Sandhy Sondoro, penyanyi Indonesia yang populer di Jerman


Sandhy Sondoro, merupakan seorang penyanyi, pencipta lagu dan pemain gitar asal Indonesia yang memulai karir musiknya di Jerman

Sandhy Sondoro, musisi dan penyanyi Indonesia yang mempunyai suara black 

Satu lagi musisi berbakat kelahiran Indonesia yang berhasil mengawali karir musiknya dan berhasil populer tidak dinegara asal kelahirannya, melainkan sukses memulai karirnya dan populer di negara Eropa. 
 
Dia adalah seorang musisi yang bernama Sandhy Sondoro yaitu seorang penyanyi dan pencipta lagu serta pemain gitar yang berasal dari Indonesia.
 
Sandhy Sondoro justru memulai karir musiknya tidak di negara Indonesia tetapi di negara Jerman, sehingga di Indonesia nama Sandhy Sondoro sebelumnya memang tidak begitu terkenal. 

Sandhy Sandoro memang mempunyai kelebihan tersendiri dalam bernyanyi, karena disetiap penampilannya dia selalu terlihat sangat menghayati sekali untuk setiap penampilan dari lagu yang dinyanyikannya.
 
Hal inilah, yang menjadi salah satu kelebihan dari Sandhy Sondoro sehingga mampu menjadi salah satu talenta yang mampu membuat dia berhasil populer di negara lain yaitu di negara Eropa khususnya di Jerman. 

Silahkan baca artikel : Chrisye, Penyanyi Pop Romantis Legendaris Indonesia Dengan Ciri Khas Suara Timbre Yang Lembut

Dengan warna vokal yang agak serak serta genre musiknya bergaya soul, meskipun dengan penampilan Sandhy Sondoro yang mempunyai postur tubuh yang kecil.
 
Meskipun dengan tubuh kecilnya, dia dengan mantap dan pasti mampu menunjukkan kemampuan bernyanyinya pada saat melantunkan lagu dari Diane Warren yang berjudul Nothing Gonna Stop Us Now. 

Sandhy Sondoro telah berhasil membuat penontonnya terpesona dan memberikan applause dengan berdiri pada saat menyaksikan penampilannya di panggung Java jazz di Hall D2. Pada saat itu dia menyanyikan lagu hit yang ditulis oleh pencipta lagu terkenal yang bernama Diane Warren. 

Sekilas Tentang Sandhy Sondoro

Sandhy Sondoro mempunyai nama asli Sandhy Soendhoro tetapi lebih dikenal dengan nama Sandhy Sondoro. Dia lahir di dalam keluarga yang menyukai musik sehingga ibu dan ayahnya sering memainkan gitar dengan musik pop Amerika, Folk, jazz dan blues.

Silahkan baca : 7 Penyanyi Rock Paling Top Di Dunia Yang Kusukai

Sandhy Sondoro lahir di Jakarta pada tanggal 12 Desember 1973, dia mempunyai seorang istri bernama Ade Sechan (m. 2012) serta 3 orang anak bernama Aeshan Sachiarputra Sondhoro, Syachraafi Ardiputra dan Kiandra Adrianaputri. 

Warna musiknya cenderung bergenre musik soul, musik akustik dan musik blues dan dalam setiap penampilannya dia selalu menghayati setiap lagu soul yang dinyanyikannya. 
 
Sandhy Sondoro bahkan telah mendapat julukan Indo-Nigger yaitu seorang penyanyi Indonesia tetapi memiliki suara Black seperti penyanyi afro. Sandhy Sondoro telah ikut meramaikan musik Indonesia dan telah membawa nama Indonesia di negara Jerman.

Berikut beberapa album yang berhasil dirilis oleh Sandhy Sondoro yaitu : 

- Why Don’t We dirilis tahun 2008 
- Jazz In The City With Sandhy Sondoro merupakan album kompilasi yang dirilis tahun 2009 
- Sandhy Sondoro dirilis tahun 2010 
- Find The Way dirilis tahun 2012 
- Vulnerability dirilis tahun 2014 

Sandhy Sondoro sudah mulai bermain musik pada saat dia masih sekolah di SMA, pada saat itu Sandhy Sandoro sangat menyukai musik rock dan selalu menyanyikan lagu-lagu dari band rock terkenal seperti Van Halen, Mr Big, The Black Crowes.
 
Pada usia 18 tahun Sandhy Sondoro meninggalkan Indonesia untuk mengunjungi pamannya di California dan memutuskan untuk tinggal di California.
 
Namun demikian, setahun kemudian tepatnya pada tahun 1993 Sandhy Sondoro pindah ke Jerman dengan tujuan utamanya adalah mengikuti pendidikan arsitektur. 

Karir musiknya dimulai di kota Berlin Jerman, dan awal mulanya Sandhy Sondoro hanya sebagai musisi jalanan saja yaitu dengan cara mengamen di Metro dan juga ikut bermain musik dari pub ke pub yang tujuannya untuk mencari tambahan penghasilan.
 
Namun, hal ini justru membuat Sandy Sandoro menjadi suka dan berubah menjadi bergantung kepada musik dari pada meneruskan studynya sebagai seorang arsitektur. Dia memilih  meneruskan dibidang desain interior, sampai akhirnya nama Sandhi Sondoro mulai dikenal oleh produser musik. 
 
Dari kegiatannya sebagai musisi jalanan inilah Sandhy Sondoro telah mulai mendapatkan banyak kenalan musisi musisi disana, sehingga memudahkan jalannya untuk meningkatkan karir musiknya di Jerman. 

Karir musik Sandhy Sondoro menjadi lebih dikenal lagi di Jerman setelah dia berhasil memenangkan kontes menyanyi yang diselenggarakan oleh televisi ProSieben pada tahun 2007 yaitu kontes Ssddwemugabrtlad.
 
Dia mampu meraih di urutan ke lima, sehingga melalui acara inilah yang telah membuat berhasil melambungkan nama Sandhy Sondoro sebagai musisi di Jerman.

Akhirnya, berdampak terhadap banyaknya penawaran yang diberikan kepada Sandhy Sondoro untuk tampil di acara-acara musik televisi, sampai akhirnya Sandhy Sondoro berhasil merilis sebuah album pertamanya bertitle dengan judul Why Don’t We pada tangal 25 April 2008.
 
Album pertama Sandhy Sondoro ini, ternyata hasilnya sangat bagus karena album tersebut telah mendapat tanggapan positip bagi pecinta musik yang berada di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. 

Prestasi musik Sandhy Sondoro di Jerman cukup bagus, karena dia telah berhasil meraih ketenaran seperti : 

- Singlenya yang berjudul Shine, dia berkolaborasi dengan Dublex Inc berhasil menduduki tangga lagu favorit di sejumlah radio dikota-kota penting seperti Berlin, Madrid dan Paris.

- Dia telah mengikuti festival New Wave di Jumala yaitu salah satu festival internasional yang cukup  penting di Eropa Timur. 
 
Sandhy Sondoro sudah 2 kali tampil di ajang tersebut, untuk penampilan yang pertama dia menyanyikan lagu When A Man Love A Women dengan hasil penilaian juri hampir sempurna.

Pada penampilannya yang kedua, dia menyanyikan lagu ciptaannya sendiri yang berjudul End Of Rainbow. 
 
Dan pada kesempatan penampilannya yang kedua ini semua juri memberikan nilai sempurna. Sehingga Sandhy Sondoro berhasil meraih juara dan lagu ciptaan Sandhy Sondoro akhirnya berhasil terpilih menjadi lagu terbaik tahun 2009.

Saat ini, Sandhy Sandoro masih berfokus ke penikmat musik di luar Indonesia yaitu di Jerman dan negara Eropa lainnya. 
 
Indonesia patut bangga karena mempunyai musisi seperti Sandhy Sondoro. Dia secara tidak langsung dan otomatis telah memperkenalkan Indonesia di manca negara melalui kegiatan musiknya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Sandhy Sondoro, penyanyi Indonesia yang populer di Jerman, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia dan Kompas 13 Maret 2010

0 komentar