Peter Gabriel, Seorang Musisi Besar Dari Inggris


(dok.rollingstone.com)

(dok.hollowverse.com)

Peter Gabriel, Seorang Musisi Besar Dari Inggris

PETER GABRIEL ADALAH SEORANG MUSISI INGGRIS, MULAI TERKENAL PADA SAAT MENJADI VOKALIS UTAMA  DI GRUP BAND PROGRESIF ROCK "GENESIS".

Sekilas Tentang Peter Gabriel
Mempunyai nama asli Peter Brian Gabriel, lebih dikenal dengan nama Peter Gabriel, lahir di Chobham, Surrey, Inggris pada tanggal 13 Februari 1950. Dia mempunyai 4 orang anak yang bernama Melanie Gabriel, Anna Marie Gabriel, Issac Ralph Gabriel dan Luc Gabriel. Dengan istri bernama Meabh Flyn (m 2002) dan Jill Moore (m 1971-1987).

Ayah Peter Gabriel adalah seorang insinyur listrik yang bernama Ralph Parton Gabriel dan ibunya benama Edith Irene (Allen), mereka merupakan keluarga pemusik sehingga sejak usia dini Peter Gabriel sudah diajarkan oleh keluarganya untuk belajar bermain musik.

Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai penulis lagu, musisi dan aktivis kemanusiaan. Warna musiknya bergenre progresif rock, experimental rock, pop rock, soft rock, newwave, world, hard rock.

Peter Gabriel mulai bersolo karier setelah dia keluar dari grup band Genesis pada tahun 1975, dan mulai sukses dengan single "Solsbury Hill". Single ini merupakan single pertama dari album "So", album ini paling sukses secara komersial karena berhasil mendapatkan triple platinum bersertifikat di Inggris dan 5 kali platinum di Amerika Serikat.

Hit terbesar diperoleh dari album "Sledgehammer", berhasil memenangkan rekor 9 MTV award pada tahun 1987 di MTV Video Music Award, menjadi video musik yang sering dimainkan di MTV.

Pada tahun 1980 merilis anti Apartheid dengan single berjudul "Biko", dia telah berpartisipasi dalam membela hak asasi manusia. Peter Gabriel menerima penghargaan "Men of peace" sebuah penghargaan nobel perdamaian dan menurut majalah Time, bahwa Peter Gabriel merupakan salah satu dari orang yang paling berpengaruh di dunia.

Musik dari Peter Gabriel menggambarkan bahwa dia adalah salah satu musisi yang paling ambisius, inovatif rock serta salah satu musisi yang terlibat di politik, karena pada tahun 1992 ikut mendirikan "Witness" yaitu organisai hak asasi manusia.

3 album solo dari Peter Gabriel berjudul "So", "Us" dan "Up", dan Peter Gabriel berhasil mencapai puncak popularitasnya melalui album "So" yang dirilis pada tahu 1986. Berhasil menduduki urutan 1 di The UK Album Charts dan urutan 2 Billboard 200 di Amerika Serikat, bersertifikat 3 platinum di Inggris dan 5 kali mendapatkan platinum di Amerika Serikat.

Album "So" menghasilkan 3 hit di UK top 20 dengan judul "Sledgehammer", "Big time" dan "Don't give up" dan masuk top 40 hit di Amerika Serikat untuk lagu "Sledgehammer", "In your eyes" dan "Big time".

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel PETER GABRIEL, SEORANG MUSISI BESAR DARI INGGRIS, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dishare ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar