Dr Tompi, Lagu Hit Aliran Musik Jazz Karyanya Raih AMI Award

Dr Tompi, spesialis bedah plastik dan penyanyi jazz asal Indonesia, dikenal melalui album Bali Lounge

Tompi penyanyi jazz terkenal di Indonesia

Dr Tompi klinik, merupakan klinik spesialis bedah plastik milik dr Tompi sendiri. Penyanyi jazz terkenal asal Indonesia ini juga berprofesi sebagai pembawa acara dan sekaligus berprofesi juga sebagai seorang dokter bedah. 
 
Jenis karakter vokalnya memang sangat terpengaruh oleh lagu lagu daerah asalnya yaitu lagu lagu tradisional Aceh dan vokal mengaji Al-Qur'an.

Meskipun berprofesi sebagai seorang dokter, dr Tompi mempunyai hobi menyanyi yang merupakan hobi kesenangannya sehingga menyanyi tetap ditekuninya sebagai sampingan dari pekerjaan utamanya sebagai seorang dokter di klinik bedahnya.

Gelarnya sebagai seorang dokter spesialis bedah plastik diperolehnya dari Fakultas kedokteran Universitas Indonesia lulusan tahun 2010, bagi dr Tompi pekerjaan sampingannya sebagai seorang penyanyi jazz memang sangat disukainya. 
 
Menurut dr Tompi pekerjaan menyanyinya memang sangat menyenangkan dan merupakan hobinya disamping pekerjaan utamanya.

Dr Tompi berasal dari Lhokseumawe, Aceh, Indonesia sebagai tempat kelahiran dan tempat dia dibesarkan. 
 
Dia terlahir pada tanggal 22 September 1978 dan mulai dikenal sebagai seorang penyanyi jazz di Indonesia sejak dia merilis albumnya yang berjudul Bali Lounge bersama dengan seorang penyanyi lain yang bernama Alda Rizma Elfariani.

Dr Tompi mempunyai nama asli Teuku Adifitrian tetapi lebih dikenal dengan nama Tompi, dan Arti Indira adalah istri dari penyanyi tompi, mereka berdua dikaruniai 3 orang anak yang bernama Teuku Omar Dakari, Teuku Zakarizein dan Cut Malaka Ayesha.

Dia adalah seorang penyanyi pria Indonesia dengan musik yang bergenre jazz, selain itu dr Tompi juga berprofesi sebagai seorang pembawa acara disalah satu stasiun televisi di Indonesia. Karirnya dibidang musik sebagai seorang penyanyi dimulai ketika Tompi masih menjadi seorang mahasiswa. 


Dia berusaha untuk mulai bernyanyi di kampusnya sendiri, sehingga kemampuan vokal dari dr Tompi menjadi semakin berkembang dan semakin baik. 
 
Akhirnya dr Tompi dapat bertemu dengan beberapa orang yang mempunyai nama besar dibidang seni musik seperti Bertha dan Tjut Deviana. Dan dari sinilah akhirnya dr Tompi mulai memperdalam lagi bakat dan hobinya sebagai penyanyi.

Selain mendalami bakat serta hobinya sebagai penyanyi, dalam waktu senggangnya dr Tompi juga mulai belajar menciptakan lagu sendiri. 
 
Dalam menciptakan lagu lagu jazz, dia sangat terinspirasi sekali dengan semua pengalaman pribadinya, suasana disekitarnya serta pengalaman dari orang orang terdekatnya.

Dr Tompi sebelum menjadi seorang penyanyi jazz, juga pernah menjadi vokalis dari beberapa grup band diantaranya band Cherokee, Bali Lounge.
 
Oleh sebab itu,  pengalamannya sebagai vokalis tadi telah membentuk warna dan karakter vokalnya yang telah berhasil menjadi ciri khas dari dr Tompi dan dari suara khasnya inilah yang telah membuat dr Tompi berhasil menjadi penyanyi jazz terkenal di Indonesia.

Prestasi musik yang pernah diraihnya dr Tompi, diantaranya adalah berupa penghargaan :

- AMI Awards 2008 untuk karya produksi R&B terbaik melalui lagu berjudul Salahkah 
- AMI Awards 2009 untuk karya produksi terbaik melalui lagu berjudul Sedari Dulu

Album dr Tompi yang dirilis pada tahun 2005 dengan album berjudul T, lebih bergenre musik pop jazz, album ini berisi kumpulan dari lagu lagu hasil ciptaan dr Tompi sendiri. Album ini telah berhasil menelurkan 1 single hit berjudul Selalu Denganmu.

Dr Tompi juga telah disibukkan dengan grup barunya yang bernama Trio Lestari dengan anggota personil terdiri dari Glenn Fredly, Sandy Sondhoro dan dr Tompi sendiri. 
 
Meskipun dia disibukkan dengan dunia musiknya, tetapi dr Tompi tetap menjalankan profesi utamanya di klinik dr Tompi sebagai seorang dokter bedah tetap berjalan. Dia juga tetap berkarya untuk menciptakaan lagu lagu jazz sebagai genre musiknya. 

Selama karir musiknya, dr Tompi sudah berhasil merilis beberapa album yaitu :

- Bali Lounge dan Cherokee dirilis pada tahun 2004 
- T dirilis pada tahun 2005 
- Soulful Ramadhan dirilis pada tahun 2006 
- Playful dirilis pada tahun 2007 
- My Happy Life dirilis pada tahun 2007 
- My Happy Life dirilis pada tahun 2008 
- Paris Jakarta Express dirilis pada tahun 2009 
- Tak Pernah Setengah Hati dirilis pada tahun 2010

Beberapa lagu lagu jazz yang ditulis oleh dr Tompi juga telah berhasil menjadi lagu hit dan terkenal serta berhasil meramaikan blantika musik di Indonesia. 

Lagu hit tersebut diantaranya adalah :

- Melalui albumnya yang berjudul Tak Pernah Setengah Hati, telah menghasilkan 4 single hit yang berjudul Aku Jatuh Cinta, Bukan Pacarmu dan Biar Saja dan Tak Pernah Setengah Hati

- Melalui albumnya yang berjudul T, berhasil menelurkan 2 single hit bejudul Cinta Yang Kau Cari, Selalu Denganmu

- Melalui album berjudul My Happy Life, telah menghasil 1 single hit berjudul Happy Life

- Melalui album berjudul Playful, telah menghasilkan 3 single hit berjudul Jangan Kau Ganggu, Kekagumanku Lulu dan Siti, Salahkan

- Melalui albumnya yang berjudul My Happy Life, telah menghasilkan 2 lagu hit berjudul Menghujam Jantungku, Sedari Dulu

- Melalui albumnya yang berjudul Sedari Awal 03-12, telah menghasilkan 2 lagu hit berjudul Takkan Terlekang dan Waktu Takkkan Mampu

Demikian sekilas tentang profil dari seorang penyanyi jazz, dokter bedah, penulis lagu serta pembawa acara yang berasal dari Indonesia, yang bernama Tompi.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Dr Tompi, Lagu Hit Aliran Musik Jazz Karyanya Raih AMI Awardsemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar