Julio Iglesias, Penyanyi Legendaris Spanyol Sebagai Penyanyi Ballad Romantis

Julio Iglesias, penyanyi legendaris, komposer dan penulis lagu berkebangsaan Spanyol yang populer secara internasional sekitan tahun 1970 an dan 1980 an sebagai penyanyi balad romantis

Lagu lagu Julio Iglesias populer dalam 14 bahasa

Penyanyi Spanyol kelahiran tahun 1943 ini merupakan penyanyi legendaris Spanyol yang sukses secara komersial dengan pencapaian penjualan albumnya hingga 150 juta di seluruh dunia. 

Lagu lagu Julio Iglesias menggunakan banyak bahasa, tercatat telah menggunakan dalam 14 bahasa, sehingga keunikkannya ini menjadi populer disekitar tahun 1983. Selain itu, dia terkenal dengan lagu lagu balad romantis seperti Crazy dan Mammy Blue.

Dia tampil di berbagai belahan dunia tepatnya telah tampil di 5 benua dan lebih dari 5000 konser telah dijalaninya. 

Julio Iglesias juga dihormati sebagai seorang artis internasional yang dikenal di Tiongkok. Dia sukses meraih penjualan dinegara lain seperti di negara Brazil, Perancis, Italia sedangkan di negaranya sendiri Spanyol berhasil mencapai penjualan tertinggi dalam sejarah yaitu sebanyak 23 juta kopi.

Penghargana penghargaan yang berhasil diperoleh Julio Iglesias antara lain Grammy, Latin Grammy, World Music Award, Billboard Music Award, American Music Award dan Lo Nuestro Award.

Selain itu, Julio Iglesias berhasil mendapatkan medali gold atas prestasi dalam seni rupa Spanyol dan Legiun Kehormatan Perancis.

Dia juga diangkat sebagai Duta khusus untuk Seni Pertunjukan oleh UNICEF di tahun 1989 dan menjadi bintang di Hollywood Walk of Fame dari tahun 1985.

Atas kiprahnya di bidang musik baik sebagai penyanyi maupun penulis lagu maka dia dilantik kedalam Hall of Fame Penulis Lagu Latin pada tahun 2013. Ditahun yang sama, Julio Iglesias berhasil menjadi artis latin pria terlaris sepanjang masa.

Ulasan tentang karir musik Julio Iglesias
Julio Iglesias lahir di Madrid, Spanyol, pada tanggal 23 September 1943 dan dikaruniai 3 orang anak dari istri yang bernama Isabel Presler yaitu Enrique Iglesias.
 
Chabeli Iglesias dan Julio Iglesia Jr dikaruniai 5 orang anak yang berasal dari istri yang merupakan model muda Belanda yang bernama Miranda Rijnsburger dengan anak-anaknya yang bernama Miguel Aljandro, Rodrigo, Cristina, Victoria dan Guillermo.

Ayah Julio Iglesias bernama Julio Iglesias Sr. yang berprofesi sebagai seorang dokter ginekolog dari Qurense dan ibunya bernama Maria del Rosario de la Cueva y Perignat. Julio Iglesias seorang keturunan Yahudi yang berasal dari ibunya.

Sebelum berkecimpung didunia musik, Julio Iglesias merumput sebagai seorang pemain sepakbola profesional dan berperan sebagai seorang kiper di Real Madrid Castilla.
 
Dia beralih profesi tidak sebagai pemain sepakbola lagi setelah dia mengalami kecelakaan mobil serius yang mengakibatkan  harus menjalani perawatan dan terapi pada bagian kakinya karena bagian kakinya permanen melemah. 
 
Selama masa perawatan itu dia diberi sebuah gitar oleh seorang perawat dan sejak itu dia mulai belajar bermain gitar dan mulai menemukan bakat musiknya.

Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai penulis lagu, dan mulai aktif di dunia musik sejak tahun 1968 dengan arah musiknya bergenre musik pop dan latin. Melalui karir musik inilah dia berhasil mencapai puncak ketenaran secara internasional di sekitar tahun 1970 sampai 1980 an.

Pada tahun 1968, Julio Iglesias berhasil memenangkan Benidom International Song Festival pada acara sebagai penulis lagu di Spanyol dengan lagu "La Vida Singue Igual" ("Life goes on the same"). 

Karir musiknya diawali dengan memenangkan Festival lagu Internasional Benidom di Spanyol melalui lagu La vida sigue igual, lagu ini juga dipakai untuk film berjudul La vida sigue igual yang menceritakan tentang kehidupannya.

Setelah kemenangannya tadi dia mulai mendapatkan tandatangan kontrak dengan Disko Columbia dan berhasil merilis album pertamanya "Yo Carto" (I Sing). Album ini berhasil bertengger diperingkat 3 tangga lagu Spanyol selama 15 minggu.

Ketika dalam kontes lagu Eurovision 1970, dia mewakili Spanyol dan menduduki peringkat ke 4. Melalui lagu Un Canto A Galicia dalam bahasa Galicia berhasil menjadi lagu hit peringkat 1 di negara Eropa dan mencapai penjualan hingga 1 juta kopi di Jerman.

Julio Iglesias meraih kesuksesan di Italia pada tahun 1975 melalui lagu Julio Iglesias yang berbahasa Italia dengan judul Se mi lasci non vale atau If You Leave Me, It Can’t Be. 

Julio Iglesias telah berhasil merilis lebih dari 80 album dalam 14 bahasa dan albumnya telah terjual hingga lebih dari 300 juta keping di seluruh dunia. 
 
Sony Music mencatat bahwa Julio Iglesias merupakan salah satu dari 10 artis besar dengan penjualan album terbaik sepanjang masa serta telah menyelenggarakan konser sebanyak 5000 konser.

Dia juga berhasil mendapatkan lebih dari 2600 gold dan platinum bersertifikat rekaman dan merupakan salah satu seniman terlaris sepanjang masa.

"Gwendolyne" dan "Un canto a galicia" merupakan hitnya yang menduduki peringkat pertama di negara-negara Eropa dan saat itu dinyanyikan di Galicia untuk menghormati ayahnya yang berasal dari Galicia. Lagu Julio Iglesias ini telah terjual sampai 1 juta kopi di Jerman.

Tahun 1975 sukses di Italia dengan merekam lagu eksklusif seperti "Se mi lasci non vale" ("If you leave me, It can't be), Album yang cukup terkenal adalah "A flor de piel" (dirilis 1974) dan album yang menjadi hit di Eropa adalah "Manuela", "El Amor" (dirilis 1975), "Song" (dirilis 1973).

Julio Iglesias mulai pindah ke Miami, Florida, Amerika Serikat pada tahun 1979 dan mulai bernyanyi dalam bahasa Inggris, Perancis, Portugal dan Jerman. 

"Je N' Aipas Change" - berbahasa Perancis, "De Nina a mujer" - berbahasa Jerman, "Begin the begune" - berbahasa Inggris, "1100 bel air place" - berbahasa Inggris, album "1100 bel air place"  ini terjual lebih dari 3 juta di Amerika Serikat.

Selain itu, album A flor de piel menjadi hit di Eropa pada tahun 1974 melalui Manela, disusul El amor dan Soy yang dirilis pada tahun 1975 dan 1973. Salah satu lagu populer Julio Iglesias yang berbahasa Prancis melalui lagu berjudul Je n’ai pas changé.

Julio Iglesias merupakan seorang penyanyi yang mampu membawakan lagu lagunya dengan menggunakan beberapa macam bahasa, diantaranya menggunakan bahasa Prancis, Italia, Portugis, Spanyol, Jerman dan bahasa Inggris.

Melalui album Julio Iglesias De niña a mujer telah dirilis dengan memakai 5 bahasa dan telah menelurkan hit peringkat 1 di Inggris dengan menggunakan bahasa Inggris yaitu cover dari Begin the Beguine.

Pada tahun 1983 Julio Iglesias merilis Julio dan tahun berikutnya merilis album 1100 Bel Air Place, album ini berhasil menjadi album hit dengan pencapaian penjualan hingga 3 juta kopi di Amerika Serikat.

Album cover The Air That I Breathe versi Julio Iglesias yang pernah dipopulerkan oleh The Hollies, untuk kali ini menampilkan vokal dari The Beach Boys.

Melalui album Un hombre solo (A Man Alone), Julio Iglesias berhasil memenangkan Grammy Award untuk Pop Latin Terbaik pada Grammy Awards 1988.

Untuk selanjutnya, Julio Iglesias mendapatkan penghargaan Keunggulan pada Penghargaan Lo Nuestro 1995, memperoleh pengakuan dari Latin Recording Academy sebagai Person of the Year pada tahun 2001.

Untuk selanjutnya, Julio Iglesias dilantik kedalam Hall of Fame Musik Latin Internasional pada tahun 2002.

Julio Iglesias juga sukses berduet dengan beberapa penyanyi, diantaranya :

- "To all the girls I've loved before" berduet dengan Willie Nelson, menjadi Hit di peringkat pertama di tangga lagu country dan Top 5 di Billboard Hot 100.
 
- "All of you" berduet dengan Diana Ross, masuk top 20 pop hit dan peringkat 2 di adult contemporary chart.
 
- "My love" dari album Non Stop, berduet dengan Stevie Wonder dan sukses crossover di tahun 1988.
 
- Berduet dengan penyanyi Indonesia Anggun C. Sasmi, menyanyikan lagu "All of you", yang merupakan lagu lama dari Julio Iglesias sewaktu berduet dengan Diana Ross yang berhasil menjadi pemenang Grammy Award Spanyol pada tahun 1984.
 
- Merekam Summer Win bersama Frank Sinatra pada tahun 1993.
 
- Merilis Crazy pada tahun 1994, berduet dengan penyanyi Dolly Parton, Sting dan Art Garfunkel.

Album Julio Iglesias Divorcio (Divorce) dirilis pada tahun 2003, album ini berhasil mencapai posisi tertinggi di tangga lagu beberapa negara seperti Spanyol, Portugal, Prancis, Italis dan Rusia dengan pencapaian penjualan hingga 350 ribu kopi.

Kesuksesan album ini, membawa Julio Iglesias melakukan tur dunianya dari Eropa ke Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan dan Afrika selama 10 bulan dari tahun 2003 hingga 2004.

Pada tahun yang sama, sebuah lagu Natal berjudul Silent Night dinyanyikan Julio Iglesias berduet dengan Miranda Rijnsburger seorang penyanyi berkebangsaan Belanda yang menjadi pacarnya. Namun demikian, lagu ini belum dirilis secara resmi.

Album Julio Iglesias Romantic Classics dirilis tahun 2006 dengan menggunakan bahasa Inggris baru. Album ini berisi lagu lagu seperti I Want to Know What Love Is milik Foreigner, Careless Whisper pilihan George Michael dan Right Here Waiting karya Richard Marx.

Fitur album Romantic Classics hitnya antara lain "I want to know what love is", "Careless whisper" dan "Right here waiting".
 
Lagu lagu ini merupakan lagu big hit atau pencapaian tertinggi dari Julio Iglesias di tangga lagu Billboard karena berhasil masuk peringkat 31 di Amerika Serikat, 21 di Kanada, 10 di Australia dan peringkat 1 di Eropa dan Asia.

Romantic Classics dirilis di Asia dengan menggunakan bahasa Filipina dan Indonesia hingga album ini tampil di suatu acara televisi di seluruh dunia. Hal ini, telah membantu promosi dalam menaikkan jumlah penjualan album ini.

Dalam suatu film Tinker Tailor Soldier Spy tahun 2011, menampilkan soundtrack lagu La Mer (The Sea) yang dibawakan oleh Julio Iglesias, penampilan ini direkam live pada tahun 1976 di Olympia.

Julio Iglesias kembali mendapatkan penghargaan bersejarah antara lain Artis Internasional Pertama & Paling Populer Sepanjang Masa di Tiongkok, penghargaan dari Sony Music Tiongkok dan masuk Rekor Dunia Guinness untuk Artis Latin Pria Terlaris.

Julio Iglesias bersama dengan Armando Manzanero dan José Feliciano dilantik kedalam Hall of Fame Penulis Lagu Latin pada tahun 2013.  

Julio Iglesias dan Julio Iglesias Jr melakukan konser bersama untuk pertama kalinya pada acara tur di Rumania tahun 2015.

Pada tahun yang sama, Julio Iglesias mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari Berklee College of Music atas kontribusinya yang abadi [ada budaya Amerika dan internasional.

Prestasi yang dapat diraihnya, diantaranya adalah :

- Berhasil mendapatkan 2 penghargaan bersejarah di Beijing yaitu Firts & Most Popular International Artists of all time in China dan penghargaan dari Song Music China. 
 
- Berhasil mendapatkan Guiness World Record untuk Best Selling Male latin Artists dan dilantik dalam latin song writers hall of fame bersama dengan Armando Manzanero dan Jose Fliciano.

Ayah Iglesias meninggal dunia dengan usia 90 tahun pada tahun 2005 karena terkena serangan jantung.

Lagu lagu Julio Iglesias yang enak untuk dinikmati, antara lain adalah :

- Crazy
- Let it be
- Mammy blue
- Fragile
- Guajira/ Oye como va
- When you tell me that you love me
- I keep telling myself
- Pelo amor de uma melher
- Caruso
- Song of joy

Lagu lagu Julio Iglesias ini merupakan referensi lagu-lagu yang cukup enak untuk dinikmati oleh telinga kita, dan silahkan Anda mencoba untuk memutar lagu lagunya tersebut.

Album album Julio Iglesias

- Yo canto (tahun 1969)

- Gwendolyne (tahun 1970)

- Un canto a Galicia (tahun 1972)

- Soy (tahun 1973)

- Aflor de piel (tahun 1974)

- A México, El amor (tahun 1975)

- America (tahun 1976)

- A mis 33 años (tahun 1977)

- Aimer la vie, Emociones, Sono un pirata, sono un signore (tahun 1978)

- À vous les femmes (tahun 1979)

- Hey (tahun 1980)

- De niña a mujer (tahun 1981)

- Et l’amour crea la femme, Momentos, Momenti (tahun 1982)

- Julio (tahun 19830

- 1100  bel Air Place (tahun 1984)

- Libra (tahun 1985)

- Un hombre solo, Tutto l’amore che ti manca (tahun 1987)

- Non Stop (tahun 1988)

- Raices (tahun 1989)

- Starry Night (tahun 1990)

- Calor (tahun 1992)

- Crazy (tahun 1994)

- La carretera (tahun 1995)

- Tango (tahun 1996)

- Noche de cuatro lunas (tahun 2000)

- Ao Meu Brasil (tahun 2001)

- Divorcio (tahun 2003)

- Romantic Classics (tahun 200)

- Quelque chose de France (tahun 2007

- 1 (tahun 2011)

- México (tahun 2015)

- México & Amigos (tahun 2017)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel JULIO IGLESIAS, PENYANYI LEGENDARIS SPANYOL SEBAGAI PENYANYI BALLAD ROMATIS, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar