Willie Nelson, Legend Dan Icon Penyanyi Country

(dok.eillienelson.com)
(dok.livenation.com)

Willie Nelson, Legend Dan Icon Penyanyi Country

WILLIE NELSON MERUPAKAN PENYANYI LEGENDARIS DARI MUSIK COUNTRY, DAN TERKENAL SEBAGAI ICON BUDAYA POPULER AMERIKA SERIKAT.

Sekilas Tentang Willie Nelson
Willie Nelson mempunyai nama asli Willie Hugh Nelson, merupakan seorang penyanyi, pencipta lagu country, penulis, penyair, aktor dan aktivis yang berasal dari Amerika Serikat. 

Dia lahir di Abbott, Texas, pada tanggal 30 April 1933, dengan istri yang bernama Annie D’Angelo (m 1991) dan 7 orang anak yang bernama Lukas Nelson, Billy Nelson, Paula Carlene Nelson, Amy Lee Nelson, Jacob Micah Nelson, Lana Nelson dan Susie Nelson.

Masa kecil Willie Nelson hidup di Abort, Texas dari orang tuanya yang berkerja sebagai montir dan pemilik rumah biliar, keorang tuanya bernama Myrie Marie dan Ira Doyle Nelson. 

Dari kakek dan neneknya yang bernama William A Nelson dan Nancy Elizabeth Smother, Willie Nelson mulai dikenalkan dengan musik melalui buku musik yang dibelikan oleh kakek dan neneknya tadi. 
Bakat musik Willie Nelson sudah terlihat sejak dia masih berusia 6 tahun, karena pada usia semuda itu dia sudah bisa menciptakan lagu pertamanya dan menginjak usia 9 tahun dia sudah mulai bergabung disebuah band lokal. 

Di grup band itu, Willie Nelson sebagai gitarisnya, adil perempuannya yang bernama Bobbie sebagai pemain piano, sampai akhirnya mereka berdua bertemu dengan pemain biola yang bernama Bud Fletcher dan diajak bergabung dengan grup band Bohemian Fiddlers. 

Sejak di sekolah SMA, Willie Nelson sudah terbiasa bekerja sebagai disk jockey sambil menjadi DJ radio dan dia juga sudah aktif disebuah organisasi Future Farmers of America.

Perjalanan Karir Musiknya
Willie Nelson selain penyanyi juga sebagai penulis lagu, dia yang telah menginspirasikan lagunya lewat genre musik Blues, Jazz, Gospel, Honky Tonk.

Pada tahun 1956, Willie Nelson pindah ke Vancouver, Washington dan awal untuk memulai karis musiknya dengan merekam sebuah lagu yang berjudul “Lumberjack” karya Leon Payne. Dan sungguh mengagumkan lagu tersebut terjual cukup bagus, sehingga memuluskan Willie Nelson untuk bekerj lagi sebagai penyiar radio. 

Lagu ciptaan Willie Nelson berjudul “Famili Bible” berhasil laku terjual dengan harga $ 100, dan sungguh diluar dugaan karena lagu ciptaannya tadi berhasil menjadi sebuah lagu hit pada tahun 1960 an yang dibawakan oleh penyanyi Claude Gray. 

Akhirnya Willie Nelson mulai berpindah lagi ke Nashville pada tahun 1960 dan berhasil medapatkan kontrak sebagai pencipta lagu. Lagu citaannya yang berjudul “Night Life” yaitu lagu country yang paling sering didaur ulang  dan telah direkam melalui Ray Price. Dari sinilah awal dari lagu-lagu pop dan country hasil karya Willie Nelson mulai berhasil menjadi lagu-lagu hit, dan pada tahun ini juga Willie Nelson telah berhasil memperbaharui Hippy.

Diantara lagu-lagu hasil karya Willie Nelson yang berhasil menjadi lagu-lagu hit dan berhasil dibawakan oleh penyanyi top dunia, adalah : 
- Funny How Time Slips Away, dibawakan oleh Billy Walker 
- Hello Walls, dibawakan oleh Faron Young 
- Pretty Paper, dibawakan oleh Roy Orbison 
- Crazy, dibawakan oleh Patsy Cline 

Pada tahun 1961, Willie Nelson berduet dengan Shirley Collie berhasil merilis beberapa single seperti “Willingly” dan “Touch Me”. Penyanyi yang telah berduet dengan dia yaitu Shirley Collie akhirnya menikah dengan Willie Nelson sebagai istri keduanya

Karir musiknya mulai terkenal pada sekitar tahun 1970 an, bersamaan dengan terjadi peristiwa kehebohan dari satu gerakan Outlaw Country, dimana akhirnya Willie Nelson dijadikan sebagai Ikon Budaya Populer Amerika Serikat. 

Pada tahun 1980, Willie Nelson bekerjasama dengan Ray Price, dia berhasil merilis album yang berjudul San Antonio. 

Album yang berhasil dibuat oleh Willie Nelson, diantaranya adalah :

- Pada tahun 1976, dengan lagu yang berjudul "Wanted The Out Laws"
- Pada tahun 1982, berhasil dengan lagu yang berjudul "Always On My Mind", yang menjadi lagu hits pada tahun itu dan sampai dengan sekarang lagu tersebut masih sangat enak sekali untuk dinikmati.
- Pada tahun 1983, menghasilkan lagu berjudul "Pancho & Lefty".

Kondisi dari Willie Nelson yang sudah berusia 70 tahun sungguh luar biasa, karena dia masih terus aktif menyelenggarakan tur dan selalu tampil di konser-konser, serta ikut terlibat dalam acara pengumpulan dana bersama musisi besar seperti Bob Dylan dan Dave Mathews. 

Willie Nelson masih terus produktif berkarya untuk merilis album-album barunya dengan mengkombinasikan berbagai macam unsur genre musik seperti reggae, blues, jazz, folk dan musik pop. 

Sehingga Willie Nelson memang pantas menjadi salah satu legend dari musik country, karena karya musik country yang abadi sampai sekarang dan keterlibatannya dalam musik country hingga usia tuanya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang WILLIE NELSON,  LEGEND DAN ICON PENYANYI COUNTRY, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi  mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar