Bee Gees, Grup Band Yang Terkenal Dengan Harmoni Vokalnya

(dok.allmusic.com)
(dok.daillymail.co.uk)

Bee Gees, Grup Band Yang Terkenal Dengan Harmoni Vokalnya

BEE GEES ADALAH SALAH SATU GRUP MUSIK ROCK  LEGENDARIS YANG BERTAHAN PALING LAMA DI ERA ROCK AND ROLL.

Sekilas Tentang Bee Gees
Bee Gees pada awalnya merupakan kelompok musik rock yang jumlah personilnya hanya beranggotakan 3 orang saja atau biasa disebut dengan kelompok trio dan mereka bertiga adalah bersaudara yaitu Barry, Robin dan Maurice. Ketiga bersaudara tadi lahir di pulau Man dengan orang tua yang berkebangsaan Inggris. 

Mereka mulai berkarir musik di Brisbane, Quensland, Australia dan mulai dikenal lewat lagu "Spicks and specks", lagu ini berhasil menduduki peingkat ke 12 di tangga lagu Australia. Kemudian pada tahun 1967, mereka kembali lagi ke Inggris. Dan dari negara Inggris inilah Bee Gees mulai dipromosikan oleh Robert Stigwood ke penggemar musik di seluruh dunia. 

Hingga Bee Gees bisa seperti sekarang ini, karena Bee Gees telah berhasil menjual albumnya hingga 200 juta album dan mereka berhasil menjadi salah satu artis musik terlaris sepanjang masa serta pada tahun 1970 Bee Gees  telah diabadikan di Rock and roll hall of fame. 

Karena harmoni vokalnya yang tidak diragukan lagi maka Bee Gees dapat bertahan paling lama selama era rock and roll, dan mereka juga dianggap sebagai “keluarga kerajaan harmoni Inggris”. Siapa sajakah yang mampu menandingi kesuksesan penjualan album dari Bee Gees? Hanya Elvis Presley, The Beatles, Michael Jackson, Garth Brooks dan Paul Mc Cartney yang mampu menandingi penjualan album yang dicapai oleh Bee Gees. 

Selama  40 tahun karir musiknya, Bee Gees  mengalami puncak kepopulerannya di industri musik rekaman sebanyak 2 kali, yaitu pada akhir tahun 1960 an dan awal tahun 1970 an. Mereka dikenal sebagai trio yang telah sukses membawakan lagu-lagu soft rock yang harmonis, dengan suara khas dari vokalisnya dan vokalisnya menggunakan tehnik harmoni yang rapat serta vibrato yang jernih. 

Vibrato yang jernih yang dibawakan oleh Robin Gibb, dia berperan sebagi lead, sehingga kelebihan dari suara khasnya ini telah berhasil menjadi ciri kahs dari lagu hit pertama Bee Gees, tetapi ciri khas suara vibrato tadi akhirnya digantikan oleh suara falseto dari Barry Gibb yang akhirnya juga berhasil menjadi ciri khas dari lagu-lagu Bee Gees selanjutnya yaitu pada akhir tahun 1970 an dan sepanjang tahun 1980 an. Kedua jenis suara khas yang dimiliki oleh vokalis Bee Gees ini, membuat para penggemarnya mudah untuk mengenali kelompok musik Bee Gees.

Bee Gees selain menciptakan lagu-lagu hit untuk grup band mereka sendiri, mereka juga menciptakan lagu-lagu hit untuk artis-artis lain.

Dalam 5 dekade, minimal 1 lagu dapat menjadi Top 10 di Amerika Serikat untuk setiap dekadenya, lagu-lagu tersebut diantanya adalah : 

- I’ve gotta get a message to you 
- I started a joke, menjadi hit sekitar tahun 1960 an 
- Nights on broadway 
- How deep is your love 
- Stayin’ alive, menjadi hit sekitar tahun 1970 an 
- One, hit sekitar tahun 1980 an 
- Alone, hit sekitar tahun 1990 an 
- This is where I came in, hit sekitar tahun 2000 an 

Bee Gees adalah grup musik yang berasal dari Redclife, Australia, grup musik ini dibentuk pada tahun 1958, dengan anggota personil awalnya adalah :
□ Barry Gibb ; Robin Gibb ; Maurice Gibb
□ Colin Peterson ; Vince Peterson ; Geoff Bridgford ; Alan Kendall ; Dennis Bryan ; Blue Weaver

Sedangkan anggota personil Bee Gees yang sekarang adalah :
- Steve Rucker - sebagai drummer
- Barry Gibb - sebagai gitaris
- Robin Gibb - sebagai gitaris
- Maurice Gibb - sebagai keyboard
- Colin Peterson - sebagai drummer
- Vince Melouney - sebagai gitaris utama

Grup band ini  arah musiknya bergenre rock, soft rock, adult vontemporary, blue eyed soul, disko.
Pada tanggal 12 Januari 2003 Maurice Gibb meninggal mendadak, sehingga oleh Barry dan Robin Gibb menghentikan aktivitas Bee Gees untuk sementara waktu, sampai akhirnya pada tanggal 7 September 2009 Robin Gibb kembali membentuk Bee Gees dan mulai tampil lagi.

Prestasi Bee Gees
□ Gibb bersaudara mulai dikenal melalui lagu "Spicks and specks" yang merupakan single ke 1 di Inggris dari Bee Gees yang berhasil masuk tangga lagu Australia.
□ Bee Gees telah berhasil menjual lebih dari 200 juta keping rekaman dan berhasil menjadi grup band musik terlaku sepanjang masa.
□ Tahun 1997, diterbitkan oleh majalah Rock And Roll Hall Of Fame, dimajalah tersebut dituliskan bahwa Bee Gees adalah keluarga kerajaan harmoni Britanis Raya karena harmoni vokalnya paling luar biasa dan grup band yang mampu bertahan paling lama di era musik Rock And Roll.
□ Lagu single ke 2 yang berjudul "To Love Somebody" masuk ke peringkat Top 20 di Amerika Serikat.
□ Lagu single "Holiday" yang dirilis di Amerika Serikat berhasil masuk peringkat 16.
□ Album yang berjudul Bee Gees 1 st, masuk peringkat 7 di Amerika Serikat dan peringkat 8 di Britania Raya.
□ Akhir tahun 1967, album yang berjudul "Horizontal" masuk ke peringkat 12 di Amerika Serikat dan peringkat 16 di Britania Raya, sedangkan lagu singlenya "Massachusetts" masuk peringkat 11 di Amerika Serikat dan peringkat 7 di Britania Raya.
□ Tahun 1968, single yang berjudul World, Jumbo dan The singer sang his song. Lagu yang berjudul Jumbo, merupakan single yang paling sukses, tetapi menurut penggemar Bee Gees yang ada di negara Belanda, The singer sang his song merupakan lagu terbaik karena masuk peringkat ke 3 di Belanda tersebut.
□ Album ke 2 Bee Gees dengan lagu "I've gotta get a message to you" masuk peringkat ke 8 di Amerika Serikat dan ke 1 di Britania Raya. Lagu "I started a joke" masuk peringkat ke 6 di Amerika Serikat.
□ Album yang berjudul "Idea" masuk Top 20, peringkat ke 17 di Ameriks Serikat dan ke 4 di Britania Raya.
□ Bee Gees akhirnya cenderung masuk ke irama blues setelah mempromosikan album "Vince Melouney", sehingga tercipta lagu "Such A Shame" dari album Idea.
□ Album yang berjudul Odesse merupakan album berirama progresive rock terbaik, menurut pendapat dari kritikus musik rock.

Album-Album Yang Berhasil Dirilis
Album Bee Gees yang berhasil dirilis dari tahun 1965 sampai dengan tahun 2001 adalah sebagai berikut :
- Tahun 1965 - The bee gees sing and play
- Tahun 1966 - Spicks and specks
- Tahun 1967 - Bee Gees 1st
- Tahun 1968 - Horisontal dan Idea
- Tahun 1969 - Odessa
- Tahun 1970 - Cucumber, castle 2 years on
- Tahun 1971 - Tra Falgar
- Tahun 1972 - To whom it, my concern
- Tahun 1973 - Life in a tin cen
- Tahun 1974 - Mr natural
- Tahun 1975 - Main course
- Tahun 1976 - Children of the world
- Tahun 1979 - Spirits having flown
- Tahun 1981 - Living eyes
- Tahun 1987 - E.S.P
- Tahun 1989 - One
- Tahun 1991 - Hight civilization
- Tahun 1993 - Size isn't everything
- Tahun 1997 - Still watern
- Tahun 2001 - This is where I came in

Terima kasih sudah berkunjung di blig ini, yang berisi artikel tentang BEE GEES, GRUP BAND YANG TERKENAL DENGAN HARMONI VOKALNYA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar