Lagu Glenn Fredly, Januari, Menggetarkan Dunia Musik Indonesia

Glenn Fredly, dengan topi Glen Fredly yang khas

Glenn Fredly, penyanyi R&B terbaik asal Indonesia

Glenn Fredly merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu terkenal asal Indonesia, dengan penampilannya yang tidak pernah lepas dari ciri khas menggunakan topi model khasnya.
 
Dikutip dari Kompas.com yang telah menjumpai Glenn Fredly di kawasan Bangka Raya, Mampang Prapatan, Jakarta, pada hari Rabu (30/11/2016), bahwa Glen Fredly masih disibukan dalam rangka pekerjaan persiapan film Filosofi Kopi 2. 

Penampilan topi Glen Fredly yang khas menjadi model topi yang selalu digunakannya disetiap kali penampilannya sehingga bisa dikatakan telah menjadi penampilan khasnya.

Dia telah melibatkan musisi baru untuk sekuel film Filosofi Kopi 2 dimana Glenn Fredly sendiri yang berperan sebagai produser musiknya.

Dia berharap dapat bekerjasama dengan musisi baru tersebut karena sebelumnya memang Glenn Fredly belum pernah berhubungan satu sama lain dengan mereka.
 
Untuk itu, sekarang persiapan film Filosofi Kopi 2 tadi masih dalam proses pematangan materi, sehingga belum dipastikan siapa saja musisi yang nanti akan diajak ikut serta untuk bekerjasama.

Baca juga : Sandhy Sondoro, Musisi Dan Penyanyi Indonesia Yang Mempunyai Suara Black

Menurut Glenn Fredly bahwa film Filosofi Kopi 2 merupakan sebuah film yang menceritakan tentang seorang barista kopi, dan alur ceritanya cukup seru karena Filosopi Kopi yang pertama dimulai dari grow kedai kopinya dan untuk selanjutnya akan dibuat yang lebih seru lagi.

Kabar yang merebak bahwa Glenn Fredly mulai dekat kembali dengan mantan kekasihnya yang bernama Aura Kasih yaitu seorang penyanyi yang berasal dari Ambon, Indonesia. Menurut pengakuan dari Glenn Fredly bahwa dia masih mengerjakan proyek buat Aura Kasih.

Lagu Glenn Fredly Januari, apa cerita dibalik lagu ini

Penyanyi ini dalam karir musiknya, populer dengan lagunya yang berjudul Januari. Lagu ini menceritakan tentang kepedihan seorang pria karena harus berpisah dengan kekasihnya. Lagu ini terinspirasi dari kehidupan pribadi Glenn yang sebenarnya.

Lagu Januari ini dipromosikan melalui album Glenn yang merupakan album kedua yaitu pada bulan Janurai 2002. Lirik lagu Glenn Fredly Januari ini menceritakan kisah cinta Glenn dengan penyanyi dari grup vokal yang terkenal saat itu.

Namun, tiba tiba hubungan mereka putus setelah hubungan cinta tersebut yang telah terjalin selama lebih dari 8 tahun lamanya. 

Pada saat itu, hati Glenn benar benar hancur berkeping keping. Namun demikian, dibalik kisah yang menyedihkan akibat putus cintanya ini, justru menjadikan munculnya inspirasi Glenn dalam menciptakan karya lagu terbaiknya.

Dari album keduanya Selamat Pagi Dunia ini, telah menelurkan 3 lagu Glenn Fredly yang hit yang berjudul Januari, Sekali Ini Saja dan Sedih Tak Berujung. Ketiga lagu ini tampil dengan sangat menyentuh perasaan, karena dirundung suasana sedih akibat dari putus cinta.

Apa yang telah diciptakan oleh Glenn Fredly melalui lagu lagunya ini merupakan suatu jawaban dari perputaran waktu yang Tuhan sediakan untuk Glenn Fredly dari emosi, ego, luapan tawa, tetes air mata dan impian, semuanya melebur menjadi satu yang dikemas melalui lagu lagunya tersebut. 

Oleh sebab itu, ketiga lagu ini menjadi sebuah pengakuan yang sangat berarti untuk perjalanan hidupnya.

Perjalanan karir Glenn Fredly

Glenn Fredly adalah seorang pencipta lagu dan penyanyi terkenal asal Indonesia yang mempunyai nama sejak lahir Glenn Fredly Deviano Latuihamallo tetapi lebih dikenal dengan nama Glenn Fredly. 
 
Dia lahir di Jakarta, Indonesia pada tanggal 30 september 1975, dan telah menikah dengan Dewi Sandra pada tahun 2006 – 2009, tetapi kemudian mereka berpisah.

Bakat musik Glenn Fredly sudah mulai terlihat sejak dia lulus dari SMA, kemudian dia bergabung menjadi vokalis di Funk Section pada tahun 1995.
 
Melalui Funk Section ini dia telah berhasil merilis sebuah album eksklusif yang dibungkus secara menarik, arah musik Glenn Fredly cenderung bergenre pop dan R&B.

Setelah berjalan selama 3 tahun bersama dengan Funk Section, dia baru mulai meristis karir solonya dan akhirnya berhasil meluncurkan sebuah album berjudul Glenn, meskipun didalam album tersebut hanya berisi 8 buah lagu saja. 

Namun demikian, lagu yang sering dinyanyikan oleh Glenn Fredly dari  8 lagunya tersebut,  hanya 3 lagu saja yaitu lagu Glenn Fredly yang berjudul Kau, Cukup Sudah Dan Mobil Mama, karena ketiga lagu ini berhasil menjadi hit di Malaysia.

Baca juga : God Bless, Grup Band Rock Terkenal Dan Melegenda Di Indonesia

Tahun 2000, Glenn Fredly berhasil merilis album Glen Fredly keduanya yang berjudul Kembali, melalui album ini dia berhasil menelurkan beberapa lagu hit Glenn Fredly seperti Salam Bagi Sahabat dan Kasih Putih. 

Meskipun Glenn Fredly sudah cukup dikenal dikalangan penggemar musik Indonesia, akan tetapi prestasi dari kedua albumnya ini masih belum dinyatakan sukses dalam hal penjualan maupun ketenarannya.

Dari pengalaman kedua albumnya yang kurang berhasil, meskipun dengan penuh keraguan akhirnya pada tahun 2003 diliris juga album ketiganya yang bertajuk Selamat Pagi Dunia. 

Sungguh diluar dugaan ternyata album ketiganya ini berhasil memunculkan beberapa lagu hit, dan salah satu lagu hitnya yang berhasil menggetarkan dunia musik Indonesia yaitu lagu berjudul Januari, sehingga lagu ini dikemas ulang pada tahun 2004.

Akhirnya tahun 2005, Glenn Fredly mendapat tawaran untuk membuat album soundtrack untuk film Cinta Silver dan setahun kemudian dia merilis album bertajuk Aku & Wanita yaitu sebuah album yang dipersembahkan sebagai pengormatan dan penghargaan terhadap musisi musisi sebelum dia.

Album ketujuhnya dirilis pada tahun 2006 dengan judul Terang, album ini bernuansa Natal karena bersamaan dengan suasana Natal 2006.

Tahun 2007, Glenn Fredly kembali meluncurkan album barunya yang bertajuk Happy Sunday, didalam album ini merupakan album yang dapat menimbulkan spirit baru dalam memandang kehidupan secara global melalui media musik.

Berikut prestasi musik yang pernah diraih oleh Glenn Fredly dan bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan :

- Penghargaan untuk kategori lagu terbaik dan penyanyi terbaik kategori musik R&B di Anugerah Musik Indonesia 2001.
- Berpartisipasi dalam konser bertajuk Soul For Indinesia Earth sebagai penghargaan terhadap bumi
- Berpartisipasi dalam album milik Erwin Gutawa yang bertajuk Salute To Koes Plus/ Bersaudara

Tahun 2005, dia  menciptakan lagu berjudul Kita Untuk Mereka yaitu sebuah lagu yang ditujukan buat korban Tsunami Aceh. 

Lagu ciptaan Glenn Fredly ini dinyanyikan oleh Indonesia Voices yaitu kelompok dari sederetan penyanyi seperti Gito Rollies, Harvey Malaiholo, Rio Febrian, Duta Sheila on 7, Fadly Padi, Kikan Cokelat.
 
Selain itu, penyanyi lain seperti Akhmad Albar, Vina Panduwinata, Baim, Delon, Tia AFI, Ruth Sahanaya, Syahrani, Ubiet juga ikut serta menyanyikan lagu Glenn Fredly ini dan masih banyak lagi penyanyi lainnya yang juga ikut serta.

Tahun 2011 sebuah lagu Glenn Fredly berjudul Tanah Perjanjian dinyanyikan berkolaborasi dengan Ras Muhamad, merupakan lagu yang menceritakan tentang permasalahan di Papua. Glenn Fredly juga telah berkolaborasi dengan Toh Pati untuk menyanyikan lagu berjudul Jejak Langkah.

Akhirnya pada tahun 2011, Glenn Fredly membentuk sebuah grup trio yang beranggotakan dia sendiri, Sandy Sandhoro dan Tompi dengan nama grupnya Trio Lestari.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Lagu Glenn Fredly, Januari, menggetarkan dunia musik Indonesia, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar