Dolly Parton, Penyanyi Yang Berhasil Menghapus Batas Musik Country Dengan Musik Pop

Dolly Parton, artis, komponis, penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Amerika peraih 11 Grammy Awards.

Dolly Parton, berkarir di dunia musik sejak 1964

Dolly Parton merupakan penyanyi Amerika yang mendapat julukan The Queen of Country Music dan legenda musik country karena berhasil menghapus batas antara musik country dengan musik pop lewat lagu lagu  hitnya I Always Love You dan Here You Come Again.

Ulasan tentang karir musik Dolly Parton

Dia mempunyai nama asli Dolly Rebecca Parton dan lebih dikenal dengan nama Dolly Parton, lahir di Sevierville, Tennesse, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Januari 1946. 
 
Suami Dolly Parton bernama Carl Thomas Dean (m 1966). Dolly Parton sudah berkecimpung didunia film dan musik sejak tahun 1964. 
 
Dia anak ke 4 dari 12 bersaudara, ayahnya bernama Robert Lee Parton berprofesi sebagai seorang petani dan pekerja konstruksi, sedangkan ibunya bernama Avie Lee. Kehidupan Dolly Parton sejak lahir berada ditengah tengah keluarga yang sangat miskin.
 
Kecerdasan ayahnya dalam berbisnis dan kemampuan bermusik dari keluarga ibunya telah diakui dan dipuji oleh Dolly Parton.

Dolly Parton selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai seorang aktris, penulis lagu, produser, musisi dan eksekutif bisnis. 
 
Warna musiknya bergenre country, country pop, pop, blue grass dan gospel. Selain itu, dia juga pernah membintangi beberapa film diantaranya film berjudul Joy Ful Noise, Steel Magnolias, Rhines Stone, Gnomeo & Yuliet dan Frank Mc Klusky C1.

Dolly Parton memulai karirnya sebagai pembawa acara anak di Cas Walker, di acara radio. Ketika menginjak usia 13 tahun, dia sudah berhasil merekam single komersial pertamanya dengan menulis lagu untuk artis lain yang bernama Bill Phillips dan Kitty Wells.

Dia menjadi terkenal sejak tampil diacara program sindikasi TV mingguan pada tahun 1967 sebagai penyanyi Porter Wagoner. 
 
Sejak itu karir Dolly Parton melejit dan sungguh luar biasa karena karirnya selama 5 dekade sangat stabil dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan. Dia seorang superstar internasional terkenal yang telah banyak berkonstribusi meramaikan dunia hiburan dan musik.

Beberapa lagu klasik juga berhasil dirilisnya, diantaranya adalah "Jolene", "Coat of maby colour" serta 2 lagu yang menjadi hit besar.
 
Selain itu, 2 lagu ini telah berhasil menghapus batas antara musik country dengan  musik pop dengan single "I will always love you" dan "Here you come again", dan lagu ini sukses di musik country maupun musik pop.

Duet single pertamanya "The last thing on my mind" adalah sebuah cover dari Tom Paxton, berhasil menjadi top ten hit di chart single country dan pada tahun 1974 arah musiknya mulai bergerak menuju kearah main stream musik pop.

Single "9 to 5", merupakan sebuah single dengan string hit pop-country dari fim "9 to 5" berhasil menjadi hit dan sukses besar dipertengahan tahun 1980 an. Di film itu Dolly Parton bermain bersama dengan  Jane Fonda dan Lily Tomlin.

Dia juga terus mengembangkan usahanya diluar musik, seperti Dolly Wood Theme Park yang dibuka tahun 1986 di Pigeon Forge, Tennesse.

Single country pertamanya berjudul "Dumb Blonde", diikuti dengan "Something Fishy", "Full length", "Halo" dan "I'm Dolly". Dan selama tahun 1974 sampai dengan 1980, secara konsisten menempatkan lagunya di Country Top 10 dengan 8 singlenya berhasil mencapai urutan pertama.

Dolly Parton berhasil memenangkan Grammy Award untuk Best Female Country Vocal Performance melalui album "Here you come again", yang menghasilkan lagu lagu hit seperti "Heart breaker" (1978), "Baby I'm Burning" (1979), "You're the only one" (1979). Lagu lagu ini berhasil masuk di Top pop 40 dan ranking pertama country chart.

Sukses secara komersial berhasil diraihnya pada tahun 1980, dengan 3 kali berturut-turut menduduki peringkat pertama untuk "The Donna Summer" dan telah menulis single "Starting over again", "Old Flames can't hold a candled to you" dan "9 to 5", dan berhasil menduduki puncak tangga country dan pop charts pada awal tahun 1981.

Tahun 1987 merilis "Trio", dan berhasil memenangkan Grammy Award Best Performance Country Duo atau Grup dengan vocal dan masuk nominasi untuk album "Of The year", serta dilanjutkan dengan keberhasilan pop "Rainbow" dan "The river unbroken".

Tahun 1989, Dolly Parton mulai fokus merekam country "White limozeen" sehingga memunculkan 2 single hit berjudul "Why'd you come in here lookin like that" dan "Yellow roses". Kemudian pada tahun 1990 dia mulai kembali ke genre country klasik (Blue grass).

Dolly Parton juga sukses berduet dengan beberapa penyanyi, diantaranya adalah :

- "Rockin" berduet dengan Ricky Van Shelton tahun 1991, berhasil menduduki peringkat pertama tangga lagu.
- I will always love you" berduet dengan Vince Gill, berhasil memenangkan Music Association Country Vocal Event of the year Award.
- "The day I fall in love" berduet dengan James Ingram untuk fitur film "Bethoven 2, masuk nominasi Academy Award untuk Best original song.
- "Island in the stream" berduet dengan Kenny Roger, lagu ini berhasil bertahan dipuncak tangga lagu selama 2 minggu, dan berhasil masuk puncak US pop dan country single chart.

"Hongky tonk angel" dirilis awal musim gugur tahun 1993 bersama dengan Loretta Lynn dan Tammy Loynetts berhasil mendapatkan sertifikat emas dari Asosiasi industri rekaman Amerika.

Dolly Parton merupakan penyanyi wanita yang dihormati sepanjang masa karena telah  berhasil membuat 3000 lagu dan telah mendapatkan 25 RIAA bersertifikat emas, platinum dan multi platinum, mempunyai 25 lagu yang menduduki peringkat 1 ditangga lagu Billboard untuk rekor artis wanita, mempunyai 41 album  yang masuk top 10 country album dan penjualan single, album serta hit koleksinya mencapai 100 juta kopi diseluruh dunia. 

Dia juga telah berhasil mendapatkan 8 Grammy Award, 2 Academy Awards nominasi, 10 Country Music Association Awards, 7 Academy of Country Music Award, 3 American Music Award, dan merupakan salah satu dari 7 artis wanita yang memenangkan The Country Music Association's Entertainer of the year Award.

Terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel DOLLY PARTON, PENYANYI YANG BERHASIL MENGHAPUS BATAS MUSIK COUNTRY DENGAN MUSIK POP, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar