sehingga nama panggungnya mulai diganti dari semula Katy Hudson menjadi Katy Perry.
 
Penggantian nama panggungnya ini dilakukan, setelah menerima tandatangan kontrak pada tahun 2007 dengan Capitol Music Group.
 
Akhirnya, dia bisa merilis single pertamanya yang berjudul Ur So Gay melalui internet. Single ini berhasil mendapatkan respon positif tetapi sayang tidak berhasil meraih tangga lagu. 

Tahun 2008, telah menjadi awal keberhasilan dari Katy Perry melalui singlenya yang berjudul I Kissed a Girl dan lagu ini berhasil menduduki tangga lagu internasional. 
 
Lagu ini dihasilkan dari albumnya yang berjudul One of The Boys, album ini juga berhasil menjadi album paling laris peringkat ke 33 di seluruh dunia.
 
Pencapaian penjualan dari albumnya ini mencapai 49.000 kopi serta berhasil meraih sertifikasi Platinum dari RIAA. Demikian juga untuk single keduanya yang berjudul Hot n Cold telah berhasil menerima sertifikasi multi platinum. 

Album keduanya yang berjudul Teenage Dream yang dirilis pada tahun 2010, merupakan albumnya yang pertama kali berhasil meraih peringkat pertama di Billboard 200.
 
Album Katy Perry ini, berhasil menelurkan 5 single hit yang berjudul California Girls, Teenage Dream, Firework, ET dan Last Friday Night (T.G.I.F).
 
Kelima lagu tersebut berhasil meraih puncak tangga lagu Billboard Hot 100, sehingga membuat Katy Perry menjadi seorang penyanyi pertama yang mempunyai 5 lagu  sekaligus, yang dapat meraih peringkat pertama dalam 1 album. 

Tahun selanjutnya, Katy Perry mulai menulis lagu, sehinga pada tahun 2013 terbitlah album ketiganya yang berjudul Prism.
 
Album ini juga berhasil menelurkan 2 single yang berhasil menduduki peringkat pertama dengan single berjudul Roar dan Dark Horse. Untuk mempromosikan album ketiganya ini,  Katy Perry mengadakan tur dunia yang bertema The Prismatic World Tour. 

Baca juga : Joan Jett, Rocker Amerika Yang Melejit Dengan I Love Rock N' Roll

Cerita lengkap Katy Perry

Penyanyi pop asal Amerika kelahiran tahun 1984 ini mempunyai nama lahir Katheryn Elizabeth Hudson. Pada tahun 2022 ini, dia berusia 38 tahun. Katy Perry selain sebagai penulis lagu, pada tahun 2010 telah dikreditkan sebagai seorang penyanyi yang mempengaruhi suara dan gaya pop.

Katy Perry pada awal karirnya telah merilis album studio debut gospel. Album ini berjudul Katy Hudson yang dirilis tahun 2011, melalui tanda tangan kontrak dengan Red Hill Records tetapi album ini tidak sukses secara komersial.

Pada usia 17 tahun, Katy Perry pindah ke Los Angeles untuk mengarungi musik sekuler, dimana nama Katy Perry yang digunakannya adalah nama panggung profesionalnya yang mengambil dari nama gadis ibunya.

Kemudian Katy Perry mulai membuat album Fingerprints dan bekerja sama dengan produser yang bernama Glen Ballard, Butch Walker serta Gerg Wells. Dalam pembuatan album tersebut, Katy Perry menandatangi kontrak dengan Java Records.

Katy Perry berhasil menjadi populer setelah dia merilis album studio keduanya pada tahun 2008 yang berjudul One of the Boys. Sebuah album pop rock yang menghasilkan single debut berjudul I Kissed a Girl dan Hot n Cold.

Kedua lagu ini berada di peringkat 1 dan 3 di US Billboard Hot 100. Selanjutnya diikuti dengan album pop Teenage Dream yang dirilis tahun 2010 dan menghasilkan 5 lagu peringkat pertama di AS.

Kelima lagu lagu Katy Perry tersebut berjudul California Gurls, Teenage Dream, Firework, ET dan Last Friday Night (TGIF). Album ini merupakan album pertama dari artis solo wanita dan bekerja sama dengan Michael Jackson’s Bad.

Selanjutnya reissue dari Teenage Dream: The Complete Confection pada tahun 2012 mempunyai single pertama berjudul Part of Me dan single keduanya berjudul Wide Awake.

Pada tahun 2013, Prism telah menggabungkan musik pop dan dance yang mempunyai tema refleksi diri, serta berhubungan dengan kehidupan sehari hari.

Video musik Katy Perry untuk lagu Roar dan Dark Horse menempati peringkat pertama di tangga lagu. Selain itu, Katy Perry merupakan seorang artis pertama yang mempunyai banyak video yang telah ditonton hingga 1 milyar di YouTube.

Tahun 2017, Witness memperlihatkan elektropop sound dengan subteks politik, menggunakan tema pembebasan serta self described purposeful pop. Selanjutnya di tahun 2020, Smile menggunakan tema motherhood serta self help.

Keseluruhan album Katy Pery menggunakan label Capitol dan semua albumnya telah melewati 1 miliar di Spotify.

Pada tahun 2021, dia memulai residensi konser pertamanya dengan judul Play dan diadakan di Resorts World Las Vegas.

Katy Perry telah menjadi salah satu artis musik terlaris di dunia karena pencapaian penjualan albumnya lebih dari 143 juta di seluruh dunia.

Selain itu terdapat 9 lagu Katy Perry yang berada di peringkat pertama di Billboard Hot 100, 3 album yang berada di peringkat pertama di Billboard 200.

Beberapa penghargaan yang telah diperoleh Katy Perry, diantaranya mendapatkan 4 Guinness World Records, 5 Billboard Music Awards, 5 American Music Award serta Juno Award.

Oleh majalah Forber, Katy Perry dimasukkan kedalam daftar tahunan Forbes untuk wanita berpenghasilan tertinggi dalam musik dari tahun 2011 sampai 2019.

Di dalam penampilan paruh waktu Katy Perry di Super Bowl telah mampu meraih penonton terbanyak dalam sejarah.

Selain berkarir di musik, pada tahun 2012 dia juga merilis sebuah film dokumenter otobiografi yang berjudul Katy Perry: Part of Me serta mengisi suara Smurfette pada film komedi 2011 berjudul The Smurfs serta sekuel The Smurfs 2 tahun 2013.

Pada tahun 2018, dia juga menjadi juri di American Idol dari musim ke 16.

Kehidupan keluarga Katy Perry

Penyanyi kelahiran tahun 1984 ini, kedua orang tuanya bernama Mary Christine (née Perry) dan Maurice Keith Hudson. Katy Perry merupakan artis keturunan Inggris, Jerman, Irlandia dan Portugis.

Katy Perry merupakan keponakan dari sutradara film yang bernama Frank Perry dan mempunyai saudara laki laki bernama David dan seorang kakak perempuan bernama Angela.

Didalam kehidupan Katy Perry pada usia 3 – 11 tahun, sering berpindah pindah ke berbagai negeri, sampai akhirnya dia dan orang tuanya menetap di Santa Barbara karena mendirikan gereja disana.

Katy Perry tumbuh dalam lingkungan keluarga Kristen dan sekolah di sekolah Kristen Paradise Valley Arizona serta sekolah Kristen Santa Barbaradi California.

Kehidupan keluarga Katy Pery mengalami kesulitan dalam hal finansial sehingga kadang kala mereka harus memakai kupon makan serta harus makan makanan dari bank makanan yang sekaligus memberi makan jemaat gereja milik orang tua Perry.

Ketika sudah tumbuh dewasa, Katy Perry dan saudara saudaranya tidak diperkenankan makan sereal Lucky Charms karena Charm akan mengingatkan ibunya dengan lucifer.

Pada masa kecilnya, Katy Perry sering mendengarkan musik gospel karena musik sekuler tidak diperbolehkan dalam keluarganya. Musik populer diperoleh Katy Perry dari CD yang dia ambil dari teman temannya.

Salah satu yang mempengaruhi penulisan lagu dan gaya menyanyi Katy Perry adalah sebuah lagu berjudul You Oughta Know dari Alanis Morissette yang dimainkan oleh temannya.

Katy Perry mulai berlatih menyanyi dengan menggunakan kaset milik adiknya. Kemudian dia membawakan lagu You Oughta Know di hadapan orang tuanya sehingga orang tuanya mengijinkan Katy Perry untuk mengikuti pelajaran vokal.

Katy Pery mulai berlatih vokal pada saat berusia 9 tahun dan menjadi penyanyi di gereja hingga dia berusia 17 tahun. Katy Perry mendapatkan sebuah gitar pertamanya, pada saat ulang tahunnya yang ke 13.

Sejak itu, Katy Perry mulai membawakan lagu lagu yang ditulis sendiri di tempat umum. Katy Perry mulai beranjak dewasa seperti gadis Califronia pada umumnya karena dia mulai ikut bermain sepatu roda, skateboard serta berselancar.

Sehingga kakanya David, mengatakan bahwa Katy Perry pada saat remajanya adalah seorang tomboi yang diwujudkan dalam lagu Katy Perry yang berjudul One of The Boys. Selain menyanyi, Katy Perry juga mengikuti pelajaran menari dan belajar swing, Lindy Hop dan jitterbug.

Awal karir Katy Perry

Katy Pery memutuskan untuk putus sekolah dan mengejar karir musiknya pada saat berusia 15 tahun. Kemudian Katy Perry mengambil pelajaran musik di fasilitas yang disewa dari Akademi Musik Barat.

Lagu yang dibawakan Katy Perry telah berhasil membuat seorang seniman rock yang bernama Steve Thomas dan Jennifer Knapp dari Nashville, Tennessee tertarik dengan penampilannya tersebut.

Di Nashville inilah, Katy Perry mengawali merekam demo dan mulai belajar menulis lagu serta belajar bermain gitar.

Melalui Red Hill Records, Katy Perry merekam album debutnya yang berjudul Katy Hudson yaitu sebuah rekaman Kristen kontemporer. Album ini dirilis pada bulan Maret 2001 dan mengadakan tur yang merupakan bagian dari Tur Strangely normal Phil Joel.

Album ini tidak berhasil sukses secara komersial karena hanya mampu terjual 400 eksemplar saja, dimana album ini merupakan transisi dari musik gospel ke musik sekuler.

Kemudian Katy Perry pindah ke Los Angeles pada usia 17 tahun dan dia bekerja dengan Ballard yang merupakan pekerjaan masa lalunya bersama dengan Alanis Morissette. Dimana pekerjaan ini merupakan salah satu inspirasi bagi Katy Perry.

Lagu pertama yang ditulis oleh Katy Pery setelah pindah ke Los Angeles, dengan lagu berjudul Thinking of You.

Tahun 2005, Katy Perry mulai membuat rekaman solonya yang mendapat tanda tangan kontrak melalui label Columbia Records sebagai artis solo, setelah Ballard memperkenalkannya dengan Tim Devine yaitu seorang eksekutif A&R di Columbia Records.

Pada tahun 2006, Katy Perry menulis dan merekam debutnya yang berjudul Fingerprints yang materinya ditampilkan di One of the Boys, dimana Fingerprints ini rencananya akan dirilis tahun 2007.

Ada juga beberapa materi dari Fingerprints yang tidak sukse di One of the Boys sehingga diberikan ke artis lain.

Diantaranya lagu yang berjudul I Do Not Hook up dan Long Shot yang diberikan ke Kelly Clarkson serta lagu berjudul Rock God yang diberikan ke Selena Gomez & the Scene.

Katy Perry bekerja sebagai penulis lagu termasuk dengan Desmon Child, Greg Wells, Butch Walker, Scott Cutler, Anne Preven, The Matrix, Kara DioGuardi, Max Martin dan Dr. Luke.

Hal ini, membuat Devine menyarankan supaya team penulis lagu The Matrix dapat menjadi grup sebenarnya. Akhirnya album berjudul The Matrix direkam bersama dengan mereka dan dirilis pada tahun 2004, namun akhirnya tidak jadi dirilis karena terjadi perbedaan kreatif.

The Matrix akhirnya dirilis oleh One of the Boys pada tahun 2009. Kejadian yang tidak mengenakkan dialami oleh Katy Perry karena dijatuhkan oleh label Columbia pada tahun 2006 ketika Fingerprints hampir selesai.

Setelah kejadian tersebut, Katy Perry bekerja di perusahaan A&R independent dengan nama Taxi Music. Album Ballard berjudul Simple direkam oleh Katy Perry yang digunakan uktun soundtrack film The Sisterhood of the Traveling Pants.

Katy Perry juga menjadi pengisi vokal latar untuk lagu Mick Jagger yang berjudul Old Habits Die Hard yang akan digunakan untuk soundtrack film berjudul Alfie pada tahun 2004.

Pada tahun 2006, Katy Perry merekam vokal latar untuk lagu POD berjudul Goodbye for Now, dimana lagu ini ditampilkan pada akhir video musiknya. Selain itu, dia juga tampil di video musik di lagu Learn to Fly oleh Carbon Leaf.

Katy Perry menulis 2 lagu bekerja sama dengan Dr Luke yaitu lagu berjudul I Kissed a Girl dan Hot n Cold, kedua lagu ini digunakan untuk album One of the Boys. Sebuah lagu Ur So Gay dirilis videonya dengan tujuan untuk memperkenalkan ke pasar musik.

Lagu Ur So Gay ini dibantu dipublikasikan oleh Madona yaitu dengan cara memuji lagu ini pada acara radio JohnJay & Rich, dengan mengatakan bahwa lagu ini merupakan lagu favoritnya.

Katy Pery juga membuat penampilan comeo sebagai penyanyi di klub untuk episode Wildfire yang berjudul Life’s Too Short dan tampil di pemotretan di acara majalah Restless Style.

Single pertama Katy Perry yang dirilis dengan label Capitol berjudul I Kissed a Girl, dirilis pada bulan April 2008. Lagu ini menduduki peringkat pertama di US Billboard Hot 100, tetapi lagu ini membuat kontroversi pada kelompok agama dan LGBT.

Akhirnya album One of the Boys dirilis pada bulan Juni 2008 dan album ini berada di peringkat 9 di US Billboard 200 serta mencapai penjualan 7 juta kopi di seluruh dunia.

Kemudian dilanjutkan dengan album kedua yang menelurkan single berjudul Hot n Cold, lagu ini menduduki peringkat 3 di Billboard Hot 100 dan peringkat pertama di Jerman, Kanada, Belanda dan Austria.

Lagu lainnya berjudul Thinking of You dan Walking Up in Vegas dirilis pada tahun 2009, kedua lagu ini berada diperingkat 30 besar di Hot 100.

Album solonya berjudul The Matrix merupakan album debut selt titlenya yang dirilis di iTunes pada tahun 2009 dan berhasil meraih kesuksesan karir solonya.

Katy Perry berhasil memenangkan penghargaan Best New Act pada tahun 2008 di acara Europe Music Aawrds dan tahun berikutnya memenangkan penghargaan Artis Solo Wanita Internasional di acara Brit Awards 2009.

Hello Katy Tour merupakan tur dunia pertama bagi Katy Perry yang diadakan dari bulan Januari sampai bulan November 2009, dimana tur ini untuk mendukung One of the Boys. Selain itu, dia juga sebagai artis pembuka untuk No Doubt Summer Tour 2009.

Katy Perry merupakan orang pertama yang menjadi pembawa acara di MTV Europe Award sebanyak 2 kali berturut turut di ajang penghargaan Eropa.

Album live Katy Perry berjudul MTC Unplugged merupakan pertunjukan akustik yang berisi 5 lagu dari One of the boys dan 1 lagu baru berjudul Bric by Brick serta sampul Fountains of Wayne yang berjudul Hackensack.

Album live ini direkam bulan Juli 2009 dan dirilis November 2009.

Katy Perry tampil di remix untuk lagu berjudul Starstrukk milik band 3OH!3 yang cukup berbasis di Colorado, pada bulan September 2009.

Dia berduet dengan Timbaland dengan membawakan lagu berjudul If We Ever Meet Again, lagu ini diambil dari album Shock Value II.

Untuk periode 2010, Katy Perry oleh The Guinness World Records diakui sebagai awal terbaik ditangga lagu Digital AS oleh Artis Wanita dengan pencapaian penjualan singlenya lebih dari 2 juta kopi.

Katy Perry syuting penampilan comeo bersama dengan calon suaminya yang bernama Russel Brand di film Get Him to the Greek pada tahun 2009. Kemudian, dia bertunangan dengan Russel Brand pada tanggal 31 Desmeber 2009 ketika berlibur di Rajasthan, India.

Katy Perry Teenage Dream

California Gurls merupakan single utama yang memunculkan Snoop Dogg, dari album studio ketiga Katy Perry yang berjudul Teenage Dream. Lagu ini meraih peringkat pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Juni.

Teenage Dream dirilis pada bulan Agustus 2010 dan berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 pada bulan September dan peringkat pertama di Billboard 200.

Selain itu, Teenage Dream mencapai penjualan hingga 6 juta kopi di seluruh dunia dan meraih penghargaan Juno 2011 untuk Album Intenasional Tahun ini.

Single ketiga dari album ini berjudul Firework yang dirilis pada bulan Oktober dan lagu ini mebjadi lagu ketiga dari album ini yang secara berturut turut menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Desember 2010.

Et merupakan single ketiga dari album ini yang memunculkan Kanye West yang dirilis pada bulan Februari 2011, lagu ini mencapai puncak Billboard Hot 100 selama 5 minggu berturut turut.

Hal ini, menjadikan album Teenage Dream sebagai album ke 9 dalam sejarah yang menelurkan 4 single yang menduduki peringkat pertama di tangga lagu.

Kemudian dilanjutkan dengan single ke 5 yang berjudul Last Friday Night. Hal ini menjadikan Katy Perry sebagai artis wanita pertama yang memiliki 5 single peringkat pertama Billboard Hot 100 dalam 1 album.

Pestasi 5 single peringkat pertama Billboard dalam 1 album ini, menjadikan Katy Perry sebagai artis kedua setelah Michael Jackson melalui albumnya yang berjudul Bad.

Katy Perry juga mendapat penghargaan Musik Amerika pada tahun 2011 serta rekor Dunia Guinness 2013 karena menjadi artis pertama yang berada di 10 besar Hot 100 selama 69 minggu berturut turut.

The One That Got Away merupakan single ke 6 dari album Teenage Dream, dengan 6 singlenya yang masuk 5 besar di Billboard Hot 100. Sebelumnya, prestasi ini pernah diraih oleh Janet Jackson melalui Rhythm Nation 1814 dan George Michael melalui Faith.

Lagu The One That Got Away ini, melejit di peringkat 3 di AS dan peringkat 2 di Kanada.

Katy Perry ditetapkan sebagai artis digital terlaris urutan ke 6 di AS pada bulan Januai 2012, dengan pencapaian penjualan 37,6 juta unit berdasarkan catatan dari Nielsen SoundScan.

Selain itu, dia menjadi artis pertama yang mempunyai 4 lagu dengan pencapaian penjualan 5 juta unit secara digital. Bersamaan dengan ET dengan lagu Firework, California Gurls dan Hot N Cold.

Single utama dari Teenage Dream: The Complete Confection yang berjudul Part of Me, lagu ini menjadi lagu ketujuh yang menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100. 

Single yang dirilis ulang berjudul Wide Awake menduduki peringkat 2 di Billboard Hot 100 dan peringkat pertama di Kanada dan Selandia Baru.

Tur Katy Perry kedua dengan nama California Dreams Tour ini digunakan untuk mendukung Teenage Dream, tur ini berlangsung dari bulan Februari 2011 sampai dengan Bulan Januari 2012. Tur ini memenangkan penghargaan Best Live Act pada acara Penghargaan Musik MTV Eropa 2011.

Katy Perry tampil bersama dengan Elton John dan Rihanna di acara festival Rock in Rio 2011.

Kontroversi terjadi, ketika Katy Perry tampil di premier musik ke 41 Sesame Street dengan baju belahan dada Katy Perry yang terbuka.

Hal in, menjadikan  4 hari sebelum tayang pihak Sesame Workshop menyatakan bahwa segmen tersebut tidak ditayangkan di televisi, namun masih bisa dilihat secara online.

Katy Perry tampil di episode How I Met Your Mother “Oh Honey” yang berperan sebagai seorang wanita yang dikenal sebagai Honey. Penampilannya ini berhasil memenangkan People’s Choise Award untuk Bintang Tamu TV Favorit pada bulan Januari 2012.

Debut film Katy Perry dibuat pada film keluarga 3D The Smurfs sebagai Smurfette pada bulan Juli 2011. Film ini meraih kesuksesan secara finansial di seluruh dunia, naumn film ini menerima kritikan negatif dari para kritikus.

Karya Katy Perry sebagai pembawa acara Saturday Night Live, dimana Robyn sebagai tamunya dan pada episode pendek digital bersama dengan Andy Samberg  pada bulan Desember 2011, telah mendapatkan pujian dari para kritikus.

Film dokumenter otobiografi Katy Perry part of Me dirilis di bioksop lewat Paramount pada bulan Maret 2012. Film ini mendapatkan ulasan positif dan mengantongi $32,7 juta di seluruh dunia di box office.

Katy Perry mulai menggeluti bisnis wewangian pertamanya dengan nama Purr pada bulan November 2010. Kemudian pada bulan Desember 2011, dilanjutkan lagi dengan merilis produk wewangian kedua dengan nama Meow!.

Paket ekspansi The Sims 3: Showtime dipromosikan Katy Perry yang direkrut oleh Electronic Arts. Kemudian pada bulan Juni 2012, The Sims 3: Katy Perry’s Sweet Treats menginsipari munculnya furnitur, pakaian serta gaya rambut dari Katy Perry.

Selanjutnya, Katy Perry menjadi juru bicara dan duta Popchips serta melakukan investasi di perusahaan tersebut. Katy Perry juga mendapat julukan dari Billboard sebagai Wanita Tahun ini untuk tahun 2012.

Katy Perry menikah dengan Russell Brand pada tanggal 23 Oktober 2010 dengan menggunakan upacara tradisional Hindu di dekat cagar alam Harimau Ranthambhore di Rajasthan, India.

Tetapi pernikahan tersebut hanya berlangsung 14 bulan saja, karena Brand mengumumkan perceraian mereka pada tanggal 30 Desember 2011. Penyebab perceraian tersebut, menurut Katy Perry disebabkan oleh jadwal karirnya bertolak belakang dengan keinginannya mempunyai anak.

Beda halnya dengan Brand, dia menyatakan bahwa perceraiannya disebabkan karena kesuksesan komersialnya serta ketidak sukaannya untuk ikut serta dalam aktivisme.

Katy Perry sendiri sangat bingung dengan terjadinya perceraian mereka sampai membuatnya ingin melakukan bunuh diri pada awal perceraiannya. Namun pada bulan Agustus 2012, Katy Perry akhirnya mulai dekat dengan penyanyi John Mayer.

Katy Perry Prism

Album ke 4 mulai dikerjakan Katy Perry pada bulan November 2012 dengan judul album Prism. Di album ini, Katy Perry menginginkan elemen yang lebih gelap dan mengganti arah album setelah masa refleksi dirinya dan setelah akhir pernikahannya.

Roar merupakan single utama dari album Prism ini dan dirilis pada bulan Agustus 2013. Lagu ini meraih peringkat pertama di Billboard Hot 100 dan dipromosikan di MTV Video Musik Awards.

Single kedua berjudul Unconditionally dirilis pada bulan Oktober 2013 dan berada diposisi ke 14 di Amerika Serikat.

Pencapaian penjualan album Prism ini sekitar 4 juta kopi pada bulan Agustus 2015 serta mampu memperoleh tanggapan bagus dari para kritikus. Selain itu album Prism telah melejit di peringkat pertama di tangga lagu Billboard 200.

Dark Horse merupakan single ke 3 dari album ini, dimana lagu ini menduduki peringkat pertama yang kesembilan di AS. Dilanjutkan dengan single ke 4 dan ke 5 pada tahun 2014, dengan judul lagu Birthday dan This Is How We Do. Lagu ini berada di urutan ke 25 di Hot 100.

Katy Perry menulis lagu bersama John Mayer untuk lagu berjudul Who You Love, dimana lagu ini digunakan untuk album Paradise Valley yang dirilis pada bulan Agustus 2013.

Tur ketiga Katy Perry dengan nama Prismatic World Tour berlangsung dari Mei 2014 sampai dengan Oktober 2015. Dalam tur tersebut ticketnya mampu terjual hingga 2 juta ticket di seluruh dunia.

Selain itu, Katy Perry juga memenangkan penghargaan untuk paket Top di ajang Billboard Touring awards 2014. Tahun berikutnya, dia tampil di festival Rock in Rio pada bulan September 2015.

Penampilan Katry Perry di pertunjukan paruh waktu Super Bowl XLIX pada bulan Februari 2015 dengan bintang tamu Kravitz dan Missy Elliot juga mendapat pujian dari para kritikus. 

Selain itu Guinness World Records telah ditonton oleh 118,5 juta penonton di Amerika Serikat dan menjadi pertunjukan yang paling banyak ditonton dengan peringkat tertinggi dalam sejarah Super Bowl.

Katy Perry berada diurutan ke 5 dalam daftar Artis Rekaman Global Teratas 2013 yang ditetapkan oleh The International Federation of the phonographic Industry.

Tahun berikutnya, dia menjadi Artis Digital Bersertifikat Teratas oleh RIAA dengan pencapaian penjualan bersertifikat sebanyak 72 juta single digital di Amerika Serikat.

Versi cover lagu Daisy Bell (Bicycle Built for Two) dari album The Gay Nineties Old Tyme Music: Daisy Bell direkam oleh Katy Perry bersama beberapa artis lain untuk mengiringi pameran.

Katy Perry menulis lagu dan merekamnya dengan lagu berjudul Every Day Is a Holiday pada saat dia membintangi kampanye iklan liburan H&M. Katy Perry juga telah mendirikan label rekaman sendiri dibawah Capitol Records dengan nama Metamorphosis Music pada bulan Juni 2014.

Pada label rekaman tersebut, Katy Perry duduk sebagai produser eksekutif di EP self-titlednya dan artis pertama yang menandatangani kontrak dengan label tersebut bernama Ferras.

Sebuah lagu berjudul Legends Never Die yang berubah judulnya menjadi Unsub Records ini, direkam oleh Katy Perry di EP.

Katy Perry kembali memerankan Smurfette di The Smurfs 2 yang dirilis di bioskop pada bulan Juli 2013. Film ini sukses secara finansial sama seperti film sebelumnya.

Produk wewangian ketiga Katy Perry diberi nama Killer Queen, dirilis pada bulan Agustus 2013 lewat Cotu. Inc.

Katy Perry juga menjadi kurator tamu dari inisiatif seni untuk kebebasan dari Madonna pada tahun 2014. Tahun berikutnya, dia tampil film dokumenter di Brand: A Second Coming setelah berpindah dari pekerjaan komedi menjadi aktivisme.

Kemudian dia merilis film konser lewat Epix dengan judul film Katy Perry: The Prismatic World Tour.

Di video musik lagu Madonna berjudul Bitch I’m Madonna, Katy Perry membuat penampilan comeo pada bulan Juni 2015.

Pada bulan Juli 2015 sebuah wewangian Katy Perry lainnya dibuat melalui Coty dan diberi nama Mad Potion.

Dia kembali tampil di film dokumenter Katy Perry: Making of the Pepsi Super Bowl Halftime Show dan Jeremy Scott: The People’s Designer. Kemudian dilanjutkan dengan merilis aplikasi seluler berjudul Katy Perry Pop melalui Glu Mobile pada bulan Desember 2015.

Katy Perry Witness

Lagu baru Katy Perry berjudul Rise akan dimasukkan kedalam album terbarunya yang dirilis pada bulan Juli 2016. Lagu Rise ini direkam untuk liputan NBC Sports mengenai Olimpiade Musim Panas 2016.

Lagu Rise ini menduduki peringkat pertama di Australia dan peringkat 11 di Amerika Serikat.

Simgle utama dari album Chained to the Rhythm dirilis Katy Perry pada bulan Februari 2017 dengan menampilkan Skip Marley. Single ini mearih peringkat pertama di Hongaria dan peringkat 4 di Amerika Serikat.

Selain itu lagu ini diputar di Spotify sebanyak lebih dari 3 juta kali selama 24 jam, sehingga berhasil memecahkan rekor di layanan streaming musik dengan streaming hari pertama tertinggi untuk satu lagu oleh atis wanita.

Bon Appétit merupakan single kedua dengan Migos yang dirilis pada bulan April, dilanjutkan dengan single ketiga berjudul Swish Swish yang menampilkan Nicki Minaj. Kedua lagu ini menduduki peringkat 59 dan 46 di Amerika Serikat dan menduduki 15 besar di Kanada.

Album Witness Katy Perry dirilis bulan Juni 2017 dan berhasil debut di peringkat pertama di Amerika Serikat. Dalam perilisan album ini, dia tampil di YouTube selama 4 hari dengan judul Katy Perry Live: Witness World Wide kemudian diakhiri dengan konser.

Streaming Katy Perry ini dapat menjaring penonton sebanyak 49 juta dari 190 negara yang berbeda. Kemudian dilanjutkan dengan Whitness: The Tour diadakan dari bulan September 2017 sampai dengan bulan Agustus 2018.

Katy Perry tampil bersama dengan Big Sean dan Pharrell Williams untuk lagu Feels dari album Funk Way Bounces Vol. 1 yang dirilis oleh Calvin Harris pada bulan Juni 2017. Lagu ini berada di peringkat 1 di Inggris Raya.

Cover lagu Dear Evan Hansen berjudul Waving Through a Window untuk edisi deluxe direkam oleh Katy Perry dan dirilis pada bulan November 2018. 

Katy Perry juga diminta oleh Benj Pasek dan Justin Paul untuk cover lagu dalam rangka mempromosikan tur nasional musik dan membawa kesadaran tentang kesehatan mental.

Katy Perry merilis Cozy Little Christmas serta merekam lagu untuk game Final Fantasy Brave Exvius berjudul Immortal Flame, lagu ini mempunyai karakter yang dapat dimainkan serta mencontoh modelnya.

Katy Perry juga tampil di film Zoolander 2, film ini dirilis pada bulan Februari 2016. Setahun kemudian, tepatnya bulan Februari 2017, Katy Perry mengeluarkan lini sepatu dengannama koleksi Katy Perry.

Sepatu ini dapat diperoleh di situs web Katy Perry Collections dan dipengecer dapat diperoleh di Dillard’s dan Walmart.

Katy Perry dikontrak untuk menjadi juri American Idol yang diputar perdana pada bulan Maret 2018 oleh ABC.

Pada awal 2016, Katy Pery dekat dengan Orlando Bloom dan bertunangan pada tanggal 14 Februari 2019.

Katy Perry Smile, Motherhood and Play residency

Di ajang Penghargaan Grammy Tahunan ke 61, Katy Perry membawakan lagu berjudul Here You Come Again dan bernyanyi bersama dengan Dolly Parton dan Kacey Musgraves. Hal ini, untuk penghormatan kepada Dolly Parton.

Selanjutnya, Katy Perry merilis lagu berjudul 365 bersama bersama DJ Zedd. Selanjutnya Katy Perry tampil dalam remix lagu milik Daddy Yankee yang berjudul Con Calma yang menampilkan Snow.

Berikutnya Katy Perry melanjutkan mengikutinya dengan lagu berjudul Never Really Over, Small Talk dan Harleys in Hawaii beruntun dari tanggal 31 Mei, 9 Agustus dan 16 Oktober.

Selain itu, Katy Perry juga tampil di Video musiknya Taylor Swift dengan judul lagu You Need to Calm pada bulan Juni 2019.

Bulan Juli 2019, Katy Perry menerima gugatan hak cipta untuk lagunya yang berjudul Dark Horse dianggap menjiplak menggunakan ketukan dari lagu Flame tahun 2008 dengan judul Joyful Noise tanpa ijin, sehingga dia harus membayar denda sebesar $ 550 ribu.

Masalah kembali datang pada Katy Perry di bulan selanjutnya, karena lawan main Katy Perry dalam video musik Teenage Dream yang bernama Josh Kloss telah menuduh Katy Perry telah melakukan pelanggaran seksual.

Meskipun demikian, dia mendapat pembelaan dari direktur kreatifnya yang mengatakan bahwa Katy Perry tidak pernah melakukan hal yang dutuduhkan oleh Josh Kloss.

Pada bulan Maret 2020, Katy Perry merilis singlenya Never Worn White, harapnya bahwa anak pertamanya dapat menyertai video musiknya tersebut dengan Bloom. Single utama dari album ke 6 dengan judul lagu Daisies dirilis bulan Mei 2020.

Katy Perry melahirkan anak putrinya yang bernama Daisy Dove Bloom, 2 hari sebelum pendistribusian lagunya tersebut.

Smile merupakan single ke 2 dari album yang berjudul Smile juga, album ini dirilis tanggal 28 Agustus 2020. Album ini berada di peringkat 5 di Amerika Serikat.

Katy Perry mempromosikan album dengan 4 EP kompilasi : Camp Katy, Empowered, Scorpio SZN dan Cosmic Energy. Selanjutnya, pada Desember 2020 single berjudul Not the End of the World memiliki video musik dimana Zooey Deschanel mencontoh Katy Perry.

Remix remix lainnya, diantaranya remix Tiësto dari Resillient menampilkan Aitana dirilis bulan November 2020, remix Bruno dari CRY About It Later menampilkan Luisa Sonza dirilis bulan April 2021.

Di sebuah konser Celebrating America ketika pelantikan Joe Biden, Katy Perry tampil dengan lagu berjudul Firework pada tanggal 20 Januari 2021. Setelah itu, dia merilis single baru berjudul Electric yaitu sebuah kolaborasi dengan Pokémon di ulang tahun ke 25 mereka.

Tanggal 29 Desember 2021, dia menjadi tuan rumah residensi yang diberi nama Play yang berlangsung di Resorts World Las Vegas. Acara ini terinspirasi dari film tahun 1990 an yang berjudul Honey, I Shrunk the kids, Pee-Wee’s Playhouse dan Pee-Wee’s Big Adventures.

Ketika satu bulan setelah ulang tahunnya yang ke 37, Katy Perry menjadi pembawa acara The Ellen DeGeneres Show serta membintangi iklan liburan pada Gap Inc. Iklan ini menggunakan lagunya yang berjudul All You Need Is Love oleh The Beatles.

Pengaruh musik Katy Perry

Saudara perempuan Katy Perry yang bernama Angela merupakan salah satu wanita yang sangat berpengaruh terhadap karir musiknya. Dimana, gaya musik katy Perry pada mulanya lebih ke arah gospel. Namun, dia berkeinginan bisa sukses seperti Amy Grant.

Ketika mendengarkan lagu milik Queen yang berjudul Killer Queen, Katy Perry mendapatkan inspirasi dari lagu tersebut untuk mengejar karir musiknya. 

Vokalis band Queen yang bernama Freddie Mercury merupakan pengaruh terbesar yang menginspirasi Katy Perry dalam mengkombinasikan antara pendekatan sarkastik dalam menulis lirik lagu dan sikap.

Untuk memberi penghormatannya kepada band Queen maka Katy Perry memberikan nama wewangian ketiganya dengan nama Killer Queen.

Selain itu, yang memberikan pengaruhi besar bagi Katy Perry dalam menulis hampir semua lagunya dan semua pilihan melodinya adalah Pet Sound. Pet Sound adalah sebuah album dari Beach Boys yang merupakan salah satu rekaman favorit dari Katy Perry.

Album The Beatles, The Beatles sangat dihargai oleh Katy Perry karena album ini merupakan satu satunya album yang dia dengarkan selama 2 tahun berturut turut.

Album tahun 1995 berjudul Jagged Little Pill merupakan musik yang signifikan dan Katy Perry mengungkapkan album ini merupakan rekaman wanita paling sempurna untuk semua lagunya.

Madonna merupakan salah satu penyanyi yang dikagumi oleh Katy Perry sehingga untuk dokumenter otobiografi Perry Katy Perry: Part pf Me banyak yang dipengaruhi oleh Madonna: Truth or Dare.

Katy Perry kagum terhadap kemampuan dari Madonna  supaya dapat menemukan kembali dirinya sendiri dengan mengatakan bahwa Katy Perry ingin berkembang seperti Madonna.

Beda halnya dengan Björk, Katy Perry mengaguminya karena dia selalu bersedia mengambil resiko.

Banyak artis artis lain yang juga memberikan pengaruh bagi Katy Perry diantaranya adalah Stevie Nicks, ABBA, teh Cardigans, Incubus, Cyndi Lauper, Crystal Watres, Mariah Carey, Heart, Joni Mitchell, Paul Simon, Imogen Heap, Rufus Wainwright, Pink, Gwen Stefani.

Untuk Firework terinspirasi dari bagian buku On the Road yang ditulis oleh Jack Kerouac, di buku ini penulis membandingkan antara orang orang yang penuh kehidupan dengan kembang api yang membuat orang yang menontonnya dengan terpukau.

Tur konser kedua Katy Perry bernama California Dreams Tour telah menengok kembali kepada penampilan dari Alice’s Adventures in Wonderland dan The Wonderful Wizard of Oz.

Lagu Dark Horse Katy Perry terinspirasi dengan film 1996 berjudul The Craft dan untuk Prism dipengaruhi oleh buku The Power of Now oleh Echhart Tolle.

Gaya dan tema musik Katy Perry

Gaya musik Katy Perry adalah menggabungkan antara musik pop, rock serta disco, sedangkan Katy Hudson merupakan musik gospel. Selanjutnya, untuk One of the Boys dan Teenage Dream mengusung tema seks dan cinta.

One of the Boys merupakan musik pop rock dan Teenage Dream berisi musik disco. Untuk album keempat Katy Perry berjudul Prism cenderung ke musik dance dan pop, dimana lirik lagunya tentang hubungan, refleksi diri serta kehidupan sehari hari.

Album studio kelima Katy Perry berjudul Witness cenderung ke musik elektropop, dimana telah diwujudkan sebagai rekaman pembebasan 360 derajat yang bertema pembebasan politik, pembebasan seksual serta pembebasan dari unsur negatif.

Katy Perry sendiri menganggap bahwa dirinya sebagai penyanyi dan penulis lagu yang menyamar sebagai bintang pop. Dia dijuluki oleh The New York Times sebagai bintang pop paling berpengaruh saat itu, di tahun 2013. Hal ini, karena lagu lagu hitnya dapat diterima hanya dengan eksperimen yang singkat.

Namun demikian, lirik lirik lagunya dikritik oleh Randall Roberts dari Los Angeles Times karena menggunakan idiom dan metafora, selain itu liriknya kebanyakan klise.

Karir menulis lagu Katy Perry juga berpartisipasi dalam menulis lagu untuk artis lain, diantaranya lagu yang direkam oleh artis Lesley Roy, Kelly Clarkson, Jessie James Decker, Selena Gomez & the Scene, Britney Spears, Iggy Azalea, Rita Ora, Nicki Minaj dan Ariana Grande.

Jenis suara Katy Perry

Jenis suara Katy Perry mempunyai jangkauan vokal contralto, sehingga dia banyak mendapatkan pujian maupun kritik.

Menurut Betty Clarke dari The Guardian bahwa suara Katy Perry kuat dan keras, beda halnya dengan Rob Sheffield dari Rolling Stones yang mengemukakan bahwa vokal Katy Perry sebagai proses staccto blips di Teenage Dream.

Perbandingan antara vokal Katy Perry di One of the Boys dengan Alanis Morissette’s menurut Darren Harvey dari musicOMH bahwa keduanya mempunyai perky voice shifting octaves mid-syllable.

Menurut Alex Miller dari NME bahwa suara Katy Perry di One of the Boys mirip cewek rock yang berani. Demikian juga pada ulasan konser untuk mempromosikan Prism, Katy Perry dipuji oleh Bernadette McNulty dari The Daily Telegraph yang memuji suara cewek rock Katy Perry.

Tanggapan Publik dan penghasilan Katy Perry

Pengikut Katy Perry di Twitter bisa melewati Justin Bieber, ini terjadi di bulan November 2013. Selain itu, di memenangkan Rekor Dunia Guiness 2015 dengan follower terbanyak di Twitter dan di taun 2017 meraih follower sebanyak 100 juta di situsnya.

Menurut Keith Caulfield dari Billboard bahwa Katy Perry merupakan selebriti langka yang kelihatannya mempunyai ketenaran yang hebat dan mempunyai interaksi tingkat dasar yang tulus bersama dengan KatyCats yang dia kagumi.

Jika digabungkan pengikut Facebook, Instagam dan Twitter Katy Perry mencapai 292 juta, sehingga dia menjadi musisi ke 6 yang paling banyak diikuti di media sosial. Sehingga oleh majalah Times, dia masuk 25 orang paling berpengaruh di Internet tahun ini.

Oleh Forbes, Katy Perry masuk urutan ke 3 dalam daftar Top-Earning Woman In Musik dengan penghasilan mencapai $44 juta pada tahun 2011. Tahun 2012, masuk urutan ke 5 dengan penghasilan mencapai $45 juta.

Tahun 2013, masuk diperingkat 7 untuk Wanita Berpenghasilan Teratas dalam Musik dengan penghasilan mencapai $39 juta. Tahun 2014, diurutan ke 5 dengan penghasilan mencapai $135 juta.

Tahun 2015, Katy Perry masuk diurutan pertama dalam daftar Wanita Berpenghasilan Teratas dalam musik oleh Forbes, sehingga dia menjadi Musisi Bergaji Tertinggi di di Dunia dan sebagai selebriti wanita berpenghasilan tertinggi di tahun 2015.

Forber menempatkan Katy Perry diururtan 3 dalam daftar 100 selebriti berpenghasilan tertinggi.

Kekayaan bersih Katy Perry di tahun 2016 mencapai $125 juta, sehingga masuk diperingkat 6 dalam daftar Wanita Berpenghasilan Tertinggi dalam Musik dengan penghasilan mencapai $41 juta.

Tahun 2018, berada diperingkat pertama dalam daftar Wanita Berbayaran Tertinggi dalam musik serta berada diurutan 4 dalam daftar Selebriti Wanita Berbayaran Tertinggi dengan penghasilan mencapai $83 juta.

Tahun 2019 berada diurutan ke 4 dalam daftar Wanita Berbayaran Tertinggi dengan penghasilan mencapai $ 57,5 juta. 

Namun sepanjang tahun 2010, terjadi peningkatan penghasilannya hingga $530 juta, sehingga Forbes menempatkan dia sebagai musisi berpenghasilan tertinggi urutan ke 9 dalam periode tersebut.

Model penampilan Katy Perry

Katy Perry telah dilambangkan sebagai simbol seks sehingga GO juga melabelinya sebagai fantasi pria, Elle berpendapat bahwa tubuhnya seakan akan dibuat sketsa oleh seorang remaja pria.

Beda lagi dengan Vice, menyebut Katy Perrry sebagai simbol popstar/wanita/ seks serius dan dia berada diperingkat pertama di Maxim Hot 100 di tahun 2010 sebagai wanita paling cantik di dunia. Editor Joe Levy menggambarkannya sebagai 3 sampai 4 kali lipat jenis panas.

Katy Perry terpilih sebagai wanita terseksi tahun 2013 oleh pembaca Men’s Health dan Katy Perry sendiri merasa puas dan bangga dengan bentuk tubuhnya tersebut, hal ini disampaikannya kepada Harper’s Bazar.

Penampilan baju yang dikenakan Katy Perry banyak menggabungkan unsur humor, warna cerah serta tema yang berkaitan dengan makanan. Salah satunya adalah ciri khas gaun berputar pepermin.

Vogue menyebutnya sebagai penampilan yang ekstrem di dunia dan Glamour menyebutnya sebagai ratu kekhasan. 

Katy Perry sendiri mengatakan bahwa gaya busananya memang berbeda dan dia menikmati humor dalam pakaiannya tersebut. Selain itu, Katy Perry menggambarkan bahwa dirinya mempunyai gangguan multipersonalitas dalam fashionnya.

Ikon gayanya dipengaruhi oleh Gwen Stefani, Shirley Manson, Chloë Sevigny, Daphne Guiness, Natalie Portman serta karakter fiksi Lolita.

Pengaruh musik Katy Pery

Billboard dan Glamour menyebutnya sebagai Ratu Pop yang berkuasa, sedangkan Vogue menyebutnyasebagai Ratu Perkemahan.

Teenage Dream Katy Perry, oleh Andrew Unterberger dari Billboard dianggap sebagai salah satu piringan hitam yang menentukan dari jaman keemasan baru dalam mega pop, sedangkan oleh Christoper Rosa dari Glamour menyebutnya sebagai pengaruh pada gaya pop tahun 2010 an dan suara.

Selain itu beberapa sngle hit Katy Perry sangat dikenal karena ikonik dan berpengaruh kepada sejarah pop.

Untuk ulasan resisdensi Play oleh Christian Allaire dari Vogue menyebutkan bahwa karir Katy Perry lebih dari 1 dekade cukup mengesankan dan dia menjadi ratu yang berkuasa.

Katy Perry juga masuk kedalam daftar 104 Women Who Defined the (2010s) in Pop Culture Glamour, dimana Katy Perry telah melakukan lebih dari sekedar memecahkan rekor grafik.

Variety juga memasukkan Katy Perry kedalam daftar Variety 500 sebagai pemimpin bisnis paling berpengaruh dan menyebutnya sebagai fenomena global serta sebagai seorang artis yang bededikasi serta promotor diri yang gigih memanfaatkan hits chart toppingnya.

Selain itu kesepakatan dukungannya untuk menjadi salah satu bintang pop terkaya dan paling berpengaruh yang masih hidup. Dia juga disebut sebagai ikon gay.

Out menggambarkan bahwa musik Katy Perry merupakan warisan abadi. Dimana artis lain, seperti penyanyi Fletcher telah mengabil contoh lagunya yang berjudul I Kissed a Girl dan penyanyi Rodrigo merujuk pada lagu Teenage Dream untuk lagu Brutal.

Teenage Dream dipuji oleh Halsey dan Ariana Grande sebagai album pop yang sempurna, sedangkan Grande memuji The One That Got Away sebagai salah satu lagu pop terbesar paling sempurna yang pernah ditulis dari salah satu album pop terbaik sepanjang masa.

Katy Perry dan karya musiknya telah mempengaruhi beberapa seniman lainnya, diantaranya Lil Nas X, Halsey, Lorde serta Doja Cat.

Kedermawanan Katy Perry

Berbagai macam organisasi amal telah didukung oleh Katy Perry sepanjang karir musiknya, diantaranya berpartisipasi dalam organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan serta kesejahteraan khususnya pada anak anak.

Dia juga bergabung dengan UNICEF pada tahun 2013, untuk membantu anak anak di Madagaskar untuk pendidikan dan nutrisinya dan secara resmi Katy Perry ditunjuk sebagai Duta Niat Baik UNICEF yang khusus melibatkan kaum muda dalam pekerjaannya untuk meningkatkan kehidupan anak anak dan remaja yang paling riskan di dunia.

Katy Perry telah menyisihkan sebagian uang hasil dari penjualan tiket Tur Dunia Prismatiknya untuk disalurkan ke UNICEF.

Tahun 2010, Katy Perry bersama dengan Raven-Symoné, Shaquille O’Neal dan yang memerankan Extreme Makeove: Home Edition untuk membantu membangun dan merancang tempat penampungan yayasan Boys Hope/ Girls Hope untuk pemuda di Baltimore, Maryland.

Katy Perry besama dengan Nicki Minaj menampilkan cover Girls Just Wanna Have Fun pada tahun 2010. Penampilan tersebut untuk anggota layanan selama konser 2010 VH1 Divas Salute the Troops.

Keuntungan dari penjualan album The Gay Nineties Old Tyme Music: Daisy Bell digunakan untuk menyumbang ke badan amal Little Kids Rock untuk mendukung pendidikan musik sekolah dasar yang kurang mampu. Pada saat itu, Katy Perry membawakan lagu Daisy Bell (Bicycle Built fro Two).

Proyek dengan nama Make Roar Happen, dibuat oleh Katy Perry bersama dengan Staples Inc pada bulan Juni 2014 dengan memberikan sumbangan sebesar $1 juta kepada DonorsChoose yaitu sebuah organisasi yang mendukung guru dan mendanai sumber daya kelas di sekolah umum.

Katy Perry bekerja dengan UNICEF pada bulan Mei 2016 dalam rangka meningkatkan kualitas penitipan anak di Vietnam, dengan harapan dapat memutus lingkaran kemiskinan dan meningkatkan kesehatan, pendidikan serta kesejahteraan anak anak.

Katy Perry mendapatkan penghargaa Kemanusiaan Audrey Hepburn dari UNICEF atas pekerjaannya sebagai Duta Niat Naik UNICEF dalam mendukung anak anak paling rentan di dunia.

Hasil dari Streaming Spotify dari cover All You Need Is Love sebesar & 1 untuk donasi badan amal Baby2Baby pada tahun 2021. Selain itu, Katy Perry juga ikut mendukung organisasi yang bertujuan membantu orang yang menderita kanker dan HIV/AIDS.

Katy Perry mengumpulkan uang dari gips yang terbuat dari payudaranya pada tur Warped 2008, uang tersebut untuk Keep A Breast Foundation.

Konser We Can Survive yang dibawakan oleh Katy Perry bersama dengan Bonnie McKee, Kacey Musgraves, Sara Bareilles, Ellie Goulding dan Duo Tegan dan Sara yang diselenggarakan tanggal 23 Oktober 2013, di Hollywood Bowl di Los Angeles, California.

Keuntungan dari konser ini akan disumbangkan ke Young Survival Coalition yaitu suatu organisasi yang membantu kanker payudara pada wanita muda.

Pakaian yang digunakan untuk kampanye Fashion Against AIDS H&M dirancang oleh Katy Perry pada bulan Juni 2009. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan uang untuk kesadaran HIV/ AIDS.

Katy Perry bersama dengan selebriti lain yaitu Beyoncé, Lea Michele, Jim Carrey, Jared Leto serta Kevin Spacey, menjabat sebagai ketua untuk Pesta Penghargaan Akademi Elton John AIDS Foundation Tahunan ke 25 dalam rangka penggalangan dana untuk kesehatan HIV/ AIDS.

Hasil penjualan singlenya yang berjudul Part of Me, disumbangkan ke badan amal MusiCares untuk membantu musisi yang membutuhkan.

California Dreams Tour, dapat mengumpulkan lebih dari $175 ribu dalam rangka penggalangan dana Tickets-For-Charity. Uang yang terkumpul dibagikan kepada 3 badan amal yaitu Dana Kesehatan Anak anak (CHF), Air Kedermawanan dan Masyarakat Kemanusiaan Amerika Serikat.

Pada ulang tahunnya yang ke 27, dia membuat halaman donasi untuk Society for the Prevention of Cruelty to Animals. Demikian juga, pada ulang tahunnya yang ke 28, dia membuat halaman donasi yang berguna untuk David Lynch Foundation.

Pada bulan Maret 2014, dia juga membantu mengumpulkan dana sebesar $2,4 juta yang akan digunakan untuk Musium Seni Kontemporer di Los Angeles. Kegiatan ini, dilakukan bersama dengan selebritas seperti Ryan Seacrest, Pharrell Williams, Tim Allen, Lisa Edwlstein dan Riley Keough.

Dia juga tampil di konser amal One Love Manchester, yang bertujuan untuk membantu para korban pengeboman Manchester Arena 2017. Konser ini disiarkan di stasiun radio dan televisi di seluruh dunia pada tanggal 4 Juni 2017.

Konser amal Witness: Coming Home, kembali diadakan oleh Katy Perry di kampung halamannya, di Santa Barbara  pada tanggal 19 Mei 2018. Konser amal ini digunakan untuk mereka yang pulih dari kebakaran hutan California 2017 serta semburan lumpur California Selatan tahun 2018.

Dia juga bekerja sama dengan Santa Barbara Foundation, 93108 Fund and The 805 UndocuFund yaitu satu organisasi yang membantu anggota kominitas di wilayah Santa Barbara melalui hibah dan berbagai upaya filantropi.

Itulah beberapa kegiatan amal yang telah dilakukan oleh Katy Perry yang berhati mulia dan dermawan demi kemanusiaan. Hal ini patut diacungi jempol dan menjadi contoh yang baik bagi kita semua.

Aktivisme Katy Perry

Katty Perry secara terang terangan mengadvokasi hak hak LGBT, dia berterus terang bahwa lagu I Kissed a Girl yang ditulisnya merupakan pengalaman biseksualnya sendiri bersama dengan wanita lain.

Dia mendapatkan Penghargaan Kesetaraan Bangsa dari Kampanye Hak Asasi Manusia pada tahun 2017, karena dia memakai suara yang keras dan platform internasional dalam menyuarakan kesetaraan LGBTQ.

Pada tahun 2021, dalam wawancara Out, Katy Perry disebut sebagai ikon gay dengan lagu I Kissed a Girl sebagai lagu kebangsaan queer yang populer.

Selain itu, Katy Perry juga mendukung Stonewall dalam rangka kampanye untuk mencegah intimidasi homofobik serta mendedikasikan lagunya yang berjudul Firework kedalam It Gets Better Project.

Dia telah mendapatkan Penghargaan Pahlawan Trevor dari The Trevor Project karena pekerjaan dan aktivismenya atas nama pemuda LGBT.

Katy Perry sendiri mengidentifiksi dirinya sebagai seorang feminis dan dia tampil di bulan April 2013 dalam video klip untuk kampanye Chime for Change yang bertujuan untuk menyebarkan pemberdayaan perempuan.

Dia merupakan salah satu pendukung presiden Barak Obama dan tampil di Los Angeles, Las Vegas di 3 rapat umum untuk Obama serta tampil di Wisconsin dengan membawakan lagu Let’s Stay Together.

Pada tahun 2014 , dia mendukung Marianne Williamson dalam kampanye untuk distrik kongres ke 33 California dengan menghadiri acara pers politik.

Selain itu,dia juga mendukung Kamala Harris di Pemilihan Senat Amerika Serikat di California dan menggalang dana untuk Harris di rumahnya, di Los Angeles tahun 2016.

Dia juga mendukung mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton sebagai presiden tahun 2016, dengan cara Katy Perry tampil konser bersama Elton John di konser untuk penggalangan dana untuk Clinton di New York City pada bulan Maret 2016 dan tampil di konversi Nasional Demokrat 2016.

Tahun 2020, dia mendukung Joe Biden dan Kamala Harris dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2020.

Prestasi Katy Perry

Selama karir musiknya, dia telah mendapatkan 5 American Musik Awards, 14 Rakyat Choise Awards, 4 Guinness World Records, 1 brit Awards serta Juno.

Mendapat julukan Women of the Year dari Billboard pada bulan September 2012.

Memecahkan rekor 69 minggu berturut turut di 10 besar Billboard Hot 100 dari Mei 2010 sampai September 2011.

Album Teenage Dream menjadikan Katy Perry menjadi artis wanita pertama yang menelurkan 5 single peringkat pertama di Billboard Hot 100.

Katy Perry telah mempunyai 9 single peringkat 1 di Amerika Serikat di Billboard Hot 100, dengan single terbaru yang berjudul Dark Horse. Masuk rekor karena mempunyai 18 lagu peringkat 1 berturut turut di Billboard Dance Bagan Lagu Klub.

Ditetapkan sebagai artis klub dansa paling sukses peringkat 15 sepanjang masa oleh majalah Billboard dan peringkat 4 dalam daftar Artis Lagu Pop Terbaik Sepanjang Masa.

Album Teenage Dream dan Prism masuk dalam daftar album Billboard 200 Terbesar Sepanjang Masa oleh Wanita.

Selain itu, Dark Horse masuk peringkat 100 dalam daftar 100 Lagu Terhebat Sepanjang masa dan masuk dalam 100 Lagu Terhebat Sepanjang Masa oleh Wanita melalui lagu lagu Katy Perry ET, Firework dan California Gurls.

Video musik Dark Horse menjadi video pertama artis wanita yang mampu mencapai 1 miliar penayangan di Vevo pada bulan Juni 2015. Kemudian diikuti dengan video musik Roar yang mencapai 1 miliar penayangan di Vevo juga pada bulan Juli 2016.

Katy Perry menjadi Artis Rekaman Wanita Global Teratas 2013 yang ditetapkan oleh Federasi Internasional Industri Fonografi (IFPI).

Katy Perry menjadi artis single digital teratas peringkat 5 di Amerika Serikat yang ditetapkan oleh RIAA.

Katy Perry menjadi artis pertama yang mempunyai 3 lagu yang mendapatkan sertifikasi Diamond dari RIAA yaitu melalui lagu Dark Horse, Firework dan Roar.

ET, California Gurls dan Hot n Cold terjual lebih dari 5 juta kopi di media digital.

Sepanjang karir musiknya albumnya telah terjual hingga 18 juta album sedangkan singlenya terjual hingga 125 juta secara global, sehingga menjadikannya sebagai salah satu artis musik terlaris sepanjang masa.

Discography Katy Perry

- Katy Hudson (tahun 2001)

- One of the Boys (tahun 2008)

- Teenage Dream (tahun 2010)

- Prism (tahun 2013)

- Witness (tahun 2017)

- Smile (tahun 2020)

Katy Perry movie

- The Smurfs (tahun 2011)

- Katy Perry: Part of Me (tahun 2012)

- The Smurfs 2 (tahun 2013)

- Brand: A Second Coming (tahun 2015)

- Katy Perry: The Prismatic World Tour (tahun 2015)

- Katy Perry: Making of the Pepsi Super Bowl Halftime Show (tahun 2015)

- Jeremy Scott: The  People’s Designer (tahun 2015)

- Zoolander 2 (tahun 2016)

- Popstar: Never Stop Never Stopping (tahun 2016)

Tur Katy Perry

- Strangely Normal Tour, dengan Phil Joel (tahun 2001)

- Hello Katy Tour (tahun 2009)

- California Dreams Tour (tahun 2011 – 2012)

- Prismatic World Tour (tahun 2014 – 2015)

- Witness: The Tour (tahun 2017 – 2018)

- Resindensi Play (tahun 2021 – 2022)

Demikianlah ulasan lengkap tentang penyanyi Paty Perry dengan segudang prestasi melalui lagu lagu yang diciptakan dan dinyanyikannya, sehingga dia mampu menjadi seorang penyanyi wanita yang dapat mempengaruhi penyanyi lain melalui gaya musik dan lagu lagu yang ditulisnya tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Katy Perry, Fireworks salah satu lagu terhebat sepanjang masa, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya, jika kita mempunyai kesempatan untuk membagikan mengenai informasi musik yang sudah kita dapat kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar