Bon Jovi, Band Rock Terkenal Dengan Gaya Yang Berbeda

Bon Jovi, Kelompok musik rock legendaris asal Amerika yang dibentuk tahun 1983 dan sukses menjual albumnya lebih dari 120 juta keping diseluruh dunia

(dok.prlog.org)

Bon Jovi, Band Rock Terkenal Dengan Gaya Yang Berbeda

BON JOVI, GRUP BAND DENGAN ALIRAN MUSIK ROCK YANG HAMPIR SEMUA ANGGOTA PERSONELNYA BERTAHAN SEPANJANG SEJARAH.

Sekilas tentang kelompok musik Bon Jovi

Bon Jovi merupakan kelompok musik rock legendaris asal Amerika yang mempunyai anggota personil berjumlah 5 orang, diantaranya adalah :

- Jon Bon Jovi - Gitar akustik
- Richie Sambore - Gitaris
- David Bryan - Piano
- Tico Torres - Instrumen musik perkusi
- Alex John Such - Gitar bass

Hebatnya anggota personil dari grup band ini hampir semuanya dapat bertahan sepanjang sejarah tidak seperti yang biasa terjadi pada grup band lain dimana pergantian personil sering kali terjadi dan biasanya terjadi lebih dari sekali dalam pergantian personilnya. 

Diladam kelompok band Bon Jovi, pernah terjadi pergantian personilnya yang bernama Alex John Such yang telah digantikan secara tidak resmi oleh Hugh Mc Donald pada tahun 1994.

Semula nama grup band ini akan diberi nama bukan dengan nama Bon Jovi, tetapi atas saran dari Pamela Maher supaya mereka menggunakan nama dari salah satu personelnya saja. Hal ini, mencontoh dari grup bandnya Van Halen, akhirnya grup band ini diberi nama "Bon Jovi".

Kelompok musik rock asal Amerika ini dibentuk oleh vokalis Jon Bon Jovi, gitaris Richie Sambora, keyboardist David Bryan, Tico Torres pemain drum dan Hugh McDonald pemain bass, dibentuk pada tahun 1983.

Semua anggota personil pendiri Bon Jovi ini tetap bergabung di kelompok musik ini kecuali 2 orang anggota personil yang bernama Alec John Such yang keluar pada tahun 1994 dan digantikan oleh Hugh McDonald. Kemudian disusul keluarnya Richie Sambora yang berperan sebagai gitaris dan co-songwriter pada tahun 2013.

Kelompok musik Bon Jovi populer dengan beberapa lagu rocknya pada album ketiga yang dirilis tahun 1986, dengan album berjudul Slippery When Wet. Kesuksesannya ini diikuti album keempat Bon Jovi yang dirilis tahun 1988 berjudul New Jersey.

Bon Jovi selalu aktif melakukan turnya dan melakukan rekaman selama periode 80 an. Periode 1990 an, Bon Jovi melakukan tour dan baru merilis album lagi pada tahun 1992 dengan judul album Keep The Faith.

Kesuksesan kelompok musik ini ketika mereka berhasil mempromosikan bandnya kepada fans fansnya yang lebih muda, sehingga dirilis lagu Bon Jovi It’s My Life pada tahun 2000. Kemudian membuat lagu yang lain dengan gaya musik mereka karena lagu yang diciptakannya hampir sama dengan lagu country.

Album Lost Highway dirilis tahun 2007, disusul album The Circle yang dirilis di Amerika Serikat pada tahun 2009. Albumstudio Bon Jovi kembali dirilis pada tahun 2013 dengan judul album What About Now.

Selama karir musik Bon Jovi, mereka berhasil membuat 13 album studio, 3 album kompilasi dan 1 album live. Dimana semua album album Bon Jovi ini telah berhasil terjual hingga 130 juta eksemplar di seluruh dunia.

Bon Jovi telah menyelenggarakan konser sebanyak 2700 konser di berbagai negara dan lebih dari 50 negara telah didatanginya untuk melakukan konser. Jumlah penggemarnya diperkirakan ada lebih dari 34 juta orang.


Sehingga Bon Jovi termasuk kelompok musik yang populer sehingga mereka mendapatkan penghargaan, seperti :

- UK Music Hall of Fame pada tahun 2006

- Award of Merit di American Music Awards sebagai penulis lagu dan kolaborator pada tahun 2004. Tahun 2009

- Bon Jovi dan Richie Sambora memperoleh Songwriter Hall of Fame

- Bon Jovi masu nominasi untuk Rock and Roll Hall of Fame tahun 2010

 

Sebelum membentuk kelompok musik Bon Jovi, Jon Bon Jovi sudah bermain piano dan gitar sejak berusia 13 tahun. Di usia 16 tahun, Jon Bon Jovi sudah membentuk band Atlantic City Expressway bersama dengan David Bryan dan mereka sudah bermain di klub New Jersey.

Jon Bon Jovi juga bermain di band John Bongiove dan Wild Ones, serta bermain di klub lokal The Fast Lane sehingga nama mereka dikenal didaerah lokal mereka. Tahun 1980, Jon Bon Jovi membentuk band The Rest dimana band ini menjadi band pembuka di New Jersey.

John Bon Jovi juga pernah bekerja di Power Station Studios suatu fasilitas rekaman di Manhattan, setelah sekolahnya keluar pada tahun 1982. Di tahun ini, Bon Jovi mulai membuat demo untuk diajukan ke perusaahn rekaman, tetapi Bon Jovi gagal.

Album christmast pertama Bon Jovi berjudul R2-D2 We Wish You Merry Christmast dan album ini merupakan rekaman profesional pertama dari Bon Jovi. Melalui kunjungan Bon Jovi ke stasiun radio lokal WAPP 103,5 FM Apple di Lake, New York, Bon Jovi berhasil negosiasi dengan John Lassman sehingga lagu Runaway diterima untuk disertakan di dalam album kompilasi stasiun bakat homegrown lokal.

Lagu Bon Jovi Runaway didukung personil Tim Pierce sebagai gitaris, Roy Bittan sebagai Keyboardist, Frankie LaRocka sebagai drummer dan Hugh McDonald sebagai bassis. Akhirnya lagu ini mulai diperdengarkan di daerah New York. Tahun 1983, Bon Jovi membentuk kelompok musik Skid Row.

Akhirnya penampilan mereka dapat membangkitkan hasrat produser rekaman Derek Shulman sehingga untuk pertama kalinya mereka menandatangani kontrak melalui Mercury Records anak perusahaan Polygram.

Disinilah awal Jon Bon Jovi membutuhkan sebuah nama untuk kelompok musiknya dan atas usul dari Pamela Maher karyawan Doc McGhee supaya memberi nama kelompok musik mereka Bon Jovi. Pemberian nama Bon Jovi ini mencontoh kelompok musik populer Van Halen yang memberi nama kelompok musiknya dengan nama dari salah satu anggota personilnya.

Namun selama 2 tahun nama kelompok Bon Jovi tidak terlalu menggebrak dalam Conver art untuk Runway. Akhirnya berkat peran manajer Doc McGhee, berhasil merilis album Bon Joi pada tahun 1984.

Album ini sukses karena berhasil menelurkan lagu hit pertama melalui Runaway dan menduduki Top 40 di Billboard Hot 100, diikuti lagu Don’t Know Me yaitu lagu permintaan Mercury untuk dimasukkan kedalam album tersebut.

Sejak saat itu Bon Jovi berhasil mendapatkan jati diri mereka dengan tampil untuk menjadi band pembuka dari kelompok musik Scorpion di AS. Dilanjutkan tampil sebagai band pembuka untuk Kiss di eropa.

Tahun 1984, Bon Jovi mulai tampil di Super Rock Festival di Jepang sebagai tamu khusus. Dimana lagu Runaway berhasil mejadi lagu hit di Jepang dan Bon Jovi menjadi daya tarik disana. Akhirnya, Bon Jovi berhasil memperoleh disk emas pertamanya untuk album pertama juga, di Jepang.

Setahun kemudian, album ini melejit ke peringkat 43 di Billboard 200 album chart di Amerika Serikat dan bersertifikat emas oleh RIAA.

Album Bon Jovi dari tahun 1985 sampai 2013

Tahun 1985, Bon Jovi merilis album kedua 7800 ° Fahrenheit yang berisi 3 lagu diantaranya adalah lagu Bon Jovi berjudul Only Lonely, Out Of Love dan Silent Night. Album ini melejit keperingkat 37 di Billboard 200 serta mendapatkan sertifikasi emas di AS. Album ini juga menjadi album hit di Jepang dan masuk Gold Top 5.

Album kedua Bon Jovi melejit juga di Inggris dan Eropa, dan menduduki peringkat 28 di Inggris dan peringkat 40 di Jerman.

Album ketiga Bon Jovi dirilis tahun 1986 dengan judul album Slippery When Wet dan album ini merupakan album inovasi Bon Jovi dengan single pertamanya berjudul You Give Love A Bad Name (peringkat pertama di Billboard Hot 100 single chart di US), Livin’on a prayer berada diposisi pertama selama 4 minggu. Lagu Wanted Dear or Alive masuk ke Top 10 Big Hit dan lagu ini menjadi lagu wajib bagi Bon Jovi dari setiap penampilannya.

Bon Jovi telah berhasil menjadi kelompok musik superstar dunia karena kesuksesan fenomenal dari album Sliper When Wet ini. Album ini menduduki peringkat disejumlah negara diantaranya melejit ke puncak di Australia, Kanada, Norwegia, Finlandia, Selandia Baru, Swiss, menduduki peringkat 1 untuk album hard rock di AS, menduduki peringkat 1 selama 8 minggu di Billboard 200, menjadi album hit Top 10 di Australia, Belgia, Jepang dan Inggris dan bertengger 107 minggu di UK albums Chart.

Tahun 1987, album Slippery When Wet dan Livin’on a prayer meraih kemenangan MTV Video Music Award untuk Best Stage Performance.

Tahun 1988, meraih penghargaan untuk Favorite Pop / Rock Band di American Music Awards dan penghargaan untuk Favorite Rock Group di Awards People’s Choise.

Dan di tahun 1987 ini, Bon Jovi mengadakan festival Monster of Rock bergabung dengan We an American band. Bon Jovi mengeluarkan albumnya Cher’s Heart of Stones pada tahun 1987 dan menelurkan lagu

Album keempat Bon Jovi berjudul New Jersey dirilis tahun 1988 dan merupakan album hit komersial karena album ini bertengger di urutan pertamaselama 4 minggu di Billboard 200 dan 2 minggu di UK Albums Chart.

Album New Jersey juga merupakan hasil terbaik untuk album hard rock yang mengasilkan 5 lagu di 10 Top Billboard Single Chart di AS. Lagu tersebut antara lain Bad Medicine, I’ll Be There for You (peringkat pertama di Billboard Hot 100), Born to be My Baby, Lay Your Hands on Me dan Living in Sin (menduduki 10 Top and Big Hit di MTV.

Selama tahun 1989 sampai 1990, Bon Jovi sudah berkunjung ke lebih dari 22 negara dan kesuksesan puncaknya terjadi di tahun 1989 karena telah berkunjung ke Rusia untuk tampil disana serta melakukan rekaman album New Jersey dengan label rekaman kepunyaan Melodiya, dimana belum ada artis Barat yang diberi hak seperti ini.

Akhirnya anggota band Bon Jovi berpisah antara tahun 1990 dan 1991 karena mereka kelelahan dalam melakukan rekaman Slippery Wen Wet dan New Jersey back to back serta mengadakan tur dunia. Akhirnya kelompok musik Bon Jovi menjadi merosot dan membuat mereka sudah tidak mempunyai keinginan untuk membuat album baru.

Dalam masa rehat ini, akhirnya Jon Bon Jovi merekam album solo pertamanya berupa soundtrack untuk film Young Gins II dan lebih dikenal dengan Blaze Glory. Album solo Jon Bon Jovi berjudul Blaze of Glory ini dirilis tahun 1991 dan mendapat apresiasi bagus dengan mengundang penyanyi Elton John, Little Richard dan Jeff Beck.

Blaze of Glory menduduki lagu hit peringkat 1 di Amerika Serikat dan mendapatkan penghargaan untuk Favorit Pop / Rock Single di American Music Awards dan penghargaan Golden Globe. Bon Jovi berhasil masuk nominasi Academy Award dan nominasi Grammy melalui lagu ini.

Anggota personil Bon Jovi yang lain yang bernama Sambora juga merilis album solo berjudul Stranger in This Town pada tahun 1991 juga, dengan mengundang Eric Clapton untuk lagu Mr Bluesman. David Bryan mencatat soundtrack dalam film horor, sedangkan Alec John Such justru off karena jatuh dari sepeda motornya sehingga tangannya luka dan sulit utnuk bermain bass.

Namun pada tahun 1991, Jon Bon Jovi dikeluarkan dari manajemennya karena kecewa dengan bisnis musiknya, lalu dia membentuk manajemen Bon Jovi sendiri.

Setelah permasalahan kelompok musik Bon Jovi berhasil diselesaikan maka Bon Jovi berhasil merilis album kelimanya yang berjudul Keep The Faith pada tahun 1992. Album kelima ini, Bon Jovi melakukan perubahan warna musiknya untuk kembali ke warna musik mentransformasi ketika mereka mengawali karirnya. Selain itu juga merubah penampilan rambut Jon Bon Jovi yang dipangkas.

Album ini berhasil mendapatkan double platinum di AS serta melejit diperingkat 5 Billboard 200. Kesuksesan ini sangat mengesankan karena dibarengi juga dengan melejitnya album debut diurutan 1 di Inggris dan Australia, meraih 5 platinum di Kanada serta 3 platinum di Jepang dan Australia. Untuk album Keep TheFaith sangat berhasil di Jerman dan terjual bagus di Asia dan Amerika Selatan.

Album greatest hits Bon Jovi dirilis tahun 1994 dengan judul Cross Road, album ini terdapat 2 lagu baru berjudul Always dan Someday I’ll Be Saturday Night.

Lagu hit Bon Jovi Always ini menduduki peringkat 10 di Billboard Ho 100 selama 6 bulan, peringkat pertama di 21 negara bersertifikat platinum di AS karena terjual hingga 3 juta eksemplar, penjualan ini merupakan penjualan paling tinggi dari kelompok musik ini. Ditahun ini kelompok musik Bon Jovi meraih penghargaan untuk Best Rock band Seller di World Music Awards.

Namun, pada tahun itu juga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan oleh kelompok musik ini karena Alec John Such keluar dari Bon Jovi.

Tahun 1995, album studio keenam Bon Jovi dirilis tahun 1995 dengan judul These Days, album ini banyak menerima kritikan dengan tidak adanya bassis Alec John Such, karena gaya musiknya menjadi berbeda demikian juga dengan lirik lagunya. Sehingga hal ini menjadi moment terburuk dari Bon Jovi.

Namun mereka bahagia, karena album ini masih bisa menjadi album hit Top 10 di Billboard 200 dan mendapatkan platinum oleh RIAA di AS, peringkat pertama di Inggris menggantikan album Michael Jackson selama 4 minggu dan peringkat pertama di Jepang.

Album ini mencapai penjualan hingga 379 ribu kopi dalam minggu pertama sehingga bercokol di puncak chart Oricon. Penjualan album tercepat oleh artis non Jepang dalam sejarah Jepang. Album ini juga menelurkan 4 UK Top 10 Hits dan ditahun ini juga Bon Jovi mendapatkan penghargaan BRIT Awardsebagai band Internasioanl terbaik serta meraih MTV Europe Music Award untuk Best Rock.

Tur dunia dilakukan kembali oleh Bon Jovi diawali dari India, Eropa, Australia serta Amerika Selatan. Penampilan Bon Jovi kali ini menjadi sejarah rekor baru di Stadion Wembley London karena tiketnya terjual habis dalam waktu 3 malam.

Setelah kesuksesan tur ini, anggota personil Bon Jovi mulai bubar dan sepakat untuk cuti selama 2 tahun.

Jon Bon Jovi terjun kedunia film dan sebagai pemeran utama untuk beberapa film, namun Jon Bon Jovi tidak berhenti menulis lagu untuk album solonya yan kedua. Akhirnya, dirilis album solonya yang kedua pada tahun 1997 dengan judul Destination Anywhere. Dalam film pendek tersebut, Jon Bon Jovi bermain dengan bintang film Demi Moore, Kevin Bacon serta Whoopi Gildberg.

Tahun 1999, anggota personil berkumpul kembali tetapi tanpa Bryan karena jarinya belum putih akibat kecelakaannya. Mereka berkumpul untuk membuat lagu berjudul Real Life, lagu ini digunakan untuk film EDTV. Pada tahun ini Bon Jovi juga sudah ready buat merekam album Sex Sells, namun album ini ditunda meskipun ada sebanyak 30 lagu yang ditulisnya yang akan dipakai Crush.

Bon Jovi sudah rehat selama hampir 4 tahun karena para anggota personil mempunyai proyek pribadi masing masing. Namun pada tahun 2000, Crush dirilis Bon Jovi sebagai album studio ketujuh mereka dengan It’s My Life sebagai lagu pertama album ini.

Album ini memperkenal kelompok musik mereka kepada fans fans muda mereka. Ditahun ini, Bo Jovi masuk nominasi Grammy untuk best Rock Album Crush dan Best Rock Performance Duo / Group untuk lagu Bon Jovi It’ My Life serta meraih My VH1 Music Awards untuk My Favorite Video untuk lagu Bon Jovi It’s My Life juga.

Bon Jovi juga merilis koleksi penampilan live mereka dalam album berjudul One Wild Night: Live 1985-2001. Album ini merupakan album lve pertama live Bon Jovi dan berisi lagu lagu hits Bon Jovi selama 16 tahun.

Lagu lagu hits Bon Jovi tersebut diataranya adalah berjudul :

IT’S My Live, Livin’ On A Prayer, You Give A Bad Name, Someday I’ll Be Saturday Night, Rockin’ In The Freeworld, Something To Believe In, Wanted Dead or Alive, Just Older, In And Out Of Love, I Don’t Like Mondays (berkolaborasi dengan Bob Geldof), Something For The Pain, Bad Medicine, One Wild Night (khusu lagu ini bukan live tetapi music video).

Tahun 2001, Bon Jovi dipilih sebagai The Most Popular Live Show Band oleh VH1 MY Music Awards. Pada acara tersebut Jon Bon Jovi dengan Richie Sambora melantunkan lagu This Comes The Sun sebagai penghargaan kepada George Harrison.

Pada tahun ini, Bon Jovi tampil di konser bersejarah untuk New York di Madison Square Garden dengan tujuan untuk pengumpulan dana bantuan dan menghormati mereka yang bekerja menyelamatkan jiwa serangan teroris di World Trade Center. Bon Jovi juag merilis album kedua big hits yang berjudul Tokyo Road.

Tahun 2002, Bon Jovi merilis album studio kedelapan berjudul Bouncing. Album ini mewakili bangkitnya Bon Jovi untuk kembali keasal musiknya yaitu dengan permaninan gitaris Sambora yang terlalu menyimpang, vokal serak yang klasik dari vokalis Bon Jovi, efek keyboard dan piani yang dimainkan oleh David Bryan serta gebukan drumTico Torres Booming yang apik.

Tahun 2003, lagu pertama Bon Jovi dari album Everyday mampu masuk nominasi Grammy Award untuk Best Pop Performance oleh Duo atau grup dengan vokal. Bon Jovi melanjutkan tour Bouncing dan sejarah mencatat bahwa Bon Jovi menjadi band terakhir yang tampil di Veterans Stadium di Philadelphia sebelum gedung ini dihancurkan.

Ditahun ini, Bon Jovi merencanakan merilis album yang berisi penampilan live akustik. Ternyata malah melakukan penulisan ulang serta reinventing 12 dari big hits mereka, tetapi This Feels Right Now, akhirnya dirilis pada tahun 2003.

Tahun 2004, untuk merayakan 20 tahun Bon Jovi merilis album pertamanyatahun 1984  maka Bon Jovi merilis album CD : 100.000.000 Bon Jovi Fans Can’t Be Wrong kemudian diubah menjadi penghormatan 50.000.000 Elvis Presley Elvis Fans Can’t Be Wrong. Terdiri dari 4 CD yang berisi 38 lagu yang belum pernah dirilis beserta 12 lagu langka. Album ini mampu terjual 100 juta album.

Pada tahun yang sama, Bon Jovi mendapat Merit Award di American Music Awards dan pada saat itu kelompok musik ini melaksanakan sneak preview dari satu lagu yang belum selesai, dengan judul lagu Have a Nice Day.

Album studio ke sembilan dirilis pada tahun 2005 dengan judul album Have a Nice Day yang berisi lagu pertama Have a Nice Day, lagu kedua Who Says You Can’t Go Home (berduet dengan penyanyi country Jennifer Nettles). Bon Jovi menjadi band rock and roll pertama yang memiliki hit peringakt 1 di Billboard Hot Country Chart tahun 2007, Selain itu Bon Jovi dan Jennifer Nettles meraih Grammy Award sebagai Best Country Kolaborasi dengan Vokal untuk lagu Who Says You Can’t Go Home. Bon Jovi juga meraih penghargaan untuk Favorite Rock Song di Choice Awards Rakyat untuk lagu yang sama.

Di tahun 2006, tur yang dilakukan Bon Jovi menjadi tur ketiga terlaris setelah Rolling Stones Bigger Bang World Tour dan Madonna’s Confessions Tour dan Bon Jovi terdaftar di Music Hall Of Fame bersama dengan James Brown dan Led Zeppelin.

Album studio kesepuluh Bon Jovi dirilis tahun 2007 dengan judul album Lost Highway dan menampilkan lagu Who Says You Can’t Go Home berduet dengan Jennifer Nettles. Album ini melejit kepuncak tangga lagu Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Australia, Eropa serta Kanada.

Album ini juga masuk nominasi untuk Best Pop Vokal Album, selain itu lagu pertama album ini masuk nominasi Best Pop Performance oleh Duo atau Grup dengan vokal di Grammy Awards tahun 2008 dan masuk nominasi Academy Award untuk acara Musik Country Vocal of the Year.

Tahun 2009 merilis album berjudul The Circle, yang berisi 12 lagu lagu Bon Jovi :

1.     We Weren’t Born To Follow

2.     When We Were Beautiful

3.     Work For The Working Man

4.     Superman Tonight

5.     Bullet

6.     Thorn In My Side

7.     Live Before You Die

8.     Brokenpromiseland

9.     Love’s The Only Rule

10. Fast Cars

11. Happy Now

12. Learn To Love

Tahun 2010 merilis Greatest Hits Bon Jovi, yang berisi 16 lagu lagu Bon Jovi :

1.     Livin’ On A Prayer

2.     You Give Love A Bad Name

3.     It’s My Life

4.     Have A Nice Day

5.     Wanted Dead Or Alive

6.     Bad Medicine

7.     We Weren’t Born To Follow

8.     I’ll Be There For You

9.     Born To Be My Baby

10. Blaze Of Glory

11. Who Says You Can’t Go Home

12. Lay Your Hands On Me

13. Always

14. Runaway

15. What Do You Got?

16. No Apologies

Tahun 2012 merilis Inside Out, yang berisi 14 lagu lagu Bon Jovi :

1.     Blood On Blood (live)

2.     Lost Highway (live)

3.     Born to Be My Baby (live)

4.     You Give Love a Bad Name (live)

5.     Whole Lot of Leavin’ (live)

6.     Raise Your Hands (live)

7.     We Got It Going On (live)

8.     Have a Nice Day (live)

9.     It’s My Life (live)

10. I’ll Be There for You (live)

11. We Weren’t Born to Follow (live)

12. Wanted Dead or Alive (live)

13. Livin’ On a Prayer (live)

14. Keep the Faith (live)

Tahun 2013 meliris Wha About Now, yang berisi 15 lagu lagu Bon Jovi :

Album ini merupakan album pamungkas dari Bon Jovi karena gitaris Richie Sambora  keluar dari kelompok musik ini pada pertengahan tahun 2013

1.     Because We Can

2.     I’m With You

3.     What About Now

4.     Pictures of You

5.     Amen

6.     That’s What the Water Made Me

7.     What’s Left of Me

8.     Army of One

9.     Thick As Thieves

10. Beautiful World

11. Room At the End of the World

12. The Fighter

13. With These Two Hands (Deluxe)

14. Into the Echo (Deluxe)

15. Not Running Anymore (Deluxe)

Tahun 2013 merilis This House Is Not for Sale, yang berisi 12 lagu lagu Bon Jovi :

Album ini merupakan album pertama Bon Jovi tanpa keikut sertaan Richie Sambora dan juga sebagai album pertama dengan gitaris baru yang bernama Phil X untuk menggantikan Sambora

1.     This House Is Not for Sale

2.     Living With the Ghost

3.     Knockout

4.     Labor of Love

5.     Born Again Tomorrow

6.     Rollercoaster

7.     New Year's Day

8.     The Devil's In the Temple

9.     Scars on This Guitar

10. God Bless This Mess

11. Reunion

12. Come On Up To Our House

Lagu lagu Bon Jovi lainnya :

1.      Blaze Of Glory - Sountrack film Young Guns II oleh Jon Bon Jovi (1990)

2.     Cross Road - Remix lagu lama Bon Jovi (Oktober 1994); peringkat ke 8 di US, peringkat 1 di UK

3.      Destination Anywhere - Oleh Jon Bon Jovi (1999)

4.      One Wild Night: Live 1985-2001 (Mei 2001); peringkat 20 di US, peringkat 2 di UK

5.   This Left Feels Right - Remix lagu lama Bon Jovi (November 2003); peringkat 14 di US, peringkat 4 di UK

6.      100,000,000 Bon Jovi Fans Can't Be Wrong (2004)

7.      Burning Bridges - Album Kompilasi Bon Jovi (2015)


Ringkasan Perkembangan Grup Band Bon Jovi

Band ini menjadi terkenal karena telah berhasil menulis beberapa lagu rock dan telah berhasil merilis album, sehingga grup band ini mampu mendapat pengakuan dengan cakupan penggemar yang lebih luas.

Kesuksesan dari Bon Jovi terbukti dengan prestasi yang telah diperolehnya pada tahun 1983, Bon Jovi telah berhasil menjual lebih dari 40 juta keping album di Amerika Serikat dan lebih dari 120 juta keping album diseluruh dunia.

Album Bon Jovi yang telah berhasil dirilis  dari tahun 1980 sampai dengan tahun 2009, adalah :
- Tahun 1980 - melanjutkan hiatus setelah New Jersey Tour.
- Tahun 1986 - merupakan album ketiga dengan judul "Slippery When Wet".
- Tahun 1988 - merupakan album keempat "New Jersey" yang suksesnya mengikuti kesuksesan dari album ketiganya.
- Tahun 1990 - Jon Bon Jovi & Richie merilis album solo yang berhasil  sukses.
- Tahun 1992 - albumnya berjudul "Keep The Faith".
- Tahun 2000 - telah merilis single yang berjudul "It's My Life". Single ini telah berhasil memperkenalkan band ini menjadi lebih terkenal  lagi dikalangan kaum muda diseluruh dunia.
- Tahun 2007 - merilis lagu bergenre country.
- Tahun 2009 - tepatnya tanggal 10 November telah berhasil merilis album "Lost Highway" di Amerika Serikat.

Sejak berdirinya grup band ini, telah berhasil merilis 13 album studio, 3 album kompilasi, 1 album live. Dan telah berhasil menjual 130 juta keping album diseluruh dunia, dari 2700 konser yang telah dilakukan di lebih dari 50 negara didunia.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BON JOVI, BAND ROCK TERKENAL DENGAN GAYA YANG BERBEDA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari :Wikipedia)

0 komentar