Happy Birthday To You, Lagu Berhahasa Inggris Terpopuler

(dok.calendarsbirthdays.com)

Happy Birthday To You, Lagu Berbahasa Inggris Terpopuler

● Lagu Happy Birthday To You Masuk The Guinnes Book Of World Records
Semua orang pasti pernah menyanyikan lagu Happy Birthday To You dan lagu tersebut pasti sering kita dengar juga, terutama  pada saat merayakan ulang tahun teman, sahabat  atau bahkan pada saat merayakan ulang tahunnya sendiri.

Dengan lirik lagunya adalah sebagai berikut :
Happy Birthday To You, Happy Birthday To You
Happy Birthday, Happy Birthday, Happy Birthday To You

Dan biasanya akan diikuti dengan lagu tiup lilin, agar yang berulang tahun meniup lilin yang diletakkan di atas kue ulang tahunnya. Dengan lirik lagunya kira-kira demikian :
Tiup lilinnya, tiup lilinnya, tiup lilinnya sekarang juga
Sekarang juga, sekarang juga

Lagu yang berjudul Happy Birthday To You telah masuk ke dalam The Guinnes Records pada tahun 1998, dan merupakan lagu berbahasa Inggris terpopuler di seluruh dunia, setelah lagu "For He's A Jolly Good Fellow" dan "Auld Lang Syne".

● Berapakah Royalty Lagu Happy Birthday To You?
Nah, berapa royalty yang harus kita bayar seandainya kita menyanyikan lagu tersebut?
Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa lagu tersebut ternyata mempunyai royalty, sehingga jangan sembarangan untuk menyanyikan lagu tersebut,  karena royalty yang harus dibayar adalah sebesar US $ 700.

Tetapi tentu saja kita tidak usah kuatir untuk menyanyikan lagu Happy Birthday To You tadi, karena yang harus membayar royalty adalah jika lagu tersebut dinyanyikan di lisensi ulang tahun umum, seperti digunakan di stasiun radio, televisi, restoran, outlet-outlet umum ataupun tempat-tempat konser.

Asal Mula Lagu Happy Birthday To You
Kita perlu mengetahui asal mula dari lagu Happy Birtday To You, supaya kita tidak hanya sering menyanyikan saja tetapi paling tidak kita tahu dari mana sih lagu yang sering mengiringi ulang tahun setiap orang itu?
Lagu tersebut semula ditulis oleh "Mildred J. Hill dan Dr. Patty Smith", mereka berdua adalah seorang guru Taman Kanak-Kanak di Louis Ville Experimental Kindergarten.

Lagu ini dimunculkan pertama kali didalam buku "SONG STORY OF THE KINDERGARTEN" dibawahnya judul lagu "GOOD MORNING TO ALL".
Kemudian oleh Hill, lagu Good Morning To All didaftarkan hak ciptanya, pada tanggal 16 Oktober 1893.

Lagu Happy Birthday ini tiba-tiba muncul tanpa ijin didalam buku yang ditulis oleh Robert, dibait ke 2.
Kemudian oleh Coleman lirik dari lagu "Good Morning, Dear Children" diganti dengan "Happy Birthday, Dear", disini terjadi perubahan-perubahan kecil dari lirik lagunya.

Akhirnya pada tahun 1933, orang mulai mengenal lagu yang berjudul "Happy Birthday To You" ini.

Sampai Kapankah Hak Cipta Dari Lagu Happy Birthday To You?
Selain kita sudah mengetahui asal mula dari lagu Happy Birthday To You, maka kita juga perlu mengetahui sampai kapankah hak cipta dari lagu tersebut?

Menurut hukum saat itu , setelah 28 tahun sejak hak cipta itu resmi didaftarkan, lagu itu akan menjadi milik publik pada tahun 1991.

Tetapi menurut copyright act, pada tahun 1976, hak ciptanya diperpanjang menjadi 75 tahun dan copyright term extendion act, pada tahun 1998 menambah lagi hak royaltynya selama 20 tahun. Sehingga royalty lagu tersebut akan selesai pada tahun 2030.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang HAPPY BIRTHDAY TO YOU, LAGU BERBAHASA INGGRIS TERPOPULER, semoga bermanfaat dan dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber dari : majalah Intisari

0 komentar