Dixieland, Aliran Dari Musik Jazz Awal

(dok.haleonard)

Dixieland, Aliran Dari Musik Jazz Awal

ALIRAN DIXIELAND : MERUPAKAN MUSIK JAZZ AWAL YANG BERSUMBER DARI KEBUDAYAAN AMERIKA, NEW ORLEANS ERA TAHUN 1910.

Sumber Dan Alat Musik Dari Dixieland
Aliran Dixieland ini merupakan salah satu dari aliran musik Jazz yang bersumber dari jenis musik blues dan musik marching  band Eropa.

Aliran Dixieland ini mengadopsi dari musik kebudayaan Amerika era tahun 1910 an dari New Orleans.
Alat musik yang biasa digunakan dalam aliran musik Jazz jenis Dixieland ini adalah : gitar, gitar bass, saksofon, trombon, piano, klarinet, trompet, double bass, drum dan vokal.

Dixieland atau New Orleans merupakan genre musik yang dikelompokkan kedalam genre musik jazz dan pada umumnya dinamakan dengan Early jazz (Jazz Awal), tetapi orang pernah juga menamakan dengan hot jazz. 

Mengapa genre yang terglong musik jazz ini dinamakan Dixieland atau New Orleans? Karena pada awak abad ke 20, gaya musik jazz ini melalui band yang bernama New Orleand pada tahun 1910 mulai dikembangkan di New Orleand sampai akhirnya merambah ke Chicago dan ke Newyork City. 

Pada saat itu populer lagu dengan jazz standar seperti Basin Street Blues dan When The Saints Go Marching In, kedua lagu ini bahkan sangat disukai oleh penggemar musik yang bukan jazz. 

Dixieland yang merambah sampai ke Chicago tadi, disana oleh Louis Armstrong band, gaya musik hot jazz ini dikembangkan oleh mereka, melalui kombinasi 2 beat yang digunakan untuk 4 beat dan memperkenalkan swing dalam bentuk paling awal. 

Didalam gaya Chicago yang disuguhkan, para musisi menggunakan alat musik string bass dan gitar untuk menggantikan tuba dan banjo, kemudian cara memainkannya menggunakan tempo yang serba cepat dan lebih menitik beratkan ke permainan solo. Sehingga gaya jazz Chicago atau hot jazz ini menjadi musik asli untuk mengiringi tari Lindy Hop yang cukup berkembang di Harlem. 

Perancis quadrilles, biguine, ragtime dan blues, Dixieland dikombinasikan dengan improvisasi polyphonic, menggunakan alat musik seperti terompet (cornet), trombone dan clarinet dengan menggunakan rhythm section, termasuk juga alat musik seperti gitar atau banjo, string bass atau tuba, piano dan drum. 

Kebangkitan dari Dixieland terjadi pada akhir tahun 1940 dan 1950 an, sehingga pada waktu itu banyak musisi yang sudah tidak berkarir lagi mulai kembali lagi untuk mulai meramaikan kancah musik jazz. Sehingga muncul musisi lain yang berhasil menciptakan inovasi baru pada sekitar tahun 1950 an yang dinamakan dengan gaya Progresif Dixieland”. 

Proggresif Dixieland kemudian berusaha bergabung dengan melodi Dixieland tradisional dan irama bebop, sehingga muncul gaya yang dinamakan dengan gaya Dixie-bop. 

Karakter Dari Aliran Jazz Dixieland
Aliran dari Dixieland ini kebanyakan dalam bentuk Pop seperti Swing, juga semakin berengaruh dalam bentuk-bentuk musik populer.

Aliran Dixieland ini sering dinamakan perpanjangan dari musik jazz seperti : Rhytym and Blues, Soul, Neo Soul, Quiet Storm dan Cool Jazz.

Dixieland biasa disebut dengan "Jazz New Orleans" dan merupakan genre musik "Jazz Awal" atau "Early Jazz".

Karakter dari aliran Dixieland : biasanya memakai improvisasi kolektif dan biasanya permainan musiknya cenderung emosional, sehingga aransemen tertulis tidak diperlukan lagi, semuanya tergantung dari keahlian para pemainnya untuk melakukan improvisasi.

Lirik lagu yang masuk dalam jenis aliran Dixieland ini adalah :

- Lirik lagu dari Born Again oleh Jason Mc Coy
- Lirik lagu dari Elvis Presley

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang DIXIELAND, ALIRAN DARI MUSIK JAZZ AWAL, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber dari : Wikipedia

0 komentar