Pink Floyd, Terkenal Karena Lirik Lagunya Sangat Filosofis

(dok.urbandrink.co.uk)
(dok.en.wikipedia.org)

Pink Floyd, Terkenal Karena Lirik Lagunya Sangat Filosofis

PINK FLOYD ADALAH KELOMPOK BAND PROGRESIF ROCK ASAL INGGRIS, MEREKA TERKENAL KARENA KOMPOSISI LAGUNYA MEMPUNYAI GAYA SANGAT MENGGELEGAR DENGAN LIRIK LAGU YANG SANGAT FILOSOFIS.

Sekilas Tentang Pink Floyd
Pink Floyd hasil karya musiknya mempunyai ciri yang sangat luar biasa dan berisi lirik lagu yang sangat filosofis, selain itu album-album mereka menggunakan sampul yang indah serta akan menggarap konser yang mereka selenggarakan terlihat sangat megah. 

Mereka berada diurutan ke tujuh dalam hal penjualan album terbanyak diseluruh dunia, dan Pink Floyd juga merupakan salah satu band rock yang tersukses secara komersial. 

Pink Floyd dibentuk pada tahun 1966 dan mereka mulai merekam album studio terakhirnya pada tahun 1994. Kelompok musik ini sebelum diberi nama Pink Floyd, pernah menggunakan nama grup band seperti Sigma 6, Tset, Megga deaths, The Screaming Abdabs, The Architectural Abdabs kemudian berubah menjadi The Pink Floyd Sound,  lalu diganti lagi dengan The Pink Floyd sampai akhirnya  yang terakhir kalinya namanya lebih dipersingkat lagi hingga berubah menjadi "PINK FLOYD".

Nama Pink Folyd sendiri diambil dari nama 2 musisi blues yang bernama Pink Anderson dan Floyd Council. Pink Floyd adalah grup band yang berasal dari London, Inggris, mereka membentuk Pink Floyd pada tahun 1966 dengan anggota personil pertamanya terdiri dari 5 orang, diantara adalah : 
- Bob Klose sebagai gitaris 
- Nick Mason sebagai drummer 
- Syd Barrett sebagai vokalis, gitar 
- Richard Wright sebagai keyboard 
- Roger Waters sebagai bass 

Pada awalnya mereka menyanyikan lagu-lagu cover Rhytm and blues, dengan lagu-lagu seperti Louie, Louie, kemudian Syd Barrett mulai menciptakan lagu yang banyak dipengaruhi oleh budaya surfing dari Amerika, rock psychedelic dan humor literatur Inggris. Arah musik dari grup band ini bergenre progresive rock dan psychedelic rock.

Pertama kali tampil Pink Floyd menyanyikan lagu yang bergenre rhytm and blues, setelah itu Syd Barret mulai membuat lagu dan lagu yang diciptakannya mengarah ke genre rock psychedelic.Pink Floyd ini telah mengakhiri karier kelompok musiknya pada tahun 1994.

Album pertama Pink Floyd yang berjudul The Piper at the gates of dawn menjadi salah satu contoh album paling bagus dari musik psychedelic dari Inggris, album ini berisi lagu yang berjenis bebas seperti “Interstellar overdrive” sampai lagu yang melankolis seperti “Scarecrow”. Sehingga album ini dapat laku terjual bagus hingga berhasil mencapai peringkat ke 6 di Inggris dalam hal penjualan albumnya

Prestasi Yang Berhasil Diraih
Selama karis musiknya banyak prestasi yang berhasil diraih oleh Pink Floyd, diantaranya adalah :
□ Tahun 1967, merilis album campuran dari berbagai genre musik. Lagunya berbentuk bebas dari lagu Inter stellar over drive sampai dengan lagu yang melankolis seperti lagu yang berjudul scarecrow.Album ini mencapai urutan ke 6 di Inggris
□ Tahun 1968, berhasil mendapatkan peringkat ke 3 Jugband Blues di Inggris.
□ Tahun 1969, album ganda Ummagumma berhasil masuk urutan ke 5 di Inggris dan ke 70 di Amerika.
□ Tahun 1970, Album yang berjudul  Atom Heart Mother berhasil mencapai puncak tangga nada di Inggris. Album ini akhirnya digunakan sebagai arah aliran band Pink Floyd.
□ Tahun 1973, album yang berjudul Dark Side Of The Moon berhasil menjadi Hit Top 20 di America Money dan memcapai peringkat puncak charts yang mampu bertahan hingga 741 minggu di US Top 200, selain itu menjadi album terpopuler berturut-turut dari tahun 1973 sampai 1988.

Album-Album Yang Berhasil Dirilis
Album-album yang berhasil dirilis oleh Pink Floyd dari tahun 1967 sampai dengan tahun 1994 adalah :
- Tahun 1967 - The Piper at The gates of dawn
- Tahun 1968 - A Saucerful of secrets
- Tahun 1969 - Ummagumm
- Tahun 1970 - Atom heart mother
- Tahun 1971 - Medle
- Tahun 1973 - The dark side of the moon
- Tahun 1975 - Wish you were here
- Tahun 1977 - Animals
- Tahun 1979 - The wall
- Tahun 1983 - The final cut
- Tahun 1987 - A momentary lapse of reason
- Tahun 1994 - The division bell

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, yang berisi artikel tentang PINK FLOYD,  TERKENAL KARENA LIRIK LAGUNYA SANGAT FILOSOFIS, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.
(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar