Anggun C.Sasmi, Raih World Best Selling Indonesian Artist

Anggun, adalah penulis lagu, penyanyi dan tokoh televisi Perancis kelahiran Indonesia

Anggun C Sasmi penyanyi rock wanita asal Indonesia

Anggun C Sasmi merupakan penyanyi bergenre rock wanita asal Indonesia yang mempunyai suara kontralto tebal dan menjadi penyanyi wanita Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional.
 
Dia sudah mulai tampil di dunia musik sejak berusia 7 tahun dengan merekam lagu anak anak. Anggun C Sasmi merupakan seorang penyanyi asal Indonesia yang berambut lurus, berkulit sawo matang dan berpostur ramping.
 
Dia mulai melejit di kancah musik Indonesia melalui single berjudul Mimpi, sehingga lagu Anggun C Sasmi ini berhasil menjadi salah satu lagu Indonesia terbaik sepanjang masa. Jika dibandingkan  dari 150 lagu terbaik menurut majalah Rolling Stone.

Anggun merupakan penyanyi yang mempunyai jenis suara kontralto yang tebal dan mempunyai keahlian dalam tehnik improvisasi vokal yang cukup unik serta gaya panggungnya yang cukup mempesona karena didukung oleh kemampuannya dalam menari bali. 

Dia juga sering dijuluki sebagai Diva Indonesia karena telah berhasil meraih penghargaan sebagai artis yang paling terkenal di tahun 1989.

Kesuksesan single yang berjudul Mimpi ini memacu Anggun C Sasmi untuk merilis album studionya di tahun 1991 dengan judul Anak Putih Abu Abu. Setahun kemudian dilanjutkan lagi dengan merilis album studio selanjutnya yang berjudul Nocturno. 

Sehingga di tahun 1990, dia telah berhasil menjadi salah satu penyanyi rock wanita asal Indonesia yang paling sukses dengan usia yang masih sangat muda pada saat itu, karena album albumnya cukup banyak terjual dan single singlenya mampu menduduki tangga lagu di Indonesia.

Seperti halnya dengan penyanyi penyanyi asal Indonesia yang lainnya, go Internasional adalah impian dari mereka untuk dapat melebarkan sayapnya dalam meraih karir musik yang lebih baik lagi hingga ke manca negara. 


Demikian halnya dengan Anggun C Sasmi, dalam hal memuluskan impiannya, agar supaya dapat sampai ke go Internasional maka dia memutuskan untuk memilih beralih menjadi waga negara Prancis.

Melalui album Snow On The Sahara, dia berhasil menarik perhatian pengamat musik internasional sehingga pengamat musik internasional banyak yang memuji suara Anggun dan dia sering diparafi dengan Annie Lennox Asia.

Meskipun sudah berwarga negara Perancis,  Anggun C Sasmi masih tetap mencintai Indonesia terbukti dia masih sering berada di Indonesia dan masih mengakui kalau tulang serta darahnya masih darah Indonesia. 

Pengakuan ini di ucapkan sendiri oleh Anggun, dia tentu saja tidak akan lupa dengan kesuksesan karir musiknya yang  memang dimulai dan dirintis di Indonesia.

Perjalanan karir musik Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi mempunyai nama lahir Anggun Cipta Sasmi tetapi dia lebih di kenal dengan nama Anggun C Sasmi. Dia adalah penyanyi kelahiran Jakarta, Indonesia yang lahir pada tanggal 29 April 1974 dan sekarang sudah menjadi warga negara Perancis.

Darah musiknya diturunkan dari orang tuanya, ayahnya bernama Darto Singo merupakan seorang seniman berdarah Jawa sedangkan ibunya Dien Herdina masih termasuk kerabat keraton Yogyakarta. 

Tehnik vokal Anggun C Sasmi dilatih sendiri oleh ayahnya dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi, selain itu anggun juga diajarkan untuk bermain piano.

Dia mempunyai seorang anak bernama Kirana Cipta Montana, dengan pasangan hidupnya yang masing masing bernama Cyril Montana (m 2010), Olivier Maury (m 2004 – 2006) dan Michel Georgea (m 1992 – 1999).

Karir musiknya dimulai sejak tahun 1986 dengan genre musik awal adalah rock, kemudian berkembang ke genre musik pop, urban dan world, dan selain sebagai penyanyi dia juga berprofesi sebagai pencipta lagu, produser rekaman dan filantropi.

Anggung C Sasmi pertama kali tampil untuk mengawali karirnya pada usia 7 tahun di panggung Ancol, dengan album studio pertamanya berjudul Dunia Aku Punya dan album ini berhasil dirilis pada tahun 1986 atas bimbingan dari Ian Antono.

Anggun C Sasmi mulai berhasil meraih kesuksesannya setelah beberapa lagu Anggun C Sasmi Tua Tua Keladi, Laba laba, Takut, Nafas Cinta dan Kembali Kasih. 
 
Semua lagu Anggun C Sasmi ini berhasil menjadi lagu hit di tahun 1990, sehingga dia dianugerahi artis Indonesia terpopuler di tahun 1990 – 1991.

Akhirnya Anggun berhasil mencapai cita citanya untuk menjadi artis bertaraf Internasional, melalui produser besar Perancis yang bernama Eric Benzi, yang telah berhasil mewujudkan album internasional pertamanya yang dirilis tahun 1997 dengan judul Snow On The Sahara. 

Album ini telah dirilis di 33 negara diseluruh dunia, tak terkecuali album ini hadir juga di Amerika Serikat sehingga menjadi arah dari musik global.

Anggun C Sasmi juga telah berkolaborasi dengan penyanyi manca negara terkenal seperti Julio Iglesias, Peter Gabriel, Pras Michel (The Fugess), II Divo, David Foster dan Melanie C (Spce Girls). 

Penghargaan-penghargaan yang telah berhasil diraihnya adalah :

- Penyanyi Indonesia pertama yang berhasil menerobos industri musik internasional dengan meraih penghargaan Gold dan Platinum di negara Eropa untuk albumnya tersebut. 
- Mendapatkan anugerah prestisius Chevalier des arts et lettres dari pemerintah Perancis 
- Dapat meraih World’s Best Selling Indonesian Artist dari World Music Awards sebagai artis Indonesia yang berhasil mencapai penjualan album tertinggi di seluruh dunia. 
- Menjadi duta global Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Untuk pertama kalinya jalur musik Anggun beralih dari yang semula musik rock yang telah dipakainya selama bertahun tahun, tiba-tiba berubah menjadi pop etnik. Perubahan genre musiknya ini terjadi ketika dia merilis album berbahasa Perancis pertamanya dengan judul Au Nom De La Lune.

Single pertamanya yang berjudul La Neige Au Sahara telah berhasil menjadi lagu hit yang selalu diputar di radio-radio Perancis pada tahun 1997, sehingga albumnya mampu meraih penjualan hingga lebih dari 150.000 kopi di Perancis dan Belgia. 

Atas prestasinya tersebut, Anggun berhasil menjadi nominator untuk pendatang baru terbaik di Victoires de la Musique yang merupakan penghargaan tertinggi bagi industri musik Perancis.

Album berbahasa Perancis kedua berhasil dirilis pada tahun 2000 dengan judul Contraires dan sebagai single unggulannya adalah Un Geste D’amour. 

Jenis musiknyapun berbeda dengan album yang pertama karena berjenis musik pop elektronik serta mempunyai unsur ambient dan R&B, tetapi album ini tidak dapat mengulang kesuksesan album pertamanya.

Namun demikian single pertama dari album ini dengan judul Still Reminds Me berhasil menjadi hit di radio-radio lingkup Eropa dan Asia, mencapai urutan ke 3 di Italia, sepuluh besar di Jepang dan berhasil menjadi 5 besar The Music & Media Europe Border Breakers Chart khusus untuk Asia Tenggara. 


Tahun 2005, Anggun berhasil merilis album internasional ketiganya yang berjudul Luminescence dengan 2 versi bahasa yaitu bahasa Perancis dan Inggris, di album ini musiknya bergenre pop dan beberapa musik urban. 

Di album ini juga Anggun mulai kembali ke genre musik yang telah menjadi akar dan ciri awalnya yaitu musik rock. Single pertamanya yang berjudul Etre Une Femme dan In Your Mind telah berhasil menjadi lagu paling terkenal di radio-radio Perancis.

Album internasional keempatnya bergenre hip hop dan urban dirilis tahun 2008 dengan judul Elevation, di album ini Anggun berkolaborasi dengan penyanyi rap Pras Michel. 
 
Single pertama dari album ini berjudul Si Tu I’avoues untuk lingkup Perancis, Crazy untuk lingkup internasional dan Jadi Milikmu untuk lingkup Indonesia.

Anggun adalah penyanyi asal Indonesia pertama yang berhasil menembus industri musik internasional dimana album albumnya berhasil meraih penghargaan gold dan platinum di beberapa negara Eropa. 

Pencapaian puncak prestasi musik Anggun adalah anugerah prestisius Chevalier des Arts et Lettres dari pemerintah Prancis dan World Best Selling Indonesian Artist dari World Music Award sebagai artis Indonesia dengan penjualan album tertinggi di seluruh dunia.

Anggun juga merupakan wanita pertama asal Indonesia yang diabadikan dalam patung lilin oleh museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand. 
 
Anggun juga telah 2 kali menjadi duta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk program Mikrokredit pada tahun 2005 dan Food and Agriculture Organization (FAO) tahun 2009.

Penyanyi dari grup musik rock terkenal yang banyak mempengaruhi Anggun diantaranya adalah Guns N’Roses, Bon Jovi dan Megadeth, tetapi penyanyi yang menjadi idolanya adalah David Bowie, The Beatles sedangkan yang dari Indonesia adalah Sting dan Shella Chandra.
 
Selain berkarir di musik Anggun C Sasmi juga bekerjasama dengan salah satu produk shampo dan dia sering muncul dalam iklan Anggun C Sasmi Pantene.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Anggun C.Sasmi, Raih Best Selling Indonesia Artist, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar