Jon Bon Jovi, sederetan penghargaan bergengsi patut diulas

Foto Jon Bon Jovi, vokalis kelompok musik Bon Jovi yang berkarakter
(dok.avclub.com)

Prestasi Musik Yang Pernah Diterima Bon Jovi

BON JOVI, GRUP BAND MUSIK ROCK LEGENDARIS DARI SAYREVILLE, NEW JERSEY, AMERIKA SERIKAT INI, SEJAK DIBENTUK TAHUN 1983 TELAH MAMPU MENDAPATKAN BEBERAPA PENGHARGAAN DENGAN VOKALIS BERKARAKTER JON BON JOVI.

Beberapa Penghargaan Bon Jovi

Dalam perjalanan karir Bon Jovi di bidang musik, berbagai macam prestasi yang berhasil diraihnya, penghargaan yang berhasil diperolehnya adalah :

- Tanggal 21 Januari 1984, album "Run away" menjadi lagu hit pertama dari grup band ini dan single ini mampu mendapatkan Top 40 di Billboard Hot 100, kemudian diikuti  juga oleh single berikutnya yang berjudul "Don't Know Me".
Bon Jovi pernah tampil di Super Rock Festival, sebagai tamu spesial di Jepang. Pada saat iti sebuah lagu yang berjudul Run away, berhasil  menjadi lagu hit dan berhasil mencapai puncak di 43 Bill Board, 200 album chart di Amerika Serikat dan 1 tahun kemudian setelah album ini dirilis, Bon Jovi berhasil mendapatkan Sertifikat emas RIAA

- Tahun 1985, Bon Jovi berhasil merilis album keduanya dengan judul "7800° Fahrenheit" dan kemudian  dilanjutkan  lagi dengan album  yang ke 3 dengan judul  Only Lonely, Out Of Love dan Silent Night.
Album ini berhasil mencapai puncak di 37 Bill Board 200 dan berhasil mendapatkan emas bersertifikat di Amerika Serikat.

Pada bulan Mei, Bon Jovi tampil di Inggris dan Eropa dan melalui lagu 7800° Fahrenheit, Bon Jovi berhasil mencapai puncak di tangga lagu di Inggris dan Jerman.

- Tahun 2004,  Bon Jovi mendapat kehormatan dengan Award Of Merit di American Music Award dan sebagai penulis lagu kolaborator.
- Tahun 2006 - Bon Jovi telah berhasil mendapatkan "UK MUSIC HALL OF FAME".
- Tahun 2009, Bon Jovi dan Richire Sambora mendapatkan Song Writer Hall Of Fame.
- Tahun 2010 tepatnya tanggal  28 September, Bon Jovi berhasil mendapatkan nominasi untuk musik rock and Roll Hall Of Fame, tetapi pada tanggal 15 Desember 2010, diumumkan kembali bahwa lagu Rock and roll itu, lirik lagu tersebut tidak ditulis oleh Jon Bon Jovi sendiri.

Sekilas Mengenai Bon Jovi Sampai Akhirnya Membentuk Grup Band, Dengan Bon Jovi Sebagai Nama Kelompok Musiknya

Sejak usia 13 tahun, Jon Bon Jovi sudah mulai bermain piano. Sehingga pada tahun 1975 Bon Jovi sudah membentuk grup band pertamanya yang diberi nama "Raze".

Kemudian Jon Bon Jovi bertemu dengan David Bryan, pada saat itu usianya baru 16 tahun, sehingga dibentuklah grup band yang bernama "Atlantic City Expressway", mereka bisa tampil di klub New Jersey meskipun usianya masih dibawah umur.

Masa remaja Bon Jovi sudah biasa tampil di klub lokal seperti "The Fast Lane", dan gaya penampilannya sudah sangat dikenal oleh penggemar dikotanya.

Pada tahun 1980, sempat membetuk grup band baru lagi yang bernama "The Rest", band ini menjadi grup band pembuka di New Jersey pada saat itu tampil bersama Southside Johny dan Jules Asbury".

Pada saat memproduksi "Billy Squire", Bon Jovi membuat beberapa demo untuk mendaftarkan ke perusahaan rekaman, tetapi hasilnya masih gagal.

Sampai akhirnya, Bon Jovi berhasil membuat album pertamanya yang berjudul "RUN AWAY", pada tanggal 21 Januari 1984.

Semula grup band ini akan diberi nama grup saja, tetapi atas saran yang diberikan oleh Pamela Maher, akhirnya grup band ini diberi nama "BON JOVI" yaitu nama salah satu dari personel grup band tersebut yaitu Jon Bon Jovi, pemberian nama ini mencontoh grup band Van Halen.

Dapat Dibaca Artikel : Bon Jovi, Band Rock Yang Terkenal Dengan Gaya Yang Berbeda

Vokalis kelompok musik rock asal Amerika Bon jovi yang bernama Jon Bon Jovi ini kelahiran Perth Amboy, New Jersey, Amerika Serikat pada tanggal 2 Maret 1962 dengan nama John Francois Bongiovi Jr. John Bon Jovi 2021 sekarang ini, sudah berusia 59 tahun.

Selain sebagai vokalis kelompok musik rock Bon Jovi, Jon Bon Jovi sebagai pimpinan dari band tersebut dan juga sebagai seorang musikus, komponis serta aktor Hollywood. Dengan siapakah Jon Bon Jovi menikah? Istri Jon Bon Jovi bernama Dorothea Hurley dan mereka menikah tanggal 29 April 1989 dan dikaruniai 4 orang anak.

Anak anak Jon Bon Jovi tersebut bernama Stephanie Rose kelahiran 31 Mei 1993, Jesse James Louis kelahiran 19 Februari 1995, Jacob Hurley kelahiran 7 Mei 2002 dan Romeo Jon kelahiran 29 Maret 2004.

Sejarah musik rock Amerika telah mencatat tentang semua kiprah Jon Bon Jovi dalam karir dan prestasi musik yang telah diraihnya baik melalui kelompok musik Bon Jovi maupun dalam bersolo karir. Dimana Jon Bon Jovi telah membuktikan bahwa kiprah dirinya di dalam dunia musik, layak untuk menjadi salah satu dari legenda musik rock.

Aksi panggung dari Jon Bon Jovi dengan nama asli John Francis Bongiovi Jr ini sangat memukau dan karya album albumnya yang menghasilkan lagu lagu Jon Bon Jovi telah melegenda dari jaman Jon Bon Jovi 1980 sampai dengan tahun 2000 an. Lirik lagu Jon Bon Jovi hampir dikatakan selalu membuat seseorang selalu ingin ikut bernyanyi dengannya.

Fakta menarik dari Jon Bon Jovi dalam kehidupannya didalam kancah musik dunia sebagai pemimpin dari kelompok musik rock Bon Jovi sangat mengesankan, diantaranya adalah :

Karir Jon Bon Jovi didukung oleh keluarganya termasuk juga mendapat dukungan dari sepupu Jon Bon Jovi yang bernama Jon, Tony Bongiovi. Meskipun dukungan ini hanya sebagian kecil dari keberuntungan dan perjuangan yang gigih Jon Bon Jovi.

Sejak usia 17 tahun, Jon Bon Jovi sudah terbiasa berada di studio milik sepupunya Toni tersebut dan Jon Bon Jovi pada saat itu juga bekerja membantu di studio rekaman tersebut, bahkan Jon Bon Jovi juga tidak segan segan untuk membantu menyapu dan mengepel lantai.

Didalam periode akhir 80an Jon Bon Jovi juga menempelkan keberuntungannya ke pada Cher yaitu dengan cara membatu Cher dalam merilis album perdananya. Yang akhirnya, Cher berhasil mendapatkan platinum untuk albumnya yang berjudul self-titled perdananya.

Tahun 1990 an merupakan masa kejayaan Bon Jovi sehingga membuat Jon Bon Jovi menjadi lebih populer namanya dan berhasil merambahkan sayapnya profesi barunya di dunia akting. Jon Bon Jovi berhasil menjadi bermain di layar lebar serta membintangi beberapa film diantaranya film berjudul Moonlight and Valentino dan Destination Anywhere: The Film.

Jon Bon Jovi sudah membintangi sebanyak 11 film layar lebar selama tahun 1990 sampai dengan tahun 2011.

Penghargaan bergengsi yang berhasil diraih oleh Jon Bon Jovi setelah sukses berkarir di bidang musik  slow rock. Penghargaan tersebut hanya dapat diperoleh musisi legendaris sekelas Jon Bon Jovi, diantaranya berhasil meraih Song writer Hall of Fame dan masuk nominasi Rock and Roll Hall of Fame.

Jon Bon Jovi ternyata mempunyai gelar honorary Doctor of Music degree dan University of Pennsylvania tahun 2019. Memang dalam belejar dan untuk mendapatkan gelar semua masih dapat dilakukan kalau ada niat.

Dalam meraih kesuksesannya, Jon Bon Jovi selalu menentukan pilihan member membernya yang belum dia kenal baik sebagai teman mapun keluarganya. Sehingga Jon Bon Jovi bisa dengan bebas menggunakan namanya sebagai nama kelompok musiknya dan pilihannya ini akhirnya memberikan pengaruh yang bagus dalam profesionalisme kelompok musiknya.

Meskipun latar belakang keluarganya tidak ada yang mempunyai kemampuan bermusik, karena ayah dan ibunya adalah angkatan laut yang mempunyai toko bunga. Namun, nasib berkata lain karena Jon Bon Jovi bersama dengan kelompok musik rocknya Bon Jovi berhasil sukses dan melegenda.

Jon Bon Jovi juga sebagai seorang yang selalu berpartisipasi dalam bidang kemanusiaan dan isu sosial. dia juga mempunyai yayasan sendiri di Philadelphia untuk melakukan kegiatan amalnya.

Jon Bon Jovi ikut ambil bagian dalam lagu Everybody Hurts dalam menduung pemulihan untuk Haiti pasca terjadi gempa.

Meskipun kedua orang tuanya bukan terjun di dunia musik namun ternyata Jon Bon Jovi mempunyai saudara yang melegenda di dunia musik. Saudaranya Jon Bon Jovi tersebut adalah Frank Sinatra, seorang penyanyi dan aktor pemenang piala Oscar.

Sebelum namanya berubah menjadi Jon Bon Jovi, sebenarnya ada usulan nama lain Johny Electric namun yang dipilih adalah Jon Bon Jovi dan nama ini memang benar benar tercatat sebagai seorang legenda musik rock.

Filmografi Jon Bon Jovi :

Tahun 1994, Moonlight and Valentino – The Painter

Tahun 1996, The Leading Man – Robin Grange

Tahun 1997, Destination Anywhere,  Little City – Kevin

Tahun 1998, Homegrown – Danny, No Looking Back – Michael, Row Your Boat

Tahun 2000, U-571  Lieutenant Pete Emmett, Chief Engineer, S-33, Pay It Forward – Ricky McKinney

Tahun 2002, Vampires: Los Muertos – Derek Bliss

Tahun 2005, Cry Wolf – Rich Walker

Tahun 2006, National Lampoon’s Pucked – Frank Hopper

Album solo Jon Bon Jovi

Blaze of Glory, Stranger in This Town, Destination Anywhere, Undiscovered Soul, On a Full Moon, Lunar Eclipse, The Power Station Years: The Unreleased Recordings,

Lagu Lagu Jon Bon Jovi

"Runaway",  "She Don't Know Me",  "In and Out of Love",  "The Hardest Part Is the Night", "Only Lonely", "Silent Night",  "You Give Love a Bad Name",  "Livin' on a Prayer", "Wanted Dead or Alive",  "Never Say Goodbye",  "Bad Medicine",  "Born to Be My Baby", "I'll Be There for You",  "Lay Your Hands on Me",  "Living in Sin", "Please Come Home for Christmas",  "Keep the Faith",  "Bed of Roses",  "In These Arms", "I'll Sleep When I'm Dead",  "I Believe”, "Dry County",  "Always", "Someday I'll Be Saturday Night",  "This Ain't a Love Song",  "Something for the Pain", "Lie to Me”,  "These Days",  "Hey God",  "Real Life", "It's My Life",  "Say It Isn't So", "Thank You for Loving Me",  "One Wild Night",  "Everyday",  "Misunderstood", "All About Lovin' You",  "Bounce",  "Have a Nice Day",  "Who Says You Can't Go Home", "Welcome to Wherever You Are",  "(You Want to) Make a Memory”,  "Lost Highway",  "Till We Ain't Strangers Anymore".

Konser Jon Bon Jovi

Slippery When Wet Tour, Jersey Syndicate Tour,  Keep the Faith Tour,  These Days Tour, Crush Tour, One Wild Night Tour,  Bounce Tour, Have A Nice Day TourLost Highway Tour

Artikel Jon Bon Jovi

Discography
Tony Bongiovi, Bruce Fairbairn, Desmond Child, Bob Rock, Luke Ebbin, Andreas Carlsson, Patrick Leonard · John Shanks
Record labels: 
Polygram, Mercury, Island

Album Jon Bon Jovi

Bon Jovi,  7800° Fahrenheit, Slippery When Wet, New Jersey, Keep the Faith, These Days, Crush, Bounce, This Left Feels Right, Have a Nice Day, Lost Highway

Kompilasi Jon Bon Jovi

Cross Road, One Wild Night: Live 1985-2001, Tokyo Road: Best Of Bon Jovi, 100,000,000 Bon Jovi Fans Can't Be Wrong

Video/ CD Jon Bon Jovi

Breakout: Video Singles, Slippery When Wet: The Videos, New Jersey: The Videos, Access All Areas: A Rock & Roll Odyssey, Keep the Faith: An Evening with Bon Jovi, Keep the Faith: The Videos, Cross Road, Live From London, Destination Anywhere: The Film, The Crush Tour, This Left Feels Right Live, 100,000,000 Bon Jovi Fans Can't Be Wrong dvd, Live From Atlantic City, Lost Highway: The Concert

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang JON BON JOVI, SEDERETAN PENGHARGAAN BERGENGSI PATUT DIULAS, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.
(Sumber dari Wikipedia)

0 komentar